Pura Taman Pecampuhan Sala, Pura Indah & Tempat Melukat di Bangli

Pura Taman Pecampuhan Sala, Pura Indah & Tempat Melukat di Bangli
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Abuan, Kec. Susut, Kab. Bangli, Bali.

Di Pulau Bali ada banyak tempat melukat yang terbilang cukup populer, salah satunya adalah Pura Taman Pecampuhan Sala. Bahkan, pura tersebut cukup viral pada media sosial, sehingga kerap membuat banyak orang merasa penasaran olehnya. Keberadaan dari tempat ini telah cukup lama, tetapi baru dipopulerkan oleh pengunjung yang telah pernah melukat di sana.

Bukan hanya umat Hindu di Bali saja yang kerap mengunjungi pura ini, namun banyak pula pengunjung dengan beragam agama yang mendatangi pura tersebut. Hal itu karena pura ini dijadikan sebagai tempat ibadah sekaligus wisata religi andalan di kabupaten Bangli, Bali. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkunjung ke pura itu.

Liburan yang mengesankan pastinya sudah menanti Anda yang hendak mendatangi Pura Taman Pecampuhan Sala. Tentu saja liburan kali ini akan memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang sayang jika tak Anda dapatkan. Nah, bila ingin menggali lebih dalam mengenai informasi pura tersebut, perhatikan ulasan berikut.

Daya Tarik Pura Taman Pecampuhan Sala

Daya Tarik Pura Taman Pecampuhan Sala
Photo by Google Maps Arini Wisesa

1. Mempunyai 9 Buah Pancoran

Di kawasan pura tersebut dahulunya hanya terdapat satu buah pengelukatan (pancoran) saja. Nah di tahun 2017 lalu, usai meminta petunjuk dengan cara upakara, tempat ini akhirnya mempunyai 9 buah pancoran. Masing-masing memiliki nama yang berbeda yakni Tirta Utama, Tirta Tulawali, Tirta Pandan, Tirta Bumbung, Tirta Taman, Tirta Bolakan.

Beberapa lagi yang lainnya bernama Gerojogan Pesiram Tan Hana dan Gerojogan Pesiram Dedari. Pada tiap-tiap pancoran penglukatan tersebut mempunyai khasiat yang tentunya berbeda-beda. Ada yang berkhasiat untuk melancarkan ekonomi ataupun memohon rezeki, menolak bala, mengobati mereka yang menderita sakit nonmedis, dan lain sebagainya.

2. Air Terjun

Hal yang cukup menarik di kawasan Pura Taman Pecampuhan Sala adalah di tiap sungainya ada air terjun. Akses untuk menuju ke sana memang sedikit menantang namun tak terlampau susah. Panorama air terjun di sana eksotis dan juga cukup menarik, karena diapit dengan banyak tebing batuan yang semakin mempercantik pemandangan pada air terjun itu.

Bagi pengunjung yang cinta dengan keindahan pemandangan alam, maka mendatangi pura ini adalah langkah yang tepat. Adanya air terjun ini membuat alam di sekitar kawasan wisata tersebut menjadi sejuk, asri, dan indah. Menikmati kecantikan alam nyata serta spiritual di pura tersebut, maka Anda akan betah menikmati segarnya aliran mata air di sana.

3. Udara yang Segar

Tiap orang yang datang ke pura ini akan makin dimanjakan dengan udara yang begitu segar. Hal itu tidak lain dikarenakan kawasan pura tersebut berdekatan dengan alam, khususnya pepohonan hijau. Ketika melakukan beragam aktivitas di sana, pengunjung juga akan ditemani oleh hembusan angin yang semilir.

Oleh sebab itu, orang biasanya tinggal di lingkungan yang padat penduduk akan senang ketika datang ke pura tersebut. Mereka dapat menikmati udara segar yang tentunya masih bersih dan baik untuk kesehatan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pura Taman Pecampuhan Sala
Photo by Google Maps Arini Wisesa

Pura Taman Pecampuhan Sala ini alamatnya berada di Bali. Lebih tepatnya di Adat Sala, Abuan, Kecamatan Susut dan ada dalam kawasan Kabupaten Bangli. Dari Kota Denpasar, maka pura ini memiliki jarak tempuh kurang lebih 1 jam. Sedangkan, dari Kota Bangli sendiri hanya memerlukan waktu tempuh kurang lebih 15 menitan.

Kendaraan yang dapat Anda pilih untuk menemani perjalanan mencapai pura itu adalah sepeda motor ataupun dengan mobil. Akses untuk menuju ke pura ini, maka pengunjung harus berjalan kaki untuk menuruni anak tangga, kisaran 100 m dari jalan besar. Meskipun belum terdapat parkir yang memadai, namun Anda bisa parkir saja di pinggir jalan.

Masyarakat di sana begitu ramah, jika merasa bingung dengan rute menuju ke lokasi wisata, maka seluruh orang akan mengetahui. Sehingga, Anda tak perlu malu untuk bertanya kepada mereka. Jika sudah dekat dengan lokasi wisata, maka Anda akan melihat beberapa petunjuk jalan. Untuk lebih jelasnya lagi Anda dapat menggunakan peta lokasi pada Google Maps.

Harga Tiket Masuk Pura Taman Pecampuhan Sala

Harga Tiket Masuk Pura Taman Pecampuhan Sala
Photo by Google Maps Gusti Rais

Berbicara mengenai biaya atau harga tiket untuk masuk ke Pura Taman Pecampuhan Sala, maka Anda tak perlu pusing-pusing memikirkannya. Hal itu tak lain karena para pecalang di sana dengan sukarela akan mengantar pengunjung dan itu pun tak dipungut biaya sama sekali atau secara gratis.

Akan tetapi, tentu saja Anda sebagai umat yang beragama, sebagai tanda ucapan terima kasih untuk Ida Bhatara yang mana melinggih di pura tersebut dan juga ucapan terima kasih untuk masyarakat sekitar, dapat secara sukarela memberikan dana atau uang seikhlasnya. Tentu saja hal ini tak sama sekali memberatkan pengunjung di tempat itu.

Salah satu pura populer di Bali tersebut dibuka untuk umum dengan jam operasional selama 24 jam. Untuk rekomendasi waktu yang paling pas untuk berkunjung ke pura ini yakni pada hari-hari yang dianggap baik, seperti ketika bulan purnam serta Tilem (mati-red) ataupun pada hari libur.

Hal itu dikarenakan pada saat itulah masyarakat dari semua Kabupaten di Pulau Bali ini akan berdatangan ke pura tersebut. Mereka akan beramai-ramai melakukan pengelukatan atau pembersihan diri-red di pura yang terletak di Kecamatan Susut tersebut.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Pura Taman Pecampuhan Sala
Photo by Google Maps 발리Hulk

1. Melukat

Wisata spiritual di Pura Taman Pecampuhan Sala memanglah terasa istimewa, dikala Anda hendak melakukan acara melukat. Anda akan diarahkan atau dipandu oleh pecalang yang memang bertugas di pura tersebut. Bahkan, para pecalang ini siap untuk basah-basahan untuk menyeberangi sungai dan mengantarkan pengunjung ke area melukat.

Termasuk pula mereka dapat mengantarkan Anda ke lokasi air terjun yang letaknya ada di 2 sungai itu. Mereka secara sabar akan mengarahkan pemedak untuk mencapai area melukat dan bahkan Anda dapat meminta bantuannya untuk hal-hal kecil seperti berfoto.

2. Mengambil Gambar

Pengunjung yang berada di area wisata pura cantik ini juga diperbolehkan untuk mengambil gambar atau fotografi. Ini merupakan kegiatan yang sangat menarik karena Pura Taman Pecampuhan Sala sendiri telah menawarkan banyak tempat yang cantik dan juga sangat instagramable. Spot foto yang tergolong laris manis adalah air terjun.

Bila Anda akan melakukan kegiatan berfoto di area air terjun dan sungai, maka perlu berhati-hati dengan kamera atau smartphone yang dibawa sebab melalui area yang dipenuhi oleh aliran air. Hasil foto pun bermanfaat sekali sebagai kenang-kenangan saat menghabiskan waktu berwisata di pura yang menawan ini.

3. Bermain Air

Air sungai yang jernih di kawasan wisata itu memang begitu ideal apabila Anda manfaatkan untuk bermain air, membasuh badan, membersihkan raga, serta seca spiritual untuk membersihkan rohani. Dapat dipastikan bahwa kegiatan ini akan terasa segar serta menyenangkan. Namun, tetap perlu berhati-hati supaya tidak terpeleset dan jatuh.

Fasilitas Penunjang di Pura Taman Pecampuhan Sala

Fasilitas di Pura Taman Pecampuhan Sala
Photo by Google Maps Hendra W

Keberadaan dari Pura sebagai salah satu tempat melukat di Pulau Dewata ini telah lama, dikarenakan baru populer, tentu fasilitas di sana pun masih dalam tahap pengembangan. Sejumlah tempat yang ada di pura tersebut dibenahi serta penambahan beberapa fasilitas lainnya.

Di sana sudah ada ruang untuk ganti serta dilakukan rehabilitasi pada beberapa pelinggi di tempat penglukatan. Bila Anda berencana untuk melukat, maka pastian untuk membawa baju ganti, sebab dapat dipastikan baju akan basah, apalagi jika melukat pada campuhan sungai. Oleh sebab itu, perlu baju ganti untuk melakukan sembahyang.

Ruang ganti pakaian yang ada di sana pun telah dibedakan menjadi dua macam, yakni khusus pria dan khusus wanita. Dengan begitu, kegiatan ibadah ataupun wisata religi di tempat itu dapat dilakukan dengan nyaman. Pengunjung pun menjadi semakin betah untuk lama-lama berada di sana.

Nah, demikianlah sajian informasi terkini yang membicarakan seputara Pura Taman Pecampuhan Sala yang terletak di Pulau Dewata. Jika Anda berkunjung ke tempat ibadah yang dianggap suci ini, maka harus dengan pikiran yang tenang dan hati yang bersih. Dengan begitu, dapat memperoleh restu dari-Nya.