Pesona Pulau Bali semakin lengkap dengan keindahan bawah laut Pulau Menjangan yang apik. Pulau yang masih alami dan memiliki spot diving populer di Pulau Dewata.

Lokasi: Sumberklampok, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng.
Map: Cek Lokasi

Terlintas sekelebat hamparan laut nan biru yang begitu elok jika mengingat Pulau Dewata Bali. Pulau dengan kharismanya yang luar biasa dapat menawan hati siapa pun yang berkunjung ke Pulau ini. Lanskap alam yang tiada tanding ini membuat banyak orang merasa betah berlama-lama berada di sini. Bahkan, orang-orang sengaja datang dan menetap untuk mendapat keheningan.

Gugusan keindahan Pulau Bali terdiri atas banyak unsur, mulai dari keindahan pantai, keindahan kehidupan masyarakat adat, dan beragamnya kuliner yang tidak boleh dianggap remeh. Namun, memang keindahan pantai Pulau Bali adalah primadona dari sekian banyak destinasi. Satu di antara gugus keindahan tersebut adalah Pulau Menjangan.

Pulau ini dikenal sebagai pulau kecil dengan kemolekan bawah lautnya. Pulau ini memiliki biota laut yang sangat bervariasi. Terumbu karang, tumbuhan laut, dan hewan laut yang hilir mudik berenang merupakan satuan keindahan yang tentu saja bisa Anda dapatkan di Pulau cantik ini. Berikut adalah deretan informasi menarik yang wajib diketahui tentang Pulau Menjangan Bali.

Mengeksplor Pulau Menjangan Bali

Mengeksplor Pulau Menjangan Bali
Image Credit: Instagram.com @monicadinarh

Pesona Bali yang sangat populer akan keindahan lautnya memang tidak perlu diragukan lagi. Para wisatawan silih berganti datang untuk mendapatkan kepuasan dan kesenangan berada di Pulau Dewata yang tenang dan mendamaikan ini. Bahkan, wisatawan yang datang tidak melulu dari Indonesia tetapi juga wisatawan dari negara-negara seberang.

Pulau Dewata menyuguhkan keindahan alam yang bervariasi, sehingga wisatawan yang datang tidak pernah merasakan bosan. Pulau Menjangan Bali adalah salah satu pilihan dari sekian banyak destinasi wisata di Bali. Latar belakang penamaannya berasal dari populasi rusa yang mendominasi pulau ini. Rusa dalam bahasa Bali disebut sebagai Menjangan.

Namun seiring berjalannya waktu, populasi rusa terus mengalami kemunduran. Oleh karena itu, pemerintah setempat melakukan upaya pencegahan kepunahan rusa di Pulau ini dengan menetapkan pulau ini sebagai bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau cantik ini menjadi lebih asri karena tidak terus-terusan tersentuh oleh kehidupan manusia.

Di Pulau Menjangan Bali juga terdapat sebuah Pura Suci yang oleh masyarakat setempat sangat dikeramatkan. Pura tersebut bernama Pura Segara Giri Dharma Kencana. Pura ini dibangun untuk menghormati Dang Hyang Siddimantra. Beliau adalah orang yang dianggap Sakti sebagai penemu pulau mungil ini.

Mengeksplor Pulau Menjangan
Image Credit: Instagram.com @monicadinarh

Yang paling menarik dari Pulau Bali ini adalah keindahan bawah laut yang sangat luar biasa eloknya. Aneka biota laut hidup di perairan pulau ini memiliki beragam jenis dan bentuk. Salah satunya, terdapat kurang lebih 45 jenis terumbu karang yang sangat memukau kehidupan bawah laut Pulau Menjangan Bali.

Di bawah Ketenangan laut pulau ini juga hidup ikan karang kurang lebih sebanyak 32 jenis dan moluska laut sebanyak sembilan jenis. Selain itu, populasi batfish, angelfish, ikan hiu, penyu laut, ikan tuna dan sebagainya juga tumbuh dengan baik di perairan pulau ini.

Jika Anda menyelam ke dasar perairan, mata Anda akan dimanjakan dengan aneka biota laut yang berwarna-warni dan bergerak lincah menyusuri perairan Pulau Menjangan Bali yang sangat jernih. Kebahagiaan Anda akan bertambah berkali lipat setelah melihat pesona bawah laut pulau cantik di Bali ini.

Snorkeling Bertemankan Biota Laut yang Menawan

Snorkeling Bertemankan Biota Laut yang Menawan
Image Credit: Instagram.com @sherlytandayu

Apabila Anda berkunjung ke Pulau Menjangan Bali, maka kegiatan snorkeling adalah pilihan utama yang harus Anda lakukan. Tidak lengkap rasanya jika bertandang ke pulau ini jika tidak menikmati keindahan alam bawah lautnya yang sangat mempesona. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar Anda tidak menyesal.

Saat melakukan kegiatan snorkeling, ketika pertama kali menyelami perairan Pulau Menjangan Bali, maka akan tampak deretan terumbu karang yang eksotis. Terumbu karang tersebut memiliki pesona tersendiri karena bentuknya, warna, dan gugusannya saling melengkapi satu sama lain. Oleh karena itu, tampak memukau terlebih saat sinar matahari menyapa.

Tak kalah indah juga, tumbuh-tumbuhan laut serupa jemari cantik melambai-lambai menyapa para penyelam. Warna-warna yang tidak homogen juga menambah kesan tersendiri. Kehadiran tumbuhan laut ini menambah keindahan taman bawah laut pulau ini.

Tambah lagi, di antara tumbuh-tumbuhan laut terlihat ikan-ikan dengan gesitnya menyusuri lembutnya belaian tumbuhan laut. Ikan di sana memiliki bentuk dan jenis yang beraga. Selain itu, polesan warna-warna yang cantik juga turut menyemarakkan keindahan bawah laut Pulau Menjangan Bali

Semua itu, didukung dengan keberadaan air di perairan pulau yang sangat jernih. Dengan begitu, Anda akan melihat secara jelas keindahan ekosistem laut yang terkandung di perairan. Keindahan yang dipertontonkan sangat memukau dan menyejukkan mata.

Adapun beberapa lokasi yang sangat apik untuk dijadikan sebagai tempat snorkeling, yaitu di Secret Bay, Eel Gardens, dan Anchor Wreck. Di tempat tersebut Anda akan mendapatkan pemandangan bawah laut yang tidak akan pernah terlupakan.

Menyusuri Sudut-Sudut Pulau Menjangan Bali

Menyusuri Pulau Menjangan Bali
Image Credit: Google Maps (indri yanisty)

Perlu Anda ketahui bahwa jika Anda berwisata ke Pulau Menjangan Bali, maka Anda juga bisa melakukan penyusuran di sekitar pulau. Di tempat menarik ini, Anda tidak hanya dapat melihat-lihat saja, tetapi juga boleh melakukan kegiatan santap siang bersama rombongan sambil menikmati keindahan di sekitar pulau cantik Bali.

Sangat disarankan bagi Anda untuk membawa bekal makanan dari luar pulau karena disana tidak ada satu pun warung. Anda bisa menyantap makanan ini di Gazebo yang sudah tersedia di setiap sisi Pulau Menjangan yang menghadap ke laut. Keindahan alam di sekelilingnya membuat suasana makan terasa lebih berkesan dan nikmat.

Di Pulau eksotis ini Anda juga bisa berinteraksi dengan menjangan atau rusa yang masih ada, namun tetap dalam pengawasan guide. Tentu saja ada protokol-protokol yang harus dipatuhi jika ingin bermain-main dengan rusa. Hal tersebut dilakukan agar populasi rusa tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, Anda bisa melihat bangunan-bangunan yang sangat identik dengan masyarakat Bali yang mayoritas memeluk agama Hindu. Sebab, bangunan ini memang berkaitan erat dengan kepercayaan yang dianut oleh umat Hindu.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah jangan sampai Anda merusak ataupun mengambil sesuatu dari Pulau Menjangan ini. Keindahannya memang kadangkala membuat kita lupa untuk selalu berhati-hati menjaga keasrian Kawasan pulau. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengutamakan kebersihan dan keutuhan tempat ini.

Anda juga bisa berfoto ria dengan latar belakang laut yang sangat molek di pulau ini. Di sini, terdapat beberapa ayunan yang sengaja dibuat dari kayu dengan penyangga dua pohon yang menghadap ke laut. Anda bisa Menggunakan ayunan tersebut untuk sekadar bermain-main sambil menikmati embusan angin atau menjadi spot kece untuk berfoto.

Biaya Sewa yang Harus Dikeluarkan ke Pulau Menjangan

Biaya ke Pulau Menjangan
Image Credit: Google Maps (Wiwit By)

Sebenarnya, selain snorkeling, Anda juga bisa melakukan kegiatan air yang lainnya yang tak kalah menarik. Kegiatan tersebut biasanya sudah menjadi sepaket penyewaan dengan snorkeling. Anda lebih baik memilih paket diving. Paket tersebut biasanya sudah mencangkup fasilitas jaminan asuransi, perlengkapan snorkeling, dan sewa kapal boat.

Jika Anda memilih paket diving ini, maka harga yang harus Anda bayar yaitu antara Rp 400.000,- sampai Rp 600.000.-. Harga tersebut dibayarkan untuk kegiatan selama satu hari saja dan Anda juga perlu membayar sebesar Rp 100.000 per grup untuk biaya bagi guide yang menemani Anda selama melakukan kegiatan ini.

Lokasi dan Rute Menuju Kawasan Pulau Menjangan

Lokasi Menuju Kawasan Pulau Menjangan
Image Credit: Google Maps (I Ketut Mangku)

Setelah mengetahui berbagai fasilitas dan keindahan yang bisa anda peroleh jika berkunjung ke pulau, maka tentu saja Anda penasaran di mana tepatnya lokasi Pulau ini berada. Pulau Menjangan Bali berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat yang berlokasi di Desa Klampok, Kabupaten Buleleng.

Jika anda memulai perjalanan dari Denpasar maka membutuhkan waktu selama 4 jam untuk sampai di pulau cantik ini. Sementara itu Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam Jika berangkat dari Kuta.

Untuk memudahkan perjalanan wisata Anda sangat disarankan jika tidak memiliki kendaraan pribadi di Bali maka gunakanlah jasa penyewaan kendaraan. Jika demikian tentu saja sopir yang anda sewa akan jauh lebih mengenali belum sehingga perjalanan akan jauh lebih mudah anda memiliki waktu lebih lama untuk bersenang-senang.

Ketika Anda sudah tiba di Desa Klampok, Anda masih harus melakukan penyeberangan laut karena lokasi Pulau Menjangan Bali cukup berjauhan dari dataran lainnya. Anda bisa menyeberang dengan menyewa perahu yang berada di sekitaran pesisir.

Agar perjalanan Anda lebih mudah, maka Anda bisa menuju ke Pemuteran dan Labuan Lalang. Dari sana, Anda dapat menyewa perahu. Perjalanan di atas perahu juga tidak kalah memukau. Anda dapat melihat sekeliling pantai yang begitu menawan.

Mengapa Harus Berkunjung ke Pulau Menjangan Bali?

Berkunjung ke Pulau Menjangan Bali
Image Credit: Google Maps (Samsul Arifin)

Pulau Menjangan menawarkan kepada Anda berwisata di sebuah pulau dengan pesona alam bawah lautnya yang sangat memukau. Perpaduan antara terumbu karang, tumbuhan, dan hewan lautnya memiliki daya pikat yang sangat menarik. Sebab, tidak semua pantai di Bali memiliki pesona alam bawah laut yang sama seperti pulau ini.

Sementara itu, berada di pulau ini Anda mendapatkan paket keindahan yang lengkap. Alam bawah lautnya tentu adalah primadona di tempat ini. Akan tetapi, Anda juga bisa menelusuri setiap sisi pulau yang tak kalah menawan dengan berjalan-jalan di sekitarnya.

Di Pulau Menjangan, Anda dapat berinteraksi dengan rusa-rusa yang memiliki bulu kuning keemasan. Rusa ini tampak sangat menggemaskan dan cukup ramah terhadap para wisatawan yang berkunjung.

Selain melihat rusa, di pulau ini juga sangat menarik untuk dijadikan sebagai latar berfoto. Anda dapat mengambil foto dengan berbagai angel yang kece. Di sekeliling Pulau ini terdapat pepohonan dan bangunan Pura Segara Giri Dharma Kencana yang menambah nilai keelokan pulau ini.

Demikian beberapa informasi yang dapat Anda jadikan bekal sebelum melakukan perjalanan wisata ke Pulau Menjangan Bali. Pesona bawah laut pulau eksotis ini memang tiada tandingan. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga air di sana. Tidak hanya terbebas dari penat, kebahagiaan juga akan Anda peroleh di tempat istimewa ini.