Nusa Penida menawarkan keindahan pantai hingga pemandangan bawah laut yang memukau. Inilah spot snorkeling di Nusa Penida Bali menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan perairan Nusa Penida.

Nusa Penida merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Bali. Kawasan wisata tersebut menyimpan banyak spot menarik yang dapat dikunjungi saat Anda berlibur di Pulau Dewata. Ada banyak pilihan wisata, mulai dari pantai hingga wisata alam bawah lautnya.

Wisatawan yang tertarik untuk melihat panorama bawah laut bisa mencoba snorkeling. Beberapa spot snorkeling di Nusa Penida menawarkan keindahan terumbu karang dan berbagai kekayaan laut lainnya yang kondisinya masih bagus. Menjadi spot snorkeling favorit bagi para wisatawan yang datang ke Bali khususnya ke Nusa penida.

Kawasan wisata bawah laut di Nusa Penida memang kondisinya masih terjaga dan terawat sehingga wisatawan dapat menikmati suguhan alam di perairan ini dengan lebih maksimal. Cukup dengan menyewa peralatan snorkeling, wisatawan bisa langsung berenang dan melihat keindahan dari spot snorkeling di Nusa Penida, Bali.

1. Jetty Point

Jetty Point
Image Credit: Melalinusapenida.com

Jetty Point menjadi salah satu spot snorkeling dan diving yang cukup terkenal di Nusa Penida, Bali. Aktivitas snorkeling dapat dilakukan oleh para wisatawan yang ingin melihat pemandangan bawah laut dengan kedalaman 2 hingga 5 meter. Panorama terumbu karang dan ikan berwarna-warni menjadi daya tarik dari kawasan ini.

Arus laut di sekitar Jetty Point ini tidak terlalu besar sehingga lebih aman untuk wisatawan yang baru pertama kali melakukan snorkeling. Biasanya untuk pemula harus berlatih menyesuaikan alat snorkeling dan menyeimbangkan diri dengan arus laut. Jika arusnya terlalu kuat, wisatawan akan mudah merasa lelah.

Sedangkan untuk kondisi terumbu karang dan pemandangan bawah laut di Jetty Point masih sangat terjaga dengan baik. Air lautnya begitu jernih sehingga daya pandang di tempat ini lebih baik untuk wisatawan menikmati panorama alam di bawah laut Nusa Penida.

Keragaman hayati laut di Jetty Poin yang terjaga juga menjadikan kawasan ini sebagai salah satu spot snorkeling terbaik di Nusa Penida. Wisatawan yang datang ke spot snorkeling ini disarankan untuk selalu berhati-hati agar tidak menyentuh atau merusak terumbu karang yang ada.

Perlu diingat juga bahwa beberapa hewan laut yang ada mungkin sangat peka dengan keberadaan penyelam. Jangan mencoba menyentuh hewan-hewan tersebut atau mengganggu kehidupan satwa laut yang ada. Biasanya jika Anda mengikuti snorkeling, pemandu wisata akan memberikan pengarahan apa saja yang sebaiknya dihindari.

BACA JUGA:  11 Tempat Wisata di Uluwatu Bali Terhits Buat Liburan

Selain untuk snorkeling, Jetty Point bisa menjadi tempat terbaik untuk wisatawan yang ingin mencoba menyelam lebih dalam. Aktivitas diving bisa dilakukan hingga kedalaman sekitar 10 hingga 15 meter di Jetty Point. Semakin dalam tentu menyuguhkan pemandangan yang berbeda.

Lokasi: Kampung Toyapakeh, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

2. Crystal Bay Point

Crystal Bay Point
Image Credit: Warnakali.com

Pantai Crystal Bay di Nusa Penida merupakan salah satu destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi turis dari dalam dan luar negeri. Selain pemandangan pantai yang indah, Crystal Bay juga dikenal sebagai salah satu spot snorkeling menarik di Nusa Penida.

Namanya adalah Crystal Bay Point yang cocok untuk wisatawan yang ingin melihat keanekaragaman kehidupan bawah laut. Air laut di tempat ini sangat bersih dan jernih. Jarak pandan untuk melihat pemandangan dasar airnya pun sangat baik. Wisatawan yang mencoba snorkeling dapat melihat langsung keeksotisan bawah laut Crystal Bay.

Kawasan Crystal Bay terkenal dengan terumbu karang yang masih berlimpah. Kondisinya pun bagus dengan warna-warni yang cantik. Ikan-ikan yang berada di Crystal Bay Point juga sangat beragam. Wisatawan dapat melihat ikan-ikan kecil berenang bebas di balik terumbu karang.

Spot snorkeling di Nusa Penida yang satu ini lebih disarankan bukan untuk pemula karena arusnya yang cukup kencang. Namun beberapa tour guide mungkin bisa membantu Anda untuk mencoba aktivitas snorkeling yang aman di spot ini. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan, baik diri Anda maupun satwa laut yang ada.

Satu lagi yang menarik dari Crystal Bay Point adalah spot ini merupakan tempat untuk bisa melihat ikan langka yang unik yaitu mola-mola. Ikan dengan ukuran besar dan bentuk sedikit pipih tersebut dapat ditemui di kedalaman sekitar 10 meter. Wisatawan yang sudah memiliki kemampuan dan sertifikat menyelam dapat mencoba diving.

Jika Anda tidak bisa menyelam, snorkeling pun sudah cukup untuk bisa menikmati keindahan alam dan biota bawah laut di Crystal Bay Point. Saat berenang selalu perhatikan gerakan tangan dan kaki Anda. Hindari menyentuh terumbu karang karena terumbu karang sangat sensitif dan bisa rusak apabila tersentuh.

BACA JUGA:  Bali Safari & Marine Park - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Lokasi: Sakti, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung.

3. Gamat Bay

Gamat Bay
Image Credit: Wisatanusabali.com

Snorkeling menjadi salah satu cara untuk menikmati keindahan bawah laut. Spot snorkeling di Nusia Penida yang cukup terkenal adalah Gamat Bay. Lokasi berada sekitar 30 menit dari pelabuhan atau dermaga Toya Pakeh. Gamat Bay adalah spot snorkeling di sisi barat Nusa Penida yang terkenal dengan pemandangan bawah lautnya.

Perairan ini merupakan habitat bagi banyak satwa laut, termasuk hewan-hewan langka seperti pari manta, kura-kura, ikan hiu, pelagik, hingga ikan mola-mola. Satwa laut tersebut biasanya dapat dijumpai di waktu-waktu tertentu pada kedalaman 10 hingga 15 meter. Jadi dibutuhkan peralatan menyelam untuk wisatawan melihat hewan tersebut.

Penyelaman di Gamat Bay cocok dilakukan untuk penyelam profesional yang bisa berenang di arus yang kuat. Aktivitas menyelam juga perlu diawasi dan ditemani oleh guide agar lebih aman. Bagi pemula yang belum memiliki sertifikat menyelam tidak disarankan mencoba tempat ini.

Wisatawan yang tidak berani menyelam di laut yang lebih dalam, maka snorkeling di perairan yang lebih dangkal bisa menjadi alternatif pilihannya. Pemandangan bawah laut di Gamat Bay cukup bagus dengan terumbu karang dan ikan-ikan menggemaskan yang berenang kesana kemari melewati celah terumbu karang.

Terumbu karang di perairan Gamat Bay masih bagus dan kondisinya pun cantik dengan warna-warni yang menarik. Saat snorkeling wisatawan bisa membawa kamera untuk mengambil foto di bawah laut perairan Gamat Bay. Kehidupan bawah laut di tempat ini masih sangat alami sehingga wisatawan diharapkan juga bisa ikut menjaganya.

Sebelum melakukan snorkeling atau diving, ikuti petunjuk dan saran yang diberikan oleh pemandu wisata. Perhatikan gerakan tubuh Anda saat berenang terutama jika berada dekat dengan terumbu karang. Biota laut ini bisa rusak jika terinjak atau tertabrak tangan penyelam. Jadi lebih baik untuk tidak menyentuh terumbu karang agar tidak merusaknya.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung.

4. Budha State Underwater

Budha State Underwater
Image Credit: Wallpaperflare.com

Pemandangan yang indah dan unik menjadi daya tarik dari Budha State Underwater yang ada di perairan Nusa Penida, Bali. Kawasan yang terkenal sebagai salah satu spot snorkeling favorit wisatawan ini menawarkan pemandangan unik dari adanya candi bawah laut.

Patung-patung khas Candi Budha yang ada di spot snorkeling ini merupakan patung yang sengaja diletakkan di dasar laut. Hal tersebut dilakukan untuk kegiatan konservasi alam khususnya bawah laut Nusa Penida. Wisatawan yang datang dapat melihat patung-patung yang sudah banyak ditumbuhi laut.

BACA JUGA:  Pantai Lovina Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan yang unik dan tidak biasa ini menjadikan Budha Temple State Underwater banyak diburu wisatawan. Spot snorkeling terbaik di Nusa Penida ini merupakan salah satu objek wisata paling instagramable. Kebanyakan wisata yang datang bukan hanya untuk melihat pemandangan patung Budha di bawah laut.

Hampir sebagian besar wisatawan yang berenang di kawasan ini akan mengambil gambar atau foto. Selain patung-patung yang masih utuh, pemandangan cantik dari tempat ini adalah beberapa ikan kecil berwarna-warni yang menggemaskan. Ikan dan anemone laut banyak dijumpai di perairan yang satu ini.

Lokasi: Lembongan, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung.

5. Wall Point

Wall Point
Image Credit: Lovenusapenida.com

Spot snorkeling di Nusa Penida ini memang belum terlalu populer seperti Crystal Bay dan Budha State Underwater. Namun pemandangan laut di Wall Point tidak kalah indah dan menarik untuk dijelajahi. Wisatawan yang datang ke Nusa Penida bisa mengunjungi Wall Point untuk snorkeling.

Pemandangan terumbu karang yang masih alami dan terjaga dengan baik menjadi suguhan utama di perairan bawah laut Wall Point. Perairan dangkal di spot snorkeling yang satu ini memiliki arus yang cukup tenang sehingga aman untuk pemula. Wisatawan pun dapat berenang tanpa cepat merasa lelah.

Perairan ini memiliki air laut yang begitu bersih dan jernih. Wisatawan dapat melihat berbagai biota laut dengan mudah walaupun menggunakan peralatan snorkeling. Ikan berwarna-warni dengan warna yang kontras dengan air laut semakin membuat pemandangan bawah lautnya terlihat begitu cantik.

Biota laut yang dapat dilihat di kawasan ini adalah ikan-ikan hias berukuran kecil. Biota laut tersebut sangat lincah dengan berenang di balik terumbu karang. Beberapa ikan juga ada yang berenang secara berkelompok yang tentunya menyajikan pemandangan indah dan eksotis bagi para wisatawan.

Lokasi: Kampung Toyapakeh, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

Itulah deretan spot snorkeling terbaik di Nusa Penida. Pemandangan bawah laut di perairan ini tidak kalah indah dari pemandangan yang ada di pantai. Tidak harus menyelam terlalu dalam, karena perairan yang dangkal saja sudah bisa untuk wisatawan menikmati berbagai keindahan kehidupan laut di perairan Nusa Penida tersebut.