Pulau Serangan di Denpasar Bali merupakan salah satu objek wisata dengan beragam pilihan aktivitas seru, mulai melepas tukik penyu, berselancar hinga berkunjung ke pura Sakenan.

Lokasi: Pulau Serangan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.
Map: Cek Lokasi

Siapa yang tak mengenal Provinsi Bali? Daerah dengan berbagai destinasi wisata ini tentu sudah diketahui oleh sebagian besar orang di Indonesia. Bahkan, namanya juga telah dikenal oleh banyak orang di dunia. Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi di Bali adalah Pulau Serangan Denpasar.

Keindahan pada salah satu destinasi di Bali ini seolah menyatu dengan kebudayaan masyarakatnya. Bali yang tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan mempesona. Namun juga dengan tradisi dan kebudayaan yang berkembang di dalamnya. Hal tersebut juga terdapat di pulau ini.

Bali tidak hanya menyimpan keindahannya di Pantai Kuta ataupun Bedugul. Namun juga di Pulau Serangan Denpasar ini. Di tempat tersebut dapat dijumpai beberapa pesona lain dari Pulau Seribu Pura ini.

Daya Tarik yang dimiliki Pulau Serangan Denpasar

Daya Tarik Pulau Serangan Denpasar
Image Credit: Kintamani.id

1. Pesona Bahari di Denpasar

Bali memang dikenal dengan wisata baharinya yang luar biasa. Keindahan pantainya berpadu dengan laut biru nan elok menjadi salah satu ciri khas provinsi ini. Hal itu juga dapat dijumpai di pulau ini. Pesona baharinya tidak kalah dengan tempat-tempat di sisi lain Pulau Dewata.

Pulau Serangan Denpasar memiliki pantai yang menarik untuk dikunjungi. Seperti halnya pantai-pantai lainnya yang ada di Bali, pantai di pulau ini juga dapat digunakan untuk beberapa olahraga air. Pengunjung dapat menikmati jet sky atau hanya sekadar melihat pemandangan di sekitar pantai.

Wisata bahari di pulau ini yang cukup terkenal adalah tempat wisata Tanjung Benoa. Pengunjung dapat menikmati tempat ini dengan berselancar, berenang dengan lumba-lumba, bahkan sensasi menaiki kuda di pinggir pantai. Tempat ini memang terkenal dengan olahraga airnya.

2. Tempat Konservasi Penyu

Sebenarnya ini merupakan ikon dari pulau kecil bagian selatan Kota Denpasar ini. Sudah cukup terkenal bahwa Anda akan menemukan tempat penangkaran penyu jika mengunjungi Denpasar, Bali. Di sinilah Anda akan menjumpainya.

BACA JUGA:  Pantai Mertasari Sanur, Tempat Menikmati Panorama Sunset dan Sunrise di Bali

Di konservasi ini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis penyu yang hidup. Para wisatawan tidak hanya dapat melihat penyu-penyu yang telah dewasa, namun juga telur serta tukik atau penyu yang masih kecil. Anda juga dapat melihat secara langsung bagaimana proses bertelurnya para penyu hingga penetasannya jika beruntung.

Selain berwisata, pengunjung dapat belajar banyak hal tentang hewan penyu di penangkaran ini. Terdapat pemandu yang akan memberikan hal-hal yang informatif bagi pengunjung. Pengunjung dapat mengetahui bagaimana rekayasa telur penyu dan lain sebagainya.

Daya Tarik Pulau Serangan Denpasar
Image Credit: Baliwisataunik.blogspot.com

3. Kampung Nelayan Suku Bugis

Sisi lain dari Pulau Serangan Denpasar ini adalah terdapat suatu perkampungan nelayan. Uniknya, sebagian besar penduduk daerah ini bukan berasal dari pulau tersebut, melainkan dari Suku Bugis.

Diperkirakan mereka adalah keturunan dari para pengungsi jaman dahulu yang berasal dari Makassar. Mereka diduga datang ke pulau ini pada jaman kerajaan. Pendahulu mereka berlayar jauh hingga ke pulau ini dan memutuskan untuk menetap di sini.

Kampung tersebut menjadi daya tarik lain dari pulau ini. Menemukan sebuah peradaban bukti dari transmigrasi yang dilakukan pada masa lalu, merupakan kesan tersendiri. Ini juga mempunyai nilai budaya tersendiri dari pulau kecil ini.

4. Pura Sakenan

Pulau Serangan Denpasar tidak hanya dihuni oleh masyarakat muslim Suku Bugis tersebut. Seperti halnya daerah lain di Bali, pulau ini juga ditempati oleh penduduk Bali yang beragama Hindu. Oleh karena itu, di tempat ini terdapat sebuah bangunan pura yang cukup terkenal dan menjadi salah satu ikon pulau ini.

Pura Sakenan adalah sebuah pura suci bagi pemeluk Agama Hindu dan memiliki nilai sejarah tersendiri. Pura ini dibangun oleh Mpu Kuturan atau biasa dikenal dengan Mpu Rajakretha pada abad ke-10. Pura ini sampai saat ini tetap digunakan untuk ibadah umat Hindu di Bali.

Meskipun pura ini merupakan tempat ibadah umat Hindu, namun tempat ini erat kaitannya dengan Sang Buddha yang disemayamkan di melinggih Bhatara Ida Sakya Muni. Nama “Sakenan” sendiri berasal dari kata “sakya” yang memiliki arti “langsung menyatukan pikiran”.

Alamat, Rute Lokasi & Biaya Wisata Pulau Serangan

Lokasi Wisata Pulau Serangan
Image Credit: Google Maps (Yani JOMO)

Wisata bahari ini berada di arah selatan Kota Denpasar. Sebenarnya pulau ini merupakan salah satu kelurahan dari Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Pulau dengan luas kurang lebih 300 hektar ini dapat dijangkau dengan mudah oleh wisatawan.

Pengunjung dapat menggunakan kapal ataupun transportasi darat untuk menuju kawasan pulau. Biasanya, wisatawan menggunakan speedboat dari Pantai Kuta untuk sampai di tempat ini. Wisatawan dapat melihat penampakan bawah laut karena terdapat lantai kaca di speedboat tersebut.

Selain jalur laut, Anda bisa menggunakan jalur darat dengan melewati jembatan penghubung Pulau Serangan dengan Kota Denpasar. Anda dapat menyewa mobil ataupun bus hingga sampai ke pulau ini. Jika Anda dari BAndara Ngurah Rai, hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 35 menit untuk sampai di pulau ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Denpasar Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Di destinasi wisata ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada. Tempat ini terbilang cukup murah untuk semua tarif penyewaan seperti banana boat, jetski, parasailing, dan rolling donut.

Dengan uang Rp 80.000, pengunjung dapat menyewa rolling donut atau parasailing. Tarif untuk menikmati wahana banana boat lebih murah lagi, yaitu senilai Rp 70.000. Jika ingin menaiki jetski, maka akan dikenakan tarif sejumlah Rp 150.000.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi penangkaran penyu, maka cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja. Selain itu, jika ingin datang ke pulau ini menggunakan speedboat, maka hanya mengeluarkan ongkos kurang lebih Rp 100.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Serangan

Kegiatan di Pulau Serangan
Image Credit: Google Maps (Adi Arifin)

1. Memancing

Banyak wisatawan di pulau ini yang memancing di laut sekitar pulau. Hal ini dikarenakan memang di pulau ini terdapat beberapa titik yang cocok sebagai tempat memancing. Bagi Anda yang hobi menangkap ikan, pulau ini tentu sangat menarik untuk dikunjungi.

2. Mencicipi Hidangan Laut

Pulau ini tidak hanya kaya akan penampakan alam yang luar biasa. Namun, kekayaan alamnya dapat dinikmati dalam bentuk makanan. Seperti yang diketahui bahwa daerah sekitar pulau ini kaya akan hasil lautnya, maka banyak pengunjung yang datang ke sini hanya untuk mencicipi kuliner laut tersebut.

Pengunjung tidak hanya dapat mencoba aneka olahan hewan laut seperti ikan, udang, cumi, dan kerang. Namun, juga dapat mencicipi urap rumput laut yang lezat. Warung-warung yang menyediakan menu tersebut banyak ditemui di sepanjang jalan pulau ini, terutama jalan menuju desa adat.

3. Berselancar

Pengunjung pulau tersebut juga dapat menikmati ombak laut di pantai dengan berselancar. Ombak di pantai pulau ini juga tidak kalah menarik untuk dicoba sebagai objek berselancar. Banyak peselancar-peselancar baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang datang ke pulau ini untuk menantang ombaknya.

4. Mengunjungi Konservasi Penyu

Penangkaran penyu di pulau ini memang menjadi salah satu ikon bagi destinasi wisata tersebut. Banyak pelancong yang berkunjung ke sini hanya untuk mengunjungi konservasi penyu tersebut. Anda dapat berfoto-foto dengan penyu-penyu yang ada di tempat ini.

5. Befoto-Foto Ria

Tempat wisata di Denpasar ini tentu memiliki banyak titik yang cocok untuk menjadi tempat untuk berswafoto ataupun foto bersama dengan keluarga, teman, dan kerabat lainnya. Jika berkunjung di pulau ini, tidak lengkap jika tidak mengabadikan momen dengan berfoto. Terdapat beberapa jasa foto yang bisa ditemukan di pulau ini, terutama di Tanjung Benoa.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Denpasar yang Unik & Instagramable

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Serangan

Penginapan di Pulau Serangan
Image Credit: Pegipegi.com

1. Airy Pulau Serangan Tukad Punggawa 123 Denpasar Bali

Penginapan nyaman dan cukup lengkap fasilitasnya. Tempat ini berada tepat di pulau ini sangat dekat dengan Masjid Assyudaha dan jembatan penghubung dengan Kota Denpasar. Terdapat kolam renang yang dapat dinikmati saat bermalam di tempat ini.

2. D&D Homestay

Penginapan ini terhitung murah dan berada sangat dekat dengan jembatan penghubung dengan Kota Denpasar. Hal ini tentu menjadikannya sangat strategis untuk ditempati. Beberapa fasilitas juga ditawarkan seperti AC dan Wifi, serta tempat parkir yang dapat menampung beberapa mobil.

3. Nira Guest House

Penginapan ini terdapat cukup dekat dengan BAndara Ngurah Rai. Beberapa fasilitas juga ditawarkan di tempat ini seperti Wifi, AC, bahkan kolam renang.

4. OYO 3775 Ketut Inn

Penginapan ini dekat dengan pelabuhan benoa. Tempat ini cocok jika ingin berkunjung di Pulau Serangan karena hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai. Fasilitas di tempat ini diantaranya wifi dan AC serta penginapan ini terdapat ruang tamu yang buka selama 24 jam sehingga dapat digunakan oleh pengunjung.

5. The Kings Villa and Spa Sanur

Penginapan mewah dan lengkap yang ada di sekitar pulau. Tempat ini menawarkan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Beberapa diantaranya yaitu kolam renang, full AC, restoran, dan tempat untuk spa.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Serangan Bali

Fasilitas Pulau Serangan Bali
Image Credit: Instagram.com @agungnathakusuma

Pulau ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan tidak perlu khawatir ketika mengunjungi destinasi ini karena terdapat banyak fasilitas yang bisa digunakan. Banyak rumah makan dan restoran yang ada di Pulau ini.

Peralatan untuk menikmati penampakan laut yang ada juga cukup lengkap. Jika Anda penggemar diving, maka tidak perlu sulit untuk menemukan penyewaan peralatannya di pulau ini. Di Tanjung Benoa, semua peralatan diving sangat lengkap dan siap untuk disewa.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati banana boat, parasailing, hingga jetski di Pulau Serangan Denpasar. Banyak penyewaan wisata tersebut yang bisa dijumpai. Terdapat pula wisata untuk seawalker, sehingga dapat lebih dekat untuk menikmati keindahan bawah laut di sekitar pulau.

Jika mengunjungi pulau selatan Kota Denpasar ini, wisatawan disuguhkan dengan fasilitas yang cukup lengkap. Bagi yang memiliki hobi memancing juga dapat menyewa peralatannya di pulau ini. Beberapa tempat menyewakan peralatan untuk menangkap ikan. Pengunjung juga bisa menikmati flyboard di tempat ini.

Pesona Bali memang tidak ada habisnya. Pulau Serangan Denpasar merupakan salah satu dari sekian juta keindahan yang ada di Pulau Seribu Pura ini. Oleh karenanya, jika Anda berkunjung ke Bali, tidak lengkap jika tidak mengunjungi pulau eksotis ini.