Rumah Pohon Batu Molenteng merupakan rumah pohon yang unik di Nusa Penida, Pulau Bali yang dikelilingi hutan dan pemandangan laut yang menawan. Tempat menginap yang menawarkan fasilitas yang lengkap.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petinggian, Kutampi Kaler, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung, Bali.

Banyak sekali tempat wisata menarik yang terdapat di pulau Bali. Pulau yang juga dikenal dengan sebutan pulau dewata ini memang menyajikan tempat wisata dengan panorama yang memukau. Masing-masing tempat wisata memiliki sensasinya masing-masing. Salah satu tempat wisata yang cukup spesial dan unik yaitu Rumah Pohon Batu Molenteng.

Berlokasi di Kecamatan Nusa Penida. Merupakan salah satu tempat yang cukup populer tak hanya bagi wisatawan domestik melainkan juga wisatawan asing. Tempat wisata Batu Molenteng ini cukup berbeda dibandingkan dengan wisata rumah pohon lainnya yang ada di pulau dewata.

Rumah pohon yang satu ini menawarkan keseruan pada para pengunjungnya. Di tempat ini Anda tidak hanya bisa singgah untuk sementara waktu, melainkan Anda juga bisa bermalam dengan menyewa salah satu rumah pohon yang terdapat di sana. Berikut akan diulas secara singkat mengenai rumah pohon unik di Nusa Penida.

Daya Tarik Rumah Pohon Batu Molenteng

Daya Tarik Rumah Pohon Batu Molenteng
Image Credit: Google Maps (Koper Traveler)

Tak seperti tempat-tempat lainnya di pulau Bali, tempat ini menyajikan daya tarik yang cukup berbeda. Hal-hal menarik yang bisa Anda temukan di tempat ini yaitu antara lain:

1. Rumah Unik di Pohon Besar

Rumah pohon ini dibangun di atas sebuah pohon yang besar. Dengan memanfaatkan pohon-pohon besar yang kokoh untuk menopangnya, rumah pohon ini dapat berdiri tegak. Pembuatan rumah pohon ini dari bahan-bahan alam.

Sedang untuk ukurannya yaitu 4 x 4 m. Saat ini mungkin Anda telah jarang sekali menemukan adanya rumah pohon. Oleh karena itu, tempat wisata ini dirasa cukup unik untuk Anda datangi. Rumah pohon molenteng ini memang sengaja dibuat dan dibangun dari batang pohon yang ditebang sebelumnya.

BACA JUGA:  Gala-Gala Underground House, Objek Wisata Seru & Unik di Nusa Lembongan Bali

Desain bangunannya sendiri memang cukup sederhana. Terdapat tangga kayu yang bisa Anda gunakan saat ingin memasuki rumah pohon tersebut. Ketika Anda sudah berada di atas, maka Anda dapat melihat panorama alam di sekitar yang begitu indah.

Pantai-pantai yang masih alami dan belum terjamah sehingga tampak begitu menawan serta asri. Anda akan menemukan ketenangan suasana alam di tempat ini. Oleh karena itu, jika Anda ingin menemukan sensasi baru dalam berwisata, maka cobalah untuk menginap di Rumah Pohon Batu Molenteng.

2. Pesona Pantai Atuh

Rumah pohon yang terdapat di Nusa Penida ini menghadap ke arah Pantai Atuh. Sehingga ketika Anda berdiri di teras rumah tersebut, maka Anda akan disajikan keindahan Pantai Atuh yang begitu menakjubkan. Itulah kenapa tempat ini cukup populer untuk dikunjungi para wisatawan.

Bagi Anda yang belum mengetahui keindahan Pantai Atuh, maka Anda akan takjub ketika telah sampai di tempat ini. pemandangan laut dari pantai ini memang benar-benar bisa menghipnotis mata Anda. Lautnya yang biru dengan beberapa pulau kecil yang terletak di tengah-tengah, semakin membuat indah pemandangan.

Image Credit: Google Maps (Hendrik A.)

3. Pemandangan Tebing

Selain pesona Pantai Atuh, yang juga nantinya yang akan Anda dapati di tempat wisata ini yaitu pemandangan lain yang tak kalah menarik, tebing-tebing yang tinggi dan curam. Tebing-tebing tersebut berdiri begitu kokoh seolah menantang dunia.

Begitu gagah dan seakan menjadi benteng bagi kawasan ini. Pemandangan tersebut akan semakin tampak indah ketika Anda melihatnya dari ketinggian bukit.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Batu Molenteng

Alamat Batu Molenteng
Image Credit: Google Maps (Vimal Kumar)

Seperti yang telah disebut di atas, bahwasanya rumah pohon ini berada di Nusa Penida. Tepatnya di bagian ujung timur. Jika Anda berangkat dari pelabuhan toya pakeh, maka setidaknya Anda membutuhkan waktu 1,5 jam untuk sampai ke tempat ini. Lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Atuh membuat Anda dapat menikmati 2 wisata sekaligus.

Anda dapat gunakan kendaraan pribadi. Baik itu yang roda dua ataupun yang roda empat. Terlebih bagi Anda yang sebelumnya pernah datang ke Nusa Penida. Tentunya hal itu tidak akan membuat Anda kesusahan. Namun, bagi Anda yang kebetulan tidak membawa kendaraan, maka Anda masih tetap bisa datang menggunakan layanan transportasi yang tersedia.

Ketika Anda telah sampai di pelabuhan Nusa Penida, Anda bisa menggunakan transportasi yang disewakan di sana, seperti contohnya mobil atau motor untuk bisa sampai ke Rumah Pohon Batu Molenteng. Mengenai harga sewanya, tentu berbeda dan tergantung dari jenis motor atau mobil yang Anda ingin pakai.

BACA JUGA:  Air Terjun Peguyangan, Wisata Alam Unik yang Menantang di Nusa Penida

Ketika sudah sampai di kawasan wisata maka Anda bisa memarkir kendaraan di area parkir yang telah disediakan. Kemudian dari sini Anda akan menyusuri anak tangga untuk bisa sampai ke lokasi rumah pohon.

Perjalanan ini setidaknya akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai di tujuan. Anda yang menginginkan perjalanan yang lebih menyenangkan lagi bisa menggunakan jasa pemandu lokal yang nantinya akan memudahkan saat ingin berkeliling lokasi wisata.

Harga Tiket & Biaya Menginap di Rumah Pohon

Harga Tiket di Rumah Pohon
Image Credit: Google Maps (Purnomo Sri Herlambang)

Mengunjungi tempat ini tidak harus selalu menginap. Bisa datang ke tempat ini untuk sekedar menikmati pemandangan sejenak. Harga tiket masuk yang dibanderol pada para pengunjung di wisata ini yaitu sebesar Rp 10.000 untuk tiap orang.

Sementara jika Anda membawa kendaraan, maka dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat. Untuk kendaraan roda dua, parkir yang ditarik sebesar Rp 5.000. Anda bisa menaiki rumah pohon tersebut tanpa harus menginap di dalamnya. Banyak juga para wisatawan yang datang mengunjungi rumah pohon hanya untuk sekedar foto.

Namun bagi Anda yang berniat untuk bermalam, maka bisa menyewa salah satu rumah pohon yang disediakan di tempat wisata tersebut. Biaya sewa yang akan dikenakan untuk satu rumah pohon yaitu sebesar Rp 300.000 dalam satu malam. Hal yang perlu Anda perhatikan yaitu kapasitas maksimal rumah pohon yaitu sebanyak 5 orang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Rumah Pohon

Aktivitas di Rumah Pohon
Image Credit: Google Maps (Imelda Agustina)

Ketika Anda telah memutuskan untuk datang ke tempat ini, maka berikut adalah aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu.

1. Menikmati Pemandangan dari Rumah Pohon

Tempat wisata Rumah Pohon Batu Molenteng ini menawarkan pengalaman menginap yang luar biasa bagi Anda para wisatawan. Suasana alam di tempat ini yang begitu tenang, damai serta jauh dari hiruk pikuk kota akan membuat begitu rileks. Jadi bagi Anda yang berniat untuk menenangkan diri dari penatnya aktivitas kantor, bisa datang ke tempat ini.

Dengan menikmati pemandangan dari atas rumah pohon, Anda akan merasakan sensasi tenang yang luar biasa. Terlebih jika datang ke tempat ini bersama dengan pasangan, otomatis hal tersebut akan semakin membuat wisata Anda berkesan. Untuk yang berencana melangsungkan bulan madu, maka tempat ini bisa jadi alternatif yang tepat.

BACA JUGA:  Pohon Cinta, Tempat Unik Menikmati Alam Nusa Penida Bali

Di tempat wisata rumah pohon lainnya mungkin Anda tidak akan menemukan fasilitas menginap ataupun pemandangan seistimewa di rumah pohon ini. Karena memang hanya rumah pohon inilah yang menawarkan para wisatawannya pengalaman untuk bermalam.

2. Menikmati Pemandangan Pantai Atuh

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di tempat ini yaitu menikmati pemandangan Pantai Atuh. Pantai Atuh merupakan salah satu pantai yang cukup dikenal di Pulau Bali. Jadi ketika mengunjungi tempat wisata rumah pohon ini, maka Anda juga bisa menikmati pemandangan dari pantai yang terkenal tersebut.

Anda bisa sekedar menaiki rumah pohon untuk beberapa saat menikmati pemandangan dari teras rumahnya. Namun pastikan rumah pohon yang Anda pilih tersebut tidak ada penghuninya. Untuk mendapat lokasi rumah pohon paling strategis maka bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu agar nantinya rumah pohon tersebut tidak ditempati oleh wisatawan lain.

Aktivitas Menarik di Rumah Pohon
Image Credit: Google Maps (Imelda Agustina)

3. Fotografi

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan yaitu melakukan fotografi atau mengabadikan momen. Dengan pemandangan yang begitu indah otomatis objek wisata ini amat instagramable. Anda yang menginginkan hasil foto dengan pemandangan yang apik maka bisa menggunakan spot menarik yang ada di lokasi ini.

Seperti yang telah disebut di atas bahwa tidak sedikit para wisatawan yang memang sengaja datang hanya untuk berfoto dan mengabadikan momen di tempat ini. Dari ketinggian teras rumah pohon tentunya Anda akan mendapatkan view yang mengagumkan. Terlebih ketika menjelang sunrise.

Fasilitas yang Tersedia di Rumah Pohon Batu Molenteng

Fasilitas di Rumah Pohon Batu Molenteng
Image Credit: Google Maps (Dua Lima)

Mengenai fasilitas yang terdapat di wisata ini sudah cukup memadai. Sekalipun tempat wisata ini terdapat di perbukitan, namun ada beberapa fasilitas yang sudah tersedia. Sehingga Anda para wisatawan akan dimudahkan ketika kunjung ke tempat ini.

Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain yaitu toilet umum, warung makan yang menyajikan masakan lokal serta area parkir. Akses jalan untuk menuju tempat ini pun saat ini sudah semakin bagus.

Itulah ulasan singkat mengenai wisata Rumah Pohon Batu Molenteng yang terdapat di di Nusa penida. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke Pulau Bali, maka sempatkanlah waktu untuk mengunjungi Rumah Pohon unik ini. Karena di tempat ini nantinya Anda akan mendapat pengalaman yang lain yang mungkin tak pernah dirasakan sebelumnya.