Jika berlibur di Pulau Bali, sempatkan menjelajahi ke kawasan wisata Ubud, utamanya Pura Taman Saraswati. Anda bisa menikmati pesona Pura dan kolam Bunga Teratai yang memukau.

Lokasi: Jl. Kajeng, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Dari sekian banyaknya destinasi wisata di kawasan wisata Ubud Bali, Pura Taman Saraswati menjadi salah satu tempat yang terpopuler. Sebagaimana kita ketahui, bahwa Pulau Bali sangat kental nilai budaya dan religinya. Ubud sendiri dapat dikatakan sebagai refleksi Pulau Dewata Bali.

Kawasan pariwisata Ubud cenderung menonjolkan keindahan alam berupa sawah, juga seni dan budaya Bali yang begitu menarik minat para wisatawan domestik maupun mancanegara. Pura cantik ini yang lebih dikenal dengan sebutan Pura Kolam Bunga Teratai ini, menjadi tempat terbaik kedua setelah Uluwatu untuk menikmati pertunjukan Tari Kecak.

Letaknya yang strategis memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke Pura ini. Meski pengunjung dilarang masuk ke bagian dalam Pura karena dikhususkan bagi yang ingin melakukan pemujaan, tetapi keindahan panorama bagian luar tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pura Taman Saraswati

Daya Tarik Pura Taman Saraswati
Image Credit: Instagram.com @walkaboutphotoguides

Pura yang diperuntukkan bagi Dewi Ilmu Pengetahuan ini, memiliki banyak sekali keunikan baik dari bangunan, kegiatan bahkan letak juga sejarahnya. Berikut ini adalah daya tarik yang dimiliki destinasi wisata Pura Taman Saraswati Ubud. Mari kita simak ulasannya.

1. Indah dan Artistik

Pura hasil rancangan I Gusti Nyoman Lempad sang maestro seni Bali ini, memiliki pelataran yang Indah dengan kolam teratai yang membingkai bangunan utamanya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pura ini juga dikenal dengan sebutan Pura Kolam Bunga Teratai.

Ukiran indah nan artistik karya seniman Ubud menghiasi hampir keseluruhan bangunan. Kombinasi relief batu pasir dengan ukiran juga pahatan menjadi pemandangan bernilai seni tinggi yang mampu memanjakan dan memukau para wisatawan. Memperlihatkan nilai seni yang begitu mengakar pada masyarakat sekitar.

BACA JUGA:  Tampak Siring Bali, Menikmati Keindahan Pura Tirta Empul & Istana Kepresidenan

Tatanan eksterior pura yang indah dan asri, mendukung interior yang artistik semakin terlihat megah. Dapat Anda lihat dari gerbang utama pura yang penuh ukiran, juga Candi Bali Klasik yang Anda jumpai begitu masuk pelataran. Atmosfer seni, budaya juga tradisi akan langsung terasa begitu wisatawan memasuki kawasan pelataran pura.

2. Letak yang Strategis

Pura ini berada di lokasi yang terbilang strategis karena berdekatan dengan beberapa destinasi wisata Ubud lainnya. Tentu saja hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelancong. Mereka dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata di Ubud tanpa harus menghabiskan waktu di perjalanan.

Beberapa tempat wisata yang berada dekat dengan lokasi Pura cantik ini yaitu, monkey forrest (hutan monyet), Goa Gajah dan pasar seni. Bahkan kedai kopi hits yang terkenal dengan harganya yang mahal juga berada tidak jauh dari lokasi pura. Ini adalah rute wisata favorit bagi pecinta sejarah, seni dan budaya.

Daya Tarik Pura Taman Saraswati Bali
Image Credit: Google Maps (Ves Kachev)

3. Sarat akan Unsur Sejarah dan Religi

Dari banyaknya pura yang ada, semua memiliki sejarahnya masing-masing. Namun, dapat dikatakan jika Pura Taman Saraswati yang paling unik dan paling ramai, karena menjadi tempat peribadatan khusus ketika perayaan hari Saraswati. Hari dimana semua umat Hindu di Bali melakukan pemujaan pada Dewi Saraswati.

Seperti nama yang di sematkan untuk pura ini, bagi Dewi Saraswati pula pura ini dipersembahkan. Dewi yang dianggap sebagai pembawa ilmu pengetahuan, dimana menurut keyakinan umat Hindu ilmu pengetahuanlah yang akan membawa mereka mencapai moksa.

Sejarah yang begitu kental menjadikan pura ini begitu istimewa. Terlebih lagi masyarakat Ubud dikenal memegang teguh tradisi, budaya serta ritual keagamaan, menciptakan aturan bagi wisatawan yang justru menjadi pengalaman unik.

Bagi siapapun yang akan memasuki wilayah pura, diharuskan memakai kain sarong khas Bali, dengan selendang yang dililitkan di pinggang. Bagi para pengunjung yang mayoritas bukan penganut agama Hindu, ini tentu menjadi pengalaman yang memorable.

4. Tempat Pementasan Seni Tari Kecak

Berlibur ke Pulau Dewata, belum lengkap jika belum menyaksikan pertunjukan Tari Kecak. Jika sebelumnya para wisatawan hanya tahu Uluwatu tempat pertunjukan tersebut diadakan. Kini, para wisatawan justru mulai banyak yang menjatuhkan pilihan menonton di kawasan Pura Taman Saraswati Ubud.

Di sini Anda dapat menikmati pertunjukan seni Tari Kecak di pelataran pura yang telah ditata sedemikian rupa. Pertunjukan yang diadakan malam hari, semakin menambah eksotis suasana pura.

BACA JUGA:  Bali Zoo Gianyar, Kebun Binatang yang Memiliki Koleksi Satwa Langka

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pura Taman Saraswati

Rute Menuju Pura Taman Saraswati
Image Credit: Google Maps (Mateusz Grudzien)

Kawasan wisata ini terletak di pusat kota Ubud, tepatnya Jalan Kanjeng. Di Kabupaten Gianyar, Pulau Dewata-Bali. Titik lokasi berada di belakang Cafe Lotus dekat dengan kedai kopi terkenal. Jika Anda menginap di dalam lingkup wilayah Ubud, maka untuk sampai ke pura ini hanya perlu berjalan kaki atau menggunakan sepeda kayuh.

Untuk para wisatawan yang tidak menginap di wilayah wisata Ubud, dapat menuju lokasi menggunakan motor atau mobil. Di Ubud sendiri transportasi terbatas taxi saja. Jadi, jika Anda menginap di luar wilayah Ubud maka bisa menggunakan jasa sewa motor atau mobil.

Di sini jarang tersedia parkiran mobil, jadi lebih baik menggunakan jasa rent car beserta supirnya agar tidak repot memikirkan mencari lahan parkir dan tidak menghabiskan banyak waktu saat menuju ke tempat-tempat wisata. Untuk jasa sewa motor, harga yang ditawarkan berkisar antar Rp 100.000,00 – Rp 200.000,00/24 jam.

Apabila Anda menginap di sekitaran Pantai Kuta Bali, maka untuk sampai di Pura Taman Saraswati Ubud Anda memerlukan 1,5 jam perjalanan. Gunakan bantuan aplikasi penunjuk jalan untuk memudahkan Anda sampai ke tujuan.

Harga Tiket Masuk Pura Taman Saraswati Ubud

Harga Tiket Pura Taman Saraswati Ubud
Image Credit: Instagram.com @balipassion

Untuk memasuki pura, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Para wisatawan hanya dikenakan biaya ketika ingin menyaksikan pertunjukan seni Tari Kecak. Harga tiket pertunjukan yaitu sebesar Rp.80.000,00/orang. Harga tiket ini bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola pura.

Selain itu para pengunjung juga dikenakan biaya guna kepentingan pura apabila ingin berswafoto dalam rangka prewedding atau keperluan lainnya yang jelas tidak melanggar aturan dari tempat wisata ini.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pura Taman Saraswati

Kegiatan Menarik di Pura Taman Saraswati
Image Credit: Instagram.com @skazka_alisa

1. Berswafoto atau Selfie

Para wisatawan dapat mengabadikan momen liburan mereka ketika berada di kawasan wisata pura ini. Anda bebas memilih spot yang Anda inginkan untuk dijadikan latar belakang foto. Mulai dari pelataran berhias kolam teratai, gerbang pura, candi dan jembatan penghubung, hanya bagian dalam pura yang tidak dapat Anda jadikan pilihan.

2. Menikmati Keindahan Sekitar

Jika enggan untuk berswafoto dan tidak bertujuan untuk melakukan pemujaan di dalam pura, Anda dapat menikmati suasana sejuk di tepi kolam di bawah pohon kamboja yang berjajar di sekeliling kolam teratai.

BACA JUGA:  Museum Seni Agung Rai (ARMA), Museum Seni Rupa Dengan Koleksi Lukisan Terbaik

Ketika bukan Hari Saraswati, pura ini tidak terlalu ramai. Anda dapat menikmati arsitektur pura yang indah dan pemandangan sekitar dengan ditemani hembusan angin yang sejuk. Sungguh menenangkan dan dapat menjadi moodbooster selama liburan.

Bahkan sebelum sampai di tempat wisata ini, Anda sudah disuguhi keindahan alam wilayah Ubud. Ya, Ubud terkenal dengan keindahan alamnya yang berupa sawah terasering, sungai jeram dan juga pegunungan yang sejuk. Berbeda dengan destinasi wisata Bali lainnya yang identik dengan pantai

3. Menikmati Pentas Seni Tari Kecak

Dengan membayar tiket pertunjukan yang ditentukan, Anda dapat menyaksikan secara langsung penampilan para penari Kecak. Pertunjukan seni yang memukau dan menjadi agenda wajib bagi setiap wisatawan yang melancong ke Pulau Dewata.

Pertunjukan ini diadakan setiap hari Selasa dan Kamis saja di Pura ini, selain hari itu Anda dapat menikmatinya di tempat yang lain sesuai jadwalnya masing-masing. Pementasan dimulai pada pukul 19.30 WITA hingga selesai. Anda juga dapat memesan makanan saat menonton dengan minimal order Rp 200.000,00.

4. Wisata Religi

Ketika memilih tempat ini sebagai destinasi liburan Anda, maka selain kesenangan juga keindahan Anda juga akan memperoleh pengetahuan mengenai nilai historis pura ini. Alasan yang mendasari dibangunnya tempat ini, sarat sekali dengan nilai-nilai agama sesuai ajaran yang masyarakat setempat anut.

Melalui kunjungan wisata ke Pura Taman Saraswati Ubud, Anda sekaligus memperoleh pengalaman wisata religi. Bahkan peraturan yang dibuat bagi pengunjung pura juga tak lepas dari nilai agama yang juga menjadi pengalaman unik bagi Anda pastinya.

Fasilitas yang Tersedia di Pura Taman Saraswati

Fasilitas di Pura Taman Saraswati
Image Credit: Instagram.com @marckids

Di titik lokasi wisata tersedia fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat toilet yang layak dan bersih. Tempat untuk beristirahat sekedar untuk duduk dan bercengkerama serta spot untuk berfoto, mengabadikan momen liburan Anda.

Sedangkan untuk di sekitar lokasi, dapat Anda jumpai juga penginapan, hotel dan guest house yang sesuai dengan budget liburan Anda. Restoran, cafe dan warung makan sederhana juga banyak terdapat di sekitar tempat wisata populer di Ubud ini.

Sangat menarik bukan? Kini, ketika Anda berlibur ke Bali tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai saja. Pura Taman Saraswati Ubud memberi Anda alternatif untuk dapat mengeksplore keindahan Pulau Dewata dari sisi yang berbeda.