Pusuk Sembalun salah satu objek wisata yang memukau di Lombok Timur, NTB yang menarik untuk dikunjungi. Taman wisata yang menyuguhkan pesona pegunungan Rinjani yang indah nan hijau, udara yang sejuk dan tebing-tebing curam yang mempu memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Pusuk Sembalun adalah destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan yang indah nan cantik. Tempat ini merupakan dataran tinggi yang berada pada ketinggian kurang lebih 1.000 Mdpl, saat berkunjung kesini Anda dapat menikmati keindahan sebagian kota Lombok.

Untuk Anda penyuka keindahan alam seperti gunung maka tempat ini dapat Anda coba kunjungi. Menikmati keindahan alam di Pusuk Sembalun juga tak kalah menarik dengan menikmati keindahan alam diatas gunung.

Pengunjung yang datang ke tempat ini selalu terpukau dengan keindahan alamnya. Karena berada di kawasan dataran tinggi menjadi sebuah keistimewaan dari tempat ini. Anda dapat melihat keindahan Gunung Rinjani yang diselimuti awan dan ditumbuhi banyak pepohonan hijau yang rimbun.

Daya Tarik Wisata Pusuk Sembalun

Daya Tarik Pusuk Sembalun
Image Credit: Twitter.com @vanilatobeli

Dengan keindahan alam yang dimilikinya ini masih banyak lagi daya tarik yang dimiliki Pusuk Sembalun yang akan memikat para pengunjung untuk datang. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang dimiliki destinasi wisata ini.

1. Cocok untuk Swafoto

Untuk Anda yang suka mengabadikan momen setiap berkunjung ke suatu tempat wisata maka wajib bagi Anda mengabadikan momen saat ke tempat ini. Di Pusuk Sembalun terdapat banyak spot foto yang instagramable atau spot foto yang banyak dicari oleh generasi milenial. Keindahan alam inilah yang banyak dijadikan background untuk berfoto.

2. Pesona Alam yang Indah

Lombok bukan hanya memiliki daya tarik berupa gugusan pantai nan cantik ternyata di Lombok juga terdapat dataran tinggi yang memiliki keindahan alam. Pesona alamnya ini belakangan mulai banyak diketahui dan dikunjungi oleh para traveler pecinta alam. Tapi tak jarang juga pengunjung datang karena ingin merasakan sisi lain dari Lombok yang terkenal karena kecantikan pantainya.

Pesona alam yang ada di tempat ini banyak membuat para pengunjung kangen dan ingin datang lagi suatu saat nanti. Banyak pengunjung yang dibuat terpana saat melihat pesona alam di tempat ini, para pengunjung juga betah untuk berlama-lama disini.

Daya Tarik Sembalun
Image Credit: Facebook.com @pusuksembalun

3. Banyak Monyet yang Bersahabat

Karena letaknya yang masih berada di kawasan Gunung Rinjani atau bisa dikatakan masih berada di area hutan yang banyak terdapat hewan liar. Karena letaknya ini sudah tak heran lagi jika banyak monyet yang biasa ada di sekitar tempat ini dan menyapa pengunjung.

Monyet disini terkenal bersahabat dan lucu namun karena ini kawasan hutan yang berarti monyet tersebut adalah hewan liar Anda harus berhati-hati. Monyet-monyet tak jarang mengganggu para pengunjung seperti mengambil makanan atau barang milik pengunjung. Maka Anda harus menyimpan barang bawaan Anda dengan aman agar tidak diambil oleh mereka.

Meskipun ada penjaga di destinasi ini yang siap membantu Anda saat diganggu oleh monyet-monyet ini tetapi Anda juga harus mewaspadai kedatangan mereka. Banyak dari pengunjung yang suka dengan adanya kedatangan monyet karena mereka dapat berinteraksi secara langsung, tetapi ada juga pengunjung yang kurang suka dengan kedatangan monyet.

4. Suhu Udara yang Menyejukkan

Berada pada ketinggian kurang lebih 1.000 Mdpl dan masuk dalam kategori dataran tinggi, suhu udara disini dingin dan sejuk. Karena udara yang dingin dan sejuk banyak pengunjung yang suka datang kemari, pengunjung juga betah berada disini. Banyak warga perkotaan yang sengaja datang untuk merasakan dingin dan sejuknya udara di Pusuk Sembalun.

Untuk Anda yang kurang bisa beradaptasi dengan udara dingin maka Anda disarankan tidak datang saat keadaan di tempat ini dalam puncak suhu dinginnya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pusuk Sembalun

Alamat Pusuk Sembalun
Image Credit: Google Maps (Ancik Cik)

Tempat wisata ini berada dikawasan Gunung Rinjani, lokasi tepatnya berada di Desa Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat melihat lokasinya di google maps.

Bagi Anda pengunjung yang ingin datang ke destinasi ini dan mendarat di kota Mataram maka harus terlebih dahulu ke Kabupaten Lombok Timur. Untuk sampai ke Lombok Timur dari ibukota Lombok Anda akan memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak kurang lebih 82 km. Terdapat beberapa rute untuk menuju ke lokasi taman wisata yaitu rute timur yang akan sampai lebih cepat dan rute utara.

Jika melewati rute utara, Anda akan sampai lebih lama namun sepanjang jalan Anda akan menikmati perjalanan dengan keindahan panorama alam di sepanjang jalan. Jadi, tidak akan rugi jika berkunjung ke destinasi wisata ini.

Untuk berkunjung ke destinasi wisata ini Anda perlu mengeluarkan biaya Rp 5000, ini merupakan biaya yang terjangkau untuk tempat wisata baru yang sudah populer. Tapi Anda juga siapkan uang berlebih untuk berjaga-jaga jika ada tambahan biaya parkir atau biaya lainnya. Biaya yang Anda keluarkan ini seimbang dengan keindahan yang dapat Anda saat berkunjung kesini.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pusuk Sembalun

Aktivitas di Pusuk Sembalun
Image Credit: Twitter.com @ntbtravel

1. Bersantai Sembari Menikmati Pesona Alam

Karena berada jauh dari perkotaan tempat ini memiliki suasana yang asri dan enak untuk bersantai disini. Dengan suasana seperti ini maka pengunjung akan betah dan merasa nyaman, kadang memang tujuan pengunjung datang untuk menikmati suasana ini. Ditambah dengan udara yang dingin dan sejuk maka pengunjung semakin suka dengan tempat ini.

Memang tempat ini cocok untuk melepas penat dan stress selama sehabis bekerja. Anda dapat bersantai disini sembari menikmati keindahan alam dan pemandangan dari Gunung Rinjani. Kadang saat Anda diwaktu yang tepat Anda akan menemui Gunung Rinjani sedang diselimuti oleh awan yang membuatnya semakin cantik.

2. Swafoto

Untuk Anda yang senang mengabadikan momen penting, disini terdapat banyak spot foto yang menarik. Banyak generasi milenial yang datang untuk foto dengan background yang instagramable, karena hal ini yang menarik perhatian pengunjung generasi milenial untuk datang. Jadi untuk Anda yang suka dengan swafoto maka wajib berkunjung ke tempat ini.

3. Mengeksplore Alam Sekitar

Bagi Anda yang pecinta alam datang kesini juga tak ada salahnya karena banyak hal yang dapat dieksplore saat berkunjung kesini. Hal ini juga didukung oleh lokasi dari Pusuk Sembalun yang berada di kawasan Gunung Rinjani. Selain itu destinasi wisata ini juga terletak dekat dengan beberapa destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam seperti bukit tangkok dan bukit siswa.

Dan masih banyak lagi yang dapat Anda eksplore di sekitar sini, pasti Anda yang menyukai keindahan alam akan betah berada disini. Agar tak rugi bagi Anda pengunjung yang sudah jauh-jauh datang ke destinasi wisata ini namun tidak mengeksplore daerah sekitarnya.

Beberapa destinasi wisata yang banyak dikunjungi berada tak jauh dari tempat ini. Jadi untuk Anda yang sudah datang ke tempat ini dapat dengan mudah datang ke tempat wisata terdekat. Karena lokasi wisata ini memang cukup strategi, jadi Anda bisa sekaligus mengunjungi berkunjung ke destinasi-destinasi wisata lain yang ada di sekitar Pusuk Sembalun.

Aktivitas Pusuk Sembalun
Image Credit: Instagram.com @dayusepty

4. Desa Tradisional Daerah Lombok

Selain datang untuk berlibur Anda juga wajib datang ke desa tradisional ini, Anda akan belajar dan melihat tentang kehidupan dan bangunan orang Lombok. Selain berlibur untuk menghilangkan penat, Anda juga berlibur untuk menambah ilmu dan wawasan dengan datang ke desa tradisional khas suku Sasak.

Tak banyak tempat wisata yang menyajikan destinasi desa tradisional dimana saat Anda berkunjung kesana maka Anda juga akan memberikan pengalaman baru. Di desa ini Anda dapat melihat penduduk saat melakukan aktivitas tenun dan untuk Anda yang tertarik mencoba Anda dapat belajar langsung dari masyarakat setempat.

5. Berkunjung ke Menara

Di tempat ini Anda juga akan menemukan menara yang biasa disebut dengan menara pandang. Menara ini dinamakan demikian karena dari atas menara ini Anda dapat memandang panorama alam yang indah. Untuk Anda yang memiliki hobi fotografi maka disini Anda akan mendapatkan banyak foto dengan hasil yang tak akan mengecewakan.

Karena letaknya yang berada sedikit dekat dengan daerah yang curam maka Anda harus berhati-hati saat menuju ke menara ini. Saat mengambil foto di menara ini Anda akan mendapatkan foto dengan ciri khas tersendiri, ciri khas keindahan Gunung Rinjani. Banyak pengunjung yang suka dengan spot menara dari wisata ini karena memiliki keunikan dan memberikan pengalaman baru.

Fasilitas yang Tersedia di Pusuk Sembalun Lombok

Fasilitas Pusuk Sembalun
Image Credit: Google Maps (rob by81)

Untuk fasilitas taman wisata ini mungkin sudah bisa dikatakan layak dan memenuhi kebutuhan para pengunjung yang datang. Seperti adanya gazebo di beberapa titik juga sudah dapat digunakan para pengunjung untuk duduk bersantai menikmati keindahan yang tersaji.

Mungkin untuk akses menuju ke daya tarik dari Pusuk Sembalun lebih diperbaiki lagi agar tidak ada jalan terjal, sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman.

Dengan adanya tempat wisata seperti ini para pengunjung juga diharapkan akan turut menjaga kebersihan dan keadaan destinasi wisata. Agar wisata dengan keindahan alam yang seperti ini dapat terus terjaga dan lestari. Cara menjaga yang mudah seperti membawa kembali sampah yang dibawa agar kebersihan lingkungan tetap terjaga.