Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Payi Sape, Wera, Sarae, Kec. Rasanae Barat, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Bima menjadi salah satu destinasi wisata yang kian banyak dikunjungi oleh pelancong. Sebab, di daerah ini ternyata menyimpan beberapa wisata bahari unik dan indah yang wajib untuk anda kunjungi, diantaranya adalah Pulau Ular. Salah satu pulau kecil yang memiliki ukuran 500 meter persegi dan berlokasi di bagian utara Kabupaten Bima.

Pulau satu ini diberi nama ular bukan lain karena di pulau ini memang hanyalah dihuni dengan ular. Bahkan di area pulau, anda bisa menjumpai ular dalam jumlah puluhan hingga ratusan. Tak heran pulau ini mengundang rasa penasaran bagi siapa saja yang mendengarnya. Bagi anda yang ingin datang ke lokasi pulau ini, intip daya tarik dan aktivitas menarik yang bisa anda lakukan.

Daya Tarik Wisata Pulau Ular

Photo by Twitter Radio Sonora Jakarta

1. Pulau yang Dihuni Banyak Ular

Salah satu hal yang menarik wisatawan ketika mengunjungi pulau satu ini adalah karena dihuni oleh banyak ular. Akan tetapi, hal yang membuat menarik sesungguhnya adalah dikarenakan ular yang mendiami Pulau Ular berbeda jika dibandingkan dengan ular yang anda temui biasanya.

Pasalnya, ular yang ada di pulau ini mencari makanan di dalam laut. Kemudian, setelah ular ular tersebut mendapatkan makanan nya, mereka pun akan beristirahat di atas pulau dan berada di antara celah celah bebatuan. Ada pula beberapa yang bergelantungan di tebing terjal. Hal inilah yang membuat lokasi wisata Pulau Ular ini mendapatkan perhatian dari pelancong.

Bahkan penduduk di sekitar mengatakan jika ular yang menghuni pulau ini memang merupakan jenis ular laut. Hal tersebut dapat terlihat dari ciri ciri fisiknya yang memang mirip dengan ular laut. Mulai dari bentuk ekornya yang pipih dan menyerupai ikan, hingga warnanya yang silver dan hitam serta mengkilap.

Uniknya lagi, ketika anda memegangnya pun, ular ular tersebut tidak akan terasa licin sama sekali. Hal tersebut tentu saja berbeda dengan ular ular di darat yang biasa anda jumpai di kebun binatang. Pasalnya, kulit ular yang ada di pulau ini memang terasa lebih kasar dan juga bersirip layaknya ikan.

Perlu anda tahu, ular yang menghuni pulau satu ini memang cukup bersahabat. Akan tetapi, wisatawan juga perlu tetap waspada dan hati hati. Sebab, terdapat beberapa jenis ular yang memiliki bisa beracun dapat anda temukan di lokasi satu ini. oleh karena itu, anda pun sebaiknya tetap berhati hati.

2. Terdapat Sumber Mata Air di Pesisir Pantai

Keunikan dan daya tarik lain yang bisa anda nikmati ketika menghabiskan waktu di lokasi satu ini adalah adanya sumber mata air yang bisa anda temukan di Pulau Ular. Ketika air laut sedang pasang, maka sumber mata air tersebut nantinya akan tenggelam bersama dengan air laut.

Kemudian, jika anda kebetulan datang ketika air laut sedang surut, maka anda pun nantinya akan berkesempatan untuk melihat sumber mata air tersebut. Sebab, ketika air laut sedang surut, maka sumber mata air tersebut akan muncul kembali. Lalu hal yang membuatnya aneh adalah air yang keluar dari sumber tersebut bukanlah air asi melainkan air tawar. Bagi penduduk setempat diberi nama mada oi ma caba.

Daya Tarik Wisata Pulau Ular
Photo by Twitter Good News From Indonesia

3. Keindahan Pulau Ular

Tidak hanya dikenal karena memiliki keunikannya, pulau satu ini juga memang terkenal karena memiliki pemandangan yang indah. Bagaimana tidak, saat berada disini, anda pun akan langsung disuguhkan dengan pemandangan alam utama yakni Gunung Sangiang. Panorama berupa gunung yang berselimut kabut tipis satu ini akan membuat anda berdecak kagum.

Selain itu, pesona lautnya juga akan membuat anda betah berlama lama mengunjungi wisata satu ini. jika anda ingin berwisata ke tempat yang menghadirkan dua keindahan sekaligus yakni gunung dan laut serta adanya hewan ular, maka pulau satu ini memang wajib untuk anda singgahi saat sedang berada di Bima.

4. Mitos yang Berkembang

Pulau Ular ini ternyata memiliki legenda dan mitos yang masih dipercaya hingga sekarang. Dimana salah satu versi menyebutkan bahwa ular ular yang ada di lokasi ini merupakan jelmaan. Sehingga jika anda warga atau pengunjung yang membawa ular tersebut, maka hal ini bisa menimbulkan petaka. Oleh karena itu sebaiknya anda tidak membawa pulang ular yang ada di pulau ini.

Perlu anda tahu bahwa jenis ular yang ada di lokasi satu ini memang tidak agresif. Akan tetapi, sebaiknya jika anda berkunjung ke lokasi ini, anda lebih baik ditemani dengan warga lokal. Sebab terdapat kepercayaan bahwa warga lokal diharuskan untuk memegang ular ini terlebih dahulu sebelum nantinya dipegang oleh orang asing. Untuk itu, tak ada salahnya bagi anda membawa warga lokal sebagai tour guide.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pulau

Alamat Menuju Pulau Ular
Photo by Facebook Pulau Ular Desa Pai BIMA NTB

Apabila dilihat secara administratif, Pulau Ular ini merupakan pulau yang terdapat di wilayah Desa Pai. Tepatnya berada di Kecamatan Wera, Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jika anda ingin mengunjungi pulau satu ini, maka anda pun membutuhkan waktu penyebrangan dari Desai Pai menuju ke lokasi pulau yakni sekitar kurang lebih 15 menit.

Namun, jika anda berasal dari luar kota, maka anda pun bisa turun di bandara terdekat dan melakukan perjalanan darat menuju ke Desa Pai terlebih dahulu. Disini, anda bisa menyewa mobil lengkap dengan supir agar perjalanan anda lebih nyaman. Sesampainya di Desa Pai, anda bisa menyeberang ke pulau yang unik satu ini.

Biaya Berkunjung ke Pulau

Biaya ke Pulau Ular
Photo by Instagram try listiana

Jika anda tertarik mengunjungi pulau satu ini, maka biaya atau tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung adalah bervariasi. Hal ini dikarenakan anda bisa bernegosiasi kepada nelayan berdasarkan rombongan atau jumlah orang yang datang ingin mengunjungi lokasi wisata satu ini.

Umumnya, apabila anda datang berempat, maka akan dikenakan biaya sekitar 50 ribu per orang. Sehingga rombongan anda perlu membayar yakni 200 ribu rupiah. Biaya tersebut termasuk murah. Sebab bila anda ingin mengunjungi pulau ini memang diharuskan untuk menyebrang lautan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Beragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Seru di Pulau Ular
Photo by Instagram try listiana

1. Healing

Stres yang mengganggu tentunya akan membuat anda menjadi rentan sakit. Untuk itu, anda pun perlu untuk healing atau pergi ke tempat tempat wisata yang mampu untuk menjernihkan pikiran dan membuatnya fresh kembali. Salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi saat berada di Bima adalah Pulau Ular.

Melihat pemandangan yang indah lengkap dengan puluhan hingga ratusan ular di dalamnya tentu saja akan membuat anda kembali segar. Ditambah lagi, jika anda memang penyuka ular, maka tempat satu ini akan menjadi lokasi yang pas untuk melepas penat dan lelah akan aktivitas harian yang menjemukan.

2. Berfoto Dengan Ular

Jika anda cukup berani untuk berinteraksi dengan ular, maka anda pun bisa hunting foto di destinasi unik Pulau Ular. namun, apabila anda ingin berfoto dengan ular ular yang anda jumpai di pulau satu ini, sebaiknya anda memang memberitahu pihak pengelola terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar lebih aman nantinya. Selain itu, anda pun juga bisa berhati hati agar tidak menyentuh ular yang berbisa. Perlu anda tahu bahwa memang terdapat beberapa ular berbisa yang bisa menyebabkan racun bisa anda jumpai di lokasi satu ini. untuk itu, sebelum memegang ular tersebut dan berfoto sebaiknya anda bertanya terlebih dahulu.

3. Bermain Air

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan ketika berada di lokasi satu ini adalah bermain air. Pasalnya, disini anda akan menemukan air laut yang memiliki ketinggian sekitar pinggul orang dewasa. Sehingga, anda pun bisa berendam dan bermain air di tengah tengah cuaca Bima yang panas saat mengunjungi pulau satu ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pulau Ular

Fasilitas di Pulau Ular
Photo by Facebook Ince Ros

Apabila anda mengunjungi pulau satu ini, maka jangan berekspektasi atau berharap lebih pada fasilitas yang tersedia di Pulau Ular. Hal ini dikarenakan tempat ini adalah pulau kosong. Sehingga anda pun tidak akan menemukan fasilitas penunjang kegiatan pengunjung saat berada di lokasi satu ini.

Namun, bagi anda yang ingin menginap di sekitar lokasi pulau, anda bisa mengunjungi kawasan Rasanae Barat. Di daerah tersebut, anda pun akan menemukan beberapa hotel yang bisa digunakan sebagai tempat untuk bermalam. Sebab, di Pulau Ular sendiri, anda pun tidak akan bisa menemukan tempat menginap.

Mengunjungi tempat yang unik dan berbeda memang menjadi salah satu keseruan tersendiri. Ini juga yang bisa anda rasakan ketika datang dan mengunjungi Pulau Ular yang ada di Bima. Pulau ini memang nampak berbeda dengan pulau yang lain. Sehingga anda pun bisa datang, terutama bagi anda yang dilanda rasa penasaran. Sehingga apabila anda punya waktu luang tak ada salahnya untuk mengunjunginya.