Suasana matahari terbenam di Bali merupakan suasana yang paling diminati wisatawan. Pulau Dewata Bali memiliki banyak tempat menikmati sunset yang bisa diperhitungkan.

Senja di Pulau Bali menjadi suatu yang harus dirasakan jika sedang ke sana. Hampir semua orang yang berkunjung selalu memburu suasana matahari terbenam untuk berburu langit jingga dan foto siluet yang memesona. Untuk memperoleh suasana alam ini maka wisatawan harus mengunjungi lokasi yang tepat.

Memburu lokasi sunset untuk memperoleh pemandangan yang indah merupakan sesuatu yang wajib. Jangan sampai niat memburu senja tapi ada di tempat dan waktu yang salah. Sebelum berburu senja alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu dimana saja lokasi paling bagus untuk mencari senja.

Bali memiliki begitu banyak lokasi untuk memperoleh senja terbaik. Datanglah sebelum sore tiba supaya tidak senja terbaik tidak terlewati. Berikut beberapa lokasi terbaik untuk menikmati sunset di Pulau Bali.

1. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran
Image Credit: Instagram.com @chrislaluz

Lokasi terbaik pertama adalah Pantai Jimbaran. Pantai ini memang sudah menjadi pilihan utama banyak wisatawan untuk menikmati senja di Pulau Dewata. Di samping lokasinya yang strategis dan pemandangan tidak perlu diragukan lagi, pantai ini juga menyediakan berbagai hidangan laut sebagai teman.

Yang paling banyak berkunjung ke Jimbaran adalah pasangan yang ingin menikmati senja sambil makan malam di pinggir pantai. Perpaduan antara hidangan yang nikmat, senja, pasir putih, dan deburan ombak menjadi kombinasi yang sungguh apik untuk sepasang kekasih atau pasangan yang berbulan madu.

Menjelang malam, wisatawan mulai berdatangan. Setelah puas menikmati senja, wisatawan langsung memesan makanan yang menyajikan hidangan laut sekaligus mendengarkan live musik di resto tersebut.

Lokasi: Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

2. Tanah Lot

Tanah Lot
Image Credit: Balicheapesttours.com

Lokasi berikutnya adalah di Tanah Lot. Di sana terdapat Pura paling terkenal seantero Bali. Tanah Lot sendiri berlokasi di Desa Tabanan kurang lebih 1 setengah jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai.

Keunikan Pura ini adalah lokasinya yang ada di atas batu karang di lautan. Saat senja akan bisa disaksikan pemandangan warna jingga di balik Pura tersebut. Siluet Pura jadi pesona utama di sini. Usahakan untuk berkunjung lebih awal karena sunset di sini biasanya mulai pukul 18.30.

BACA JUGA:  11 Tempat Romantis di Bali Terbaru & Terhits Buat Honeymoon

Jika pengunjung bisa menginap di penginapan di sekitar Tanah Lot supaya lebih aman jika pulang terlalu larut. Dan jika ingin membeli berbagai macam buah tangan juga ada. Pilihlah sesuai selera yang diinginkan.

Lokasi: Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabana.

3. Pantai Kelan

Pantai Kelan
Image Credit: Google Maps (yves frombelgium)

Pantai Kelan terletak di Desa Adat Kelan dan menjadi salah satu tempat yang menyajikan panorama senja yang unik. Tempat ini sangat mudah untuk ditemukan karena lokasinya yang dekat dengan Bandara Ngurah Rai.

Karakter pantai ini mirip dengan Pantai Jimbaran yang memiliki ombak yang tidak besar, air laut yang biru dan hamparan pasir putih yang landai. Dari pantai ini bisa melihat dan berburu sunset sekaligus melihat pesawat-pesawat yang wara-wiri terbang dan mendarat di bandara.

Bagi yang suka dengan dunia fotografi, pemandangan sunset ini merupakan pemandangan yang layak untuk diburu. Selain itu, setelah puas menikmati sunset, wisatawan bisa memesan berbagai hidangan laut yang lezat dan dimasak dari ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

Lokasi: Tuban, Kec. Kuta, Kab. Badung

4. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu
Image Credit: Bocahwisatawan99.blogspot.com

Tempat menikmati sunset terbaik berikutnya adalah Uluwatu. Pura ini berada di batu karang yang berada di ketinggian sekitar 97 meter. Pura ini terletak di Desa Pecatu atau kurang lebih 30 menit jika ditempuh dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Di sini, wisatawan bisa melihat secara langsung betapa luasnya Samudera Hindia dengan dengan deburan ombaknya. Menariknya, wisatawan bisa melihat keindahan senja dengan ditemani oleh tarian Kecak yang ditarikan oleh banyak orang dari masyarakat sekitar Pura.

Tari kecak ini ditarikan oleh kurang lebih 50 hingga 100 orang penari dan mulai dipentaskan mulai pukul 18.00. Tari Kecak dengan background sunset merupakan pemandangan langka yang tidak mungkin ditemukan di belahan dunia lain kecuali di Bali.

Lokasi: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

5. Pantai Kuta

Pantai Kuta
Image Credit: Nativeindonesia.com

Belum ke Bali rasanya jika belum menginjakan kaki di Pantai Kuta. Pantai yang menjadi ikon Pulau Dewata ini menjadi tempat yang paling populer dan wajib dikunjungi. Pasir putih yang terhampar luas berpadu dengan birunya air laut menjadi pemandangan yang bisa disaksikan.

Pantai ini memiliki 2 Km garis pantai yang bentuknya seperti bulan sabit. Berjejer pohon kelapa di pinggir pantai menambah kesempurnaan pemandangan senja di sana. Turis mancanegara paling senang menyaksikan sunset dari Kuta. Jadi jangan kaget jika saat pergantian tahun akan banyak turis baik dalam maupun mancanegara akan berdatangan dan menghabiskan akhir tahun di sini.

BACA JUGA:  15 Wisata Museum Terbaik di Bali Buat Liburan

Karena keindahan senjanya, wisatawan menjuluki Pantau Kuta sebagai Pantai Matahari Terbenam. Sebuah julukan yang tepat untuk pantai yang pesona senjanya sudah diakui oleh dunia.

Lokasi: Kec. Kuta, Kab. Badung.

6. Pantai Melasti

Pantai Melasti
Image Credit: Hargatiket.net

Pantai berikutnya adalah Pantai Melasti. Pantai yang terletak di Banjar Kelod ini dulu pernah menjadi tempat syuting arti terkenal Julia Robert. Untuk sampai ke sana, wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih 26 Km dari Kota Denpasar dan 3 Km jika ditempuh dari Ungasan.

Pantai ini menjadi lokasi untuk melaksanakan upacara adat Bali Melasti. Karena alasan tersebutlah disebut dengan Pantai Melasti. Upacara Melasti sendiri adalah upacara mensucikan diri sebelum Hari Raya Nyepi.

Pesona utama pantai ini adalah lokasi pantai yang ada di ujung bukit kapur yang tinggi. Dari atas batu karang di dekat pantai inilah biasanya para turis menikmati senja. Banyak pecinta fotografi yang mengabadikan senja dari ketinggian 100 meter di atas bukit.

Lokasi: Jl. Melasti Ungasan, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

7. Bukit Asah

Bukit Asah
Image Credit: Ksmtour.com

Tempat berikutnya adalah Bukit Asah yang berlokasi di Desa Bugbug. Bukit tersebut memiliki keindahan alam yang asri dan suasananya yang tenang. Dengan alasan tersebut, para turis menyebut tempat tersebut sebagai The Silent Hill. Wisatawan bisa menikmati sunset sambil melakukan kemah di sana.

Berkemah di sana memberikan sensasi yang lain karena bisa melihat senja beserta pulau-pulau kecil dengan berjejer batu karang merupakan incaran para wisatawan. Untuk sampai ke Bukit Asah, wisatawan harus menempuh sekitar 30 menit dari Candidasa.

Di sana, ada lereng yang sering dijadikan spot sangat romantis untuk menyaksikan pemandangan sunset bersama pasangan. Dan jika merasa haus dan lapar maka wisatawan bisa membeli makanan di warung-warung di dekat lokasi yang menjual berbagai makanan instant.

Lokasi: Desa Adat Bugbug, Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.

8. Pantai Dreamland

Pantai Dreamland
Image Credit: Wisatabagus.com

Pantai Dreamland menjadi pantai paling populer bagi wisatawan Indonesia yang datang berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana. Pantai ini berada tidak jauh dari sana. Jadi tidak jarang wisatawan berkunjung ke sana setelah dari GWK.

Butiran pasir pantai yang sedikit kasar dan berwarna putih sangat pas dijadikan tempat melepas lelah. Wisatawan bisa menyewa payung lengkap dengan sundeck untuk menonton sunset. Pantai yang menghadap ke arah barat membuat pantai Dreamland menjadi pantai yang pas untuk menikmati senja.

BACA JUGA:  Desa Jatiluwih Bali, Pemandangan Sawah Terasering Hingga Warisan Budaya Dunia

Lokasi: Jl. Pecatu Indah Raya, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

9. Pantai Amed

Pantai Amed
Image Credit: Baligetaway.co.id

Pantai Amed selanjutnya yaitu Pantai Amed yang berlokasi di sisi Timur Bali. Lebih tepatnya berada di Abang. Wisatawan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam jika berangkat dari Denpasar dan sekitar 30 menit jika ditempuh dari Amlapura.

Pantai ini memiliki arusyang tenang, terumbu karang, berbagai biota laut, dan airnya yang jernih menjadikan pantai ini sebagai pantai populer dengan kecantikan pemandangan alam bawah lautnya.

Bagi yang tidak suka menyelam maka bisa datang untuk menikmati senja di sini. Pantai ini cukup terkenal dengan pemandangan sunsetnya. Untuk menikmati sunset ada beberapa cara yang bisa dipilih seperti berjalan-jalan dan bermain kano. Semua sudut pantai bisa dipilih untuk melihat senja di sini.

Wisatawan juga melihat sunset sembari melihat petani garam yang bekerja untuk membuat garam atau sedang memanen garam di pinggir pantai. Amed point merupakan lokasi paling diminati untuk melihat matahari terbenam dari ketinggian yang ada di pantai Amed.

Lokasi: Amed, Kec. Abang, Kab. Karangasem.

10. Pantai Pemuteran

Pantai Pemuteran
Image Credit: Bali.com

Tempat terakhir adalah Pantai Muteran. Pantai yang satu ini memang masih kalah pamor jika dibandingkan dengan Pantai Kuta atau Pantai Sanur. Padahal pantai ini memiliki keindahan yang sangat epik dan tidak kalah dengan pantai Bali lainnya. Ditambah pantai ini memiliki suasana yang sangat tenang.

Wisatawan mancanegara memilih pantai ini sebagai tempat untuk melakukan meditasi. Pemuteran juga memiliki keindahan warna-warni ikan dan berbagai terumbu karang. Jadi sebelum menyaksikan senja bisa melakukan snorkeling terlebih dahulu.

Saat sore menjelang, Pemuteran memperlihatkan pemandangan senja yang memesona setiap mata yang melihatnya. Senja tersebut semakin indah karena ada dibalik gugusan pegunungan di Pulau Jawa. Sebuah pemandangan yang tidak akan membosankan untuk dilihat dalam waktu yang cukup lama.

Lokasi: Desa Pemuteran, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng.

Suasana senja di Bali memang menjadi waktu yang paling diincar oleh wisatawan. Tak jarang para turis sengaja meluangkan waktu untuk singgah di tempat yang dinilai memiliki senja paling epik. Semoga rekomendasi tempat tadi bisa memberikan wawasan bagi yang berburu senja di pulau seribu Pura ini.