Rafting Sungai Ayung salah satu olahraga air favorit di Ubud Bali. Wisata seru di sungai terpanjang Pulau Dewata yang menjadikan pengalaman liburan lebih berkesan.

Lokasi: Jl. Raya Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Apabila Anda bosan dengan wisata pantai yang ada di Bali, maka Anda patut mencoba destinasi wisata arung jeram sungai Ayung yang bisa memberikan pengalaman seru. Wisata seperti ini sangat cocok untuk Anda yang merupakan pecinta petualangan apapun seseorang yang yang suka hal menantang. sungai Ayung sendiri menjadi salah satu sungai terbesar yang ada di pulau Dewata Bali.

Level arung jeram yang ada di sungai ini berada pada level 3 sehingga bagi para pemula bisa melakukan aktivitas arung jeram di sungai Ayung. Dikarenakan tingkat kesulitan sungai yang terbilang cukup rendah, maka lokasi ini juga cocok jika dipakai sebagai kegiatan arung jeram anak-anak yang minimal usianya 7 tahun. Jadi, destinasi ini bisa dijadikan tujuan utama wisatawan untuk anak SD hingga SMA.

Dengan suguhan pemandangan alam yang indah dan juga alami tentu bisa menambah kegembiraan liburan bersama dengan keluarga. Meskipun berada di area yang cukup pelosok namun terdapat banyak fasilitas yang bisa dinikmati sesudah melakukan kegiatan rafting. Dimulai dari toilet umum bahkan terdapat beberapa warung makan dan Anda bisa menikmati menu-menu di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Rafting Sungai Ayung

Daya Tarik Rafting Sungai Ayung
Image Credit: Instagram.com @udet

Rafting Sunai Ayung menjadi salah satu destinasi wisata di Ubud yang pada saat ini sudah banyak sekali pengunjungnya. Karena menjadi wisata yang beda dari yang lain, maka tak heran jika Sungai Ayung kerap kali menjadi pilihan ketika sudah bosan menghabiskan waktu di pantai Bali. Nah, dibawah ini adalah beberapa daya tarik dari destinasi ini sehingga banyak pemintanya:

1. Miliki Pemandangan yang Masih Asri

Wisata dengan pemandangan yang asri adalah salah satu hal yang paling dicari oleh para pelancong. Bagaimana tidak, dengan suara yang asri inilah Anda akan menemukan ketenangan. Dengan pemandangan yang hijau karena pepohonan yang sangat lebat akan membuat mata dengan fresh. Bahkan suasana yang asri ini bisa mengingatkan Anda akan kampung halaman.

BACA JUGA:  Mandala Wisata Wenara Wana, Pesona Cagar Alam & Kompleks Candi di Ubud

2. Memiliki Suasana yang Sejuk

Udara sejuk adalah nilai plus bagi destinasi Wisata, apalagi bagi Anda yang tinggal perkotaan yang panas. Tentu jika datang ke Sungai Ayung Anda akan mendapatkan udara yang sejuk yang tidak pernah ada di kawasan perkotaan. Sejenak Anda bisa melupakan kesibukan dai pekerjaan yang ada di kota.

Daya Tarik Rafting Sungai Ayung Bali
Image Credit: Google Maps (Ayung River Rafting Bali)

3. Deburan Suara Air Sungai

Suara air sungai memang membuat siapa saja merasa nostalgia di masa kecil. Sembari menikmati makanan hangat dan minuman hangat Anda dapat menikmati pemandangan air sungai dan melihat pengunjung lain tengah melakukan arung jeram.

4. Bisa Menikmati Rafting Dengan Nyaman

Ini menjadi salah satu daya tarik yang paling memikat para wisatawan. Apalagi aktivitas ini dapat dilakukan oleh anak-anak sekalipun, jadi kebanyakan orang ingin mencoba rafting bersama dengan anggota keluarga.

Alamat, Rute Lokasi & Biaya Rafting di Sungai Ayung

Lokasi di Sungai Ayung
Image Credit: Google Maps (Manu B)

Menjadi salah satu sungai terbesar di Bali, maka tak heran jika banyak yang menjadikan sebagai destinasi wisata. Lokasi dari Sungai Ayung sendiri berada di kawasan Bali Selatan yang tepatnya berada di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Jaraknya pun tidak terlalu jauh jika menggunakan kendaraan umum.

Jika Anda dari bandara langsung ingin menuju ke sungai Ayung maka jarak tempuhnya hanya sekitar 75 menit saja, waktu ini hampir sama jika Anda berada di kawasan pusat oleh-oleh Kuta, kawasan Jimbaran dan juga Nusa Dua.

Sebetulnya untuk rute jalan dari Nusa dua menuju ke Sungai Ayung terdapat banyak jalan, yang mana jarak tempuhnya adalah 46 km. Yang mana rute jalan yang dapat anda lewati ialah menggunakan Jalan by pass Ngurah Rai kemudian Anda juga bisa menggunakan Jalan Nusa Dua. Kedua jalan ini membutuhkan waktu yang sama untuk bisa sampai ke Sungai Ayung.

Tentu bukan waktu yang lama, sehingga Anda masih bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Apalagi dengan keindahan alam di pulau dewata yang bisa Anda lihat sembari menuju ke Rafting Sungai Ayung. Namun, waktu perjalan bisa saja jauh lebih lama dibandingkan perkiraan apabila terjadi kemacetan di jalan.

BACA JUGA:  Pura Taman Saraswati Ubud, Pesona Pura Cantik & Kolam Bunga Teratai

Pada setiap operator jasa rafting Sungai Ayung tentu akan memberlakukan harga paket rafting yang berbeda-beda. Hal yang seperti ini tentunya akan disesuaikan dengan fasilitas beserta kenyamanan yang akan Anda peroleh ketika menggunakan paket tersebut.

Umumnya dalam satu paket arung jeram yang ada di Sungai Ayung dimulai dari antar jemput, kemudian konsumsi atau akomodasi, penyewaan peralatan untuk arum jeram bahkan sampai asuransi untuk keamanan Anda. Namun, yang pasti tiket untuk per orang sangat terjangkau.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Rafting Sungai Ayung

Aktivitas Menarik di Rafting Sungai Ayung
Image Credit: Google Maps (Ayung River Rafting Bali)

Siapa yang menyangka jika pada destinasi wisata Sungai Ayung, Anda bukan hanya bisa melakukan kegiatan rafting saja. Sebab, terdapat banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan.

1. Melakukan Kegiatan Arung Jeram

Kegiatan rafting adalah kegiatan yang paling utama jika para wisatawan datang ke Sungai Ayung. Biasanya kegiatan ini akan dilakukan dengan beberapa orang dimulai dari 5 hingga 6 orang. Jika Anda datang ke wisata tersebut pastikan bersama rombongan sehingga tidak perlu susah lagi mencari teman untuk melakukan kegiatan ini.

2. Berfoto Ria Dengan Latar Bebatuan

Berfoto adalah salah satu kegiatan yang tidak akan pernah dilupakan ole para wisatawan, terlebih jika terdapat momen liburan menyenangkan seperti itu. Terdapat salah satu spot foto populer yang bisa Anda gunakan sebagai latar. Yakni bebatuan yang berada di pinggiran Sungai Ayung, jika Anda tengah melakukan rafting pasti bisa melihatnya. Batu-batu tersebut sengaja diukir seperti gambar yang unik.

3. Menikmati Pemandangan Indah di Sepanjang Rute Rafting

Ketika Anda yang melakukan rafting, maka di sepanjang rute yang Anda lewati nanti akan menemukan pemandangan yang sangat indah. Bahkan terdapat beberapa bagian sungai yang dapat Anda lihat pemandangan hijau alami di bagian kiri ataupun kanan sungai. Adanya ornamen pahatan batu yang berada di sekitar tebing dan pastinya Anda akan melewati itu.

Bukan hanya itu saja, Sungai Ayung juga melintasi beberapa villa yang memiliki desain yang sangat bagus. Keindahan dari pemandangan inilah yang akan membuat suasana arung jeram semakin seru nama sekaligus membuat hati terasa tenang.

Setelah melakukan kegiatan arung jeram, maka beristirahat sejenak. Dan tempat pemberhentian ini merupakan spot cliff jump yang mempunyai ketinggian kurang lebih 4 meter. Dan yang pasti tempat peristirahatan ini akan sangat sayang jika Anda lewatkan.

BACA JUGA:  Museum Blanco Ubud, Wisata Seni & Budaya Populer di Pulau Bali

4. Terdapat Spot Selfie di Air Terjun

Melakukan kegiatan resting akan sangat kurang lengkap jika anda tidak mengambil foto di sport air terjun ini. Jika Anda berfoto dibawah air terjun ini maka sekaligus bisa menikmati pijatan dari air terjun yang jatuh di atas kepala dengan deras.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Rafting Sungai Ayung

Fasilitas di Rafting Sungai Ayung
Fasilitas Wisata yang Tersedia di Rafting Sungai Ayung

Fasilitas umum adalah satu hal yang paling penting di dalam destinasi wisata, sama halnya dengan Sungai Ayung. Namun, ketika Anda memutuskan berwisata disana maka akan menemukan fasilitas yang sangat lengkap.

Pertama Anda akan menemukan banyak sekali toko oleh-oleh, yang mana toko tersebut akan memudahkan Anda untuk membelikan aneka oleh-oleh yang khas dari Pulau Dewata Bali. Karena terdapat banyak toko, maka Anda bisa mulai menyusuri satu persatu toko tersebut setelah melakukan aktivitas arung jeram.

Kedua terdapat fasilitas toilet umum, toilet adalah hal penting terlebih lagi bagi Anda yang baru saja melakukan kegiatan rafting. Sebab, Anda harus membersihkan diri dan mengganti pakaian. Jika saja tidak ada toilet umum maka Anda pun akan kesusahan dan datang ke penginapan dengan kondisi yang masih basah kuyup. Selain itu, toilet umum di Sungai Ayung cukup banyak, memadai dan juga bersih.

Ketiga terdapat warung makan, fasilitas ini menjadi salah satu yang paling dicari setelah menghabiskan tenaga ketika arung jeram. Dengan kondisi letih dan kelaparan memang paling cocok jika menyantap makanan khas Pulau Bali. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa menikmati banyak menu. Contohnya saja seperti ayam betutu, sate jingo, sate lilit dan beberapa minuman menyegarkan.

Keempat adanya villa atapun penginapan yang sangat menakjubkan, sebab semua villa yang ada di pinggiran SungaI Ayung sengaja didesain seperti villa internasional dengan bangunan yang megah dan aestetik. Tentunya Anda sudah tidak perlu kebingungan mencari penginapan untuk menghabiskan waktu liburan. Bahkan, di pagi hari Anda bisa melihat pemandangan indah dari hutan yang ada di sekitarnya.

Nah, itulah penjelasan dari rafting Sungai Ayung. Dimulai dari daya tariknya, alamat beserta rute menuju kesana, biaya tiket masuk, kegiatan yang bisa dilakukan dan juga beberapa fasilitas yang bisa digunakan. Dijamin Anda tidak akan menyesal menghabiskan waktu Anda untuk melakukan kegiatan arung jeram di Sungai Ayung Bali.