Pulau Komodo, Kawasan Taman Nasional dengan Sejuta Pesona di NTT

Pulau Komodo, Kawasan Taman Nasional dengan Sejuta Pesona di NTT
Harga Tiket: Rp 90.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Pulau Komodo sempat masuk dalam daftar salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Pulau eksotis satu ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan baik lokal maupun international. Sesuai dengan namanya, Kepulauan Komodo merupakan tempat penangkaran hewan langka yaitu Komodo. Berikut ulasan terkait tempat wisata menarik satu ini.

Sekilas Tentang Taman Nasional Komodo

Sekilas Pulau Komodo
Photo by Google Maps Fabianus Anka

Tak hanya satu pulau, Taman Nasional Komodo mempunyai tiga pulau yang bisa anda kunjungi. Kepulauan Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar juga terdapat pulau kecil lain disekitarnya. Dengan total luas pulau hingga 1.817 Km2 pulau eksotis ini sempat masuk dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia pada 2011.

Taman Nasional ini terletak di bagian paling barat pada Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam wilayah ini hewan komodo yang dilindungi dapat berkembang biak dengan baik. Tercatat pada tahun 2009, Taman Nasional Komodo ini dihuni sekitar kurang lebih 2500 ekor komodo yang dijaga dengan baik.

Komodo adalah species reptil terbesar di dunia. Panjang tubuh komodo rata rata sekitar dua hingga tiga meter. Dengan panjang tubuh seperti itu, komodo mempunyai berat tubuh ideal sebesar 90 Kg. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Berikut beberapa hal menarik yang bisa menjadi informasi bila anda ingin berwisata ke tempat ini.

Daya Tarik Wisata Pulau Komodo

Daya Tarik Pulau Komodo
Photo by Google Maps Mateus Radiman

1. Komodo, Hewan Langka yang Dilindungi

Taman Nasional Komodo adalah tempat penangkaran komodo yang merupakan hewan langka di dunia. Hewan eksotis ini menjadi daya tarik utama bila berkunjung ke lokasi wisata satu ini. Bila anda belum pernah melihat reptil sebesar ini, komodo adalah pemandangan yang unik dan menakjubkan untuk diamati.

Komodo dengan ukuran terpanjang yang pernah tercatat adalah sekitar 3,13 meter dan mempunyai berat badan sekitar 166 Kg. Komodo adalah reptil yang memiliki susunan gigi sebanyak 60 buah. Gigi yang banyak ini juga ditunjang dengan bentuk gigi yang tajam dan bergerigi dengan ukuran 2,5 cm.

Hewan reptil terbesar satu ini bila didekati akan tampak menyeramkan. Hal ini karena air liur komodo sering bercampur dengan darah. Darah yang tercampur ini berasal dari lapisan jaringan gingiva yang tercabik selama proses makan. Darah yang sering bercampur dengan air liur ini akan membuat bakteri berbahaya lebih cepat tumbuh di mulut komodo.

2. Keindahan Kehidupan Bawah Laut

Tak hanya bisa mengamati tingkah laku komodo, bila anda berkujung ke Taman Nasional Komodo ini anda juga bisa mengamati pemandangan alam yang luar biasa. Wilayah kepulauan komodo ini terdiri dari beberapa pulau yang dipisahkan oleh laut. Laut yang masih asri dan alami inilah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Kehidupan bawah laut di pulau ini mempunyai pemandangan yang sangat menarik. Dalam bawah laut kepulauan komodo ini anda dapat menemukan paling tidak 385 spesies karang yang indah. Selain itu terdapat 70 jenis bunga karang dan beberapa jenis biota laut seperti lumba-lumba, paus, penyu hijau, hiu dan ikan pari.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Komodo
Photo by Google Maps Saeed Ullah

4. Mengamati Kelelawar di Pulau Kalong

Saat matahari mulai tenggelam, anda bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa ini. Pada jam jam tertentu saat senja, akan ada rombongan kelelawar yang terbang berbondong bondong dengan cantik. Rombongan kelelawar ini akan terbang berkelompok menuju ke arah Pulau Kalong.

Gerakan kelelawar secara massal ini akan menjadi objek fotografi yang indah berlatar sunset yang cantik. Tak hanya pemandangan saat sunset saja, pemandangan terbang kelelawar dalam jumlah banyak ini pun akan terjadi pada saat sunrise. Saat matahari mulai terbit, kelelawar akan terbang berbondong bondong kembali dari Pulau Kalong.

5. Menikmati Sunrise dan Sunset

Pemandangan Sunset dan sunrise di Taman Nasional Komodo ini tak kalah dengan pantai terkenal lainnya. Setelah puas berjalan menikmati pemandangan dan berinteraksi dengan komodo, anda bisa beristirahat sembari menikmati sunset atau sunrise di Pulau Kanawa. Panorama pulau yang indah akan membuat anda betah tinggal lebih lama.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pulau Komodo
Photo by Google Maps Silvia Sandy

Taman Nasional Komodo adalah kepulauan yang terletak di wilayah kepulauan Nusa Tenggara. Tempat wisata satu ini berada tepatnya di sebelah timur Pulau Sumbawa. Jalur perjalanan menuju tempat wisata eksotis satu ini cukup mudah. Selain itu kepulauan ini juga mudah ditemukan karena lokasinya yang merupakan satu kepulauan utuh.

Bila anda menempuh perjalanan dari ibukota Jakarta, anda akan melakukan transit terlebih dahulu di Bali. Dari Bali, perjalanan anda kemudian akan diteruskan menuju Labuan Bajo. Labuan bajo adalah kota kecil yang terletak di wilayah barat laut pulau Flores. Tempat ini jugalah yang menjadi gerbang masuk Taman Nasional Komodo.

Akses kendaraan baik darat, laut maupun udara sudah banyak dengan ditunjang fasilitas yang nyaman. Memilih berkendara dengan menggunakan pesawat adalah pilihan agar perjalanan anda tidak memakan waktu yang lama. Jarak tempuh anatara Denpasar hingga ke Labuan Bajo hanya memerlukan waktu sekitar setengah jam saja.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional

Tiket Pulau Komodo
Photo by Google Maps W. P.

Kawasan Taman Nasional Komodo ini terbuka untuk umum dengan jam buka pada setiap hari. Tak Ada batas waktu kunjungan, anda bisa datang kapan saja selama 24 jam. Biaya masuk ke wisata eksotis ini adalah sekitar Rp 90 ribu per orang. Biaya ini sudah termasuk bila anda ingin berkunjung ke pulau pulau disekitarnya seperti pulau Pulau Tadar dan Pulau Rinca.

Bila anda ingin melakukan Trekking, maka anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan karena sudah termasuk dengan harga tiket masuk. Harga yang tercantum diatas adalah harga yang dapat berubah sewaktu waktu sesuai dengan kebijkan setempat. Oleh karena itu disarankan untuk membawa dana lebih saat berkunjung.

Walaupun berada di kepulauan, fasilitas yang terdapat di dalamnya terbilang cukup baik dan lengkap. Fasilitas umum seperti toilet terjaga rapi dan bersih, kemudian ada juga beberapa warung makan yang tersedia untuk anda beristirahat sambil makan siang. Bila anda ingin menginap, homestay dengan kualitas yang baik pun tersedia di beberapa lokasi.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Pulau Komodo
Photo by Google Maps renato cento

1. Trekking

Tak hanya mengamati dari dekat tingkah laku komodo yang menarik, anda juga bisa melakukan hal lainnya bisa berkunjung ke pulau ini. Salah satunya adalah trekking. Trekking adalah perjalanan santai yang bisa anda tempuh melewati jalur perbukitan. Jalur yang sudah dibuka ini akan menyuguhkan pemandangan alam yang asri dan menenangkan.

Jalur yang sudah dibuat oleh pihak pengelola Taman Nasional Komodo ini tergolong aman untuk perjalanan. Jalur trekking yang disediakan pun mempunyai panjang jalur yang berbeda beda. Trekking dengan jalur pendek, mediun hingga jalur yang panjang pun tersedia. Anda bisa memilih berbagai jalur trekking ini sesuai dengan kemampuan jalan.

Tidak perlu memaksakan untuk berjalan jauh bila tidak kuat. Sepanjang jalur trekking yang tersedia, anda bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Barisan perbukitan yang hijau dipadu dengan hamparan lautan biru yang alami membuat anda tak mudah merasa lelah bila melakukan trekking disini.

Aktivitas Seru Pulau Komodo
Photo by Google Maps MARCELA BALAZEIRO COELHO

2. Mendaki Gunung

Di Taman Nasional Komodo ini terdapat Gunung yang terkenal yaitu Gunung Ara. Gunung ini mempunyai ketinggian kurang lebih 670 m diatas permukaan laut. Dari Titik tertinggi di kepulauan komodo ini, anda bisa melihat berbagai pemandangan menarik yaitu bisa mengamati tingkah laku komodo yang unik.

Selain itu, pemandangan alam disekitar juga akan terasa alami dan menyegarkan. Hamparan hijau pepohonan akan menjadikan suasanya lebih natural. Mendaki Gunung juga bisa anda jadikan sebagai sarana melepas penat sejenak dari kegiatan sehari hari. Tak perlu gunung yang tinggi, anda juga bisa memulainya dengan gunung satu ini.

3. Aksi Menanam Bakau

Daerah daratan yang berbatasan dengan laut biasanya akan mempunyai lahan mangrove atau bakau. Begitu juga dengan Taman Nasional Komodo ini. Selain menyaksikan keindahan alam dan hewan eksotis, anda juga bisa melakukan kegiatan tanam mangrove. Kegiatan positif yang bertujuan untuk membantu melestarikan alam ini bisa anda coba bersama keluarga.

Bila anda tertarik, anda bisa membeli bibit tanaman bakau yang akan ditanam kepada pihak pengelola. Bibit pohon bakau dijual dengan harga sekitar Rp 150 ribu. Tak hanya menanam, pohon bakau yang anda tanam juga bisa anda labeli dengan nama. Sehingga bila berkunjung kembali ke pulau ini, anda bisa memastikan perkembangan pohon yang anda tanam.

Tips Berkunjung ke Taman Nasional Komodo

Tips Pulau Komodo
Photo by Twitter Benny Ya Boi

1. Membawa Perlengkapan Pribadi

Ada beberapa barang yang disarankan untuk disiapkan secara pribadi selama perjalanan. Salah satunya adalah botol minum. Cuaca di pulau wisata ini cenderung panas dan lembab. Sehingga disarankan untuk pengunjung yang datang agar selalu membawa botol air minum pribadinya sendiri agar selama perjalanan tidak sampai dehidrasi.

2. Jangan Memberi Makan Komodo Tanpa Pengawasan

Selama menempuh perjalanan di Taman Nasional Komodo ini, anda memang tidak disarankan untuk bepergian seorang diri dan harus didampingi pemandu wisata atau petugas taman. Hal penting lainnya adalah dilarang untuk memberi makan komodo tanpa pengawasan. Walaupun komodo terlihat lambat tetapi hewan ini tergolong hewan yang agresif.

Tips Di Pulau Komodo
Photo by Instagram Google Maps 許傑森

3. Peraturan Tambahan Lainnya

Peraturan di pulau ini tergolong ketat karena memang kondisi lingkungan yang masih alami dan hewan komodo yang dilepas liar tidak boleh sembarangan saat berinteraksi. Beberapa peraturan keselamatan yang harus diperhatikan adalah seperti membawa tongkat bercabang dua untuk menghalau komodo yang mungkin tiba tiba menghampiri.

Memakai sepatu selama perjalanan utnuk menghindari ular yang mungkin datang dari semak semak. Kemudian bila wanita yang sedang menstruasi, hendaknya melapor kepada petugas karena komodo mempunyai penciuman yang tajam terhadap darah. Selain itu tidak membawa korek api dan juga memakai lotion anti nyamuk juga disarankan disana.

Pulau Komodo adalah salah satu lokasi wisata kebanggan Indonesia. Komodo adalah hewan reptil terbesar yang ada di dunia dan terletak hanya di Indonesia. Oleh karena itu, tetapi melestarikan alam sebagai habitat asli komodo adalah hal yang harus dilakukan. Tak hanya kewajiban pemerintah tetapi juga kewajiban kita semua.