Pulau Dewata di kalangan traveller memang belum luntur pesonanya, terutama di kalangan wisatawan internasional. Mayoritas masyarakat Bali memeluk agama Hindu, sehingga Anda akan sangat mudah menemukan pura di pulau ini. Mengingat setiap pura memiliki pemandangan indah juga desain yang artistik. Berikut deretan pura terindah di Bali yang bisa Anda jadikan alternatif tujuan liburan.

1. Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur
Image Credit: Twitter.com @balilocal

Memulai menjelajahi Pura cantik di Bali, Anda bisa menjadikan Pura Lempuyang Luhur sebagai tujuan. Pura satu ini terkenal sebagai spot yang sangat cocok untuk hunting foto. Dengan gapura tinggi yang menjadi ciri khas dari pura ini. Lokasinya juga berada di ketinggian, sehingga Anda akan dimanjakan pemandangan yang menyejukkan mata.

Dari jauh Anda bisa melihat megahnya Gunung Agung dari Pura Lempuyang Luhur. Tak heran jika pura ini mendapatkan julukan sebagai Gates of Heaven. Hanya saja untuk menikmati keindahannya, Anda harus mengeluarkan energi yang cukup besar. sekitar 1700 anak tangga harus Anda daki, namun semua lelah Anda menaiki anak tangga akan terbayar lunas dengan panoramanya.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Abang, Seraya Barat, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

2. Pura Menjangan

Pura Menjangan
Image Credit: Twitter.com @thiwiiik

Destinasi pura yang tak kalah kondang berikutnya adalah Pura Menjangan. Menjangan sendiri dikenal sebagai spot diving terbaik di Bali. Pulau yang jaraknya sekitar 76 km dari pusat Kota Singaraja ini memang menarik untuk dikunjungi. Pura Menjangan berdiri kokoh dengan Patung Ganesha yang terlihat begitu megah dan langsung menghadap ke laut.

Sebenarnya, Anda tidak hanya akan menemukan patung Ganesha saja di pura ini. Karena terdapat 7 titik untuk sembahyang yang ada di pulau ini. Artinya terdapat lebih dari satu pura yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan liburan Anda. Pulau Menjangan sendiri tidak dihuni manusia, melainkan banyak hewan Menjangan yang tinggal di sini.

Inilah juga yang menjadi alasan namanya menjadi Pulau Menjangan. Pengunjung pulau kebanyakan masyarakat yang akan sembahyang ataupun wisatawan yang akan melihat keindahan bawah lautnya. Berada di pinggir pantai, Pulau Menjangan menjadi spot yang cocok untuk menikmati matahari terbenam. Dan juga berburu beberapa foto yang menawan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumber Klampok, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali.

3. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu
Image Credit: Facebook.com @Jom-Cuti

Nama pura satu ini tentunya tidak asing di kalangan wisatawan, karena merupakan destinasi yang terkenal. Pura Luhur Uluwatu menjadi candi utama yang menjadi bagian dari enam kahyangan menurut kepercayaan warga Bali. Tidak hanya itu, Pura ini juga akan menunjukkan pagelaran tari kecak saat malam tiba.

Pertunjukkan tari ini umumnya akan mengusung kisah Ramayana dengan nyanyian dan penari yang gemulai. Inilah alasan mengapa pura ini selalu menjadi tujuan para wisatawan. Apalagi lokasinya juga berada di atas tebing yang tinggi menjulang. Membuat para pengunjung bisa menikmati panorama laut dari atas ketinggian.

Tidak ketinggalan panorama matahari terbenamnya yang juga menjadi favorit. Namun perlu Anda tahu, jika pura ini membutuhkan tenaga kuat agar sampai ke puncak. Anda harus mendaki anak tangga untuk sampai di puncaknya. Begitu di puncak, Anda tentu akan berdecak kagum karena pesona alam yang disuguhkan sangat menawan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

4. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot
Image Credit: Google Maps (Rakibul)

Destinasi wisata religi di Bali yang juga namanya banyak dikenal adalah Tanah Laut. Pantai cantik ini kondang dengan puranya yang dikenal dengan Pura Tanah Lot atau Pura Luhur Tanah Lot. Berada di atas tebing karang yang kokoh, pura ini selalu menjadi jujugan wisatawan. Memiliki pemandangan yang luar biasa, pura ini cocok untuk menikmati sunsetnya.

Selain Pura Tanah Lot, Anda juga bisa menemukan Pura Batu Bolong yang berada du sebelah baratnya. Pemandangan pura indah lengkap dengan pantainya yang juga terkenal membuat pura ini dijuluki sebagai pura paling indah. Ada banyak hal menarik yang juga bisa Anda eksplor ketika singgah di Pura ini. Pastikan Anda juga mengabadikan setiap momen saat kemari.

Pengunjung bisa menyeberang ke pura ketika air laut sedang surut. Bebatuan karang yang alami terbentuk menjadi jembatan batu yang akan Anda lewati. Dan jembatan ini akan hilang ketika air laut pasang. Memberikan efek seakan akan pura ini berdiri di tengah tengah laut. Waktu paling tepat untuk mengunjunginya adalah ketika sore hari.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabanan, Bali.

5. Pura Agung Besakih

Pura Agung Besakih
Image Credit: Instagram.com @horacio19_alarcon

Seperti namanya, pura cantik ini berada di Desa Besakih, Karang Asem. Tidak hanya menjadi pura paling indah, Pura Agung Besakih juga menjadi pura paling besar di Indonesia. Bangunannya sangat ikonik dengan Pura Penataran dan anak tangga yang menjadi gerbang dari Pura Penataran. Tidak ketinggalan 18 pura pendamping yang juga semakin mempercantik pura ini.

Kemegahan dari pura Besakih memang menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi lokasinya berada di kisaran 3000 kaki di atas Gunung Agung. Membuat pemandangan yang dihadirkan juga sangat menawan. Bisa dikatakan jika hampir semua rangkaian upacara keagamaan di Pulau Dewata di lakukan di pura ini. Mengingat Pura Besakih memang menjadi pura yang paling besar.

Ketika akan digunakan untuk upacara, tampilannya akan semakin cantik karena penuh hiasan. Hawanya yang sejuk turut menjadi alasan mengapa banyak yang penasaran akan pura indah. Sebelum menjadi sebuah pura yang megah, justru kawasan ini merupakan hutan belantara. Anda hanya bisa mengunjunginya sampai sore, dan 24 jam buka untuk yang akan sembahyang.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gunung Mas No.Ds, Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem, Bali.

6. Pura Gunung Kawi

Pura Gunung Kawi
Image Credit: Google Maps (D4V3 NN)

Pura terindah berikutnya juga tak boleh dilewatkan adalah Pura Gunung Kawi. Berada di candi Gunung Kawi yang merupakan candi Hindu paling cantik di bali. Pura ini berada di antara sawah dan jurang yang membuatnya sangat unik. Dimana jurang yang ada akan dilalui Sungai Pakerisan. Yang merupakan sungai yang dianggap suci oleh masyarakat Bali.

Mereka juga berkeyakinan jika pura Gunung Kawi menjadi suci karena aliran sunga ini. Pemandangan yang bisa Anda nikmati di Pura ini sangat menawan. Pepohonan rindang yang ada di sekitar turut membuat kawasannya makin asri. Selain pemandangannya, sejarah dari pura ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Dibuka untuk wisatawan sejak 1970, sampai saat ini tak pernah sepi.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Penaka, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar, Bali.

7. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun
Image Credit: Twitter.com @FrankZeno

Perjalanan Anda menjelajah setiap pura di Pulau eksotis ini masih belum berakhir. Mengingat Pura Taman Ayun harus masuk dalam daftar liburan Anda. Pura ini membutuhkan jarak sekitar 18 km dari Denpasar. Memiliki taman yang indah, pura Taman Ayun juga memiliki nilai sejarah yang melimpah. Taman hijau dengan bangunan pura di tengahnya sangat menyejukkan mata.

Pura cantik ini sendiri dibangun di tahun 1600 an oleh Raja Mengwi. Menjadi pura yang disakralkan, pura ini dibangun untuk penghormatan pada roh leluhur raja raja di Kerajaan Mengwi. Memiliki arsitektur yang unik, pura ini juga dikelilingi oleh parit yang membuatnya seakan mengambang. Areanya yang masih asri turut menambah panjang daya tariknya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ayodya No.10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kab Badung, Bali.

8. Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan
Image Credit: Google Maps (Pam Jara)

Lokasi pura ini di tepi Danau Beratan yang juga membuatnya semakin menawan. Anda bisa menemukan Pura Ulun Danu Beratan ini uang pecahan 50 ribu dahulu. Yang paling menonjol dari pura ini adalah arsitekturnya. Dikelilingi pemandangan yang indah, pura ini juga sudah dibuka untuk wisatawan. Pastikan untuk tidak melewatkan pura yang menawan ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Danau Beratan, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali.

9. Pura Tirta Empul Tampak Siring

Pura Tirta Empul Tampak Siring
Image Credit: Google Maps (Beyond Rek)

Tirta Empul jika diartikan memiliki arti mata air yang suci. Dengan begitu tentu Anda bisa membayangkan jika ketika singgah di Pura ini Anda akan menemukan sumber mata air alami. Mata air yang sangat jernih ini kemudian akan dialirkan pada pemandian yang ada di area Pura. Pemandian inilah yang kemudian menjadi daya tarik utama dari pura ini.

Jika menurut legenda mata air yang ada di pura ini adalah mata air Tampaksiring. Yakni yang diciptakan Dewa Indra untuk menangkal mata air beracun dari raja Iblis. Inilah mengapa banyak yang percaya jika mandi di sumber air ini akan mendapatkan keberuntungan juga kesehatan. Hanya saja, untuk mandi di mata air ini, Anda harus memberikan persembahan lebih dahulu.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tirta, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar, Bali.

10. Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah
Image Credit: Google Maps (SEP 2019)

Berada di Bali Timur, destinasi wisata pura ini merupakan sebuah gua yang dihuni ribuan kelelawar. Inilah yang membuatnya dikenal dengan Pura Goa Lawah. Lokasi puranya tepat di depan pintu goa dan tak jauh dari Pantai Pasir Hitam. Tak heran jika pura ini menjadi jujugan para wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kab. Klungkung, Bali.

11. Taman Saraswati

Taman Saraswati
Image Credit: Google Maps (MEI 2021)

Pura terkenal yang tak boleh dilewatkan berikutnya adalah Pura Taman Saraswati. Pura yang berada di Ubud ini memiliki desain yang sangat cantik. Dengan sisi kanan dan kiri kolam yang dipenuhi bunga teratai. Seperti namanya, Anda akan menemukan patung Dewi Saraswati dan juga Patung Jero Gede Mecaling.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kajeng, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

Itulah beberapa pura yang indah di Bali bisa Anda jadikan sebagai tujuan liburan. Masing-masing pura akan memberikan pemandangan yang berbeda serta ciri khas tersendiri. Yang jelas Anda tak akan menyesal sudah mengunjungi beberapa tempat ibadah umat Hindu ini. Apalagi pura yang disebutkan juga dibuka untuk wisatawan.