Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Drupadi No.2, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali.

Selain dijuluki sebagai Pulau Dewata, rasanya Bali sangat cocok menyandang sebutan sebagai surga wisata. Pasalnya, wisata kuliner yang ada di Bali tidak semata menjadi tempat untuk bersantap saja. Melainkan mampu menampilkan dekorasi unik yang mampu dijadikan sebagai destinasi wisata apik, seperti yang terlihat di Rumah Gemuk, Bedugul Bali.

Berada di kawasan padat wisata, membuat anda bisa merasakan banyak keseruan dalam satu waktu. Terlebih tempat ini menghadirkan banyak hal menarik dan seru untuk pengunjung.

Daya Tarik Rumah Gemuk Bedugul

Daya Tarik Rumah Gemuk Bedugul
Photo by Instagram Wahyu Setiawan

1. Desain Cantik dan Instagramable

Desain cantik dan rupawan dari Rumah Gemuk tak ubahnya karena konsep awal yang dimiliki oleh tempat satu ini. Pasalnya tempat tersebut mulanya dibuka secara khusus sebagai tempat untuk menggelar pernikahan yang sakral. Tidak heran jika konsep pembangunannya begitu itu dan memanjakan mata, agar momen pernikahan juga semakin berkesan.

Di restoran satu ini, para pengunjung dapat dengan mudah menemukan ornamen yang diberikan secara penuh untuk menunjang acara khusus pernikahan. Mengingat bahwa tidak hanya resepsinya saja yang lazim dilakukan di sini, melainkan serangkaian prosesnya. Mulai dari pre wedding photo hingga acara inti pernikahan yang dilangsungkan kedua mempelai.

Rumah Gemuk kini dibuka untuk umum, meski fungsi utamanya sebagai tempat menggelar pernikahan tidak berubah. Sehingga anda bisa berkunjung ke destinasi tersebut ketika sedang berlibur di Bali, selama area tidak digunakan untuk resepsi. Jangan bayangkan tempat yang begitu luas dengan daya hingga ratusan orang.

Karena meski digunakan sebagai tempat menggelar acara pernikahan, tempat satu ini mengusung tema private party dengan daya tampung tidak lebih dari 150 undangan. Jadi, ketika tidak ada pesta yang berlangsung di sini, maka tempat ini layaknya cafe atau restoran mahal dengan interior menawan.

Konsep modern yang berusaha dihadirkan di sini tidak hanya soal pesona pulau dewata saja, namun bagaimana keindahan itu dibangun di dalamnya. Pengunjung tidak hanya akan fokus pada keindahan Bali ketika berada di dalamnya, namun keindahan secara universal. Dimana desain interiornya sendiri mengedepankan model minimalis modern, dengan penggunaan kaca sebagai dinding.

Penggunaan kaca sebagai pengganti dinding membuat cahaya matahari bisa masuk dengan mudah dari berbagai sudut, yang menciptakan kesan hangat di seluruh area tersebut. Anda bahkan bisa dengan mudah melihat hamparan air dan bukit yang merupakan panorama alam sempurna dari Bedugul. Ruangannya sendiri didominasi warna kuning hangat, yang menciptakan kesan romantis.

2. Menghadirkan Paket Piknik Asam Manis

Setelah dibuka untuk umum, Rumah Gemuk melakukan berbagai inovasi untuk para pengunjung agar semakin betah selama bertandang kemari. Tidak hanya menyajikan nuansa cantik yang akan memanjakan mata, tapi anda juga akan ditawarkan sajian khas daerah yang lezat dan mampu memanjakan lidah dan perut.

Hal ini membuat Rumah Gemuk Bedugul sangat cocok dikunjungi sebagai perhentian terakhir setelah menjelajah indah pulau dewata. Sehingga rasa lapar dan lelah yang dirasakan seketika sirna, setelah mengisi ulang dan bersantai di sini. Destinasi ini sendiri menghadirkan empat macam pilihan paket piknik untuk para pengunjung, melalui olahran rasa asam manis khas Bali.

Selama menyantap makanan lezat di Rumah Bedugul, anda tidak hanya akan ditemani dengan pemandangan cantik di sekeliling yang hadir dari interior tempat satu ini. Tapi anda juga akan merasakan nuansa sejuk yang sudah tidak bisa diganggu gugat lagi, karena banyaknya tumbuhan hijau yang dipelihara dengan baik di sana.

3. Pilihan Spot dengan Nuansa Berbeda

Rumah Gemuk Bedugul terdiri dari dua lantai yang menawarkan dua pilihan spot keren bagi pengunjung. Untuk lantai 1, merupakan spot untuk kawasan piknik dimana anda bisa menyantap makanan dengan beralaskan permadani di atas rumput sintetis. Di area ini juga ditumbuhi bunga cemara, lavender, serta berbagai varietas bunga lainnya yang membuat suasana sejuk dan indah.

Sementara lantai 2 menawarkan spot yang lebih alami dan instagenik, meski di lantai ini tidak ada ragam dekorasi yang sedemikian rupa layaknya pada lantai 1. Anda hanya dapat melihat tanaman sejenis yang menempel pada sepanjang pagar pembatas, juga perabotan duduk yang terbuat dari kayu. Namun pemandangan Danau Beratan yang jelas dari spot ini, membuatnya menjadi lebih menarik.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Rumah Gemuk Bedugul
Photo by Instagram Vivera Takarina Leimena

Rumah Gemuk berlokasi di kawasan wisata Bedugul, atau lebih tepatnya ada di Jalan Drupadi, Candikuning, Kabupaten Tabanan, Bali. Daerah ini terbilang cukup jauh bila ditinjau dari pusat kota Denpasar. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, jarak tempuh dari Ubud yang terletak di Kabupaten Gianyar jauh lebih dekat bila dibandingkan memulai perjalanan dari Kuta di Kabupaten Badung.

Dari Puri Saren Agung atau Ubud Palace yang ada di pusat Ubud, jarak tempuh yang harus dilalui untuk menuju lokasi destinasi kurang lebih sekitar 45,3 kilometer atau membutuhkan sekitar 1 jam 9 menit berkendara. Lajukan kendaraan hingga anda melewati Rumah Sakit Umum Semara Ratih, Secret Garden Village dan Saranam Resort and Spa.

Tetap berada di jalan utama sampai anda melewati Restoran Mutiara Sari di sisi kanan. Jarak Rumah Gemuk dari sini adalah 7,8 kilometer atau sekitar 12 menit perjalanan lagi. Jadi, anda hanya perlu melanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalur yang cukup berliku tersebut. Anda bisa menggunakan peta digital untuk lebih mudah menemukan lokasinya.

Jam Operasional dan Tiket Masuk

Tiket Masuk Rumah Gemuk Bedugul
Photo by Google Maps Sendy Filemon

Destinasi kekinian ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 10.00 WITA sampai 21.00 WITA, apabila tidak ada yang mengadakan resepsi di sana. Namun belakangan, tempat satu ini dibuka hanya sampai pukul 18.00 WITA setelah pandemi. Ke depannya belum diketahui apakah akan kembali ke pukul semula atau tetap ditutup pada pukul 18.00.

Sehingga ada baiknya anda melakukan reservasi terlebih dahulu saat ingin berkunjung ke sana. Untuk tarif masuknya sendiri, sebenarnya pihak pengelola tidak memasang tarif masuk. Namun wisatawan perlu membayar minimum spend sebesar Rp. 100.000 saja per pax. Pembayaran ini dilakukan di awal sebelum masuk, kemudian ditukar dengan voucher.

Apabila anda ingin menikmati table service dining, harga menu makanan yang tersedia di Rumah Gemuk dibanderol mulai dari Rp. 42.000 dan harga minumannya mulai dari Rp. 25.000. Beberapa menu yang dihadirkan antara lain Tom Yum Soup, Hawker Pad Thai, Thai Red Curry, Truffle Soup, French Press Coffee, dan lain sebagainya.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Rumah Gemuk Bedugul
Photo by Instagram Vivera Takarina Leimena

1. Menyantap Makanan Lezat

Salah satu kegiatan menarik yang bisa anda lakukan, tidak lain dan tidak bukan tentunya yaitu menyantap makanan lezat. Mengingat bahwa Rumah Gemuk ini bisa dibilang sebagai restoran, yang juga dibuka untuk mengadakan pre wedding photo hingga resepsi pernikahan.

Jadi tidak heran jika di sini anda bisa menyantap banyak hidangan eksklusif. Menghadirkan dua konsep, destinasi unik ini juga menyajikan menu yang berbeda untuk masing masing konsepnya. Picnic dining menghadirkan makanan yang jauh lebih praktis, dengan paper bag dan glass jar sebagai penunjangnya. Sementara untuk table service dining, ditawarkan dengan menu yang terlihat lebih eksklusif.

2. Melihat Pemandangan Indah

Rumah Gemuk yang ada di kawasan wisata Bedugul, memungkinkan para pengunjung untuk dapat melihat pemandangan Danau Beratan dari ketinggian serta Bukit Bedugul yang dengan megah menjulang tinggi dari lantai duanya. Sementara untuk lantai satu, anda akan disuguhi oleh desain interior yang begitu mempesona dengan konsep piknik ala fairy tale.

3. Piknik

Sesuai dengan konsep yang dihadirkan oleh tempat hits di Bedugul ini, yaitu picnic dining. Di sini, anda bisa melakukan piknik cantik beralaskan permadani di atas hamparan rumput hijau sintetis. Di sekelilingnya, ada area kebun yang dihiasi dengan warna warni bunga. Dijamin membuat rasa makanan yang disantap jadi terasa makin lezat.

Ragam Aktivitas Menarik di Rumah Gemuk Bedugul
Photo by Google Maps Dewi Susanti

4. Berburu Foto Instagramable

Konsep instagramable yang dihadirkan oleh Rumah Gemuk, tentu membuat para pengunjung bisa mendapatkan berbagai foto ciamik ketika berkunjung kemari. Sehingga anda tidak boleh ketinggalan berburu foto apabila berkesempatan bertandang ke sana. Terlebih tempat ini memiliki banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Beberapa di antaranya yaitu bagian atas dan area kebun yang ada di dalam rumah kaca. Selain itu, ada juga area luar ruangan yang biasanya acap kali didekorasi sedemikian rupa sesuai dengan momentum misalnya valentine dan lain sebagainya. Namun yang menjadi salah satu favorit para wisatawan adalah jembatan rumah kaca, yang berlatar belakang pemandangan Danau Beratan.

5. Mengajak Jalan Jalan Hewan Peliharaan

Jika anda berkunjung ke Bali sambil membawa hewan peliharaan kesayangan, maka tidak masalah. Karena Rumah Gemuk Bedugul Bali menyambut dengan hangat teman berbulu yang anda miliki, seperti kucing dan anjing. Area yang bisa dikunjungi oleh hewan peliharaan kesayangan yaitu pekarangan luar saja. Namun jangan khawatir, karena pekarangannya terbilang cukup luas.

6. Melakukan Foto Pre Wedding atau Menggelar Pernikahan

Ingin mendapatkan acara yang romantis dengan pasangan? Jangan tanggung tanggung, langsung saja lakukan foto pre wedding sekaligus resepsi pernikahan anda di tempat ini. Mengingat bahwa konsep awal dari tempat tersebut adalah tempat pernikahan, sehingga momen terbaik pastinya akan anda dapatkan. Dengan konsep private wedding, dijamin resepsi anda akan lebih berkesan.

Penginapan Murah Terdekat dari Rumah Gemuk

Penginapan Murah Terdekat dari Rumah Gemuk
Photo by Instagram CLV Hotel & Villa Bedugul

Seperti yang telah disebutkan, Rumah Gemuk merupakan salah satu destinasi yang cocok dikunjungi sebagai penutup hari di liburan anda. Sehingga, anda perlu mencari akomodasi untuk menginap yang tidak jauh dari tempat satu ini. Tidak perlu jauh-jauh, tempat ini sendiri sudah mempunyai Boutique Villa yang bisa dipesan oleh para pengunjung.

Selain Boutique Villa milik Rumah Gemuk, di sekitar juga banyak sekali penginapan yang bisa anda jumpai. Mulai dari hotel, villa, resort, sampai guesthouse bisa anda jadikan pilihan. Mengingat bahwa destinasi ini berada di kawasan wisata Bedugul yang terkenal, sehingga tidak sulit untuk menemukan penginapan di sekitarnya, contohnya Handara Golf and Resort yang berjarak 7 menit saja.

Selain berbagai keunggulan yang ada di dalam Rumah Gemuk itu sendiri, destinasi ini juga memiliki daya tarik lain. Dimana anda bisa menemukan banyak spot wisata lainnya yang berada tidak jauh dari lokasi. Sehingga mengunjungi kawasan Bedugul ini membuat anda bisa membuat anda merasakan banyak wisata hanya dalam satu kali perjalanan.