Pura Teratai Bang, Pura Cantik dengan Aroma Belerang yang Khas di Bali

Pura Teratai Bang, Pura Cantik dengan Aroma Belerang yang Khas di Bali
Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Baturiti, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali.

Pergi berlibur merupakan sesuatu yang memang harus dilakukan sesekali, karena dengan berlibur pikiran Anda akan jadi fresh dan bisa menjalankan kembali aktivitas dengan segar. Salah satu tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata ketika liburan tiba yaitu Pulau Bali. Pulau tersebut memang tak habis-habisnya menyuguhkan keindahan yang luar biasa.

Pulau yang dijuluki juga dengan nama Pulau Seribu Pura ini tidak hanya menyuguhkan wisata pantai saja, melainkan juga Anda bisa menemukan wisata pura yang begitu memukau. Di pulau tersebut, Anda dapat melihat pura yang tersebar begitu banyak dan hampir ada di setiap wilayah yang terdapat di Pulau Dewata.

Salah satu pura yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi yaitu Pura Teratai Bang di Tabanan. Pura ini memang memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan pura-pura yang lain. Di tempat tersebutlah Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru sambil lalu menyaksikan keindahan arsitektur pura dan suasana alam yang begitu alami.

Daya Tarik Pura Teratai Bang

Daya Tarik Pura Teratai Bang
Photo by Google Maps Mad Jon Channel

1. Termasuk Objek Wisata Kebun Raya Eka Karya Bali

Daya tarik yang membuat Pura Teratai Bang ini dikunjungi banyak wisatawan luar maupun wisatawan asing, yaitu karena tempat tersebut berada di area objek wisata Kebun Raya Eka Karya Bali.

Suasana di sekitar area pura membuat tempat ini begitu menarik untuk dikunjungi. Kesejukan udara yang bisa Anda rasakan benar-benar sangat alami dan jauh dari polusi.

Hal itu wajar saja, karena memang area pura berada di di lokasi pegunungan. Sehingga Anda bisa merasakan ketenangan luar biasa saat berada di tempat tersebut. Selain itu, suara kicau dari burung yang saling sahut menyahut akan membuat hati serasa damai. Karena itu, bagi siapapun yang ingin mencari suasana tenang, maka pergi ke pura merupakan ide yang tepat.

2. Aroma Belerang yang Khas

Pura Teratai Bang memang merupakan salah satu pura yang ada di pulau dewata dan sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai tujuan wisata ketika liburan tiba. Pura ini memang dikenal sebagai salah satu pura yang memiliki aroma belerang begitu khas. Wajar saja jika banyak wisatawan yang merasa penasaran dan mengunjunginya.

Aroma belerang tersebut tak ayal menjadi daya tarik tambahan bagi Pura Teratai. Wangi belerang muncul dari arah sebelah Pura Teratai, dimana terdapat sumber mata air yang memiliki kandungan berupa zat belerang.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, wangi belerang yang tercium di sekitar pura dikarenakan oleh pura dijadikan sebagai tempat pemujaan dewa api sebagai bentuk dari Tuhan Yang Maha Esa. Dari tempat pemujaan tersebutlah diharapkan umat nantinya memperoleh berbagai macam manfaat untuk memahami kedudukan dari Dewa Agni.

Maka dari itulah, muncul sumber mata air yang memiliki kandungan berupa zat belerang dan dipercaya sebagai jelmaan dari Dewa Agni yang merupakan Dewa Api yang turun di Pura Teratai Bang tersebut. Karena itu, tempat ini memang sangat disucikan oleh umat Hindu Bali.

3. Aneka Tumbuhan

Daya tarik selanjutnya yang bisa Anda temukan saat berada di Pura Teratai ini yaitu ada banyak sekali aneka tumbuhan. Hal itu wajar saja, area pura berada di dalam Kebun Raya Eka Karya. Anda bisa melihat di sana terdapat kolam yang ditumbuhi oleh bunga teratai.

Selain itu, di bagian tepi kolam Anda akan melihat bunga kamboja. Tanaman-tanaman lain yang hijau dan begitu rindang juga bisa Anda lihat ketika berada di sana. Suasana sekitar pura memang benar-benar sejuk dan begitu menenangkan. Tak jarang nantinya Anda juga akan melihat kawanan burung eksotik yang berlalu-lalang di atas pohon.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pura Teratai Bang
Photo by Google Maps Ngurah Abdi Saputra

Pura Teratai Bang ini berada di Desa Candi Kuning. Tepatnya yaitu berada di Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali. Seperti yang telah dijelaskan di atas, letak dari pura memang berada dekat dengan lokasi wisata Kebun Raya Eka Karya.

Tidak hanya itu saja, tempat tersebut juga berada dekat dengan Danau Beratan serta Pura Pucak Batu Meringgit dan juga tempat wisata Fresh Strawberry. Anda nantinya bisa mengakses objek wisata tersebut dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Bagi para pengunjung yang kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, maka nantinya bisa menyewa kendaraan di jasa sewa yang ada di daerah tersebut. Jika di sini Anda berangkat menuju ke tempat wisata dari Bandara internasional Ngurah Rai, maka nantinya Anda bisa menggunakan jasa sewa terdekat dari bandara tersebut.

Dari bandara Ngurah Rai untuk bisa mencapai lokasi wisata, Anda perlu melewati jalan menuju Sunset Road, setelah itu Anda perlu melintasi Jalan Raya Kerobokan ke Jalan Raya Kapal. Setibanya Anda di Jalan Raya Kapal, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Raya Mengwi.

Sesampainya di sana, Anda perlu mengambil jalan menuju ke utara, yaitu ke Jalan Provinsi yang menghubungkan Kota Denpasar ke Kota Singaraja. Jarak tempuhnya kira-kira sejauh 38 km dan nantinya Anda pun akan sampai di area pertigaan dengan patung jagung yang terdapat di area tengahnya.

Setelah itu, Anda tinggal mengambil jalan lurus dan masuk ke Jalan Kebun Raya Bedugul. Setelah mencapai jarak kurang lebih 500 m, maka Anda bisa menemukan tempat wisata Kebun Raya Eka karya. Di dalam tempat wisata tersebutlah nantinya Anda bisa mengunjungi pura tersebut.

Harga Tiket Masuk Pura Teratai Bang

Harga Tiket Masuk Pura Teratai Bang
Photo by Google Maps Ngurah Abdi Saputra

Oleh karena Pura Teratai Bang tersebut berada di area wisata Kebun Raya Eka Karya Bali, maka untuk mengunjungi pura ini Anda harus membayar biaya tiket masuk. Besar biaya tiket masuk yang nantinya akan dikenakan yaitu Rp 10.000 untuk orang dewasa. Sedangkan bagi pengunjung anak-anak, besar tiket yaitu Rp 50.000.

Jika Anda datang ke tempat ini dengan membawa kendaraan pribadi, maka Anda akan dikenakan biaya parkir. Perlu diketahui, untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda empat diperbolehkan membawa kendaraannya masuk ke area wisata, namun bagi mereka yang membawa kendaraan roda dua, tidak diperkenankan untuk membawa kendaraan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Pura Teratai Bang
Photo by Google Maps Ngurah Abdi Saputra

1. Menikmati Keindahan Alam

Ada banyak sekali aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan selama Anda mengunjungi Pura Teratai Bang tersebut. Salah satu aktivitas seru tersebut yaitu menikmati keindahan alam sekitar. Seperti yang telah dijelaskan, bahwa pura ini berada di area Kebun Raya. Karena itu, wajar saja jika keadaan sekitar begitu asri dan rindang.

Anda bisa menikmati hawa sejuk dari tempat wisata. Selain itu, kicauan burung dari berbagai macam spesies bisa Anda dengar di sini. Bagi para pecinta panorama alam, khususnya alam hutan, maka sangat disarankan untuk berlibur di Pura Teratai.

2. Hunting Foto

Hunting foto merupakan sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di tempat ini. Keindahan pura serta panorama alam yang elok tentu akan menjadi latar belakang yang sangat menarik untuk Anda mengabadikan moment.

Jangan lupa pula untuk membagikan hasil gambar Anda tersebut di sosial media. Supaya nantinya makin banyak orang yang mengetahui keindahan dari pura yang ada di Bali tersebut.

3. Menikmati Kuliner

Setelah lelah mengunjungi objek wisata, Anda pun juga bisa menikmati sajian khas yang ada di rumah makan atau restoran. Di tempat tersebut Anda bisa menikmati kuliner yang begitu nikmat dan menggugah selera. Karena itu, Anda tidak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah dan ajak serta keluarga untuk menikmati kuliner di restoran Pura Teratai.

4. Mengunjungi 4 Bangunan Suci

Di Pura Teratai Bang terdapat 4 bangunan suci yang bisa Anda kunjungi nantinya. 4 bangunan suci tersebut memang menawarkan keindahan arsitektur yang mungkin tidak pernah Anda lihat sebelumnya.

Bagi umat Hindu Bali, tempat tersebut memang merupakan sesuatu yang sangat sakral dan disucikan. Karena itu, ketika Anda mengunjunginya sebaiknya Anda bisa menjaga sikap dan berlaku sopan santun.

Fasilitas Penunjang di Pura Teratai Bang

Fasilitas Penunjang Pura Teratai Bang
Photo by Google Maps Ray Pande

Pura Teratai Bang merupakan salah satu area wisata yang berada di Kebun Raya. Karena itu, fasilitas yang tersedia di tempat tersebut sudah sangat memadai. Untuk fasilitas umum seperti toilet, Anda tidak akan kesusahan untuk menemukannya di sana. Selain itu, area parkir yang tersedia cukup luas dan aman.

Tersedia juga tempat makan atau restoran di area dekat dengan Pura Teratai. Bagi Anda yang merasa lapar saat berlibur, maka bisa langsung meluncur ke rumah makan tersebut. Menu yang disajikan sangat beragam dengan harga yang cukup terjangkau.

Pastikan ketika Anda mengunjungi tempat ini Anda mematuhi semua peraturan yang diberlakukan. Sangat penting bagi para pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena di tempat tersebut sudah disediakan tempat sampah yang ditempatkan di berapa sudut.

Pura Teratai Bang merupakan salah satu tempat paling recomended bagi Anda yang tengah mencari tempat berlibur. Usahakan Ketika Anda mengunjungi tempat tersebut sebaiknya memilih hari yang benar-benar cerah, agar nantinya liburan Anda tidak terganggu oleh datangnya hujan.