Pura Luhur Uluwatu salah satu dari 6  Bali Pura Sad Kahyangan yang menjadi pilar spiritual utama di Pulau Bali. Kawasan pura menjadi spot terbaik menikmati sunset, pesona Pantai Pecatu dan tempat pertunjukan tari Kecak.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Pura Luhur Uluwatu ini menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Bali dengan segala pesonanya yang mengikat. Karena sudah sangat terkenal di berbagai negara lain, tak heran apabila wisatawan asing terlihat banyak memadati tempat tersebut. Semakin hari, jumlah pengunjungnya semakin meningkat.

Keindahan alam yang ditawarkan oleh tempat wisata yang satu inilah yang sering membuat orang berbondong-bondong datang ke tempat ini. Dijamin, Anda akan merasakan pengalaman yang menakjubkan apabila menghabiskan waktu liburan di tempat ini.

Segala lelah yang Anda rasakan akibat pekerjaan sehari-hari pun akan langsung hilang jika sudah terpukau dengan segala keunikan yang ada di tempat wisata tersebut. Sebelum berkunjung ke sana, alangkah baiknya apabila Anda mengetahui lebih banyak lagi tentang pura tersebut. Berikut ini berbagai macam informasi yang akan membahas tentang Pura Luhur Uluwatu.

Daya Tarik yang Dimiliki Pura Luhur Uluwatu

Daya Tarik Pura Luhur Uluwatu
Image Credit: Instagram.com @ollaremalle

1. Berada di Atas Tebing

Pura tersebut lokasi tepatnya ada di atas tebing yang mempunyai ketinggian kurang lebih 97 m di atas permukaan air laut. Dikarenakan letak pura yang satu ini ada di atas suatu tebing, maka dinamakan sebagai Uluwatu. Dalam Bahasa Sanskerta, kata “Uluwatu” memiliki arti sebagai puncak batu karang. Karena berada di ketinggian, membuat pura tersebut semakin tampak megah.

2. Keindahan Alam

Saat berkunjung ke pura tersebut, Anda akan melihat bahwa tempat ini dikelilingi oleh banyak bukit yang indah. Selain itu, hijaunya pohon-pohon di sekitar sana juga memberikan suasana yang asri, sejuk, dan masih alami. Semakin lengkap lagi karena di tempat wisata tersebut juga ada pemandangan laut yang sangat indah.

3. Bangunan Menghadap ke Timur

Daya tarik lain yang selanjutnya yaitu bangunan dari Pura Uluwatu ini menghadap ke arah Timur. Hal ini sangat unik karena berbeda dengan kebanyakan bangunan pura yang ada di Pulau Dewata yang menghadap ke arah Selatan atau Barat. Namun, ternyata banyak juga wisatawan yang belum sadar akan keunikan dari arah hadapan bangunan pura tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Pura Luhur Uluwatu
Image Credit: Google Maps (Karl Lakdawala)

4. Ada Segerombolan Kera

Di sepanjang jalan yang terletak pada luar bangunan pura, terdapat banyak kera yang berjajar. Para kera tersebut telah mempunyai kebiasaan usil kepada para wisatawan sejak dahulu. Maka, Anda harus sudah siap apabila para kera tersebut akan mencuri dan menyerobot bekal makanan yang dibawa oleh para wisatawan.

5. Pintu Masuk Pura

Pintu masuk dari Pura Luhur Uluwatu yang satu ini juga memiliki keunikan tersendiri yang mampu menjadi daya tarik untuk memikat para wisatawan. Pasalnya, pintu masuk dari pura tersebut ada dua buah, yang berada di sebelah Selatan dan satunya lagi di Utara.

Hiasan yang ada di pintu masuknya sendiri yaitu pahatan bunga dan daun. Di depannya juga terdapat sepasang arca yang berbentuk manusia berkepala gajah.

6. Tangga yang Terbuat dari Batu

Sebelum memasuki area bangunan pura ini, para wisatawan harus menaiki anak tangga yang terbuat dari batu terlebih dahulu. Tidak hanya sedikit, karena anak tangga batu tersebut terbilang cukup tinggi. Hal ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk sekaligus berolahraga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pura Uluwatu

Alamat Pura Uluwatu
Image Credit: Facebook.com @Jom-Cuti

Masyarakat Bali pasti kebanyakan sudah tidak asing lagi dengan lokasi dari tempat wisata yang satu ini. Pasalnya, Pura Uluwatu ini sudah sangat populer di Bali maupun di daerah lain di Indonesia. Lokasinya berada di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Tepatnya ada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan.

Apabila Anda sudah tahu lokasi atau pernah berkunjung ke tempat wisata Monkey bar at Bella Vista Klungkung, maka tidak akan jauh dari lokasi pura yang satu ini. Jaraknya hanya berkisaran 67 km dan akan menghabiskan waktu tempuh sekitar 2 jam saja jika melalui Kota Denpasar.

Jalan yang akan dilalui untuk sampai ke tempat wisata pura tersebut sudah terbilang cukup mulus. Anda tidak usah khawatir akan kendala jalanan rusak ketika di perjalanan. Apabila, Anda telah berada di Pulau Bali, maka langsung saja bisa menuju ke arah tempat wisata pura tersebut. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil maupun motor.

Namun, bagi Anda yang tidak ingin membawa kendaraan pribadi, maka bisa menaiki angkutan umum seperti taksi. Sudah ada pula jasa untuk menyewa mobil lengkap dengan sopirnya juga. Akan tetapi jika Anda hanya sendiri atau berdua saja, lebih baik untuk menyewa motor saja dengan harga sekitar 75 ribu rupiah sampai 100 ribu rupiah selama seharian.

Dari Kota Denpasar sendiri, perjalanan menuju ke tempat wisata Pura Luhur Uluwatu akan memakan waktu sekitar 30 sampai 45 menit. Jika, Anda masih sedikit bingung dengan rute perjalanan, maka gunakan peta navigasi untuk mempermudah menuju ke lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pura Luhur Uluwatu

Harga Tiket Pura Luhur Uluwatu
Image Credit: Instagram.com @bez_e_katerina888

Para  pengunjung baik lokal maupun manca negara akan dikenakan biaya berupa tiket masuk ke tempat wisata Pura Uluwatu ini. Namun, biaya yang akan dikenakan akan berbeda antara pengunjung lokal dan pengunjung manca negara. Tentunya akan lebih mahal sedikit tiket masuk untuk pengunjung manca negara. Meskipun begitu, harganya masih tergolong standar karena memiliki retribusi wisata.

Untuk pengunjung yang berasal dari domestik atau lokal golongan anak-anak, maka akan dikenakan biaya untuk tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah untuk 1 orang. Sedangkan, untuk golongan orang dewasa, maka biaya untuk tiket masuknya akan dikenakan sebesar 20 ribu rupiah untuk 1 orang.

Kemudian, untuk pengunjung yang berasal  dari manca negara golongan anak-anak, maka harus membayar tiket masuk yang dibandrol sebesar 20 ribu rupiah untuk 1 orang. Sedangkan, untuk golongan orang dewasa, maka harus membayar tiket masuk yang dibandrol sebesar 30 ribu rupiah untuk 1 orang.

Namun, harga dari tiket masuk yang sudah disebutkan tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Jadi, sebaiknya Anda menyiapkan dana lebih untuk mengantisipasi adanya perubahan harga tiket masuk. Selain tiket masuk, para wisatawan yang membawa kendaraan juga wajib membayar biaya parkir.

Namun, harga parkir kendaraan disini tidak mahal, yaitu kurang lebih 5 ribu rupiah saja. Anda bisa memasuki tempat wisata yang satu ini mulai dari pukul 7 pagi hingga setengah 8 malam WITA (Waktu Indonesia Bagian Tengah).

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pura Uluwatu

Kegiatan di Pura Uluwatu
Image Credit: Google Maps (Abou El Fadhl Hafsia)

1. Berselancar di Pantai Pecatu

Tak jauh dari kawasan pura, terdapat pantai indah yang memiliki ombak cukup besar. Oleh karena itu, setiap hari pasti ada puluhan peselancar lokal maupun asing yang menaklukkan gelombang di sana. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang senang bermain selancar atau surfing. Jika Anda tidak berniat berselancar, maka bisa hanya sekedar melihat dan menikmati orang-orang yang berselancar di sana.

2. Menyaksikan Pertunjukan Tari Kecak

Kawasan ini sudah terkenal dengan pertunjukkan Tari Kecaknya yang paling terbaik. Para pengunjung yang datang dari berbagai belahan dunia akan menyaksikan dan berkumpul di latar pura. Lalu, jarak antara para penonton dan juga penari dibuat cukup dekat supaya lebih memunculkan suasana yang sakral.

Pertunjukan tersebut akan berlangsung selama satu jam yaitu pada jam 5 hingga 6 sore WITA. Setiap hari pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan Tari Kecak tersebut. Namun, ada pengecualian di Pengerupukan dan Nyepi tiba. Alasannya karena para penari pada saat itu harus beribadah secara khusyuk selama seharian penuh.

Kegiatan Dilakukan di Pura Uluwatu
Image Credit: Google Maps (Uluwatu Tample)

3. Menikmati Pemandangan Sunset

Tidak dapat diragukan lagi kalau Pura Luhur Uluwatu merupakan tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan sunset atau matahari terbenam. Para wisatawan dapat menghadap ke arah Barat untuk memudahkan menyaksikan detik-detik matahari terbenam sampai hari menjadi gelap.

Banyak sekali wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan sunset di tempat ini. Warna sunset sangat indah dengan kuning keemasan yang menimbulkan suasana magis semakin terasa. Hal ini bisa menimbulkan perasaan hati menjadi tenang dan damai.

4. Hunting Foto

Tentu berfoto ria merupakan salah satu kegiatan menarik yang tidak boleh terlewatkan apabila berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Namun, perlu diperhatikan bahwa para wisatawan tidak diperkenankan mengambil foto di kawasan bangunan pura. Jadi, para wisatawan hanya boleh mengambil foto di kawasan luar bangunan pura saja.

Meskipun begitu, terdapat banyak spot foto yang bisa mempercantik hasil protretan Anda. Salah satunya yaitu banyak sekali wisatawan yang memotret pemandangan sunset di tempat ini. Hasilnya membuat jepretan Anda terlebih semakin tampak estetik. Selain itu, pemandangan alam disini juga cocok dijadikan latar belakang foto untuk mengabadikan setiap momen berlibur di sini.

Fasilitas yang Tersedia di Pura Luhur Uluwatu Bali

Fasilitas di Pura Luhur Uluwatu
Image Credit: Facebook.com @BeautifulDestinations

Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu tempat wisata yang sering dijadikan sebagai tujuan utama oleh para wisatawan yang datang ke Pulau Bali. Oleh sebab itu, tidak heran apabila fasilitas yang disediakan di tempat wisata tersebut sudah sangat lengkap. bahkan, tidak hanya sekedar lengkap saja, namun juga dikelola dan dirawat dengan sangat baik.

Selain sudah disediakan area parkir yang luas untuk kendaraan Anda, sudah disediakan pula fasilitas berupa tempat makan seperti warung, café, sampai restoran.  Hal ini agar para pengunjung tidak perlu susah payah membawa bekal makanan dari rumah. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam dan rasanya lezat semua. Harganya pun juga bervariasi.

Di sana juga sudah ada fasilitas berupa toilet untuk para pengunjung. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi apabila tiba-tiba merasa ingin buang air. Toilet yang disediakan tidak hanya ada saju saja, melainkan ada beberapa. Lokasinya tidak ada di dalam pura, melainkan di luar bangunan pura.

Di sekitar tempat wisata tersebut juga sudah ada banyak penginapan yang bisa menjadi tempat beristirahat para wisatawan. Kebanyakan penginapan di sana memiliki pemandangan alam yang begitu luar biasa. Fasilitas yang ditawarkan juga berbeda-beda. Begitu pula dengan harganya, ada yang masih terjangkau hingga yang sangat mahal berdasarkan tingkat kemewahannya.

Nah, itulah berbagai macam informasi yang sudah disebutkan diatas yang berkaitan dengan tempat wisata Pura Luhur Uluwatu. Sayang sekali apabila Anda tidak mengunjungi tempat wisata tersebut apabila berkesempatan datang ke Pulau Bali.