Suwat Waterfall, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Gianyar

Suwat Waterfall, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Gianyar
Harga Tiket: 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pura Dalem, Suwat, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar, Bali

Bali memang sebuah pulau yang sudah sangat terkenal akan kecantikan wisata alamnya hingga keluar negeri, bahkan jika anda melakukan riset tentang tempat wisata alam terbaik di Indonesia maka Bali pasti akan menjadi salah satu daerah yang masuk 3 teratas. Contoh wisata alam cantik di ada di Pulau Dewata tersebut adalah Suwat Waterfall Bali.

Tempat wisata alam berupa air terjun ini masih tergolong sepi pengunjung untuk golongan wisata di Pulau Dewata Bali. Hal tersebut dikarenakan air terjun cantik tersebut masih kalah populer dibandingkan Banyumala, Blangsinga, dan Gitgit Waterfall. Meskipun begitu untuk urusan keindahan air terjunnya masih bisa diadu dengan air terjun populer lainnya.

Ketinggian dari air terjun yang berlokasi di Kabupaten Gianyar ini tergolong rendah, sehingga suara air terjunnya tidak terlalu terdengar atau bisa dibilang suaranya cukup tenang. Apalagi dengan rimbunya hutan sekitar membuat wisatawan yang mendengar suara alam akan secara tidak langsung mengalami terapi yang bisa membuat mereka lebih tenang.

Daya Tarik Wisata Suwat Waterfall

Daya Tarik Suwat Waterfall
Photo by Instagram Muhamad Rizal Abadi

1. Air Terjun

Berbicara soal daya tarik Suwat Waterfall maka air terjun itu sendiri akan menjadi daya tarik paling utamanya. Bagaimana tidak dari suaranya saja wisatawan bisa merasa lebih tenang, apalagi ketika melihatnya secara langsung. Air terjun cantik ini bisa dibilang cukup rapi dengan berbentuk cekung dan tingginya yang sangat pas untuk berfoto.

2. Kolam Air

Tepat di bawah titik jatuhnya air terdapat sebuah kolam yang terbentuk secara natural sehingga bisa digunakan sebagai tempat berenang dan bermain air. Meskipun kolam natural tersebut sangat cocok untuk berenang namun wisatawan harus berhati-hati karena bisa saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terlebih bagi mereka yang tidak tahu berenang.

3. Tebing Batu

Daya Tarik Dimiliki Suwat Waterfall
Photo by Facebook TripCanvas

Suwat Waterfall terletak di tebing batu yang cukup tinggi. Bentuk tebing tersebut seperti melengkung ke bagian dalam dan pada bagian tengah-tengahnya terdapat air yang mengalir jatuh dari atas ketinggian. Biasanya akan ada beberapa wisatawan yang berfoto dan melompat dari sisi tebing batu tersebut untuk jatuh ke kolam dibawahnya.

4. Hutan

Daya tarik berikutnya yang dimiliki tempat wisata alam ini adalah hutan sekitar yang kaya akan pepohonan hijau. Pohon-pohon tersebut membuat suasana air terjun nan indah ini menjadi lebih tenang dan tidak panas meskipun saat siang hari. Berkat pohon-pohon ini juga membuat hasil foto wisatawan bisa menjadi lebih natural dan sangat bagus.

Alamat, Rute dan Harga Tiket

Alamat Suwat Waterfall
Photo by Google Maps Nusa Penida Channel

Lokasi dari Suwat Waterfall Bali berada di Jl. Pura Dalem, Kabupaten Gianyar, Desa Suwat, Provinsi Bali. Untuk rute perjalanan anda bisa berpatokan pada Patung Satria Gatot Kaca di Jl. Raya Tuban menuju pertigaan Jl. Airport Ngurah Rai kemudian belok kiri dan terus lurus sampai menemukan Taman Bundaran Ngurah Rai.

Dari Taman Bundaran Ngurah Rai silahkan ambil jalur keluar kedua menuju Jl. Tol Bali Mandara dan ambil jalur menuju Denpasar atau Sanur kemudian keluar ke Jl. Raya Pelabuhan Benoa. Terus di jalan tersebut sampai di perempatan Banjar Pesanggaran lalu belok kanan ke arah Jl. Bypass Ngurah Rai dan terus di jalan tersebut.

Setelah anda melewati Patung Titi Banda ambil jalur putar balik untuk mengganti arah ke Tohpati dan ambil jalur kiri di pertigaan Kebun menuju Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Ikuti Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra sampai menemukan pertigaan setelah PT. Sinar Bali Readymix kemudian belok kiri menuju Jl. Selukat.

Ikuti Jl. Selukat sampai anda menemukan perempatan dekat Toko Manis Grosir lalu belok kanan menuju Jl. Maruti dan memasuki Jl. Mulawarman kemudian keluar di pertigaan Jl. Gambir. Dari pertigaan tersebut silahkan belok kiri dan terus lurus untuk memasuki Jl. Astina Sel lalu belok kanan di pertigaan Jl. Kebo Iwa.

Dari Jl. Kebo Iwa anda akan menemukan pertigaan Jl. Sawo, disini silahkan belok kanan kemudian belok kiri di pertigaan Jl. Mundeh sampai memasuki Jl. Raya Suwat. Setelah melewati Pura Bale Agung Desa anda akan sampai di lokasi yang dituju. Rute perjalanan ini diperkirakan sekitar 43 km dengan lama perjalanannya 1 jam 15 menit.

Untuk harga tiket masuk ke Suwat Waterfall Bali berbeda antara orang dewasa dan anak-anak. Dimana untuk anak-anak akan dikenakan biaya Rp 10.000 per orang sedangkan untuk orang dewasa adalah Rp 15.000 per orang. Dengan harga tiket masuk yang tergolong murah ini wisatawan akan disuguhkan pemandangan air terjun yang sangat cantik.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas menarik Suwat Waterfall
Photo by Google Maps Mahayasa Bali

1. Berfoto

Berfoto merupakan salah satu kegiatan wajib untuk dilakukan setiap wisatawan ketika mengunjungi wisata air terjun cantik ini. Bagaimana tidak dengan pemandangan air terjun dan alamnya yang sangat menakjubkan akan sangat disayangkan jika anda tidak menyempatkan diri untuk berfoto.

Jika anda ingin berfoto lebih puas maka datanglah saat hari kerja yaitu mulai dari hari Senin sampai hari Jumat, karena ketika weekend atau di hari Sabtu dan Minggu tempat wisata nan indah ini akan cukup ramai dengan pengunjung. Jadi mau tidak mau anda harus mengantri agar bisa berfoto namun itu juga dibatasi beberapa menit saja.

2. Bermain Air atau Berenang

Kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di Suwat Waterfall Bali adalah bermain air atau berenang. Kegiatan tersebut bisa anda lakukan di kolam natural yang berada tepat dibawah air terjun asal Kabupaten Gianyar tersebut. Anda juga bisa melompat dari tebing batu yang berada di sebelah air terjun untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda.

3. Bersantai

Dengan adanya hutan pada lokasi wisata menakjubkan ini membuat udara sekitar menjadi cukup nyaman sehingga cocok untuk bersantai. Bersantai dibawah pohon sambil mendengar suara air terjun yang cukup tenang ditambah suara angin yang berhembus di sela dedaunan membuat anda bisa mendapatkan terapi alami secara gratis.

Belum lagi jika ada burung yang hinggap di dahan pohon dan mulai bernyanyi, semua suara tersebut bisa membuat segala beban pikiran yang dimiliki seseorang hilang seketika. Maka dari itu tidak heran jika beberapa wisatawan sengaja datang ke lokasi wisata nan cantik ini untuk menenangkan pikiran mereka.

4. Naik Rakit dari Bambu

Aktivitas di Suwat Waterfall
Photo by Facebook Bali lib

Ada satu kegiatan cukup unik yang bisa dilakukan oleh wisatawan kita sedang berada di Suwat Waterfall Bali. Kegiatan tersebut adalah menaiki rakit yang dibuat dengan bambu lalu diikat menggunakan akar pohon. Rakit bambu ini disediakan oleh pihak pengelola sebagai properti untuk berfoto di kolam dengan background air terjun.

Banyak wisatawan yang suka menggunakan properti tersebut agar bisa mendapatkan hasil foto yang unik dan tentunya sangat bagus. Oleh karena itu, anda juga harus mencoba untuk naik ke rakit bambu tersebut agar tidak menyesal ketika meninggalkan lokasi wisata alam nan indah ini.

5. Camping

Kegiatan menarik terakhir yang bisa anda lakukan di Air Terjun Suwat ini adalah camping atau bermalam di alam bebas. Kegiatan ini sudah sering dilakukan oleh beberapa wisatawan lainnya, bahkan sampai disediakan sebuah lahan oleh pihak pengelola untuk menunjang kegiatan camping tersebut.

Lahan kosong ini dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin melakukan camping dengan mendirikan tenda mereka. Namun, pastikan sebelum membangun tenda camping, anda harus meminta izin kepada pihak pengelola agar mereka bisa membantu anda ketika membutuhkan bantuan.

Fasilitas Wisata di Suwat Waterfall Bali

Fasilitas di Suwat waterfall
Photo By Google Maps Nyoman Supraptayasa

1. Area Parkir

Suwat Waterfall memiliki sebuah area parkir yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk memarkirkan kendaraan pribadi mereka. Area parkir tersebut cukup luas sehingga bisa menampung berbagai jenis kendaraan baik roda 2 maupun roda 4, untuk segi keamanan tidak usah khawatir karena akan ada petugas yang menjaga semua kendaraan tersebut.

2. Kamar Mandi dan Toilet Umum

Fasilitas berikutnya adalah kamar mandi yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk mengganti pakaian atau membersihkan badan dengan air bersih setelah puas bermain air di kolam. Kemudian ada juga toilet umum yang bisa anda gunakan untuk membuang air besar atau kecil, pastikan menjaga kebersihan untuk menghargai pengguna selanjutnya.

3. Rumah Pohon

Beralih ke fasilitas selanjutnya yaitu rumah pohon yang terbuat dari bambu. Rumah pohon ini bisa digunakan oleh wisatawan untuk berfoto, tetapi berhati-hatilah terhadap pijakan anda karena area sekitar fasilitas yang satu ini cukup licin.

Demikian review singkat mengenai air terjun cantik asal Desa Suwat, Bali tersebut. Untuk bisa mencapai lokasi Suwat Waterfall anda harus berjalan kaki dari area parkir melewati jalan yang sudah disemenisasi, namun bagi beberapa orang mungkin rute ini cukup sulit terlebih saat pulang karena jalan akan licin setelah terkena air jadi berhati-hatilah.