Ingin Liburan di Pulau Dewata? Periksa Pilihan Wisata Pulau Eksotis di Bali. Objek Wisata Alam Populer yang Cantik dan Mempesona yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan.

Provinsi Bali terletak pada suatu pulau yang termasuk ke dalam gugusan Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Bali memiliki kekayaan alam yang menjadikannya sebagai destinasi wisata yang banyak diincar oleh para wisatawan lokal maupun asing. Anda akan disuguhi berbagai macam objek wisata yang tentunya dapat memanjakan mata dan memicu adrenalin Anda.

Pulau Bali terdiri dari beberapa pulau yang tak kalah indah dengan pulau utamanya. Untuk bisa sampai ke pulau-pulau yang ada di Bali, Anda harus melewati akses jalan berupa jembatan maupun dengan melewati jalur laut. Pulau-pulau ini memiliki bentangan alam yang indah yang terawat dan dijaga dengan baik oleh masyarakat Bali.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur di Pulau Dewata ini, harus mengunjungi beberapa pulau eksotis yang terkenal akan panoramanya yang menakjubkan. Anda juga bisa melakukan beragam macam aktivitas seperti diving, snorkling, surfing, jogging, ataupun sekadar bermain air dan pasir. Inilah daftar pulau eksotis di Bali yang paling populer dan wajib Anda kunjungi.

1. Pulau Serangan

Pulau Serangan
Image Credit: Baliwisataunik.blogspot.com

Dahulu Pulau Serangan ini terpisah dari Bali sehingga membuat pulau ini belum terekspos keberadaannya. Seiring berjalannya waktu tempat ini sekarang menjadi salah satu tempat wisata terkenal dan populer di kalangan wisatawan.

Untuk bisa sampai di pulau ini, Anda bisa melewati jalur darat maupun jalur laut. Saat melewati jalur laut Anda membutuhkan waktu selama 1 jam dengan menaiki perahu cardik atau jakung. Anda juga dapat melewati jalur darat berupa jembatan yang bisa ditempuh dalam waktu 15 menit.

Pulau ini terkenal akan biotanya yang langka dan dilindungi oleh pemerintah, yaitu penyu hijau. Disini terdapat sebuah penangkaran penyu hijau yang menjadi destinasi favorit para wisatawan. Jika Anda berlibur di pulau ini dan bertepatan dengan musim penetasan telur penyu hijau, Anda dapat ikut serta dalam pelepasan tukik ke laut lepas.

Disini Anda dapat berkeliling hutan mangrove menggunakan perahu. Saat menjelajahi hutan mangrove, Anda akan melihat atraksi lumba-lumba di lautan lepas, karena Pulau Serangan dijadikan sebagai tempat penangkaran lumba-lumba. Anda juga dapat merasakan sensasi berenang bersama lumba-lumba dan ikan hiu.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Jembrana Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan
Pulau Serangan
Image Credit: Kintamani.id

Di pulau ini Anda dapat menikmati wisata waterspot dengan leluasa. Waterspot yang tersedia di tempat ini yaitu banana boat, flying fish, dan juga jet ski. Laut di Pulau serangan memiliki ombak yang tinggi, sehingga sangat cocok digunakan untuk olahraga surfing. Pulau Serangan menjadi destinasi favorit yang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Anda juga dapat ikut serta dalam melakukan kegiatan transplantasi karang yang bertujuan untuk upaya pelestarian terumbu karang. Terdapat pula berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di darat seperi menunggang kuda, wisata kuliner, dan lain sebagainya.

Anda dapat dengan mudah menjumpai warung-warung yang berjejer di pesisir pantai. Pulau Serangan juga menyediakan tempat penginapan dengan harga yang terjangkau. Pulau Serangan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alami.

Lokasi: Serangan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

2. Nusa Lembongan

Nusa Lembongan
Image Credit: Dontforgettomove.com

Nusa Lembongan merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di selat badung. Pulau ini berdekatan dengan Pulau Ceningan dan Pulau Penida yang memiliki keindahan yang alami. Disini, Anda akan disuguhi berbagai macam objek wisata yang tak kalah menarik dari pulau utama Bali.

Objek wisata yang ada di Pulau Lembongan antara lain yaitu goa alam, tebing laut, dan ada juga pantai-pantai yang terkenal. Pulau Lembangon menjadi salah satu pantai di Indonesia yang menjadi pusat budidaya rumput laut. Untuk sampai ke pulau ini, Anda dapat menggunakan kapal-kapal yang berbaris di dermaga.

Nusa Lembongan.
Image Credit: Homesweethome.travel

Terdapat 2 dermaga yang dekat dengan Pulau Lembongan, yakni pelabuhan Pantai Sanur dan Pelabuhan Serangan. Di pelabuhan Pantai Sanur Anda dapat memilih menggunakan kapal cepat atau kapan kayu.

Kapal cepat di Pelabuhan Pantai Sanur dibandrol dengan harga sebesar Rp 75.000 sampai dengan Rp 150.000 per orangnya untuk satu kali penyebrangan. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana nyaman, Anda dapat memilih kapal cepat di Pelabuhan Serangan.

Lokasi: Lembongan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

3. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang terdapat di Bali dan dihuni oleh hewan liar berupa rusa. Pulau ini memiliki pemandangan bawah laut yang mempesona dan kaya akan biotanya. Hal ini menjadikan Pulau Menjangan sebagai tujuan wisata favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Benoa Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Pulau ini merupakan bagian terluar dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau Menjangan ini memiliki taman bawah laut yang dihiasi dengan terumbu karang yang berwarna-warni sebagai tempat tinggal bagi ikan-ikan kecil. Wisatawan sering menyebut pulau ini sebagai kepingan surga di tanah Bali.

Pulau Menjangan
Image Credit: Manusialembah.com

Pulau Menjangan memiliki pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Untuk sampai ke pulau kecil ini, Anda harus menggunakan alat transportasi perahu. Anda juga dapat ke pulau ini melalui Banyuwangi melalui perjalanan laut yang menempuh waktu sekitar 1 jam.

Biasanya para wisatawan menuju ke Labuan Lalang dan pemuteran kemudian menyebrang menggunakan perahu untuk sampai ke pulau ini. Para wisatawan diwajibkan memakai pelampung sebagai pengaman. Pulau Menjangan memiliki keindahan alam eksotis dengan berbagai macam tumbuhan yang berwarna coklat.

Lokasi: Desa Klampok, Kec. Grokgak, Kab. Buleleng.

4. Nusa Penida

Nusa Penida
Image Credit: Viator.com

Pulau Penida terletak di sebelah tenggara Pulau Bali dan berdekatan dengan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Pulau memiliki ukuran yang lebih besar dari kedua pulau tersebut. Masyarakat Bali biasanya menyebut pulau ini dengan sebutan Nusa Gede.

Pulau ini telah ramai dikunjungi sebagai objek wisata sejak tahun 2014. Wisatawan yang berlibur di Pulau Nusa Penida berkembang pesat setiap tahunnya. Disini, terdapat pura yang digunakan sebagai tempat sembahyang bagi umat Hindu. Pulau ini terkenal akan bentangan alamnya yang indah dan pantai yang menawan.

Air laut yang jernih serta terumbu karangnya yang terjaga menjadikan pulau ini sebagai spot yang cocok untuk melakukan diving dan snorkling. Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang luar biasa dan pastinya membuat Anda ketagihan saat menikmati pemandangan bawah laut pulau ini.

Nusa Penida.
Image Credit: Youtube.com (Indonesiajuaratrip)

Selain menikmati keindahan alam bawah laut, pulau ini juga menyajikan pemandangan hamparan Samudera Hindia dari atas tebing. Terdapat pula beragam objek wisata lain yang dapat kunjungi, seperti bukit pantai, banah cliff, saren cliff, dan lain sebagainya.

Anda akan merasakan suasana damai, tenang, dan romantis saat berada di atas teping pada sore hari. Spot inilah yang menjadi banyak incaran wisatawan saat berlibur di Pulau Penida. Selain itu di pulau ini juga terdapat air terjun dengan pemandangan yang indah. Di air terjun ini terdapat banyak spot foto yang menarik.

BACA JUGA:  Air Terjun Sekumpul Buleleng Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Untuk sampai ke pulau ini, Anda harus menggunakan jalur laut dengan menaiki perahu tradisional, kapal cruise, kapal ferry, maupun kapal cepat. Anda bisa menjumpai kapal-kapal ini berjejer di dermaga Padangbai, Pesinggahan, Kusamba, dan juga dermaga pantai sanur.

Lokasi: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

5. Nusa Ceningan

Nusa Ceningan
Image Credit: Travelspromo.com

Nusa Ceningan merupakan salah satu pulau gugusan dari Nusa Penida yang menjadi destinasi wisata populer di kalangan wisatawan lokal maupun asing. Pulau ini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada Nusa Lembongan dan Nusa Penida dan terletak diantara keduanya. Nusa Ceningan memiliki bentangan alami yang begitu menakjubkan.

Akses yang digunakan untuk sampai ke pulau ini telah memadai. Terdapat sebuah jembatan kokoh yang membentang dari Nusa Ceningan ke Pulau Lembongan, biasa disebut dengan yellow bridge. Selain jalur darat, anda juga bisa menggunakan jalur laut dengan menaiki kapal nelayan. Anda cukup mengeluarkan biaya Rp 5000- Rp 10.000 untuk sekali penyebrangan.

Nusa Ceningan memiliki beragam destinasi wisata yang memanjakan mata. Salah satunya yaitu secret beach yang membentang sepanjang 50 meter dengan pasir putih. Disini disediakan titik-titik untuk snorkling dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Anda akan disuguhi pemandangan ekosistem terumbu karang dengan biota di sekitarnya.

Nusa Ceningan.
Image Credit: Klook.com

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi blue lagoon yang menjadi spot favorit bagi para wisatawan. Blue lagoon merupakan pantai yang terletak di teluk kecil dan memiliki tebing karang. Tempat ini sangat cocok untuk memicu adrenalin Anda. Anda dapat terjun bebas dari atas tebing yang curam untuk merasakan sensasi segar dari air blue lagoon.

Nusa Ceningan menyediakan fasilitas berupa penginapan dan tempat makan yang berjejer di tepi-tepi pantai. Anda tidak perlu membawa makanan dari rumah, sebab Anda dapat menemukan aneka macam makanan seperti snack, soto, seafood, dan lain sebagainya. Pulau ini memiliki keindahan alam yang tak kalah eksotis dengan pulau yang ada di Indonesia.

Lokasi: Desa Lembongan, Kec. Nusa Ceningan, Kab. Klungkung.

Itulah rekomendasi wisata pulau eksotis di Pulau Dewata Bali yang wajib Anda kunjungi. Keindahan panorama alam yang dimiliki pulau dewata ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata paling utama untuk dikunjungi, baik oleh pengunjung lokal maupun dari mancanegara. Semoga informasi diatas dapat semakin menambah wawasan dan pengetahuan Anda.