Pura Ulun Danu Bratan merupakan salah objek religi yang terkenal di Bedugul Bali. Pura terapung di atas Danau Bratan memiliki pemandangan alam sekitar yang eksotis dan menarik untuk Anda eksplor saat berlibur ke Pulau Dewata.

Lokasi: Danau Beratan, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.
Map: Cek Lokasi

Pulau Dewata Bali tidak hanya memamerkan objek wisata pantainya saja. Pura Ulun Danu Bratan merupakan objek wisata indah di perairan Bedugul. Salah satu pesona alam Bali yang beragam ini patut dijadikan tujuan berlibur saat akhir pekan.

Objek wisata ini adalah tempat wisata yang cukup terkenal di Bali bahkan hingga ke luar negeri. Bagaimana tidak, pemandangan Pura di atas danau Bratan ini sama seperti gambar yang terdapat dalam lembar uang lima puluh ribu rupiah. Maka tidak heran jika tempat tersebut selalu ramai pengunjung baik lokal maupun luar negeri.

Tawaran pemandangan yang dimiliki tempat ini berbeda dengan tempat wisata di Bali lainnya. Jika kebanyakan tujuan wisata di Pulau Dewata ini adalah wisata pantai, kini beralih dengan keindahan perairan di daerah pegunungan yang sejuk. Berbagai aktivitas menarik dan beberapa sarana yang tersedia sengaja diberikan pengelola untuk menunjang kegiatan liburan para wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pura Ulun Danu Bratan

Daya Tarik Pura Ulun Danu Bratan Bali
Image Credit: Google Maps (raden fr)

Sebagai objek wisata yang populer, wisata Pura Ulun Danu Bratan tentu mempunyai berbagai hal menarik untuk memikat para wisatawan yang berkunjung. Daya tarik yang dimiliki tempat ini akan menyihir para wisatawan atas pemandangan alamnya yang indah dan mempesona.

1. Pemandangan Pura yang Eksotis

Pura terapung ini mempunyai desain yang unik dan menarik. Terdapat lima komplek pura dan satu stupa Budha yang bersejarah dan kental akan makna di area pura tersebut. Komplek tersebutlah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Letaknya yang berada di tengah danau membuat pura ini memiliki panorama yang indah. Dari kejauhan akan tampak pura yang menjulang tinggi dengan beberapa pura kecil di sekitarnya. Pegunungan akan menjadi latar belakang pemandangan pura indah ini dari kejauhan. Saat cuaca cerah panorama puran menawan ini makin indah karena pura di tengah danaunya yang memantul di perairan.

2. Danau Beratan yang Tenang

Daya tarik wisata Pura Ulun Danu Bratan adalah danaunya yang tenang dan jernih. Menikmati suasana alam yang sunyi dan perairan tenang sangat cocok untuk dijadikan tempat menenangkan diri dari penatnya kegiatan sehari-hari. Danau tenang yang dikelilingi pegunungan hijau tersebut akan menjamu para wisatawan yang datang.

3. Udara Sekitar yang Sejuk

Berbeda dengan wisata Bali lainnya yang berada di pesisir pantai dengan hawa yang cukup panas. Pura cantik di Bedugul ini berada di kawasan pegunungan yang asri dan sejuk. Wisatawan yang datang ke tempat wisata tersebut akan merasakan hawa alam pegunungan yang masih alami. Berlibur sambil mendapatkan udara baru yang segar menjadi cara efektif untuk menyegarkan kembali badan dan pikiran.

Daya Tarik pura Ulun Danu Bratan
Image Credit: Google Maps (Hrishikesh Tiwary)

4. Kijang dan Rusa yang Terdapat pada Kawasan Pura

Salah satu daya tarik yang dimiliki wisata pura ini adalah adanya rusa dan kijang pada kompleks pura. Wisatawan bisa melihat secara langsung hewan unik yang jarang bisa ditemui tersebut. Berkunjung bersama anak-anak akan semakin menyenangkan karena selain berlibur juga sebagai ajang edukasi.

5. Aneka Bunga dan Pepohonan Rindang

Selain komplek pura yang menawan, hal lain yang memikat para wisatawan untuk mengunjungi objek wisata ini yaitu ragam bunga dan pohon hijau yang rindang. Bagi para wisatawan yang menyukai tumbuhan berwarna-warni bisa menyaksikannya di area kebun yang telah tertata rapi.

Terdapat beberapa pohon cemara yang tersebar di kawasan wisata tersebut yang tumbuh tinggi serta hijau. Selain indah, kebun tersebut juga bersih karena selalu dirawat dengan baik oleh pengelola sehingga sangat pas untuk melakukan relaksasi.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pura Ulun Danu Bratan

Lokasi Pura Ulun Danu Bratan
Image Credit: Instagram.com @surya_ir

Lokasi Pura Ulun Danu Bratan sangat mudah ditemukan. Kawasan wisata ini letaknya berada di pegunungan tepatnya di Bedugul, kecamatan Batiriti, kabupaten Tabanan. Tak sulit menemukan objek wisata ini karena tempatnya berada di pinggir jalan raya yang cukup ramai dilalui kendaraan bermotor dari arah Tabanan dan Buleleng. Selain itu, terdapat papan petunjuk menuju lokasi di setiap jalan.

Berangkat dari Denpasar Anda bisa langsung menuju ke arah utara melalui jalur darat Denpasar-Bedugul. Sampai di Bedugul perjalanan dilanjutkan menuju Danau Beratan dengan mengikuti petunjuk arah. Sesampainya di kawasan danau Anda bisa menyebrang menggunakan perahu menuju ke kawasan pura tersebut.

Jarak tempuh dari Denpasar menuju Bedugul kurang lebih 60km dan memakan waktu sekitar dua jam. Meskipun tergolong lama, selama perjalanan setiap wisatawan yang melakukan perjalanan tidak akan merasa bosan karena pepohonan hijau dan udara sejuk menyegarkan akan selalu menyertai.

Harga Tiket Masuk Wisata Pura Eksotis di Bedugul

Harga Tiket Pura Eksotis di Bedugul
Image Credit: Google Maps (IHP Channel)

Sama seperti objek wisata lainnya, sebelum menikmati keindahan objek wisata Pura Ulun Danu Bratan pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket terlebih dahulu. Harga tiket dibedakan menjadi dua, untuk anak-anak dan orang dewasa. Untuk dewasa harga tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp 30.000 dan untuk anak-anak diharuskan membayar tiket sebanyak Rp 20.000.

Bagi wisatawan yang datang menggunakan kendaraan, bisa memarkirkan kendaraannya dengan aman yang akan dijaga oleh petugas parkir. Cukup dengan membayar Rp 2.000 untuk parkir kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk tarif parkir bus. Area parkir yang cukup luas di kawasan tersebut mampu menampung banyak kendaraan. Oleh karena itu, tak perlu khawatir tak kebagian tempat memarkirkan kendaraan.

Kawasan wisata pura terapung di Bedugul ini buka mulai dari pagi hingga sore, tepatnya mulai pukul 8 pagi hingga jam 6 sore. Meskipun buka sejak pagi, tempat wisata ini akan mulai ramai pengunjung sekitar pukul setengah 10 pagi, karena pada jam-jam tersebut matahari mulai naik sehingga kabut disekitar danau mulai berkurang dan pemandangan pura bisa terlihat dengan jelas.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pura Ulun Danu Bratan

Kegiatan Menarik di Pura Ulun Danu Bratan
Image Credit: Google Maps (wahyu kencana)

1. Mengunjungi Pura Eksotis

Berada di Bedugul tentu kurang lengkap rasanya jika tak singgah ke Pura Ulun Danu Bratan yang terkenal. Arsitektur bangunan yang unik dan legendaris sangat patut untuk dilihat secara langsung apabila berkesempatan datang ke Danau Beratan, Bedugul. Di sana wisatawan bisa mengunjungi komplek pura yang berbeda-beda dan sebuah stupa Budha.

Menikmati panorama pura menawan di danau Beratan ini sangat pas dilakukan saat cuaca cerah yang mendukung. Suasana pura yang tenang menjadi hal yang tepat untuk menikmati setiap jengkal pemandangan di sekitar kawasan pura ini.

2. Bertemu Langsung dengan Rusa dan Kijang

Puas mengelilingi area pura, kegiatan menarik yang selanjutnya bisa dilanjutkan dengan mengunjungi rusa dan kijang yang terdapat pada sisi kiri. Di sana terdapat kandang rusa dan kijang yang menarik untuk dilihat. Sambil melihat interaksi hewan unik tersebut, wisatawan juga dapat mengabadikannya dengan kamera baik ponsel atau kamera digital.

3. Menikmati Watersport

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berada di kawasan pura ini adalah bermain wahana air. Terdapat tempat penyewaan permainan air yang disewakan untuk para wisatawan seperti menaiki speedboat, bersantai sambil mengayuh perahu angsa atau bahkan menyewa perahu tradisional sambil mengelilingi danau yang menakjubkan.

Dengan menggunakan perahu tradisional dan perahu angsa, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah di kawasan danau dan Pura Ulun Danu Bratan lebih dekat. Sedangkan, jika menaiki speedboat wisatawan bisa berkeliling dengan cepat hingga puas.

4. Memancing di Danau yang Tenang

Salah satu kegiatan unik yang bisa dilakukan di tempat ini yaitu memancing ikan yang bisa dilakukan di tepi danau. Wisatawan dapat mencoba keberuntungan menangkap ikan dengan menyewa alat pancing dan membeli pakan di tempat yang telah disediakan. Kegiatan unik ini banyak digemari oleh pengunjung yang gemar memancing.

5. Berfoto Dengan Pemandangan yang Menarik

Setibanya di objek wisata ini, kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah mengambil foto. Mengabadikan momen indah liburan dengan latar belakang pemandangan Pura Ulun Danu Bratan Bedugul menjadi kegiatan yang wajib dilakukan setiap wisatawan yang berkunjung.

Sebenarnya bukan hanya dengan latar pura saja, danau yang tenang dan cukup luaspun juga menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Perairan tenang, kabut serta langit yang cerah akan menjadi panorama kaya pesona. Selain itu, pemandangan hijau pegunungan yang mengelilingi danau juga patut untuk diabadikan ketika singgah ke kawasan tersebut.

6. Berbelanja Oleh-Oleh

Aktifitas yang tidak boleh terlewatkan ketika berlibur ialah berburu oleh-oleh. Di kawasan danau Beratan Anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh yang terletak tak jauh dari danau. Di sana merupakan tempat favorit wisatawan untuk mencari buah tangan khas Bali yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Berbagai jenis oleh-oleh tersedia mulai dari makanan, aksesoris, perawatan tubuh hingga pakaian khas Pulau Dewata Bali. Pernak-pernik yang dijualpun juga bervariasi sehingga membuat wisatawan betah berlama-lama. Tempat strategis, bersih serta nyaman membuat tempat oleh-oleh tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang akan berburu oleh-oleh.

Selain berbelanja di pusat oleh-oleh, wisatawan juga bisa berbelanja buah-buah segar yang dijajakan oleh pedagang setempat di dekat area parkir. Berbelanja di tempat tersebut sangat tepat bagi wisatawan yang memiliki budget minimalis. Selain harga yang lebih murah berbelanja di area parkir juga bisa ditawar sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang cukup miring dari sebelumnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pura Ulun Danu Bratan

Fasilitas di Pura Ulun Danu Bratan
Image Credit: Google Maps (Angel Alana)

Berkunjung ke Pura Ulun Danu Bratan tidak akan membuat Anda menyesal. Selain pemandangan indah, fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap dan bagus. Beberapa fasilitas seperti toilet, tempat parkir,tempat beribadah, pusat oleh oleh hingga rumah makan yang tak jauh dari kawasan wisata. Selain itu, terdapat pula tempat penyewaan perahu, speedboat dan alat pancing untuk menunjang aktivitas pengunjung yang datang.

Itulah informasi tentang objek wisata Pura Ulun Danu Bratan Bedugul yang berada di Pulau Dewata Bali. Apabila berkunjung ke kawasan wisata tersebut jangan lupa untuk membawa payung agar liburan tetap menyenangkan karena di sana sering terguyur hujan.