Pura Ulun Danu Batur salah satu wisata religi favorit di Kintamani Bali yang menawarkan panorama alam yang memesona dengan latar belakang Gunung Batur.

Lokasi: Jl. Raya Kintamani, Batur Selatan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.
Map: Cek Lokasi

Pura Ulun Danu Batur merupakan kahyangan jagat dari umat Hindu yang ada di pulau Bali, sehingga menjadikan pura ini sangat dimuliakan serta diibaratkan menjadi stana Batara Wisnu. Meskipun menjadi salah satu tempat beribadah umat Hindu, namun rupanya pura ini dibuka untuk umum sehingga para wisatawan juga dapat masuk serta menikmati pura cantik ini.

Pura Batur sendiri adalah sebuah kompleks yang di dalamnya terdiri dari 9 pura. Kemudian di dalamnya juga terdapat kurang lebih 285 paviliun dan juga candi. Sebetulnya pembangunan dari pura ini secara khusus menjadi penghormatan kepada para dewa serta dewi kesuburan kemudian dewa-dewi air, dewa-dewi seni, dan masih banyak lagi.

Siapa yang menyangka ketika Anda datang ke pura, akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah terlebih lagi dengan keunikan patung patung yang ada di area pura tersebut. Untuk itu, ketika Anda berkunjung ke Bali akan aneh rasanya jika tidak datang dan melihat langsung Pura Ulun Danu Batur, yang merupakan tempat sakral bagi umat Hindu di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pura Ulun Danu Batur

Daya Tarik Pura Ulun Danu Batur
Image Credit: Instagram.com @inautha19

Destinasi menarik yang ada di kawasan kintamani, Pulau Bali ialah pura Ulun Danu Batur. Yang mana pura ini memang sangat terkenal menjadi pura kedua yang sangat penting di Pulau Bali. Meskipun sangat banyak sekali destinasi wisata yang ada di Bali, namun akan sayang rasanya jika Anda tidak berkunjung ke pura ini dikarenakan memiliki banyak sekali daya tariknya.

1. Mempunyai Pemandangan yang Indah

Daya tarik dari pura ini Anda akan melihat indahnya pemandangan dari atas pura. Dan perlu Anda ketahui jika pura ini berada pada ketinggian yang mencapai 900 meter diatas permukaan laut, sehingga tak heran jika pemandangan dari atas pura akan terlihat lebih jelas.

BACA JUGA:  6 Makanan Khas Bangli Bali yang Terkenal Lezat

Sehingga jika Anda merupakan orang yang sangat menyukai foto, maka bisa mengabadikan momen tersebut dengan keindahan latar belakang pemandangan dari atas pura Ulun Danu Batur. Tentu ini akan menjadi momen yang tidak akan terlupakan.

2. Dapat Digunakan Sebagai Tempat Sesi Fotografi

Dengan suasana yang menarik serta pemandangan yang sangat indah, menjadikan destinasi wisata sejarah ini sebagai lokasi untuk sesi fotografi. Jika Anda datang ke pura ini maka akan banyak sekali orang-orang yang menyewa fotografer profesional untuk mengabadikan foto mereka dengan latar belakang pemandangan pura.

Apalagi jika Anda ingin mendapatkan foto yang instagramable, maka Pura Ulun Danu Batur adalah spot yang paling tepat. Tak hanya itu, banyak juga para model profesional yang juga melakukan pemotretan di pura ini, bahkan ada juga yang melakukan sesi foto prewedding.

3. Bisa Menikmati Suasana Sejuk Udara di Pura

Dikarenakan kawasan dari lokasi wisata ini berada di ketinggian sehingga tak heran jika suasananya sangat sejuk, bahkan akan cenderung cukup dingin ketika sudah menjelang sore hari. dengan keadaan udara seperti itu tentu saja bisa Anda nikmati sembari melihat pemandangan.

Dengan kondisi udara yang masih sangat alami, para wisatawan tentunya dapat menikmati perjalanan untuk menuju ke pura dengan nyaman dan juga tenang. Karena kebanyakan orang bukan hanya sekedar mengambil foto ketika datang ke pura, namun juga untuk menenangkan pikiran setelah adanya kesibukan di kantor ataupun keramaian yang ada di kota.

Pura Ulun Danau Buyan
Image Credit: Inputbali.com

4. Bisa Menjelajahi Kawasan Pura yang Masih Asri

Bukan hanya bisa Menikmati keindahan alam dan mengambil foto, Anda juga bisa menjelajahi kawasan yang ada di area pura tersebut. Pada kawasan Pura Ulun Danu Batur sendiri banyak sekali patung-patung yang cukup mencolok. Anda bisa berjalan santai sembari melihat keunikan pura yang tidak akan pernah Anda lihat dimana pun.

5. Sejarah Pura Batur yang Sangat Menarik

Jika dilihat dari sejarahnya, dulu pura ini berada di lokasi bawah kaldera dan juga kaki Gunung Batur. Akan tetapi, dikarenakan terdapat letusan gunung pada tahun 1926, sehingga mengakibatkan Desa Batur mengalami kerusakan yang sangat parah.

BACA JUGA:  Indahnya Danau Batur, Danau Cantik Memesona di Bangli Bali

Dan sejak saat itulah, masyarakat setempat pun memutuskan untuk mengungsi dan juga memindahkan lokasi Pura Ulun Danu Batur. Sehingga lokasi baru ialah yang saat ini berada di bagian atas Kaldera. dan sampai saat ini Pura Batur pun masih berdiri dengan kokoh dan terjaga karena dirawat dengan baik.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Batur

Lokasi Pura Ulun Danu Batur
Image Credit: Google Maps (putra herdiana)

Pura eksotis ini berada di kintamani, tepatnya berada di Kabupaten Bangli, Pulau Bali. Untuk bisa menuju ke pura tersebut dapat memakai jalan utama, sebab menjadi akses jalan yang paling mudah serta nyaman untuk bisa sampai ke Pura Ulun Danu Batur. Jika dari Singaraja, maka jalan yang ditempuh untuk bisa sampai ke pura ini memakai Jalan gunung Batur.

Sedangkan ketika Anda menuju Pura Batur dari Pantai Lovina maka jalan yang harus ditempuh sejauh 70 KM yang setara dengan waktu 2 jam. Karena kondisi jalan berada di kawasan pegunungan tentu jalan yang ditempuh akan menanjak serta berkelok. Untuk itu Anda harus mengusahakan untuk memakai kendaraan yang yang memiliki kondisi baik sehingga dapat dengan mudah melewati rute menanjak.

Para wisatawan juga bisa menggunakan kendaraan apapun, dimulai dari sepeda motor, mobil pribadi, kendaraan minibus ataupun menggunakan bus pariwisata yang besar. Tentunya waktu yang dihabiskan untuk menuju ke Pura Ulun Danu Batur akan tergantung dengan kondisi jalan.

Apabila terjadi kemacetan tentu saja akan menghabiskan banyak waktu. Maka dari itu, Anda harus memastikan jadwal yang tepat untuk bisa berkunjung ke Pulau Bali sehingga tidak terjadi kemacetan dikarenakan banyaknya wisatawan yang datang.

Untuk bisa masuk ke wisata objek wisata pura ini, tentunya Anda akan dikenai biaya tiket masuk. Untuk biaya tiket masuknya sendiri juga cukup terjangkau, untuk orang dewasa hanya perlu membayar Rp 20.000, sedangkan untuk anak-anak sebanyak Rp 15.000.

Terdapat biaya lain yakni seperti tarif parkir, untuk sepeda motor sebesar Rp 2.000 sedangkan untuk parkir mobil adalah Rp 5.000. Namun, untuk para pengunjung yang menggunakan bus secara rombongan maka akan dikenakan biaya parkir sebanyak Rp 10.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Wisata Pura Ulun Danu

Aktivitas di Wisata Pura Ulun Danu
Image Credit: Google Maps (Pam Jara)

1. Bisa Memasuki Candi Bentar

Ketika Anda datang ke Pura Ulun Danu Batur, maka Anda bisa langsung masuk ke Candi Bentar yang merupakan gerbang dari masuk pura. Biasanya ketika para wisatawan masuk ke pura dengan melewati Candi Bentar ini akan mengambil foto sebagai kenang-kenangan.

BACA JUGA:  Gunung Batur, Mengintip Keindahan Gunung Berapi & Danau Eksotis di Bali

2. Dapat Melakukan Aktivitas Memancing di Danau Beratan

Para wisatawan yang datang ke pura ini juga bisa melakukan aktivitas seluruh yakni dengan memancing di Danau Beratan. Tentunya ini akan menjadi salah satu kegiatan wisata yang sangat unik dan juga menyenangkan di mana Anda akan lomba untuk mendapatkan ikan.

3. Menaiki Speed Boat

Nah, untuk Anda yang sangat ingin menjelajahi area danau yang ada di Pura Ulun Danu Batur maka bisa menyewa speed boat yang sudah disediakan. Anda bisa Menikmati keindahan pemandangan di sekeliling pura dengan menggunakan perahu motor tersebut.

Untuk bisa menaiki speed boat ini Anda juga harus mengeluarkan biaya, namun tenang saja biaya yang dikeluarkan juga sangat murah. Dan hal itu sudah sangat sepadan jika bisa menyusuri danau.

4. Melihat Pemandangan Hamparan Kebun Bunga

Bukan hanya bisa menikmati keindahan danau beserta pemandangan yang ada di Pura, namun Anda juga bisa melihat hamparan kebun bunga yang yang sengaja ditata dengan rapi. Bahkan Anda juga bisa melihat anak rusa yang ada dalam kandang, tentu aktivitas wisata ini bukan hanya membuat anda tentang namun juga bisa menyenangkan anak-anak Anda.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pura Ulun Danu Batur

Fasilitas di Pura Ulun Danu Batur
Image Credit: Google Maps (Aqied Aqida)

Untuk fasilitas yang berada di Pura Batur dapat dikatakan sangat memadai, sebab terdapat fasilitas umum yang ada di area pura tersebut. Contohnya saja seperti restoran, kemudian warung makan dan juga minuman kecil, kemudian terdapat area parkir yang cukup luas sehingga ketika Anda datang tidak perlu kebingungan untuk mencari tempat parkir.

Kemudian terdapat beberapa penginapan yang ada di sekitar Pura Batur dan yang pasti terdapat fasilitas toilet umum. Sedangkan untuk angkutan umum beserta angkutan penyeberangan yang ada di area Pura Ulun Danu Batur juga sudah disediakan.

Selain itu, terdapat beberapa toko cinderamata yang bisa Anda datangi untuk melihat barang-barang unik yang khas dari Bali. Sehingga Anda bisa langsung membelinya untuk kerabat atau sahabat sebagai oleh-oleh.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai daya tarik, rute, tiket masuk dan juga fasilitas yang ada di Pura Ulun Danu Batur. Jika Anda ingin berlibur kesana pastikan membawa barang yang penting, dan harus mematuhi protokol di masa pandemi ini.