Pulau Kenawa salah satu surga bahari tersembunyi nan eksotis di Sumbawa Barat, NTB. Pulau kecil yang menyuguhkan padang rumput, pantai dan bukit kecil eksotis yang menarik dijelajahi saat liburan.

Harga: Mulai Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Pulau Kenawa adalah salah satu pulau kecil yang merupakan bagian dari kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Timur. Panorama alamnya yang tampak eksotis meskipun hanya terdiri atas beberapa tempat yang sempit membuat pulai ini sangat memikat hati siapa saja yang mengunjunginya.

Bisa dibilang, pulau ini memang tidak memiliki penghuni yang tetap, namun kekayaan bahari yang disimpannya masih terjaga dengan asri sehingga sangat menakjubkan untuk dilihat. Sebagian besar daerah pulau ini terdiri atas rumput berwarna hijau dan ilalang yang membuat tampak asri dan sangat segar.

Wisatawan yang mengunjungi Pulau Kenawa pun juga akan disuguhi oleh pemandangan alam yang sangat cantik karena arena ini dikelilingi oleh perbukitan. Meskipun masih banyak yang belum terlalu familiar dengan tempat wisata yang satu ini, namun keindahan yang ditawarkannya akan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kenawa

Daya Tarik Pulau Kenawa
Image Credit: Facebook.com @irfandy.iskandar

Pulau cantik ini bak surga yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Padahal, tempat wisata yang satu ini menyimpan beragam daya tarik yang membuatnya begitu unggul dan mampu memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

1. Air Laut yang Tampak Jernih

Daya tarik yang menjadi ciri khas utama dari Pulau Kenawa ini adalah air lautnya yang tampak begitu jernih dan bening seperti kaca. Karena tidak memiliki penghuni yang tetap, kualitas air yang ada di pulau ini pun tampak sangat asri karena tidak pernah tercemar oleh bahan-bahan kimia yang bisa mengganggu ekosistem laut.

Hal tersebut membuat airnya menjadi begitu jernih, bahkan Anda pun dapat melihat aneka ragam ikan yang sedang lalu lalang di dalam air hanya dengan menggunakan mata telanjang. Tidak hanya itu, warna birunya yang bergradasi dengan warna hijau pun akan tampak sangat menakjubkan sehingga dapat memanjakan pikiran siapapun yang melihat.

2. Hamparan Padang Savana

Salah satu ciri khas lain yang membuat pulau ini begitu mempesona adalah pulaunya yang terdiri atas hamparan padang savana. Rumput-rumput kering berwarna hijau kekuningan ini memenuhi seluruh penjuru pulau, bahkan membentang luas sampai pada pesisir laut.

Pada saat musim kemarau, warna rumput di padang ini akan berubah menjadi gersang dan tampak sedikit kering. Sedangkan pada saat musim hujan tiba, warna rumputnya adalah warna hijau yang tampak begitu sejuk sehingga Anda pun dapat menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk bersantai dan berfoto.

3. Hamparan Pasir Cokelat

Hal yang membuat pulai ini tampak lebih berbeda apabila dibandingkan dengan berbagai pulau lain yang ada di Indonesia adalah warna pasirnya yang unik. Daripada berwarna putih bersih seperti halnya kebanyakan wisata bahari pada umumnya, pasir yang ada di pulau ini justru memiliki warna cokelat.

Meskipun hal tersebut membuatnya terlihat kurang bersih, namun hamparan pasir cokelat itu justru membuatnya tampak lebih menarik untuk dikunjungi sebab warnanya memberikan sensasi pulau eksotis yang begitu memesona. Tidak hanya itu, kondisi pasirnya pun juga sangat bersih dan tekstur yang dimilikinya pun juga cenderung sangat halus.

Daya Tarik dari Pulau Kenawa
Image Credit: Twitter.com @ojaancok

4. Keindahan Biota Laut

Pada Pulau Kenawa, terdapat beragam jenis biota yang tumbuh, hidup, dan berkembang di bawah laut. Anda dapat melihatnya dari atas permukaan airnya yang jernih dan dimanjakan oleh pesona terumbu karang yang tampak begitu indah seolah-olah Anda memang sedang menyelam ke dalam air tersebut.

Biota laut tersebut dapat hidup dengan aman sebab tidak ada manusia yang berani merusaknya, namun Anda pun juga harus berhati-hati apabila ingin melihat kehidupan biota laut tersebut. Alangkah lebih baik apabila Anda menikmati keindahan tersebut sambil tetap menjaga keasrian dan keamanan makhluk hidup di bawah laut itu.

5. Perbukitan yang Mempesona

Di tengah-tengah laut sekitar pulau ini, terdapat sebuah bukit mungil yang tampak sangat indah apabila dilihat dari daerah daratan. Bukit ini begitu mempesona sebab menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan begitu alami, sehingga akan memuaskan hati para wisatawan yang melihatnya.

Karena keindahannya, bukit mungil tersebut menjadi tempat yang banyak sekali digunakan oleh para wisatawan sebagai latar belakang saat ingin mengambil foto dan diunggah ke media sosial. Pepohonan yang tumbuh di bukit ini tampak begitu asri disertai oleh warna daunnya yang begitu hijau sehingga apabila mendatangi tempat ini, Anda dapat bersantai di bawah pohon yang sejuk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Kenawa

Alamat Pulau Kenawa
Image Credit: Google Maps (Yudho Tri Susanto)

Pulau eksotis ini termasuk di dalam bagian Kabupaten Sumbawa Barat. Lokasinya yang paling lengkap yaitu berada di sebelah utara pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini juga memiliki lokasi berada di sebelah barat daya Pulau Panjang dan Pulau Saringi.

Untuk mencapai lokasi pulau ini, Anda dapat memulai perjalanan di titik pemberangkatan pelabuhan Kayangan Lombok. Dari lokasi tersebut, Anda dapat menyeberang dengan cara menaiki transportasi laut yang sudah ada. Dalam waktu selama kurang lebih dua jam, Anda pun akan sampai pada daerah pelabuhan yang kedua yakni pelabuhan Poto Tano.

Setelah tiba di pelabuhan tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan cara menyeberang menuju suatu dermaga dengan jarak sekitar 200 meter. Selanjutnya, Anda pun dapat menggunakan transportasi berupa kapal kayu untuk mencapai Pulau Kenawa yang bisa ditempuh dalam waktu 20 menit.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Kenawa

Biaya ke Pulau Kenawa
Image Credit: Google Maps (Irfan Haris)

Demi mencapai pulau ini, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar 2 juta rupiah demi membeli tiket pesawat untuk menuju Lombok. Setelah sampai di Bandara Internasional Lombok, Anda pun akan melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Kayangan yang memakan biaya sebesar 50 ribu apabila Anda memilih menggunakan bus damri untuk mencapai pelabuhan tersebut.

Akan tetapi, Anda pun juga bisa memilih opsi yang lain yakni dengan cara menyewa sepeda motor. Biaya sewa tersebut biasanya ditetapkan dalam rentang harga sekitar 80 ribu dan dihitung per hari seberapa lama Anda akan menyewa sepeda motor tersebut.

Setelah sampai di pelabuhan Kayangan, Anda harus mengeluarkan biaya 17 ribu untuk menaiki kapal ferry agar bisa sampai di Pelabuhan Poto Tano. Apabila Anda sudah tiba di pelabuhan tersebut, Anda bisa mencapai tujuan dengan menaiki kapal nelayan. Kapal tersebut biasanya bisa disewa di antara kisaran harga sebesar 250 sampai 300 ribu per kapalnya.

Untuk memasuki Pulau Kenawa ini, Anda memang harus mengeluarkan uang yang cukup tinggi sebab akses menuju tempat ini memang tidak mudah dan harus melalui beberapa tempat pemberhentian. Harga tiket masuknya sendiri adalah 50 ribu rupiah per orang, dan harga tersebut ditetapkan selama sepanjang hari sehingga tidak ada perubahan yang signifikan pada hari libur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Kenawa

Kegiatan di Pulau Kenawa
Image Credit: Instagram.com @ekkychelloprayata

1. Relaksasi

Tujuan utama yang ingin diraih semua orang saat liburan tentu saja ingin menghilangkan rasa penat atas kehidupan sehari-hari. Di pulau ini, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir sebab letaknya yang jauh dari kota dan terpencil akan membuat Anda bisa lebih relaks dan santai. Tidak akan ada suara bising yang mengganggu kegiatan bersantai Anda.

Anda dapat bersantai dengan cara merebahkan diri di atas pasir sambil menikmati paparan sinar matahari yang hangat dan merasakan terpaan angin yang begitu lembut. Keadaan pulaunya yang sepi dan memiliki atmosfer menenangkan akan membantu membuat Anda melupakan segala masalah yang Anda miliki.

2. Beristirahat di Bale-Bale

Daripada beristirahat di resort yang bagus, Anda justru dapat menikmati sensasi beristirahat di bale-bale. Bale-bale merupakan sebuah gazebo yang terbuat dari bambu dan kayu, mirip seperti gubuk yang terbuka namun diberi tirai.

Di tempat tersebut, Anda dapat beristirahat dengan lebih tenang sambil mencoba untuk menyatu dengan alam. Anda pun juga bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan laut.

3. Menikmati Pemandangan Sunset

Apabila Anda sebelumnya tinggal di wilayah perkotaan, Anda mungkin akan merasa kesusahan untuk mencari pemandangan matahari yang terbenam ataupun terbit. Di pulau ini, Anda dapat menikmati kedua momen tersebut dengan mudah dan jelas.

Pada umumnya, setelah matahari terbenam para wisatawan akan diputarkan beberapa musik yang dapat membuat pulau menjadi tampak semakin hidup meskipun tetap terasa sepi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan fotografi dengan leluasa di pulau ini sebab pemandangannya memang begitu memukau.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Kenawa

Penginapan Pulau Kenawa
Image Credit: Booking.com

1. Sollo-Sollo Homestay

Penginapan terdekat yang dapat menjadi pilihan Anda ketika mengunjungi Pulau Kenawa adalah Sollo-Sollo Homestay. Penginapan ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap, pelayanannya pun juga termasuk ramah. Anda harus menyiapkan biaya sebesar 120 ribuan untuk menginap di tempat ini.

2. Wales and Waves Beach Resort

Penginapan yang selanjutnya bisa Anda coba adalah Wales and Waves Beach Report. Fasilitas yang disediakan adalah area parkir gratis, bar, wifi, dan juga pusat kebugaran. Untuk menginap di sini, Anda harus mengeluarkan biaya kurang lebih mencapai 700 ribu per malam.

3. Swan Homestay

Terakhir, Anda bisa mencoba untuk menginap di Swan Homestay. Meskipun posisinya tidak terlalu dekat dengan pulau, namun penginapan ini masih cocok untuk dicoba untuk mengistirahatkan diri. Biaya permalamnya yaitu 270 ribu rupiah.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Kenawa Sumbawa Barat

Fasilitas Pulau Kenawa
Image Credit: Google Maps (Adhitiya Indrawijaya)

Fasilitas yang ada di pulau ini bisa dibilang cukup lengkap dan memuaskan. Hal tersebut tentu tidak mengherankan sebab pulau ini seringkali digadang-gadang sebagai tempat wisata unggulan dari daerah Sumbawa.

Beberapa fasilitas tersebut yaitu musholla, dermaga, toilet, tempat penyewaan, warung makan, kamar mandi umum, dan berbagai fasilitas lain. Kebersihannya yang begitu dijaga juga akan memuaskan para pengunjungnya.

Nah, begitulah informasi yang dapat Anda ketahui mengenai Pulau Kenawa. Meskipun tempat wisata ini masih belum begitu populer, namun keindahannya patut untuk dicoba setidaknya sekali seumur hidup.