Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Denpasar Bedugul, Mekarsari, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali.

Jika mendengar kata ‘Bali’, pasti yang ada di pikiran Anda adalah surga wisata. Ya, memang benar. Bali tidak pernah kehabisan stok tempat wisata sehingga tidak mengherankan jika kawasannya selalu ramai dipadati wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Jika Anda kerap berlibur ke Bali mengunjungi pantai-pantainya yang indah, cobalah sesekali berkunjung ke Secret Garden Village.

Tempat wisata tersebut menawarkan nuansa yang berbeda dari tempat wisata lainnya karena disana para pengunjung akan diajak untuk melihat proses pembuatan kopi dan produk kecantikan yang tentunya akan menambah pengalaman baru. Selain itu, disana Anda akan diajak untuk menikmati suasana persawahan hijau yang asri dilengkapi dengan taman yang tertata rapi dan mempesona.

Para wisatawan juga bisa menikmati sajian kuliner dengan menu yang bervariasi di restoran yang ada disana dan dapat menghilangkan penat dengan berfoto di spot-spot yang telah disediakan. Tempat wisata ini sangat cocok dan direkomendasikan untuk Anda yang bosan dengan suasana pantai dan ingin menghirup udara khas persawahan yang sejuk dan tenang.

Daya Tarik Wisata Secret Garden Village

Daya Tarik Secret Garden Village
Image Credit: Google Maps (Ivon Christando)

Setiap tempat wisata di Bali mempunyai daya tariknya masing-masing. Secret Garden Village pun demikian. Ada beberapa daya tarik tersendiri yang mampu menghipnotis para pengunjung sehingga betah berlama-lama berada disana.

1. Pemandangan Persawahan Hijau yang Menentramkan Jiwa

Jika Anda terbiasa hidup dengan suasana hiruk pikuk kota yang bising, pasti Anda membutuhkan tempat wisata dengan suasana yang tenang dan tentram. Sehingga tempat wisata tersebut sangat cocok Anda kunjungi karena pemandangan alamnya yang begitu asri disajikan dalam hijaunya area persawahan yang mampu menentramkan jiwa para pengunjung.

2. Konsep Wisata Edukasi

Sebagian besar tempat wisata menerapkan konsep hiburan saja yang tujuannya menghilangkan kepenatan para pengunjungnya. Lain halnya dengan konsep wisata yang diterapkan pada Secret Garden Village dimana konsep hiburan dibalut dengan edukasi. Sehingga para pengunjung bisa melepas penat sekaligus belajar sesuatu hal baru disana.

Bahkan, kabarnya tempat wisata satu ini adalah pelopor wisata di Bali yang menerapkan konsep edukasi melalui beberapa kegiatan tour. Ada beberapa kegiatan tour yang bisa diikuti oleh para pengunjung seperti coffee tour dan beauty tour. Wisatawan diajak belajar mengenai cara pembuatan kopi dan produk kecantikan yang dapat menambah wawasan baru.

Daya Tarik Secret Garden
Image Credit: Google Maps (Kadek BPD)

3. Desain Minimalis

Daya tarik tempat wisata ini juga mengarah pada desain bangunan yang bergaya minimalis kontemporer. Keunikan yang ditampilkan melalui desain bangunannya yakni perpaduannya dengan kekuatan alam seperti beton, kayu, air, dan besi. Bangunannya berlantai dua dan merupakan hasil karya arsitektur kenamaan di Bali bernama Andri Martin.

Perancang desain Secret Garden Village tersebut juga mendesain salah satu klub atau tempat hiburan papan atas bernama Potato Head yang terkenal di Bali. Desain bangunan tempat terbilang cukup unik karena memadukan desain modern dan minimalis kontemporer dipadukan dengan sentuhan tradisional khas Bali.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Secret Garden Village

Alamat Secret Garden Village
Image Credit: Google Maps (Aling A-Mood)

Tempat wisata seluas 3,5 hektar tersebut baru didirikan pada tanggal 1 Mei 2016 yang lalu. Lokasinya berada di jalan raya Denpasar Bedugul Km 36. Jika ditempuh dari Bandara Internaional Ngurah Rai, maka perjalanan akan menempuh waktu sekitar 1 jam atau berjarak kurang lebih 50 km. Lokasi tepatnya terletak di sisi kanan jalan jika ditempuh dari arah Denpasar.

Untuk menuju ke Secret Garden Village, Anda bisa menempuh perjalanan menggunakan transportasi motor, mobil, maupun bus. Namun pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima dan bahan bakarnya cukup agar perjalanan Anda menuju ke lokasi lancar dan tidak ada hambatan. Di area Bali juga banyak tersedia tempat penyewaan motor dan mobil yang bisa Anda manfaatkan untuk menuju ke lokasi.

Tempat wisata ini terletak di daerah Tabanan Bali yang arahnya sejalur dengan tempat wisata lainnya seperti Tanah Lot, danau Beratan Bedugul, Pura Taman Ayun, hingga Alas Kedaton. Sehingga Anda bisa sekaligus berkunjung ke beberapa objek wisata lainnya dengan daya tariknya masing-masing. Anda yang berada di kawasan Joger Luwus, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja ke lokasi.

Tempat wisata tersebut berada di perlintasan jalan Denpasar-Bedugul-Singaraja. Dengan menempuh perjalanan dari Joger Luwus, Anda bisa melihat di sebelah kanan jalan hingga menemukan sign SGV yang berdiri dengan megah sebagai tanda bahwa sudah sampai di lokasi. Dari luar Anda bisa melirik sedikit ke arah dalam dan akan menemukan bangunan Secret Garden Village yang megah.

Harga Tiket Masuk Wisata Secret Garden Village

Harga Tiket Secret Garden Village
Image Credit: Twitter.com @endahNrhesa

Destinasi wisata tersebut dibuka untuk masyarakat umum setiap hari mulai pukul 09.00-20.00 WIB. Lahan parkirnya cukup luas sehingga Anda yang datang bersama rombongan dengan menaiki bus sangat aman untuk parkir di kawasan wisata ini. Biaya parkir motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan bus Rp 10.000. Sementara untuk tiket masuknya berbeda-beda untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Tiket masuk untuk wisatawan lokal yakni gratis untuk bayi berusia 0-3 tahun, Rp 35.000 untuk anak-anak berusia 4-12 tahun, dan Rp 50.000 untuk orang dewasa berusia lebih dari 12 tahun. Kemudian, tiket masuk untuk wisatawan mancanegara yakni gratis untuk bayi berusia 0-3 tahun, Rp 70.000 untuk anak-anak berusia 4-12 tahun, dan Rp 100.000 untuk orang dewasa berusia lebih dari 12 tahun.

Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk biaya coffee tour dan beauty tour. Apabila beruntung, wisatawan akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp 25.000 per tiket untuk orang dewasa. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu terutama ketika musim liburan dan lebaran. Anda bisa hubungi contact person pengelola di nomor 08113984888 atau telepon (0368) 2033363.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Secret Garden Village

Aktivitas Dilakukan di Secret Garden Village
Image Credit: Google Maps (Secret Garden Village)

1. Berkunjung ke Oemah Herborist

Ketika memasuki area tempat wisata ini, sambutan hangat guide akan menyapa Anda dan rombongan. Guide akan menemani Anda dan rombongan untuk memulai tour edukasi dengan aktifitas ini. Di Oemah Herborist, terdapat sejarah rahasia mengenai kosmetik untuk kecantikan di Indonesia yang sudah ada sejak jaman dahulu dan berkembang hingga sekarang ini.

Disana pengunjung juga akan diajak untuk berkunjung ke Mini Plant yang menyuguhkan edukasi tentang tata cara pembuatan kosmetik yang dibuat dari bahan-bahan alami khas dari bumi nusantara. Selain itu, pengunjung juga diajak untuk melihat tata cara bagaimana jamu diracik dan melihat film pendek 5 menit di theater mengenai sejarah perkembangan kosmetik.

2. Berkunjung ke Beauty Outlet

Wisatawan juga akan diajak untuk mengunjungi Beauty Outlet dimana di dalamnya terdapat beauty store yang menyajikan produk Herborist yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Menariknya lagi, disana disediakan Fragrance Bar yang merupakan tempat peracikan parfum dari bahan-bahan alami.

3. Berkunjung ke Black Eye Coffee and Roastery

Berlibur ke Secret Garden Village akan memberikan banyak edukasi kepada pengunjung. Black Eye Cofee and Roastery berisikan museum kopi dan pabrik mini. Disana wisatawan bisa belajar bagaimana proses produksi kopi dari mulai tahapan biji kopi mentah, proses sangrai, hingga menjadi serbuk kopi kemasan.

Proses produksi dilakukan menggunakan mesin berteknologi modern sehingga hasil kopinya terjamin kualitasnya. Terdapat juga café, coffee shop dan toko pernak-pernik yang menjual aneka ragam produk kopi berkualitas tinggi. Pengunjung dapat mencicipi berbagai jenis kopi sehingga mereka mendapatkan wawasan baru tentang kopi.

Aktivitas di Secret Garden Village
Image Credit: Google Maps (Adrian Suhanea)

4. Mengisi Kekosongan Perut di The Luwus Resto atau Rice View Resto

Bagi Anda yang merasa lapar setelah puas menikmati kegiatan tour, Anda bisa mengisi kekosongan perut di restoran The Luwus Resto atau Rice View Resto. Pemandangan yang disajikan kedua resto tersebut begitu menarik, karena Anda bisa melihat pemandangan terasering atau sawah berundak erta perbukitan kawasan Bedugul.

Kedua resto yang ada di Secret Garden Village ini menyuguhkan menu kuliner yang berbeda. The Luwus Resto menyajikan masakan khas Asia dan Bali dengan penyajian prasmanan. Sedangkan Rice View Resto menyajikan menu grill atau BBQ.

5. Berkunjung ke Beauty Garden

Beauty Garden merupakan sebuah taman dengan penataan yang cantik berhias lampu-lampu taman. Jika malam tiba, lampu-lampu tersebut akan menyala dan memberikan suasana syahdu dan romantis. Taman ini sangat cocok untuk Anda yang hobi berfoto.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Secret Garden Village

Fasilitas di Secret Garden Village
Image Credit: Google Maps (Bumbu Maksakan)

Tempat wisata satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin berlibur sekaligus menambah wawasan baru. Fasilitas disana lumayan lengkap, mulai dari lahan parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, taman, beberapa lokasi tour, toko souvenir, dan lain masih banyak lagi untuk mendukung kebutuhan pengunjung.

Oleh karena itu, Secret Garden Village dapat Anda masukkan ke dalam daftar tempat wisata di Bali selain pantai. Anda juga bisa mengajak anak-anak Anda supaya mereka dapat belajar hal baru dan tidak merasa bosan jika ke Bali hanya berlibur ke pantai saja.