Pura Tirta Sudamala salah satu tempat alternatif membersihkan diri atau melukat di Bangli Bali. Pura dengan 11 pancuran menawarkan pesona alam yang memukau, menarik dikunjungi saat berlibur ke Pulau Dewata.

Lokasi: Bebalang, Kec. Bangli, Kab. Bangli.
Map: Cek Lokasi

Setiap Pura di Bali menawarkan banyak keunikan dan kelebihan yang ditonjolkan sehingga menarik banyak turis datang. Begitu juga dengan Pura Tirta Sudamala yang memiliki 11 pancuran (pancoran pingit). Keberadaannya menjadi tempat yang sangat sakral dan airnya yang mengalir juga disucikan. Selain itu keindahan panorama yang ditawarkan menjadi nilai lebih dari wisata pura ini.

Begitu banyak hal menarik yang bisa didapatkan dan dilakukan sembari menikmati keindahan alamnya. Terlebih jika Anda ingin menghilangkan segala beban yang menumpuk akibat rutinitas yang tidak sehat, tentu sangat direkomendasikan untuk berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pura Tirta Sudamala

Daya Tarik Pura Tirta Sudamala
Image Credit: Google Maps (putra laksana)

1. Tebing Batu

Daya tarik pertama yang bisa ditemukan di sana adalah tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan kokohnya. Seolah menjadi pagar pembatas dan pelindung dari Pura, begitulah gambaran keberadaannya. Selain itu, keberadaannya juga menambah nilai tambahan estetika yang menakjubkan.

Tentu ini adalah satu dari sekian banyak kelebihan yang terbentang megah dan indah. Anda bisa menikmati berendam atau melakukan melukat dengan panorama yang mengesankan ini. Semua yang ada di Pura Tirta Sudamala memang sulit sekali untuk dipalingkan dari pandangan mata.

2. Aliran Sungai yang Jernih

Aliran sungai yang berada di dalam area Pura memiliki tingkat kejernihan yang bagus. Banyak warga yang menjadikannya sebagai tempat mandi bahkan untuk minum. Tentu kandungan mineralnya juga baik untuk dikonsumsi segar dan menenangkan begitulah sensasi yang tergambarkan.

Daya tarik ini juga membuat banyak turis tertarik untuk berendam di dalamnya, sembari menikmati indahnya alam yang menggoda mata. Tentu semua bisa ditemui secara langsung saat Anda berkunjung.

BACA JUGA:  Air Terjun Tukad Cepung Bali, Indahnya Air Terjun Dibalik Tebing

3. Pancuran Air (Pancoran Pingit)

Hal menarik yang menjadi magnet utama untuk mendatangkan pengunjung setiap hari yaitu adanya pancuran air (Pancoran Pingit). Keberadaannya dianggap suci, sakral dan kental dengan hal-hal mistis. Sebagian besar warga sekitar menganggap bahwa aliran air yang muncul dari sumber tersebut dapat membersihkan jiwa dari pengaruh negatif, yang kemudian disucikan.

Terdapat 11 pancuran yang ada di Pura Tirta Sudamala. Sembilan diantaranya berlokasi di area yang lebih tinggi dibandingkan dengan tiga lainnya. Banyak orang yang berdatangan untuk melakukan ritual pembersihan jiwa dan sebagian memanfaatkannya sebagai sarana refleksi alami.

4. Tempat Sakral yang Menyucikan

Berdasarkan sejarah keberadaan tempat ini banyak diyakini warga sebagai kekuatan suci Sang Hyang Widi. Tempat ini baru dikembangkan sebagai destinasi wisata pada sekitaran tahun 2012. Sebelumnya, banyak difungsikan sebagai tempat ritual adat seperti melukat atau ruwatan.

Hingga saat ini setiap pengunjung yang datang masih tetap meyakini akan kesakralan yang dimiliki oleh aliran air pancuran pingit ini, dan kekuatan magis yang dapat menyembuhkan penyakit. Bahkan kebanyakan yang datang memiliki tujuan untuk membersihkan diri dari segala pengaruh negatif yang ada di dalam hati dan fikiran.

Pura Tirta Sudamala
Image Credit: Baligetaway.co.id

5. Pemandangan Hutan

Saat memasuki lokasi wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijau dan asri dari hamparan pepohonan yang tumbuh di sekitar jalan menuju Pura. Tidak berhenti di situ, saat masuk di dalamnya, hijau dan sejuknya pesona itu juga masih bisa dirasakan sembari mandi ataupun duduk santai.

Karena berada di daerah pegunungan maka gambaran alam seperti itu bukanlah hal yang aneh. Dengan itu, semua penat dan juga stres yang tertimbun akibat beban pekerjaan dan polusi jalanan bisa hilang menjadi sebuah energi yang lebih baru.

6. Hening dan Nyaman Jauh dari Polusi

Jika Anda sudah lelah dengan bising dan polusi yang ada di Kota, tidak ada salahnya untuk singgah sebentar menikmati segarnya udara di Pura Tirta. Gugusan pemandangan hutan yang hijau menghasilkan oksigen yang memberikan sensasi sejuk dan damai dalam diri. Ditambah lagi suara gemericik air akan menambah nuansa damai yang menyegarkan fikiran kalut dan penuh beban.

Hening dan nyaman begitulah gambaran yang akan didapatkan saat Anda berada di wisata ini. Pilihan yang tepat jika ingin melakukan meditasi atau sekedar merefresh jiwa yang sudah penuh dengan aura negatif. Suasana alam yang alami akan membawa pada titik paling tenang di alam bawah sadar Anda, sehingga tidak salah jika banyak yang berkunjung untuk memulihkan diri.

BACA JUGA:  Indahnya Danau Batur, Danau Cantik Memesona di Bangli Bali

7. Nuansa Spiritual yang Kental

Karena menjadi sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tempat untuk beribadah, maka tidak heran jika Pura ini sangatlah kental dengan nuansa spiritual. Terlebih lagi, anggapan akan kesakralan aliran sungai dan mata air di pancuran menambah nilai magis yang semakin melekat.

Bahkan pada bulan-bulan tertentu banyak orang Hindu yang melakukan beberapa upacara adat. Selain itu, ritual lain juga banyak dilakukan di tempat ini. Hal tersebut terjadi karena kepercayaan yang berkembang secara luas dan terus dijaga oleh penerus selanjutnya.

8. Memiliki Sebuah Tata Tertib Khusus

Saat Anda memutuskan untuk melakukan kunjungan pastikan untuk memahami segala bentuk tata tertib yang berlaku di sana. Pasalnya tidak semua orang bisa dengan mudah memasuki wilayah ini. Terdapat beberapa aturan yang harus dipenuhi sebelum kemudian dipersilahkan menuju ke dalam Pura.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pura Tirta Sudamala

Lokasi Pura Tirta Sudamala
Image Credit: Google Maps (Komang Rurunk)

Alamat lengkapnya berada di Desa Bebalang, Kabupaten Bangli. Berada sekitar 50 kilometer dari beberapa tempat wisata lain di Seminyak, Kuta, dan Juga Canggu. Pura ini juga dekat dengan Bedugul Bali dan Jatiluwuh dengan jarak tempuh 62 Kilometer. Letaknya mudah dijangkau dan ditemukan dengan titik yang tepat di Google Map.

Jika Anda berangkat dari arah Bandar Udara Ngurah Rai, waktu tempuh yang mungkin dibutuhkan sekitar 1 jam 14 menit. Rute yang dilalui diantaranya yaitu Kuta, Sukawati, Semarapura kemudian Bangli. Jika khawatir tersesat bisa gunakan jasa travel tepercaya untuk menemani perjalanan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum menuju lokasi. Langkah pertama naik ke bus jurusan Bangli dan turun di terminalnya. Setelah itu lanjutkan dengan menggunakan ojek menuju Desa Bebalang, dari situ Anda sudah dekat dengan tujuan.

Terkait dengan harga tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung, sampai saat ini belum ada kepastian mengenai nominalnya. Namun, pihak pengelola sudah menyediakan sebuah kotak amal yang bisa diisi dengan besaran yang tidak ditentukan minimal dan maksimalnya. Sehingga, Anda bisa memberinya dengan jumlah seikhlasnya.

Hasil dari donasi tersebut kemudian dikelola untuk melakukan perbaikan serta perawatan fasilitas yang tersedia di sana. Menarik bukan? dengan biaya seikhlasnya Anda sudah bisa menikmati semua keindahan dan hal menarik yang tersedia.

BACA JUGA:  Toya Devasya, Pemandian Air Panas Favorit di Kaki Gunung Batur

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pura Tirta Sudamala

Aktivitas di Pura Tirta Sudamala
Image Credit: Google Maps (Komang Rurunk)

1. Melukat

Melukat merupakan kegiatan pembersihan jiwa dari hal-hal negatif yang bersarang dalam diri. Untuk melakukan upacara ini ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu berupa pakaian adat dan sesajen. Baju adat sederhana atau madya berupa kain atau kamben dan selendang atau Saten. Setelah semua lengkap, prosesi selanjutnya adalah sembahyang.

2. Wisata Religi

Pura Tirta Sudamala sering dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan upacara keagamaan atau ibadah bagi umat Hindu. Pada waktu-waktu tertentu, jika Anda beruntung bisa menyaksikannya secara langsung. Kegiatan ini tentu akan memberikan pengalaman terbaik yang tidak terlupakan.

3. Mandi di Aliran Sungai

Banyak dari Masyarakat sekitar menggunakan aliran sungai di sana sebagai tempat untuk mandi. Anda juga bisa melakukan hal sama saat berkunjung. Tentu air yang mengalir sangat segar dan menyegarkan badan.

4. Kulineran

Setelah melepas penat dengan berendam atau mandi di pancuran (melukat), waktunya untuk mengisi perut kosong. Berkunjunglah ke beberapa warung yang tersedia di kawasan Pura Tirta Sudamala. Banyak olahan makanan yang khas dan tentu enak untuk di santap sembari menikmati keindahan yang ditawarkan oleh lingkungan sekitar.

5. Pijat Refleksi Alami

Pancuran yang mengalir deras dari 11 titik mengeluarkan air yang dipercaya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk itu banyak turis yang datang memanfaatkannya sebagai media refleksi alami yang ramah di kantong. Jika tertarik, Anda juga bisa melakukannya saat tiba di lokasi, karena ampuh meregangkan otot-otot yang kaku.

Fasilitas yang Tersedia di Pura Tirta Sudamala

Fasilitas di Pura Tirta Sudamala
Image Credit: Instagram.com @sara.albuquerque.garcia

Fasilitas yang tersedia di sana meliputi tempat istirahat dan juga rumah makan. Ketika Anda lelah setelah berkeliling bisa kemudian bersantai sembari menikmati pemandangan sekitar. Jika merasa lapar, bisa memesan menu terbaik yang tersedia di sana. Semua sarana prasarana tersedia dengan baik dan terjaga kebersihannya.

Bagi Anda yang beragama Hindu, ada sebuah ruang ibadah yang bisa digunakan saat berkunjung. Semua dibuat dan disediakan oleh pengelola untuk memfasilitasi kebutuhan pengunjung yang semakin bertambah banyak.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai kelebihan dan hal menarik yang ditawarkan di wisata Pura tirta Sudamala. Saat datang ke sana, Anda tidak hanya sekedar berlibur menghibur diri namun juga sekaligus bisa melakukan pembersihan jiwa dari aura negatif yang terpendam dalam diri.