Nusa Ceningan bagai pulau tropis kecil yang eksotis di Pulau Dewata Bali. Paronama alam yang memukau dapat membantu menghilangkan penat.

Lokasi: Desa Lembongan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.
Map: Cek Lokasi

Berkunjung ke pulau dewata Bali pasti tak lepas dari Kuta, Sanur, Seminyak dan destinasi wisata populer lainnya. Keindahan alam yang dimiliki Bali memang tak perlu diragukan lagi, oleh karena itu Bali patut dijadikan tujuan wisata favorit dunia.

Pesona keindahan Bali telah banyak digambarkan di buku-buku bahkan hingga film bertaraf internasional, dengan menitik beratkan suasana pura nan suci dan ketenangan tiap objek wisata alamnya. Bagi Anda yang hendak mencari ketenangan namun tetap berada di Bali, cobalah untuk berkunjung ke Nusa Ceningan.

Nusa Ceningan merupakan salah satu destinasi wisata yang patut Anda kunjungi ketika berpelesir di Bali, khususnya bagi yang lelah dengan hiruk pikuk dan macetnya perkotaan. Untuk lebih lengkapnya, mari simak ulasan tentang Wisata di Nusa Ceningan berikut ini.

Berpelesir ke Nusa Ceningan Bali

Berpelesir ke Nusa Ceningan Bali
Image Credit: Klook.com

Nusa Ceningan merupakan pulau kecil yang terletak di Bali, tepatnya di Desa Lembongan Kecamatan Nusa Penida. Merupakan salah satu dari tiga bagian gugusan pulau memukau di Bali diantaranya Nusa Lembongan, Nusa Penida dan Nusa Ceningan. Bagi pendamba ketenangan dan haus petualangan baru, tempat ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi Anda.

Pulau ini terletak di bagian tenggara Bali. Diapit antara Nusa Lembongan yang populer dan Nusa Penida yang terbesar diantara ketiga pulau berawalan Nusa ini. Mengunjungi pulau ini jadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin kabur dari hingar bingar perkotaan karena di tempat ini banyak terdapat spot-spot mengagumkan untuk dijelajahi dan pastinya instagramable.

Jika dibandingkan dengan dua pulau yang mengapitnya, Nusa Ceningan merupakan yang terkecil. Namun demikian pesona pulau ini tak kalah apik dan populernya dengan kedua pulau yang mengapitnya. Berkunjung ke tempat ini dapat menjadi pilihan yang bagus karena jika dibanding dengan kedua pulau lainnya di sini lebih tenang dan Anda terhindar dari kemacetan.

Rute Menuju Kawasan Nusa Ceningan

Rute Menuju Nusa Ceningan
Image Credit: Instagram.com @bag_on_track

Nah, karena letaknya berada diantara pulau-pulau yang berada di luar pulau Bali, maka cara satu-satunya untuk menuju ke Nusa Ceningan yakni dengan menyeberang dengan kapal. Tak perlu khawatir akses atau keberadaan transportasi yang tak memadai, karena semua kebutuhan Anda perjalanan menuju pulau tersebut tersedia dengan baik.

BACA JUGA:  Pantai Mushroom Bay, Pantai Eksotis di Nusa Lembongan Bali

Titik awal keberangkatan dimulai dari Pantai Sanur menuju ke Nusa Lembongan. Perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat atau kapal roro sekitar 45 menit. Sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati hembusan angin laut yang menyegarkan. Namun bagi Anda yang tak kuat dengan angin laut maka siapkan stamina anda agar tak mabuk laut.

Terdapat dua pilihan bagi Anda menuju pulau tersebut, dengan menaiki boat atau kapal roro. Jika menggunakan boat Anda harus membayar Rp 250.000. harga tersebut merupakan tarif pulang pergi. Sedangkan kapal roro untuk sekali keberangkatan tarifnya sebesar Rp 75.000. lantaran harga yang lebih murah, pesanlah terlebih dahulu jika Anda hendak menaiki transportasi ini.

Setelah sampai di Nusa Lembongan perjalanan Anda dapat menggunakan mobil pick up sekitar 15 menit untuk sampai ke Jembatan Kuning. Biaya yang dikeluarkan untuk menaiki mobil tersebut sebesar Rp 150.000. Apabila Anda ingin berpetualang tersedia penyewaan sepeda motor dengan harga sewa sebesar Rp 80.000 saja. Patut dicoba bukan?

Jembatan Kuning ini merupakan jembatan penghubung antara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Namun, jembatan tersebut pernah putus dan memakan korban. Setelah diperbaiki kembali, pemerintah melarang melintasi jembatan dengan kendaraan bermotor yang mana hal tersebut merupakan sebab utama jembatan ambruk. Jadi pilihan terbaik memang berjalan kaki.

Jika tak ingin berjalan kaki, Anda bisa menaiki perahu yang sengaja disewakan oleh penduduk setempat. Anda cukup membayar Rp 10.000 saja menuju Nusa Ceningan. Perjalanan akan tersebut akan terasa menyenangkan karena Anda dapat melihat jernihnya air laut di perairan Nusa Ceningan.

Sampai di Nusa Ceningan Anda tak perlu membayar tiket masuk, karena memasuki Kawasan Nusa Ceningan ini gratis. Bagi Anda yang ingin berkunjung dan tidak ingin repot dengan urusan transportasi, sudah tersedia banyak jasa perjalanan wisata yang dapat mempermudah Anda. \

Aktivitas Menarik Dilakukan di Nusa Ceningan

Aktivitas Menarik di Nusa Ceningan
Image Credit: Instagram.com @bas27.jpg

1. Jembatan Kuning (Yellow Bridge)

Berlibur tentu tak lengkap jika tidak mengambil foto. Apalagi jika terdapat spot foto yang menarik dan populer, tentunya sayang jika Anda lewatkan. Warna Jembatan Kuning yang mencolok ini berpadu kontras dengan pepohonan hijau nan rindang serta jernihnya air laut menjadi perpaduan yang pas.

Sambil berjalan melintasi Jembatan Kuning atau juga dikenal dengan Yellow Bridge Anda bisa berswafoto atau selfie. Dengan latar belakang jembatan yang ikonik dan panorama alam yang tak kalah elok dijamin akan memenuhi galeri dan feed instagram Anda.

Puas berfoto Anda juga bisa bersantai di atas jembatan sambil menikmati hamparan perairan Nusa Ceningan yang tak jarang bisa ditemukan dimanapun. Indahnya lukisan alam tanah Bali, panasnya terik matahari dan sepoi-sepoi angin pantai akan menjadi cara reflexi yang efektif dari penatnya keseharian.

BACA JUGA:  15 Villa Murah di Nusa Penida Dengan Fasilitas Terbaik

2. Blue Lagoon

Ketika baru saja menginjakkan kaki di Jembatan Kuning Anda akan menyadari betapa jernih dan birunya pantai di perairan Nusa Ceningan ini. Akan lebih memukau lagi jika Anda melihatnya dari ketinggian. Maka salah satu tempat yang patut Anda kunjungi adalah Blue Lagoon.

Blue Lagoon merupakan teluk yang dikelilingi tebing-tebing karang dan tingginya mencapai 20 meter. Meskipun teluk ini cukup kecil panorama yang disajikan tak bisa disepelekan. Jika berada diatas tebing Anda akan menemukan definisi pantai tropis dengan penorama yang eksotis. Perpaduan indah warna birunya langit dan lautan siap mengejutkan Anda.

Untuk bisa melihat langsung Blue Lagoon, harus menaiki tebing terlebih dahulu. Selama perjalanan menuju tebing pepohonan rindang akan setia melindungi dari sinar matahari. Ketika sampai tepat di atas tebing yang mana merupakan spot favorit pengunjung. Panorama alam Nusa Ceningan dari atas tebing akan menghipnotis siapa saja yang menyaksikannya secara langsung.

Selain menikmati bentangan lautan luas nan memanjakan mata dan deburan ombak yang menyisir tepi pantai, hal yang tak boleh Anda lewatkan yaitu berfoto dengan backgound indah nan mempesona. Perairan teluk Nusa Ceningan yang mempunyai gradasi warna cantik serta bentuk tebing yang tidak beraturan akan menjadi gambaran indah yang patut diabadikan.

Menikmati senja dari atas ketinggian akan membuat Anda enggan meninggalkan tempat ini. Perpaduan rona warna oranye dan air laut yang menyatu menjadi penutup perjalanan indah Anda. Maka dari itu Anda tak perlu ragu untuk datang ke tempat ini karena akan menyajikan berbagai keindahan alam yang menakjubkan.

3. Ceningan Secret Beach

Destinasi populer lainnya di Nusa Ceningan yaitu Ceningan Secret Beach. Sesuai dengan namanya, pantai ini letaknya cukup tersembunyi. Namun, Anda tak akan menyesal ketika sampai di pantai ini karena panorama yang dimiliki seakan tiada tandingannya.

Menuju pantai bagaikan surga tersembunyi ini memang tidaklah mudah. Anda harus menuju resort yang mana bagaikan gerbang penyedia akses menuju pantai tersebut. Perjalanan menuju resort tersebut cukup menantang karena sebagian badan jalan ada yang sudah aspal namun ada juga yang berupa bebatuan. Jadi Anda harus tetap hati-hati ketika melintasi jalanan tersebut.

Selama perjalanan Anda tidak boleh melewatkan hamparan alam Nusa Ceningan yang mempesona. Pohon hijau yang nampak asri akan menemani perjalanan menuju resort yang menjadi gerbang menuju Ceningan Secret Beach ini. Anda juga bisa mengabadikan momen perjalanan tersebut dalam foto, karena nuansa alam yang masih asli tersebut sangat langka.

BACA JUGA:  Gala-Gala Underground House, Objek Wisata Seru & Unik di Nusa Lembongan Bali

Ketika sampai di tempat ini, Anda akan disambut dengan lembutnya pasir putih serta deburan ombak yang menyapu bibir pantai. Meski luas pantai ini hanya sekitar 50 meter, keindahan yang ditawarkan akan membuat Anda terpukau. Air pantai yang jernih serta bebatuan karang yang menyebar tak beraturan, menjadi daya tarik bagi Anda untuk diabadikan lewat foto-foto nan indah.

Memasuki Kawasan ini Anda tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Oleh karena itu, pantai ini memiliki banyak peminat. Anda hanya perlu memesan hidangan atau minuman yang ditawarkan di resort. Tak ada salahnya menikmati sore hari Nusa Ceningan dengan bersantai dan memanjakan mata oleh pemandangan elok yang disuguhkan pantai Ceningan Secret Beach.

4. Mahana Points

Anda menyukai olahraga yang menantang? Jika iya, Anda patut mencoba salah satu olahraga ekstrim ini. Mahana Point merupakan sebuah kafe yang terletak di puncak Nusa Ceningan yang juga menawarkan kegiatan ekstrim berupa meloncat dari atas tebing. Sensasi meloncat dari ketinggian dengan pemandangan lautan nan eksotis akan menambah pengalaman liburan Anda.

Ketinggian tebing di tempat ini berbeda-beda, mulai dari dua hingga delapan meter. Tak perlu khawatir tenggelam karena para petugas sudah menyiapkan pelampung dan stand by di bawah untuk melemparkan pelampung agar Anda lebih mudah menuju daratan.

Bagi Anda yang ingin bersantai-santai dan menikmati suasana asri di Nusa Ceningan, cukup memesan hidangan untuk mengisi perut. Menikmati panorama elok pulau ini akan lebih indah ketika sore hari saat matahari tenggelam. Suasana romantis sekaligus intim menjadi momen tak terlupakan.

5. Memanen Rumput Laut

Sebagian besar penduduk di Nusa Ceningan adalah petani rumput laut. Suasana tenang dan alam yang masih asri akan membuat Anda merasa tenang. Selain itu, menyaksikan para petani sedang memanen rumput laut yang merupakan hal langka untuk ditemui.

Pemandangan unik yang tak akan kita temui sehari-hari ini patut Anda abadikan sebagai kenang-kenangan indah dari Nusa Ceningan. Apabila ingin mendapatkan spot terbaik untuk memfoto kegiatan para petani rumput laut Anda bisa melihatnya dari atas tebing yang mengarah ke barat daya pulau ini. Bagaimana Anda tertarik untuk melakukannya?

Itulah beberapa ulasan menarik mengenai pulau cantik Nusa Ceningan yang ada di Bali. Bagi Anda yang ingin menghibur diri atau mencari petualangan berlibur baru, dapat berkunjung ke tempat ini. Panorama alam yang dimiliki pulau ini akan membuat Anda terpukau berkali-kali.