Pura Dalem Balingkang, Destinasi Wisata Religi yang Sarat Sejarah di Bangli

Pura Dalem Balingkang, Destinasi Wisata Religi yang Sarat Sejarah di Bangli
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pinggan, Kec. Kintamani, Kab.Bangli, Bali.

Pulau Bali memang dikenal memiliki banyak sekali beragam destinasi wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata tersebut yaitu Pura Dalem Balingkang di Bangli, Bali. Sangat tepat untuk Anda yang memang suka sekali pergi ke tempat wisata yang memiliki nilai sejarah masa lampau.

Karena itulah, Anda sangat direkomendasikan untuk segera mendatangi lokasi wisata supaya bisa menambah wawasan tentang sejarah pura di provinsi Bali. Selain itu, nanti Anda akan bisa mengetahui seluk-beluk area wisata dengan lebih cepat. Tempat ini memang dikenal oleh karena keindahannya.

Tidak sedikit wisatawan lokal maupun mancanegara yang mendatangi tempat tersebut, terlebih saat liburan tiba. Jadi sekalipun di sini Anda bukan beragama Hindu, maka Anda masih tetap diperbolehkan untuk mengunjungi Pura Dalem Balingkang. Untuk mengetahui ulasan lebih lengkapnya lagi, Anda bisa menyimak daya tarik, harga tiket, rute dan lain sebagainya.

Daya Tarik Pura Dalem Balingkang

Daya Tarik Pura Dalem Balingkang
Photo by Google Maps Wijaya

1. Bangunan Pura yang Kokoh

Pura Dalem Balingkang memang memiliki beragam daya tarik hingga membuatnya patut untuk dikunjungi. Salah satu daya tarik dari pura tersebut yaitu bangunannya yang masih sangat kokoh. Arsitektur dari kerajaan-kerajaan masa lalu masih sangat tampak. Tentunya hal tersebut cukup menjelaskan mengenai peradaban maju di masa lalu.

Warga setempat hingga saat ini masih sering kali melaksanakan upacara di area sekitar pura. Anda yang kebetulan datang pada waktu upacara tersebut, maka jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikannya. Arsitektur dan kebudayaan di tempat ini mempunyai nilai-nilai sejarah yang sungguh menarik untuk dipelajari.

2. Wisata yang Indah

Bangunan dari Pura Dalem Balingkang ini mulanya adalah sebuah bangunan istana. Seperti layaknya bangunan istana yang mempunyai sebuah benteng dan memagari area sekitarnya. Benteng tersebut memiliki fungsi yang cukup penting guna menjaga keamanan istana dari serangan musuh pada zaman dahulu.

Termasuk di sini adanya tembok alam berupa bukit yang melingkar, yaitu Gunung Batur yang tampak begitu mempesona dan juga indah. Disini juga terdapat area pemujaan yang memiliki simbol koin Cina dengan ukuran besar di bagian timur laut sebagai stana Ratu Ayu Mas Subandar. Di mana semasa hidup mereka yaitu merupakan seorang permaisuri raja dari Cina.

Pura Dalem Balingkang ini berdiri begitu cantik dan juga megah tidak hanya diselimuti oleh asal usul maupun sejarahnya mengenai perkawinan dua buah budaya di masa lalu saja, melainkan juga panorama alam sekitarnya tampak begitu memukau dan karena itulah, perjalanan spiritual menuju ke pura merupakan sesuatu yang menarik.

3. Terdapat Tiga Buah Pura

Di dalam area tempat wisata yang satu ini Anda akan menemukan 3 buah pura. Pura tersebut salah satunya yaitu Pura Dalem Agung. Diperkirakan Pura tersebut sudah ada dan berdiri ketika abad ke-14 pertengahan. Saat itu wilayah dari Ubud Bali masih di bawah kekuasaan dari Dinasti Pejeng.

Untuk pura yang kedua di sini diberi nama pura Beji. Lokasinya terletak di sebelah barat daya kawasan hutan monyet. Pura Beji ini peruntukannya yaitu sebagai area pemujaan Dewi Gangga. Masyarakat desa Padang Tegal sebelum mereka disini melakukan sebuah upacara keagamaan nantinya akan terlebih dahulu memohon air suci di Pura Beji tersebut.

Air suci ini digunakan untuk penyucian. Sedangkan untuk pura yang ketiga yaitu berada di area timur laut dari hutan monyeet Yang ketiga di beri nama Pura Prajapati yang memang digunakan untuk menyembah dewa prajapati.

Alamat dan Cara Menuju Pura

Alamat Pura Dalem Balingkang
Photo by Google Maps Yuda Manik

Untuk Anda yang tertarik mengunjungi Pura Dalem Balingkang ini, maka tidak perlu ragu untuk segera meluncur ke Pulau Dewata. Lokasi tepatnya yaitu di Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani. Jarak dari kota Denpasar,  Provinsi Bali sendiri untuk menuju lokasi pura yaitu kurang lebih sejauh 64 km.

Sedangkan untuk jarak dari Puncak Sukawana atau Puncak Penulisan di Kintamani yaitu sejauh 7,4 km. Perjalanan untuk menuruni area Lembah memang terbilang sudah cukup bagus, karena itu, Anda tidak perlu merasa khawatir. Akses jalan menuju ke area wisata telah dibuat sebaik mungkin untuk kenyamanan para pengunjung.

Di beberapa ruas jalan yang kecil memiliki tikungan cukup tajam. Oleh karena itulah, Anda perlu berhati-hati serta pastikan disini Anda cek kondisi kendaraan lebih dahulu sebelum berangkat. Jika masih merasa bingung dengan rute menuju pura ini, maka Anda bisa menggunakan Google Maps yang sudah terpasang di perangkat smartphone Anda.

Untuk menuju ke Pura Dalem Balingkang, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Tempat wisata ini memang gratis dan bisa dikunjungi tanpa harus mengeluarkan uang retribusi.

Untuk jam operasionalnya sendiri, tempat tersebut di buka 24 jam penuh. Namun sangat disarankan bagi Anda datang saat matahari terbit dan juga matahari tenggelam.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Pura Dalem Balingkang
Photo by Google Maps Bali Asia

1. Bersantai

Pura Dalem Balingkang memang merupakan tempat yang sangat recommended untuk dikunjungi terlebih bagi Anda yang berasal dari daerah perkotaan dan ingin mencari tempat yang tenang. Lokasi dari pura tersebut mengambil tempat dengan suasana alam yang begitu tenang serta jauh dari area keramaian.

Itulah salah satu daya tarik sehingga menjadikan tempat wisata tersebut masih diminati. Karena itu, Anda yang kebetulan ingin mencari tempat untuk merilekskan diri dari berbagai macam aktivitas sehari-hari yang tentunya menjenuhkan, tak perlu ragu untuk segera meluncur ke tempat ini.

2. Melihat Upacara Adat

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, bahwa di pura ini sering kali diadakan upacara adat oleh warga sekitar. Upacara adat tersebut biasanya dilakukan setahun sekali. Momen sakral tersebut sangat menarik untuk Anda saksikan selama berada di sana.

Karena itu, jika kebetulan Anda berkunjung ke Pura Dalem dan kebetulan di sana sedang diadakan upacara adat, maka sebaiknya Anda menyaksikan upacara tersebut. Karena memang momen upacara tidak bisa Anda saksikan setiap hari.

Aktivitas Dilakukan di Pura Dalem Balingkang
Photo by Google Maps Rah Ajunk

3. Eksplorasi Wilayah Pura

Pulau Bali sebagai salah satu pulau di Indonesia dan mempunyai banyak sekali destinasi wisata favorit memang selalu mampu membuat siapapun merasa betah berada di sana. Pulau ini diketahui memiliki banyak sekali pura serta berbagai macam kisah sejarah yang menarik dan unik untuk diikuti. Itulah alasan kenapa pulau tersebut dijuluki sebagai Pulau Dewata.

Pura-pura indah di Pulau Bali memang patut untuk Anda saksikan, salah satunya Pura Dalem Balingkang. Berbagai macam model dan budaya terdapat di bentuk bangunan pura yang memang mempunyai arti sejarah begitu beragam. Karena itulah, Pura Dalem ini menjadi suatu hal yang memang sangat menarik perhatian untuk beberapa wisatawan.

Arsitektur serta kebudayaan yang begitu kuat dari pura membuat pengunjung tertarik untuk datang dan menikmatinya. Aktivitas eksplorasi wilayah pura tidak boleh Anda lewatkan, terlebih ketika berada di wisata pura cantik ini. Maka dari itulah, pastikan tiap sudut dari wilayah tempat wisata tersebut sudah Anda telusuri.

4. Mengabadikan Momen

Aktivitas berikutnya yaitu hunting foto di area sekitar pura. Tempat tersebut tidak hanya menyajikan sejarah yang begitu menarik, melainkan disana Anda akan menemukan spot foto yang begitu beragam dan juga instagenic.

Anda yang hobi melakukan fotografi sebaiknya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengambil beberapa objek foto selama berada di sana.

Tentunya hal tersebut akan sangat menyenangkan, terlebih lagi jika Anda melakukannya saat menjelang matahari tenggelam. Jangan lupa untuk membawa perangkat kamera atau setidaknya pastikan smartphone Anda terisi baterai penuh.

Fasilitas Penunjang di Pura Dalem Balingkang

Fasilitas di Pura Dalem Balingkang
Photo by  Google Maps Ply Oppo

Pura Dalem memang merupakan salah satu wisata yang sudah di kelola dengan cukup maksimal. Karena itu, untuk menemukan fasilitas di tempat ini memang terbilang cukup mudah. Anda nantinya tidak akan kesusahan untuk menemukan toilet.

Jika pengunjung membawa mobil ataupun motor, di sana juga telah menyediakan area parkir luas serta aman, sehingga tidak perlu khawatir saat ingin meninggalkannya. Setelah lelah beraktivitas di kawasan pura, Anda bisa sekedar duduk santai menikmati pemandangan alam di sana.

Terdapat beberapa warung makan yang menyediakan menu khas daerah Bali. Menu-menu tersebut terasa begitu nikmat dan lezat di mulut Anda. Selain itu, harganya relatif cukup terjangkau.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pura Dalem Balingkang yang perlu Anda ketahui. Bagi yang berencana mengunjungi Pulau Bali, maka jangan lewatkan kesempatan untuk berada di Pura tersebut. Ajak serta keluarga, sahabat atau pasangan Anda untuk menikmati keindahan dan keagungan dari lokasi religi.