Pulau Peninsula, pulau kecil yang menyuguhkan pesona alam memukau di Nusa Dua Bali. Beragam aktivitas yang dapat dilakukan di sekitar tebing-tebing karang yang indah.

Lokasi: Pulau Peninsula, Nusa Dua, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.
Map: Cek Lokasi

Pulau Peninsula merupakan salah satu pulau yang ada di Nusa Dua, Bali. Kawasan wisata Nusa Dua sendiri memiliki dua pulau utama yaitu Peninsula dan Dharma. Pulau ini lebih besar dibandingkan dengan Pulau Dharma. Walaupun dinamakan pulau, kawasan wisata ini masih terhubung dengan Pulau Bali.

Sekarang pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik banyak pengunjung. Keindahan padang rumputnya yang lapang dan hijau menjadi ciri khas pemandangan pulau ini. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan lain yang tidak kalah indah di kawasan pulau ini.

Penataan kawasan pulau seluas 7,4 hektar ini sangat bagus sesuai dengan identitas Nusa Dua yang merupakan kawasan wisata elit. Walaupun berada di sekitar hotel-hotel mewah, Pulau Peninsula terbuka untuk umum. Masyarakat sekitar dan juga wisatawan dapat mengunjungi pulau ini untuk menikmati segala pesona dan fasilitas yang ada.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Peninsula

Pulau Peninsula
Image Credit: Farizanriadhi.com

1. Pemandangan Alam yang Indah

Saat memasuki gapura atau pintu masuk, wisatawan akan langsung disambut dengan hamparan padang rumput yang sangat luas. Biasanya lokasi ini menjadi tempat penyelenggaraan even-even besar atau bahkan acara internasional. Pengunjung bisa menikmati pemandangan taman-taman yang ditata begitu apik di pulau ini.

Selanjutnya, Anda akan menemui patung yang berdiri kokoh di tengah padang rumput. Keberadaan patung Krisna dan Arjuna tersebut menjadi daya tarik Pulau Peninsula. Tidak sedikit wisatawan yang mendekat ke patung ini untuk mengamatinya lebih dekat atau untuk berfoto.

Pemandangan di sekeliling pulau ini juga tidak kalah indah. Wisatawan dapat menikmati panorama laut biru, beberapa pantai berpasir putih, pantai dengan bebatuan dan tebing karang, hingga selat Badung.

2. Suasana Tenang dan Nyaman

Pulau Peninsula menawarkan tempat wisata yang cukup tenang dan nyaman. Kebanyakan wisatawan yang mengunjungi tempat ini memang untuk bersantai dan menikmati pemandangannya. Penataan di dalam kawasan pulau ini pun sangat bagus sehingga wisatawan dapat lebih nyaman untuk menghabiskan waktu di kawasan pulau.

3. Jogging Trek

Daya tarik lainnya dari pulau ini adalah adanya fasilitas jogging trek. Tidak heran jika pulau ini juga dikenal sebagai salah satu tempat olahraga atau jogging yang terkenal di Bali. Jalurnya pun dibuat mengelilingi kawasan pulau hingga ke objek wisata Pantai Waterblow yang berada di sisi timur pulau.

Daya Tarik Pulau Peninsula
Image Credit: Google Maps (dita suari)

4. Taman yang Mempesona

Pulau terbesar di Nusa Dua, Bali ini menawarkan pesona keindahan dari taman-tamannya yang dibuat sangat bagus. Padang rumputnya selalu terawat dan dipotong teratur sehingga terlihat rapi. Beberapa pepohonan juga menghiasi pulau ini yang membuat suasananya lebih rindang.

5. Dekat Pantai Waterblow

Pulau Peninsula juga terkenal sebagai salah satu pulau yang dekat dengan Pantai Waterblow. Objek wisata yang menyuguhkan fenomena alam yang begitu indah tersebut berada di sisi timur dari pulau ini. Wisatawan hanya perlu berjalan kaki jika ingin mampir ke pantai berbatu karang tersebut.

Alamat, Rute Lokasi & Biaya Wisata Pulau Peninsula

Lokasi Wisata Pulau Peninsula
Image Credit: Google Maps (Jason Carter)

Pulau ini berada di daerah Badug, Bali yang mudah diakses baik dari Bandara Ngurah Rai, Kota Kuta, maupun Tanjung Benoa. Jaraknya sekitar 15 km dari bandara yang bisa dicapai sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Anda bisa menggunakan jalur tol Bali ke By Pass Ngurah Rai dan dilanjutkan ke Nusa Dua.

Patokan untuk menemukan pulau kecil ini adalah Grand Hyat Hotel, Nusa Dua. Jika bingung, wisatawan bisa menanyakan ke masyarakat sekitar untuk menuju pulau kecil ini dari hotel tersebut.

Pulau Peninsula merupakan salah satu tempat wisata yang gratis di Bali. Wisatawan dapat mengunjungi pulau ini harus membayar tiket masuk. Anda hanya perlu membayar biaya apabila menginap di salah satu hotel di dekat area pulau ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Peninsula

Kegiatan di Pulau Peninsula
Image Credit: Google Maps (tuandallar)

1. Bersantai Menikmati Pemandangan

Saat mengunjungi Pulau Peninsula, wisatawan dapat menghabiskan waktu liburannya untuk sekedar bersantai dan menikmati keindahan panorama alam di pulau ini. Bagi Anda yang membawa anak kecil, tempat wisata ini sangat nyaman dan aman untuk si kecil bermain.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan taman yang indah di pulau, termasuk pemandangan pantai-pantai yang mengelilinginya. Pulau ini dikelilingi oleh laut dengan pemandangan pantai yang kebanyakan adalah berupa batuan karang. Namun di beberapa pantai, Anda bisa menemukan pemandangan pantai berpasir putih.

Pengunjung yang ingin bermain di pantai, bisa memilih pantainya yang berpasir putih. Sedangkan untuk pantai-pantai karangnya, wisatawan dapat menikmati pemandangan dari tempat aman yang memang sudah disediakan. Anda bisa melihat pemandangan laut dan gugusan pulau-pulau kecil di sekitar Peninsula.

2. Berburu Sunrise dan Sunset

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Peninsula adalah pagi dan sore hari. Anda bisa melihat keindahan panorama alam tempat ini saat matahari mulai terbit atau menjelang matahari terbenam.

Jika datang pagi hari, Anda juga bisa menikmati udara sejuk dengan pemandangan hijau di pulau ini. Sore hari pun tidak kalah menarik, karena wisatawan bisa menikmati suasananya yang lebih syahdu saat matahari mulai terbenam.

Suasananya pun lebih nyaman dibandingkan datang saat siang hari. Namun jika Anda mengunjungi pulau ini saat siang hari, sebaiknya siapkan topi dan kacamata hitam untuk pelindung dari cuaca terik. Jika tidak ingin kepanasan, wisatawan bisa berteduh di bawah pohon-pohon rindang yang banyak ditanam di tepi padang rumputnya.

3. Berolahraga

Kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan di Pulau Peninsula adalah jogging. Wisatawan bisa berolahraga pagi dengan berlari mengikuti jalur atau trek joging yang sudah dibangun di pulau ini.

Pulau yang memang menawarkan tempat jogging yang cukup menyenangkan. Anda bisa beristirahat sebentar untuk menikmati suasana pulau ini. Anda juga bisa melihat pemandangan indah di sekitarnya sebelum melanjutkan jogging.

4. Mampir ke Pantai Waterblow

Jika Anda sedang berada di kawasan pulau, sebaiknya jangan lewatkan untuk mampir ke Pantai Waterblow. Objek wisata pantai yang terkenal di Nusa Dua tersebut sangat menarik untuk dikunjungi. Anda dapat melihat pemandangan pantai batu karang yang begitu indah dan mempesona.

Cukup dengan berjalan kaki ke arah timur, wisatawan dapat mencapai lokasi Pantai Waterblow. Di tempat tersebut, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Pemandangan ombak-ombak besar yang menghantam bebatuan karang di tepi pantai

5. Berfoto

Kegiatan lain yang bisa dilakukan wisatawan saat berada di Pulau Peninsula adalah berfoto-foto. Siapkan kamera atau peralatan fotografi yang Anda bawa. Beberapa spot menarik di pulau ini dapat dimanfaatkan untuk latar Anda mengambil foto.

Waterblow menjadi salah satu spot foto yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, ada juga patung penyambut pengunjung pulau yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Peninsula

Penginapan di Pulau Peninsula
Image Credit: Hyatt.com

1. Grand Hyat Hotel Nusa Dua

Penginapan bintang lima yang berada di tepi pantai ini bisa menjadi pilihan akomodasi bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan pulau. Kamar nyaman dengan AC dan berbagai fasilitas seperti telephone, tv kabel, minibar, dan masih banyak lagi. Tersedia pusat kebugaran, sauna, tempat spa, hingga hiburan anak di dalam hotel ini.

2. Melia Bali

Penginapan eksklusif di Nusa Dua ini menawarkan kamar nyaman yang dilengkapi dengan fasilitas mewah. Hotel Melia memiliki fasilitas kolam renang yang sangat luas dan nyaman. Selain itu, tersedia juga fasilitas lain mulai dari restoran Jepang, coffee shop, pusat kebugaran, spa, salon, hingga toko oleh-oleh.

3. The Laguna

Berada di selatan Nusa Dua, resort mewah ini menjadi salah satu penginapan yang dapat ditemukan di sekitar pulau. Memiliki kamar yang cukup banyak dengan furnitur dan fasilitas mewah. Tersedia juga tipe vila yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang pribadi.

4. Inaya Putri Resort

Resort mewah di Nusa Dua ini memiliki banyak pilihan kamar dengan fasilitas yang lengkap. Penginapan yang tidak jauh dari Pulau Peninsula ini juga salah satu resort terbaik dengan fasilitas dan layanan yang berkualitas. Fasilitas kamar yang disediakan juga dilengkapi dengan AC, TV, hingga mini bar.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Peninsula Nusa Dua

Fasilitas di Pulau Peninsula Nusa Dua
Image Credit: Google Maps (Matthie Jacquet)

Salah satu fasilitas yang tersedia di pulau kecil ini adalah jogging trek. Jalur ini dibangun dan ditata rapi yang dapat digunakan wisatawan untuk berolahraga. Jalur jogging yang ada di Pulau Peninsula juga menjadi fasilitas yang menghubungkannya ke Pantai Waterblow.

Selain jogging trek, fasilitas seperti beranda di ujung jalan setapak tersebut juga tersedia di pulau ini. Fasilitas tersebut merupakan sarana untuk wisatawan menikmati pantai batu karang di pulau ini.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai Pulau Peninsula yang berada di kawasan wisata Nusa Dua, Bali. Melalui penataan dan pengelolaan yang baik, pulau ini layak menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.