Pura Taman Ayun adalah pura ikonik yang menyimpan jejak sejarah kerajaan Mengwi di Badung, Bali. Pura yang menjadi situs warisan budaya dunia ini terkenal dengan gaya arsitektur bangunannya yang unik dikelilingi kolam besar dan taman yang indah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ayodya No.10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kab. Badung, Bali.

Salah satu pura sebagai tempat beribadah umat Hindu di Bali ini memiliki keunikannya tersendiri. Arsitektur khas abad ke-17 tersebut memiliki warna dan desain yang berbeda dengan pura lainnya. Karena keindahannya ini, pura tersebut menjadi salah satu situs warisan budaya yang diakui dunia.

Penghargaan yang diberikan tersebut, membuat nama Pura Taman Ayun semakin terkenal dikancah internasional. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, pura ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata yang kaya akan nilai sejarah bagi para pelancong.

Jika Anda sedang berada di pulau Bali, sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi wisata satu ini. Pesona keindahan pura dan alam sekitar akan membuat Anda seolah pergi pada zaman kerajaan. Berikut ini ada informasi yang dapat di jadikan referensi mengenai destinasi wisata pura tersebut.

Pesona Pura Taman Ayun Mengwi

Pesona Pura Taman Ayun
Image Credit: Twitter.com @FrankZeno

1. Kaya akan Nilai Sejarah

Kawasan pura yang berdiri pada lahan seluas 4 hektar ini, menjadi saksi bisu berdirinya sebuah kerajaan yang terkenal pada masa itu. Cerita sejarah yang berkembang, mengatakan bahwa kerajaan bernama Mengwi yang mencetuskan pembangunan pura tersebut.

Cerita sejarah ini dapat Anda ketahui lebih dalam, dengan membaca rentetan beberapa peristiwa yang ada di museum dekat kawasan pura. Awal mula pembangunan pura ini karena sang raja menginginkan sebuah tempat ibadah tersendiri untuk para warga Mengwi.

Sang raja memiliki inisiatif tersebut karena merasa kasihan terhadap warganya yang harus menempuh jarak cukup jauh untuk beribadah. Hal ini dikarenakan dulunya wilayah Mengwi memang lebih pelosok daripada wilayah lain yang ada di daerah Badung, Bali.

Tidak hanya itu, bangunan yang berdiri di kawasan Pura Taman Ayun memiliki maknanya tersendiri. Salah satu yang menarik adalah bangunan yang mempunyai simbol bahwa pura tersebut menjadi satu dari sembilan pura utama yang ada di Bali.

Dari banyaknya nilai sejarah yang berasal dari pura ini, maka pantas saja jika tempat tersebut mendapat penghargaan bergengsi tingkat internasional. Dikenal sebagai situs warisan budaya yang diakui oleh dunia, yang mana menambah deretan prestasi lain yang diperoleh Indonesia.

Pesona Pura Taman Ayun Mengwi
Image Credit: Google Maps (Vini Ramadhani)

2. Arsitektur Unik Khas Bali

Mendapat bantuan seorang arsitektur dari rekan sang raja, membuat pura ini memiliki gaya bangunan yang tidak biasa. Dominasi warna merah bata dan coklat, akan terlihat jelas saat kaki Anda pertama kali masuk melalui pintu gerbang utamanya.

Bernama Ing Khang Ghoew, seorang arsitek dari luar daerah yang rela menempuh perjalanan jauh untuk dapat membantu raja mendirikan pura ini. Tepatnya berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur, sang arsitek tersebut masih memiliki darah keturunan Tionghoa.

Sebuah candi bernama Candi Bentar dengan tugu yang terletak di halaman pura, terlihat lebih menonjolkan desain khas Jawa. Desain berbeda ini dipilih karena sang raja juga menghormati sesama suku dan kerajaan yang ada di wilayah Nusantara.

Namun selain dibantu oleh arsitektur yang handal tersebut, beberapa bangunan di dalam kawasan pura merupakan peninggalan pada zaman Megalitikum. Salah satu contohnya adalah tugu candi berukuran kecil yang berjumlah 64 buah dan terbuat dari batu.

Peninggalan dari nenek moyang ini menjadi gaya unik lain dari wisata pura tersebut. Percampuran gaya arsitektur dari berbagai daerah hingga berbagai zaman ini, menjadi daya tarik utama wisata yang bernama Pura Taman Ayun tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pura Taman Ayun

Alamat Pura Taman Ayun
Image Credit: Twitter.com @aerialcam_bpn

Berada di daerah Badung, Bali, kawasan wisata bersejarah satu ini memiliki jarak 19 km dari pusat kotanya yaitu Denpasar. Rute perjalanan yang dapat Anda ambil bisa dari arah mana saja, mulai dari kawasan Pantai Kuta hingga dari pusat kotanya sendiri.

Perjalanan dari kedua arah tersebut akan berakhir pada satu jalur yang sama, yakni Jalan Raya Sempidi yang berada di Kota Denpasar. Namun jika Anda berangkat dari arah Kuta terlebih dahulu, jalur dengan Jalan Raya Kuta hingga Jalan Buluh Indah akan Anda lewati.

Kemudian sampai pada Jalan Cargo Permai, kendaraan Anda akan diarahkan untuk memasuki kawasan jalur yang ramai oleh wisatawan pulau Bali. Melewati Kota Denpasar dengan segala keramaiannya, perjalanan Anda akan melewati jalur yang sama dengan tujuan wisata Gilimanuk.

Setelah kendaraan masuk pada area Jalan I Gusti Ngurah Rai, perjalanan selanjutnya akan memasuki daerah Mengwi, yang menjadi letak dari pura tersebut. Perjalanan yang memakan waktu sekitar 45 menit itu, akan berakhir pada Jalan Ayodya yang berada di Kecamatan Mengwi.

Kendaraan pribadi atau umum lainnya dapat Anda gunakan untuk bisa sampai di Pura Taman Ayun ini. Namun jika ingin lebih nyaman saat liburan, sangat disarankan bagi Anda untuk membawa kendaraan sendiri. Karena waktu Anda akan lebih fleksibel jika ingin mengunjungi wisata yang lain.

Harga Tiket Masuk Wisata Pura Taman Ayun

Harga Tiket Pura Taman Ayun
Image Credit: Facebook.com @andrei.allerborn

Harga tiket untuk dapat memasuki kawasan wisata sejarah Pura Taman Ayun ini dikenakan biaya berbeda untuk setiap pengunjungnya. Dimana harga tersebut, akan diberi sesuai dari daerah mana pengunjung ini berasal.

Jika pengunjung adalah wisatawan yang masih berasal dari salah satu daerah di Indonesia, maka harga yang diberikan adalah Rp 15.000 per orangnya. Harga ini tentu tidak terlalu mahal bagi wisatawan domestik, karena suguhan yang akan diberikan pun sebanding dengan harga tersebut.

Selanjutnya adalah biaya bagi wisatawan luar negri atau yang sering disebut juga wisatawan asing. Dengan harga kisaran Rp50.000 untuk setiap jiwa, harga tersebut jika di samakan dengan mata uang asing sekitar 3 hingga 4 dollar Amerika.

Biaya yang dibedakan tersebut sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat. Maka tidak akan ditemukan protes dari wisatawan yang mempermasalahkan harga tiket masuk kawasan pura ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pura Taman Ayun

Kegiatan di Pura Taman Ayun
Image Credit: Facebook.com @marosha.pangidos

1. Rekreasi

Saat berada di kawasan Pura Taman Ayun ini, salah satu kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan adalah rekreasi. Bersama keluarga atau sahabat, tentu akan menambah keseruan kegiatan Anda satu ini. Dalam hal ini, Anda dapat melakukannya dengan rekreasi di kawasan pura.

Berkeliling menjelajahi setiap sudut dari pura memanglah kegiatan yang sangat mengasyikkan. Kemudian setelah cukup lama menghabiskan waktu dengan berjalan mengelilingi bagian dalam pura, Anda dapat beristirahat di rest area yang telah di sediakan.

Anda dan keluarga dapat menikmati bekal yang telah dibawa sebelumnya, sembari ditemani semilir angin sejuk yang berhembus mengenai tubuh Anda. Rasa lelah setelah berlama-lama berkeliling kawasan pura akan hilang dan digantikan oleh semangat menikmati hidangan yang ada.

Lalu jika Anda tidak sempat membawa bekal makanan atau minuman untuk dapat dinikmati berasa, tidak perlu khawatir. Karena rest area di kawasan pura ini telah disediakan juga beberapa kantin yang menyajikan beragam menu dan minuman ringan.

Di kawasan rest area milik pura tersebut, sering juga diadakan beberapa konser kecil seperti musik akustik atau yang lainnya. Hal ini dilakukan agar wisatawan yang berkunjung tidak bosan dan diharapkan dapat melepas penat sambil mendengarkan alunan musik bergitar.

Kegiatan Menarik di Pura Taman Ayun
Image Credit: Facebook.com @ViajerosCallejeros

2. Berfoto di Berbagai Spot Menarik

Kegiatan satu ini memang tidak pernah absen dilakukan saat Anda sedang mengunjungi wisata sejarah Pura Taman Ayun. Dengan pilihan spot foto yang beragam, wisatawan akan dibuat semakin betah jika berlama-lama di kawasan pura tersebut.

Yang menjadi favorit adalah lokasi berfoto di depan Meru, atau pura berbentuk pagoda yang terletak di belakang ruang utama. Spot satu ini menyuguhkan latar belakang sebuah pura pagoda yang menjulang tinggi. Hasil terbaik untuk mengambil foto pada spot ini adalah saat siang hari.

Kemudian ada juga sebuah kolam yang cukup lebar, terletak mengelilingi kawasan pura itu sendiri. Hasil foto dengan latar belakang sebuah kolam dan pepohonan rindang yang terlihat asri, dapat Anda unggah untuk kebutuhan sosial media Anda.

Namun sebelum memasuki lebih dalam dari kawasan pura tersebut, di salah satu sudut bagian depan, terdapat sebuah barongan yang diletakkan begitu saja. Para pengunjung yang datang pun dapat berfoto dengan benda yang sering digunakan untuk kesenian budaya khas Bali tersebut.

Terhitung banyak spot berfoto dengan latar belakang menarik yang ada di kawasan pura ini. Tak jarang wisatawan yang berdatangan memiliki tujuan untuk dapat mengabadikan setiap momen saat sedang berada di kawasan pura tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pura Taman Ayun Bali

Fasilitas di Pura Taman Ayun Bali
Image Credit: Google Maps (Shanika McCall)

Kawasan Pura Taman Ayun sendiri, sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang berdatangan. Salah satu fasilitasnya adalah sebuah rest area, yang tidak semua tempat wisata mempunyainya.

Wisatawan dapat beristirahat sejenak di tempat ini, sembari menikmati hidangan yang disajikan oleh beberapa kantin yang ada di rest area tersebut. Harga dari makanan atau minuman yang dijual di kantin tersebut tidaklah mahal, dimana masih wajar dan tentu saja tidak menguras kantong Anda.

Pura tersebut buka dari jam 8 hingga 6 petang, dengan lahan parkir yang cukup luas untuk beberapa kendaraan pribadi wisatawan seperti mobil. Dengan biaya Rp 2.000 sampai Rp 5.000, kendaraan Anda akan ditempatkan pada lokasi yang aman dan dekat dengan pintu masuk pura.

Tidak hanya itu, tersedia banyak tempat sampah yang tersebar di beberapa titik pada kawasan pura tersebut. Hal ini memiliki tujuan agar wisatawan yang datang tertib membuang sampah pada tempatnya, dan selalu menjaga lingkungan suci ini agar selalu bersih.

Fasilitas dasar dari sebuah tempat wisata seperti toilet, dapat dengan mudah ditemukan oleh wisatawan yang akan buang air kecil atau sekedar mencuci kaki. Biaya menggunakan fasilitas ini sama seperi biaya pada umumnya, dimana sekitar Rp 2.000 atau Rp 3.000.

Dengan banyaknya fasilitas yang diberikan untuk wisatawan yang mendatangi kawasan Pura Taman Ayun ini, akan membuat wisatawan tersebut lebih nyaman saat mengunjunginya. Fasilitas pendukung lain, masih akan direncanakan pembangunannya oleh pemerintah setempat.

Informasi mengenai tempat wisata bersejarah Pura Taman Ayun tersebut, dapat dijadikan sebagai referensi sebelum mendatangi lokasinya. Mulai dari daya tarik, rute perjalanan, hingga fasilitas dari pura ini, tentu akan membuat Anda semakin tertarik untuk mengunjungi tempat wisata satu ini.