Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pura Geger, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Bali memang terkenal akan objek wisata dan budayanya yang begitu unik. Tak hanya itu saja, wisata yang ada di Pulau Dewata juga tak lepas dari adanya bangunan Pura untuk digunakan sebagai peribadatan serta melakukan aktivitas adat istiadat. Salah satu yang cukup menarik untuk dikunjungi yaitu Pura Geger Dalem Pemutih. Ada banyak cerita di balik bangunan ini yang menarik pengunjung. Seperti apa pesona dari pura yang satu ini? Simak lengkapnya di sini!

Sekilas Tentang Pura Geger Dalem Pemutih

Tentang Pura Geger Dalem
Image Credit: Google Maps (Pink Big Shark)

Jika dicermati secara mendetail lokasi pura di Bali cenderung berada di pinggir pantai, ataupun di wilayah pegunungan yang jauh dari keramaian. Tentu hal ini tak lepas dari pertimbangan leluhur atau pendiri pura tersebut. Sebab, hal ini didasarkan dengan aura spiritual yang tinggi, ketenangan suasana, dan tempat indah serta nyaman.

Dengan begitu, pikiran bisa menjadi lebih bersih dan fresh, ketika berada di Pura. Hal ini juga berlaku pada salah satu yang ada di Bali yaitu Pura Geger Dalem Pemutih. Lokasi pura ini berada tepat di atas tebing karang, pinggir pantai, dan ada banyak pepohonan rindang yang terlihat cantik serta mempesona.

Pura ini memiliki sejarah tersendiri, sebab pura tersebut berkaitan dengan perjalanan suci yang Dang Hyang Nirartha atau Dang Hyang Dwijendra sebelum melanjutkan perjalanan sampai di Uluwatu. Beliau sempat beristirahat sebentar di sini, kemudian terpersona dengan keindahan dan ketenangan yang disuguhkan.

Selain itu, beliau tertarik untuk menenangkan diri serta bersemadi di bawah sawo kecik. Menariknya, sampai detik ini pohon sawo kecik tersebut masih tumbuh dengan lebat dan besar tanpa terpengaruh perkembangan zaman yang ada. Jika ingin mengetahui keberadaan pohon tersebut, maka anda bisa melihatnya di bagian madya mandala (halaman tengah) pura.

Seperti namanya, Pura Geger Dalem Pemutih dulunya dimanfaatkan oleh Batara Dalem Segara atau Ida Batara Dalem Pamutih. Jika melakukan pemujaan di yang satu ini, maka akan dikaitkan dengan kekuatan atau sifat Tuhan yang berwarna putih atau Iswara dilambangkan dengan warna putih dan tak ternoda.

Tujuan pendirian tempat suci ini memang tak lepas dari kaitan mohon kepada manifestasi Tuhan. Pemujaan dilakukan untuk memohon agar dalam menjalankan kegiatan diberikan keselamatan. Selain itu, ini juga dimanfaatkan sebagai tempat memohon kesuburan, menggelar nangluk marana, dan juga mengupayakan pamahayu jagat.

Daya Tarik Wisata Pura Geger Dalem Pemutih

Daya Tarik Pura Geger Dalem Pemutih
Image Credit: Google Maps (Ida Bagus Putu Panca Permadi)

Jika anda melihatnya secara detail, ada beberapa bagian yang bisa anda temukan dari kawasan pure ini. Di bagian utama atau Mandala Pura ini, terdapat sejumlah pelinggih yaitu Padmasana. Sementara itu, di sebelah kanan Padmasana berdiri bangunan meru tumpang tiga sebagai stana Ida Batara Dalem Pamutih.

Sebelahnya lagi, anda bisa menemukan bagian pelinggih gedong Pasadegan, serta Tugu Penyarikan sebagai stana Ida Dalem Gunung Raung. Bagian ini diyakini sebagai pengabih Dang Hyang Dwijendra dulunya. Sedangkan di sisi utara atau Barat Padmasana, pengunjung akan disuguhi dengan bangunan meru tumpang tiga tempat sungsungan warga dari Puri Satria.

Tak hanya itu saja, anda juga akan disuguhi dengan pemandangan yang cukup unik dari pohon Sawo Kecik yang ada dua bagian utama mandala atau sisi sebelah Timur. Pohon ini dulunya diyakini sebagai tempat Dang Hyang Nirartha untuk samadi. Selain itu, di tempat ini juga, pengunjung bisa melihat pelinggih berupa tugu sebagai tempat memuja Ida Bhatara Ratu Gede Penataran dalem.

Sekitar 100 meter di sebelah Selatan dari Pura Geger Dalem Pemutih, anda bisa menemukan beji yang berdekatan dengan pantai. Pura ini tersembunyi di antara bebatuan karang dengan tanda dua buah tudung putih dan kuning. Selain itu, anda juga akan menemukan berupa patung Ganesha dan juga Lingga-Yoni sebagai simbol kesuburan serta purusa pradana.

Dari area tersebut, pengunjung bisa langsung melewati lorong yang tembus ke pantai. Meskipun pantai di sini tidak begitu luas, setidaknya pasir putih dan suasana damai bisa menjadi salah satu daya tarik lainnya yang bisa anda temukan ketika berada di kawasan pure ini. Sehingga, anda bisa benar-benar menikmati waktu selama berada di Kawasan pura.

Daya Tarik Pura Geger Dalem
Image Credit: Instagram.com @pasekdangka_peminge

Beranjak dari lorong, sebenarnya anda bisa menemukan akses menuju mata air tawar yang keluar dari bebatuan karang. Mata air atau yang disebut juga dengan kelebutan tersebutlah sebagai tempat yang diyakini sakral. Namun, jika berkunjung ke sini ada baiknya sore hari saja. Sebab pada pagi hari mata air di beji pura Batu Pageh akan tergenangi oleh air laut,

Dengan keberadaan beji tersebut, maka melengkapi kawasan pura yang begitu unik. Tak jarang, ada pemedek yang tangkil yang bertujuan melukat bersembahyang ke pura. Apalagi di hari hari tertentu seperti Kajeng Kliwon, Purnama, Tilem, Banyupinaruh, dan lain sebagainya. Plus, keberadaan Lingga-Yoni juga menambah keyakinan warga untuk dekat dengan Tuhan.

Para masyarakat Bali dan sekitarnya selalu berdatangan ke kawasan yang satu ini dengan berbusana adat. Sering kali pengunjung yang datang ke tempat ini tak terbatas warga sekitar kawasan Nusa Dua. Banyak pula pemedek yang berasal dari Kelurahan Bualu, Denpasar, Tabanan, Gianyar, bahkan juga dari luar Bali mendatangi kawasan ini.

Mengingat ada banyak sekali cerita di bali pura ini, Pura Geger Pemutih ini menjadi incaran masyarakat dari berbagai lapisan. Kawasan pure ini akan dipadati oleh banyak orang untuk menggelar upacara, beribadah, sampai dengan sarana memohon keselamatan di kawasan tempat suci kepada Tuhan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pura Geger Dalem Pemutih

Alamat Pura Geger Dalem Pemutih
Image Credit: Instagram.com @zenbongsoe

Pulau Bali memang terkenal memiliki banyak pura atau tempat suci untuk beribadah dan melakukan upacara tertentu. Salah satu pura yang bisa anda kunjungi yaitu Pura Geger Dalem Pemutih yang terletak di pinggir pantai. Karena cukup unik, ada banyak pengunjung yang datang ke lokasi tersebut untuk menikmati keindahannya.

Pura ini lokasinya di jalan Pura Geger, desa adat Peminge, Badung Bali. Untuk akses menuju lokasi sudah sangat baik karena dukungan pihak pemerintah setempat. Anda bisa mengakses pura ini dengan patokan depan hotel Mulia. Jika diakses melalui kota Denpasar, ini akan memakan jarak sekitar 22 km. Sedangkan dari Tanjung Benoa aksesnya lebih cepat yaitu 8.5 km.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pura Geger Dalem Pemutih

Aktivitas Dilakukan di Pura Geger Dalem Pemutih
Image Credit: Google Maps (Ridzky Anugerah)

1. Berkeliling ke Kawasan Pura

Seperti halnya di kawasan pantai yang ada di Bali, anda bisa menemukan paket wisata lengkap. Pasalnya, dalam satu area pantai tersebut terdapat pura suci yang diberi nama Pura Geger Dalem Pemutih. Letak dari pura ini terbilang cukup unik karena berada di atas tebing karang yang cukup tinggi.

Seperti yang sudah diketahui, pura merupakan tempat pemujaan, sehingga Pura Geger Dalem Putih digunakan untuk meminta keselamatan, kesuburan, kesejahteraan serta kemakmuran bersama dalam hidup. Tak jarang, ada juga upacara keagamaan yang digelar oleh masyarakat sekitar sesuai keyakinan yang dianut.

Ketika anda hendak mengelilingi pura, ada baiknya jika meminta bantuan pada pemandu. Hal ini akan membantu anda dalam berkeliling atau tidak tersesat dan juga mengetahui sejarah lengkapnya. Selain itu, gunakan pakaian yang sopan untuk menghormati kepercayaan masyarakat di sana. Salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengenakan baju adat.

2. Melihat Keindahan Sunset

Pura ini berdiri tegak di atas tebing batu karang. Dengan berlatar belakang pemandangan alam laut, pura ini akan lebih cantik ketika dikunjungi pada pagi hari. Sebab, anda bisa bisa menyaksikan keindahan alam sunrise. Di bagian Utara pura ini, terbentang keindahan pantai pasir putih beserta air lautjernih yanh tenang.

3. Menyusuri Pura Beji

Beranjak ke sebelah Selatan Pura, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan pantai yang memukau. Anda akan melihat betapa indahnya pemandangan sekitar dengan tebing tebing karang cantik. Bahkan, di kawasan tersebut anda juga bisa menemukan pura Beji tempat melukat yang masih berada dalam satu area dengan Pura Geger Dalem Pemutih.

Aktivitas di Pura Geger Dalem Pemutih
Image Credit: Google Maps (Ridzky Anugerah)

4. Berkeliling Menggunakan Unta

Jika anda puas melihat betapa uniknya bangunan pura, maka bisa memilih aktivitas lainnya ketika berada di kawasan pura yang sakral ini. Anda bisa mengelilingi ingin Pantai Geger Bali yang masih satu area dari pura. Jika tidak ingin capek, ada baiknya berkeliling dengan menaiki unta. Hal ini karena lebar garis pantai ini yang cukup luas untuk ditelusuri.

5. Melihat Keindahan Alam Sekitar

Pemandangan di sekitar pura memang sangat memukau untuk dinikmati. Anda akan disuguhi dengan hamparan laut lepas, perbukitan hijau beserta tebing tebing yang menjulang tinggi. Ketika berada di area pura, maka jangan sampai lewatkan bersantai di sekitar are apura sambil menikmati indahnya alam sekitar.

Itulah beberapa informasi yang harus anda tahu mengenai Pura Geger Dalem Pemutih di Badung. Jika ingin mengunjungi kawasan wisata ini, ada baiknya mematuhi peraturan yang ada. Misalnya saja berpakaian yang sopan atau menggunakan baju adat seperti masyarakat setempat. Dengan begitu, waktu anda ketika menyusuri pura bisa dilakukan dengan nyaman dan berkesan.