Taman Amahami, Menikmati Libur Akhir Pekan Sembari Kulineran di Bima

Taman Amahami, Menikmati Libur Akhir Pekan Sembari Kulineran di Bima
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dara, Kec. Rasanae Barat., Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

Jika sebelumnya wisatawan pernah berkunjung ke Kota Bima, pastinya tidak asing lagi dengan beragam tempat wisata yang menarik di sana. Salah satu yang saat ini menjadi icon wisata yang begitu populer dan diminati yaitu Taman Amahami. Taman wisata ini memang kerap kali dikunjungi oleh mayoritas masyarakat Kota Bima sendiri.

Umumnya warga akan datang ketika menjelang hari libur tiba atau ketika weekend. Daya tarik luar biasa dari tempat tersebut membuat taman wisata ini selalu mampu menarik pengunjung. Indahnya pemandangan yang ada, tampak menarik selain itu di sana Anda juga bisa menemukan banyak sekali penjual yang menjual beragam makanan.

Pemerintah daerah Kota Bima memang sengaja memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya pada masyarakat untuk memakai area wisata Taman Amahami tersebut sebagai salah satu lokasi untuk mereka membuka usaha. Menariknya lagi tidak dikenakan biaya bagi masyarakat yang ingin berjualan di sana.

Daya Tarik Wisata Taman Amahami

Daya Tarik Wisata Taman Amahami
Photo by Google Maps Didik N

1. Ramai Pengunjung Saat Weekend

Beragam daya tarik ditawarkan oleh taman wisata yang terdapat di Kota Bima tersebut. Daya tarik ini pada akhirnya mampu mengundang banyak wisatawan datang ke sana. Taman Amahami ramai dikunjungi ketika weekend tiba. Anda akan menyaksikan begitu ramainya tempat tersebut saat hari Minggu.

Tidak hanya para muda-mudi saja yang memadati tempat tersebut, melainkan Anda akan menyaksikan wisatawan yang datang bersama dengan keluarga mereka. Hal itu tentunya tidak terlepas dari Taman Wisata Amahami yang begitu populer.

Tempat tersebut memang sangatlah representative untuk segi penataan keindahan serta arsitek tanaman yang sengaja dibangun sedemikian rupa hingga akhirnya pengunjung dari Taman Wisata Amahami tidak pernah surut ketika hari minggu tiba.

2. Lokasi Strategis

Taman Amahami berada di lokasi yang sangat strategis, tepatnya yaitu berada di zona teluk Bima yang memang sudah lama dikenal oleh karena pesona keindahannya serta alamnya yang cukup bersahabat dan ramah. Terlebih lagi keberadaan dari Taman Wisata Amahami makin membuat tempat ini jadi begitu diminati.

Taman Wisata Amahami tidak berada jauh dari lokasi pusat Kota Bima sehingga untuk mencapainya tidak dibutuhkan waktu yang terlalu lama. Historical yang dimiliki oleh taman wisata tersebut memang cukup melekat di banyak hati masyarakat Kota Bima pada umumnya.

Pantai Amahami sudah dikenal sejak zaman dahulu hanya saja pada waktu itu segala aktivitas yang terjadi di sana masih belum seramai seperti sekarang ini.

3. Masjid Terapung

Hal menarik lain yang disuguhkan oleh taman tersebut yaitu di sana wisatawan akan menyaksikan keberadaan dari Masjid Terapung. Masjid Terapung tersebut dibangun dengan begitu megah dilengkapi oleh ventilasi serta pintu udara yang sangat lebar. Karena itulah, udara dapat masuk dengan bebas ke dalam area masjid tersebut.

Masjid Terapung ini memang memiliki arsitektur yang begitu megah dan indah hingga akhirnya membuat banyak sekali pengunjung yang menjadikannya latar belakang untuk berfoto. Keindahannya memang cocok sekali untuk dijadikan konsep wisata religi, terlebih lagi saat ini di seberang masjid terpampang sebuah Pasar Amahami yang begitu strategis.

Kawasan tersebut telah menjadi satu kesatuan yang begitu fenomenal dan menjadi ikon Kota Bima. Akan sangat sayang rasanya jika berada di Kota Bima dan tidak mampir ke Masjid Terapung yang ada di Taman Amahami.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Taman Amahami
Photo by Google Maps Harun Arasyid

Taman Amahami berada di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Anda yang ingin menikmati keindahan dari taman tersebut, maka tidak perlu ragu lagi untuk segera meluncur ke Kota Bima.

Rute untuk menuju tempat ini memang relatif mudah, Anda bisa menggunakan bantuan navigasi yang terdapat di perangkat smartphone untuk mendapatkan jalan terbaik.

Harga Tiket Masuk Taman Amahami

Harga Tiket Masuk Taman Amahami
Photo by Google Maps Biker Jelajah Nusantara

Harga tiket di taman memahami ini sama pada saat hari libur maupun hari aktif. Anda hanya perlu membayar uang sebesar Rp 15.000 saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah bisa menikmati segala keseruan dan keindahan yang ditawarkan Taman Amahami. Karena itu, jangan ragu lagi untuk segera meluncur ke sana.

Untuk mengunjungi tempat ini, Anda bisa datang bebas kapan pun Anda mau. Karena memang jam operasional di tempat tersebut bisa dikatakan tidak ada. Taman wisata yang satu ini di buka 24 jam penuh dan hampir setiap hari. Namun jika Anda ingin datang saat suasana sepi, maka pilihlah hari selain hari Minggu.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Taman Amahami
Photo by Google Maps Fw Pov Property & Travel

1. Menikmati Kuliner Bima

Kuliner Kota Bima memang dikenal begitu lezat dan mampu membuat lidah siapa saja bergoyang. Anda yang belum pernah mencicipi masakan khas kota Bima, maka nantinya bisa mencoba saat berada di Taman Amahami. Di taman tersebut nantinya Anda bisa melihat beberapa warung makanan serta restoran yang menyajikan makanan nikmat.

2. Mengunjungi Pantai Lawalata

Aktivitas seru lainnya yang juga tidak boleh dilewatkan yaitu mengunjungi pantai wisata lawata. Pantai ini memang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Lokasi dari pantai tersebut berada di Teluk Bima, aspek geografis maupun pemandangannya begitu mempesona siapapun yang menyaksikan.

Dari Taman Wisata Amahami sendiri pantai tersebut berada tidak terlalu jauh. Karena itu, ketika kebetulan Anda mengunjungi Taman Wisata Amahami, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mampir sejenak ke Pantai Lawata.

Dari pusat Kota Bima sendiri pantai ini berjarak kurang lebih 5 km. Jika Anda menempuhnya menggunakan jalur darat, maka waktu yang dibutuhkan setidaknya 15 menit perjalanan saja. Pantai tersebut dikelilingi oleh area perbukitan yang begitu indah dan megah.

Selain itu, di bawah bukit berbatu Anda bisa menemukan adanya Goa yang merupakan peninggalan Jepang pada masa penjajahan dahulu. Tempat ini dulunya seringkali dijadikan sebagai area peristirahatan untuk kalangan bangsawan Bima. Karena itu, jangan heran jika saat berada di sana Anda menyaksikan beberapa peninggalan zaman dahulu.

3. Menghabiskan Waktu Weekend

Seperti yang sudah disebutkan bahwa Taman Amahami akan sangat padat dan ramai dikunjungi ketika hari Minggu. Warga sekitar kota suka berkumpul di tempat tersebut saat weekend tiba. Taman yang telah menjadi area rekreasi dan berada di sekitaran Kota Bima tersebut mudah dikunjungi.

Terlebih lagi dengan keberadaan masjid terapung yang merupakan tempat ibadah unik dan menjadi ikon kota tepian air. Sejak pemerintah daerah memutuskan untuk membuat lokasi tersebut menjadi semakin indah beberapa tahun yang lalu taman yang satu ini menjadi tempat yang paling sering dikunjungi terlebih saat menjelang sore hari.

Ketika sore hari itulah pengunjung akan menyaksikan keindahan dari matahari terbenam sambil lalu mereka duduk di area sekitaran taman wisata. Tidak hanya pada sore hari saja, keindahan tersebut bisa disaksikan Anda dapat datang ke tempat ini ketika malam hari tiba.

Karena ketika malam menjelang, maka lampu Taman Amahami akan membuat keindahan di sekitar jadi semakin tampak memukau dan menakjubkan. Tidak sedikit muda-mudi yang datang hanya untuk sekedar nongkrong, kongkow ataupun jalan-jalan bersama dengan teman, sahabat maupun pasangan mereka.

Di sana pengunjung juga bisa melihat beberapa keluarga yang menemani anak mereka berlarian riang di area taman bunga yang begitu indah. Banyaknya warung yang menjual aneka kuliner khas bima membuat tempat ini juga begitu ramai.

Anda yang suka sekali ngemil ataupun pecinta kuliner, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan-makanan yang ditawarkan di tempat tersebut. Untuk masalah harganya sendiri, Anda tidak perlu merasa khawatir karena harga menu di sana memang terbilang sangat terjangkau.

Fasilitas Penunjang di Taman Amahami

Fasilitas di Taman Amahami
Photo by Google Maps Didik N

Untuk masalah fasilitas, Taman Amahami memang memiliki fasilitas yang bisa dikatakan kurang begitu lengkap. Hal itulah yang cukup disayangkan dari tempat wisata yang begitu indah ini.

Pengunjung yang ingin menggunakan toilet harus pergi ke masjid terapung yang berada tak jauh dari taman wisata. Ketika hari minggu tiba, maka Anda harus rela mengantri di toilet masjid tersebut karena memang Taman Wisata Amahami belum disediakan kamar mandi ataupun toilet.

Begitu pulang untuk area parkir di tempat tersebut sudah ada beberapa area parkir, namun masih belum tertata dengan cukup rapi. Fasilitas yang mungkin sangat menunjang aktivitas di sana yaitu banyaknya warung makanan. Selain itu, ketika malam hari tempat wisata ini dipenuhi dengan lampu gemerlap yang membuat suasana tampak semakin indah.

Mengunjungi Kabupaten Bima rasanya kurang pas jika Anda tidak melipir sejenak ke Taman Amahami. Taman yang sudah begitu populer dan dikenal oleh masyarakat Kota Bima ini mampu menawarkan wisata yang seru dan berbeda bagi para pengunjungnya. Sempatkan sedikit waktu Anda untuk berada di tempat tersebut saat hari libur tiba.