Pura Bawah Laut Pemuteran salah satu wisata taman laut yang unik di Buleleng, Pulau Bali. Surga bawah laut yang menyuguhkan keunikan candi lengkap dengan patung Buddha dan Ganesha, serta terumbu karang warna-warni yang memanjakan mata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Seririt – Raya Gilimanuk, Pemuteran, Kec. Singaraja, Kab. Buleleng, Bali.

Pura Bawah Laut Pemuteran merupakan objek wisata bawah laut yang terdapat di Pulau Dewata Bali. Objek wisata ini cukup populer dikalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Kepopuleran ini tentunya didasarkan dari daya tariknya yang memikat hati.

Tak hanya eksotika pura, ekosistem bawah laut objek wisata ini pun begitu indah. Terdapat beragam jenis trumbu karang berwarna-warni yang nampak mempercantik pura dan patung yang terdapat di dalam laut tersebut.

Selain mengagumi keindahan alam Pura Bawah Laut, terdapat beraneka kegiatan menarik yang dapat dilakukan di objek wisata ini. Apa saja kegiatan menarik tersebut? Simak uraiannya sebagai berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pura Bawah Laut Pemuteran

Daya Tarik Pura Bawah Laut Pemuteran
Image Credit: Facebook.com @dwpeters276

Sebagai objek wisata kelautan, Pura Bawah Laut Pemuteran nampaknya sukses memadupadankan antara budaya dengan keindahan laut. Keharmonisasian ini tentunya terjalin berkat kerjasama dari berbagai pihak dalam mengelola objek wisata ini. Berikut daya tarik yang dimiliki oleh Pura Bawah Laut yang juga dikenal dengan sebutan Taman Dewa Pemuteran.

1. Diisukan Sebagai Bagian dari Reruntuhan Atlantis

Siapa sangka Pura eksotis dari Buleleng ini sempat di isukan sebagai situs peninggalan Atlantis yang melegenda? Tepatnya pada tahun 2010 silam, beredar kabar dan foto-foto di internet yang menyatakan bahwa Pura Pemuteran ini merupakan sisa-sisa peninggalan kebudayaan Atlantis di Indonesia.

Tentu saja kabar ini hanya sebatas isu belaka. Lantaran pada tahun 2005 komunitas yang menamakan dirinya sebagai “Reff Gardener” lah yang memprakarsai keberadaan Pura Bawah Laut Pemuteran tersebut. Lebih tepatnya, Pura Pemuteran memang sengaja dibuat. Pembuatan pura ini merupakan sebuah proyek gabungan The Pemuteran Karang Lestari Coral Conservation.

BACA JUGA:  6 Makanan Khas Buleleng Bali yang Terkenal Lezat

Patung batu dan pura yang diturunkan kedalam laut merupakan calon inang bagi trumbu karang yang hendak dilestarikan di laut Pemuteran ini. Tak heran, susunan konstruksi di bawah Laut Pemuteran nampak tertata dan rapi. Meskipun hanya sekedar isu, banyak masyarakat yang pada akhirnya tertarik dengan objek wisata ini.

2. Pura Bawah Laut yang Melegenda

Meskipun telah terungkap bahwa keberadaan Pura Pemuteran ini adalah hasil rekayasa manusia, namun dari segi arsitektur dan penataan patung dan benda lainnya terkesan sangat rapi. Hal ini tentunya juga menambah daya tarik bagi objek wisata ini.

Anda dapat melihat satu pasang gerbang candi khas Bali yang ditata dengan rapi dan nampak cantik di bawah laut. Gerbang bergaya bentar tersebut memiliki tinggi kurang lebih 4 meter. Keindahan kreasi tangan manusia ini bak galeri lukisan yang disusun rapi berjajar dalam pameran.

Tak hanya itu terdapat cerita dibalik peletakan patung-patung dan benda kebudayaan lainnya di dasar laut pada tahun 2005 silam. Banyaknya ragam jenis patung yang diletakkan di dasar laut merupakan sumbangsih dari pada budaya sebagai bentuk kecintaannya terhadap alam.

Alamat & Rute Menuju Taman Dewa Pemuteran

Alamat Taman Dewa Pemuteran
Image Credit: Twitter.com @Jayalko1

Pura bawah air merupakan salah satu wisata air yang populer dikalangan masyarakat lokal dan luar daerah. Objek wisata Pura Pemuteran ini berlokasi di Desa Pemuteran, Buleleng, Bali Utara.

Akses menuju lokasi ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi roda dua dan empat, juga bus wisata. Jarak antara lokasi Pura Pemuteran ini dengan pusat Kota Singaraja berkisar antara 56 hingga 57 kilometer. Sehingga jika lalu lintas normal, jarak ini dapat ditempuh selama 1 jam 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Jika Anda mengambil rute Pelabuhan Gili Manuk – Pemuteran, maka Anda hanya akan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Hal ini lantaran lokasi konservasi ini berada tak jauh dari Pelabuhan Gili Manuk.

Harga Tiket Masuk Pura Bawah Laut Pemuteran

Harga Tiket Bawah Laut Pemuteran
Image Credit: Koezz.wordpress.com

Tiket masuk Pura Bawah Laut ini masih cuma-cuma alias gratis. Jika memasuki objek wisata, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menyeberangi pusat penangkaran trumbu karang. Biasanya besar biaya yang dikeluarkan untuk menyewa boat adalah Rp 100.000,00

Anda juga dapat menyewa peralatan snorkling dan diving. Biaya persewaan snorkling dan diving ini berkisar antaran Rp 100.000,000. Bahkan Anda juga dapat menyewa alat pancing lengkap bersama dengan setnya.

BACA JUGA:  Pesona Danau Buyan, Tempat Camping Favorit di Buleleng Bali

Bagi Anda yang membawa kendaraan bermotor ke Pura Bawah Laut Pemuteran, Anda juga harus membayar retribusi parkir. Biaya parkir yang harus dibayarkan adalah Rp 5.000,00 untuk tipe kendaraan roda empat dan Rp 3.000,00 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk rombongan bus wisata cukup membayar Rp 2.000,00 saja sebagai bahan retribusi parkir.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Pemuteran

Aktivitas Menarik di Taman Pemuteran
Image Credit: Google Maps (BMO Promo)

1. Diving dan Snorkeling

Dua kegitaan ini tentunya sudah tak asing lagi bagi objek wisata kelautan. Snorkeling dan diving di Pura Bawah Laut Pemuteran menawarkan pengalaman berwisata yang sulit untuk dilupakan. Ragam kehidupan bawah laut seperti trumbu karang warna-warni hingga beragam ikan-ikan yang berenang bebas merupakan pemandangan baru yang menyegarkan mata.

Tak perlu khawatir soal peralatan dan perlengkapan, objek wisata Laut Pemuteran juga menyediakan persewaan peralatan snorkeling dan diving. Bahkan terdapat tutor yang dengan baik hati akan mengajarkan dasar-dasar utama dalam snorkeling dan diving yang dapat membatu Anda menikmati bawah laut Pura Pemuteran.

2. Kegiatan Sosial: Pelestarian Terumbu Karang

Pura Pemuteran juga memiliki konsep berwisata dan melestarikan wisata. Saat melakukan diving serta snorkeling, Anda biasanya juga akan dipandu untuk turut merawat dan melestarikan beberapa trumbu karang buatan yang terdapat pada lingkungan Pura Bawah Laut. Tentunya selain berwisata, Anda juga dapat mendarmakan diri ke alam.

Seperti yang telah dijelaskan mayoritas trumbu karang yang terdapat di lokasi ini adalah trumbu karang buatan manusia. Oleh karenanya perawatan berkala seperti pengecekan merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan.

3. Sensasi Underwater Scooter

Apakah Anda pernah membayangkan keseruan menyelam dengan skuter? Di Pura Bawah Laut Pemuteran ini Anda dapat merasakan pengalaman menyelam dengan skuter hingga di kedalaman 4 meter.

Terjamain keamanannya, skuter ini dilengkapi dengan tabung oksigen dan safety. Di dalamnya terdapat tombol-tombol mekanik yang memungkinkan mengatur pergerakan Anda di dalam laut. Tak perlu takut untuk mencoba, lantaran terdapat pelatih yang terus mengawasi gerak-gerik Anda. Pelatih ini akan langsung bergerak mendekat jika dinilai ada sesuatu yang salah.

4. Berjalan-Jalan di Seputran Wilayah Pantai

Kegiatan yang satu ini adalah jenis olahraga yang juga tak kalah menarik untuk dilakukan. Sambil menikmati udara sepoi-sepoi serta indahnya hamparan pasir pantai putih, Anda dapat berjalan santai dengan pasangan ataupun teman dekat sambil menyusuri jalanan ini.

Aktivitas di Taman Pemuteran
Image Credit: Twitter.com @VirL0T

5. Bermeditasi

Kegiatan bermeditasi ini banyak dilakukan oleh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Taman Dewa Pemuteran. Bermeditasi dengan kombinasi laut yang biru, langit yang cerah, serta tentunya bisikan desiran ombak pantai yang lembut dapat memuat kita lupa waktu.

BACA JUGA:  Air Terjun Munduk, Air Terjun Terindah di Buleleng Bali

6. Memancing

Kegiatan yang satu ini merupakan hobby dari para mancing mania. Anda juga dapat menyalurkan hobi memancing di kawasan wisata Pura Bawah Laut Pemuteran ini. Tentunya kawasan memancing ini terletak di tengah laut (jauh dari lingkup konservasi trumbu karang).

Menuju spot memancing Anda dapat menyewa spead boat yang mampu melengkapi perjalanan memancing Anda. Bagi Anda yang tak membawa pancing, tak perlu panik. Pengelola wisata setempat juga menyediakan persewaan alat memancing.

7. Berfoto Ria

Tak boleh ketinggalan, dalam setiap wisata tentunya keberadaan dokumentasi foto adalah sebuah hal yang penting. Sejalan dengan hal tersebut, Anda juga dapat berfoto dengan latar belakang lautan pantai yang biru ataupun di tengah hamparan pasir putih berisik.

Selain itu, pilihan berswafoto juga merupakan pilihan yang tak kalah menarik untuk dilakukan. Tentunya Anda tak perlu malu untuk mengabadikan momen-momen berwisata selama berada di Pura Bawah Laut Pemuteran.

Fasilitas yang Tersedia di Pura Bawah Laut Pemuteran

Fasilitas di Pura Bawah Laut Pemuteran
Image Credit: Twitter.com @anilp68

Fasilitas yang tersedia di Pura Bawah Laut tentunya sangat lengkap. Meskipun masih dalam pengembangan sebagai tempat wisata, kawasan Pura Pemuteran dilengkapi dengan parkiran yang luas dan dengan MCK yang memadahi.

Di pinggiran pantai juga tersedia pancuran bilas sehingga Anda tidak perlu mengantri di kamar mandi umum saat ingin bersih-bersih diri selepas bermain air. Tak hanya itu, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan gazebo pantai, cafetaria, dan juga tempat ibadah yang terjaga kebersihannya.

Anda pun tak perlu khawatir dengan keamanan lantaran petugas keamanan dan CCTV selalu siaga 24 jam. Selain itu, juga terdapat tempat penjualan souvenir dan oleh-oleh yang menjual bermacam buah tangan khas Taman Air Percut, seperti aneka kerajinan tangan, makanan, hingga ragam aksesori lainnya. Bahkan pengelola wisata juga menyediakan fasilitas penginapan bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan malam dekat dari Pura Pemuteran ini.

Demikianlah gambaran daya tarik dari objek wisata Pura Bawah Laut Pemuteran. Keindahan biota bawah lautnya membuat tempat ini di menjadi salah satu destinasi wisata populer di Provinsi Bali. Tak heran, tamu manca negara dan domestik banyak yang menjadikan tempat wisata ini sebagai salah satu waiting list mereka.