Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim.

Menjelajah keindahan Indonesia memang seakan tidak ada habisnya. Selalu saja ada tempat menarik yang bisa dijelajahi ketika anda ingin liburan yang menyenangkan. Bagi anda yang sedang liburan di Labuan Bajo, anda tidak boleh melewatkan kemolekan Pulau Padar. Pulau cantik ini menawarkan petualangan dan pesona yang luar biasa, yang harus masuk dalam list liburan anda berikutnya.

Sekilas Tentang Pulau Eksotis di Labuan Bajo

Sekilas Tentang Pulau Eksotis di Labuan Bajo
Photo by Google Maps Mehmet Sarıgül

Ketika memutuskan untuk menjelajah Labuan Bajo, anda pasti sudah tahu jika destinasi wisata ini terkenal dengan wisata baharinya. Pulau di Nusa Tenggara Timur ini perlahan menjadi tujuan yang begitu hits dan menjadi wishlist untuk habiskan liburan. Labuan Bajo sendiri tidak hanya memiliki pulau Komodo, tetapi juga pulau pulau lain yang menjadi jujugan wisatawan.

Dari beberapa pulau besar yang selalu menjadi tujuan, Pulau Padar menjadi salah satunya. Pulau satu ini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan dan selalu jadi jujugan. Jika anda bisa menemukan komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo, anda tidak akan menemukan hewan purba di pulau ini. Namun pesona yang dimiliki kawasan pulau akan membuat siapapun jatuh hati.

Pulau cantik ini juga masih menjadi bagian dari Taman Nasional Komodo. Tepatnya berada di bagian barat perairan Pulau Flores, NTT. Karena menjadi bagian dari taman nasional, anda tentu tidak diperkenankan melakukan hal sembarangan di pulau ini. Memang ada beberapa peraturan khusus yang harus dipatuhi oleh wisatawan saat berkunjung.

Pulau Padar juga termasuk pulau paling besar ketika yang ada di Taman Nasional Komodo. Dengan begitu bisa dikatakan jika pulau ini termasuk pulau yang luas. Apabila diperhatikan dari atas, pulau satu ini justru menjadi pulau paling abstrak diantara lainnya. Medan terjal dengan gunung gunung vulkanik yang ada di dalam laut menjadi bagian topografinya

Bukit bukit yang berada di pulau ini juga berhadapan langsung dengan teluk laut yang begitu dalam. Iklim pulau yang kering dengan hamparan semak-semak dan padang rumput yang menyelimuti seluruh pulau. Di padang sabana luas ini, anda tidak akan menemukan pepohonan rindang. Keberadaan pulau ini semakin menjadikan Labuan Bajo diserbu wisatawan.

Daya Tarik Wisata Pulau Padar

Daya Tarik Wisata Pulau Padar
Photo by Google Maps Rayyan Sutandji

1. Hadirkan Pemandangan yang Menawan

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Pulau ini tentu saja pemandangan yang dihadirkan. Pemandangan ini akan berkali kali lipat lebih cantik ketika anda sudah berada di puncak. Sepanjang mata memandang, anda akan disuguhkan dengan sabana yang luas. Laut biru yang cantik semakin terlihat berkilau ketika dinikmati dari kejauhan.

Perbukitan lainnya juga tampak mengelilingi Pulau Padar. Menjadikan perlahan namun pasti, pesona yang dimilikinya semakin dikenal di kalangan wisatawan. Tentu berkat teknologi, foto foto pulau ini bertebaran di media sosial. Keindahan bukit di kawasan pulau sangat cocok dinikmati untuk anda yang senang berpetualang.

2. Kondisi Alam yang Unik

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, topografi yang dimiliki pulau ini memang sangat unik. Dikelilingi oleh empat teluk dalam, menjadikan pasir pantai yang dimiliki pulau ini hadir dalam berbagai warna. Anda bisa menemukan pasir putih, abu abu sampai dengan pasir merah muda. Walaupun dominan pantainya memiliki pasir putih yang lembut.

3. Miliki 300 Anak Tangga

Daya tarik berikutnya dan juga mengundang penasaran adalah jumlah anak tangga yang dimiliki. Memang untuk sampai di Puncak bukit, pengunjung harus menaklukkan beberapa anak tangga. Sebenarnya tidak tahu berapa jumlah pasti dari anak tangga yang ada. Namun diperkirakan jumlahnya mencapai 300 anak tangga untuk sampai puncak bukit.

Daya Tarik Wisata di Pulau Padar
Photo by Google Maps Rockbelz

4. Padang Rumput Coklat

Selain keindahan puncak bukitnya, anda juga akan menemukan padang rumput coklat yang menjadi ikon dari pulau ini. Bukit terjal yang berpadu dengan padang rumput ini akan membuat siapapun terpesona. Dan pesonanya ini memang akan berkali lipat lebih cantik jika anda menikmatinya dari atas bukit.

Walaupun memberikan efek gersang, hampir seluruh bagian daratan di Pulau Padar ditutupi oleh rumput coklat ini. Jika disandingkan dengan birunya lautan sekitarnya akan menjadi perpaduan yang luar biasa. Bahkan inilah yang berhasil memikat wisatawan dari luar negeri untuk mengunjungi Pulau di Labuan Bajo ini.

5. Wisata Bahari yang Menakjubkan

Kemolekan dari pulau ini juga bisa anda nikmati dari sisi wisata baharinya. Pasir putih lembut dengan air yang jernih akan menyambut anda ketika menginjakkan kaki di Pulau ini. Pantai pantai di sekitar pulau cantik ini memang sangat mempesona. Sangat cocok dijadikan tujuan dan melakukan berbagai kegiatan bahari yang menyenangkan.

Selain permukaan pantainya yang cantik, pesona bawah laut yang dimiliki pulau ini juga patut diacungi jempol. Taman Bawah Lautnya menawarkan berbagai jenis spesies tumbuhan laut dan juga biota laut yang berkeliaran. Pemandangan taman laut yang berpadu dengan air jernih memberikan pesona yang luar biasa.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Pulau Padar
Photo by Instagram Andyboim

Pulau Padar berada di kawasan Taman Nasional Komodo dan ada di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Flores, NTT. Anda yang ingin mengunjungi pulau ini bisa menggunakan bisa juga pesawat. Menuju Labuan Bajo akan lebih mudah dan menghemat waktu jika menggunakan pesawat. Jika langsung ke Labuan Bajo, maka bisa via Denpasar lebih dahulu.

Barulah perjalanan anda akan dilanjutkan dengan kapal feri. Umumnya akan dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di lokasi pulau. Selain dengan kapal feri, anda juga bisa menyewa speed boat ataupun Sailing Tour. Anda bisa memilih transportasi berdasarkan kebutuhan anda. Karena perjalanannya panjang, pastikan anda menyiapkan bekal yang cukup.

Banyak yang mengira jika liburan ke Labuan Bajo membutuhkan biaya yang mahal. Padahal semua tergantung dari pilihan transportasi apa yang anda gunakan. Maskapai penerbangan, anda bisa memilih yang lebih murah. Begitu juga dengan akomodasi lain seperti penginapan, anda bisa memilih open deck atau sailing trip agar lebih terjangkau.

Perkiraan Biaya Berwisata

Perkiraan Biaya Berwisata Pulau Padar
Photo by Google Maps Hendre’ Barnard

Menikmati keindahan Pulau Padar memang rasanya tidak cukup jika hanya sebentar. Namun sebelum memutuskan berapa lama, anda harus tahu harga tiket masuk yang perlu dikeluarkan. Keindahan yang ditawarkan tidak membuat harga tiketnya menjadi melonjak. Anda hanya perlu menyiapkan biaya masuk sekitar Rp 5 ribu setiap orang.

Tiket masuk ini sudah menjadi satu dengan tiket masuk Taman Nasional Komodo. Namun pengunjung harus membayar sejumlah karcis untuk kendaraan masuk. Satu kendaraan umumnya dibanderol mulai Rp 100 ribu. Sementara untuk kegiatan snorkeling, kegiatan alam dan lainnya masih belum termasuk dengan tiket masuk yang dibayarkan.

Untuk jam operasionalnya, anda bebas datang kapan saja karena buka 24 jam. Anda bisa datang di Hari Senin sampai dengan hari Minggu. Petualangan di Taman Nasional Komodo ini memang membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sebentar. Waktu terbaik mengunjungi pulau ini adalah ketika sore hari.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas di Labuan Bajo
Photo by Google Maps Thomas Sarjono

1. Treking

Pulau Padar terkenal dengan spot trekking yang akan membuat siapapun terpana. Pastikan anda sudah menyiapkan fisik anda sebelum menuju puncak bukitnya. Memang dibutuhkan tenaga yang tidak sedikit untuk anda sampai di atas. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam meniti tangga sebelum akhirnya tiba di puncak.

Bagi anda yang masih pemula dalam hal trekking, anda bisa membawa hiking stick untuk membantu anda. Di sepanjang tangga, anda tidak akan menemukan pembatas yang bisa membantu anda sampai atas. Maka dari itu, anda harus menggunakan alas kaki yang tepat. Kemiringan bukit ini mencapai 45 derajat sehingga bukan hal yang mudah untuk sampai di atas.

Jalannya berbatu, berdebu dan juga licin, maka harus berhati hati. Ketika anda sudah bisa menaklukkan anak tangga yang ada, anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa. Pemandangan bukit yang ada di sekeliling pantai dengan padang rumput luas. Dibalut dengan birunya laut yang sangat kontras. Perpaduan keduanya membuat siapapun terpesona dan enggan untuk pulang.

2. Snorkeling atau Diving

Selain treking, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pesona bahari yang dimilikinya. Pantai yang dimiliki Pulau Padar termasuk pantai yang menyimpan spot favorit untuk snorkeling ataupun berenang. Setidaknya ada sekitar 42 spot diving yang bisa anda jadikan sebagai tujuan. Salah satunya adalah Batu Samsia yang menjadi favorit wisatawan.

Batu Samsia digambarkan sebagai rangkaian dari saluran air yang membuat anda bisa bercengkrama dengan para biota laut. Mulai dari kura kura, hiu, mackerel dan juga biota laut lainnya. Terumbu karang yang ada di perairannya juga menambah cantik pemandangan bawah lautnya. Pecinta snorkeling atau diving jangan sampai melewatkan kegiatan ini.

3. Berburu Foto Foto Kekinian

Kegiatan seru yang juga tak boleh diabaikan berikutnya adalah berburu foto foto cantik. Anda harus membawa kamera kesayangan anda agar bisa mendapatkan foto yang cantik. Dan pastikan anda datang ketika sore atau pagi hari, sehingga cahaya matahari tidak terlalu terik. Dengan begitu hasil gambar yang dihasilkan tidak akan membuat anda kecewa.

Spot yang paling favorit tentu saja ketika berada di atas puncak. Dengan latar belakang perairan biru juga perbukitan yang sangat cantik. Selain itu, anda juga bisa menunggu hingga senja datang. Pemandangan ketika matahari tenggelam berkali kali lebih cantik saat senja datang. Pastikan kamera anda memiliki memori yang lega untuk menyimpan semua foto anda.

Tips Menjelajah ke Pulau Padar

Tips Menjelajah ke Pulau Padar
Photo by Google Maps Raymond TAM

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika liburan ke Pulau Padar. Yang pertama pastikan anda membawa air minum yang cukup. Anda tidak akan menemukan penjual makanan atau minuman di pulau ini. Karena kondisinya yang panas, pastikan anda membawa topi atau payung.

Bukan itu saja, karena harus trekking anda juga harus menggunakan alas kaki yang begitu nyaman. Kamera yang anda bawa juga harus dipastikan full battery. Mengelilingi Taman Nasional Komodo butuh tenaga ekstra. Agar lebih mudah, ada baiknya untuk ikut open trip agar semua tempat tempat hits bisa terjangkau.

Pulau Padar menjadi destinasi yang belakangan hits di Labuan Bajo. Pesona alam yang disuguhkan memang membuat siapapun penasaran dengan pulau ini. Walaupun untuk menjangkau membutuhkan tenaga ekstra. Tapi semua akan terbayar tuntas dengan panorama yang dihadirkan.