Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batunya, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali.

Ketika Anda berada di Pulau Bali, pantai dan hotel yang memiliki pemandangan alam memukau dan fasilitas lengkap menjadi hal yang tak asing. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa di Bali juga memiliki hotel yang terkenal dengan keangkerannya. Pondok Indah Bedugul dikenal sebagai hotel  berhantu di daerah Bali. Seperti apa bentuknya? Cari tahu faktanya disini!

Sekilas Tentang Pondok Indah Bedugul

Sekilas Pondok Indah Bedugul
Image Credit: Google Maps (Андрей Шабанов)

Saat berwisata ke Bali, mungkin Anda akan identik dengan panorama alam yang indah dan tempat menginap yang bagus. Namun, tahukah Anda jika terdapat salah satu hotel yang terkenal dengan suasana angkernya. Hotel tersebut adalah Pondok Indah Bedugul yang juga dijuluki sebagai Hotel Hantu.

Bangunan satu ini sebenarnya sangat megah. Namun sayang sekali menjadi terbengkalai dalam beberapa kurun waktu silam. Banyak versi pun bertebaran mengenai sejarah dan keberadaan dari hotel megah satu ini. Hingga saat ini, hotel yang ada di daerah Bedugul ini pun masih belum difungsikan kembali sebagai tempat penginapan.

Jika Anda melihatnya, Anda pun akan mendapati bahwa terdapat hotel yang masih berdiri dengan kokoh. Bangunannya pun masih utuh secara keseluruhan. Anda juga bisa melihat adanya patung ular yang berada di tengah hotel yang terlihat seram. Bahkan menimbulkan kesan yang angker dan juga lembab dan tidak terawat sangat jelas tergambar dari bangunan satu ini.

Daya Tarik Wisata ‘Hotel Hantu’ Bedugul

Daya Tarik ‘Hotel Hantu’
Image Credit: Twitter.com @ozradiobandung

1. Mengintip Bangunan dari Pondok Indah Bedugul

Saat berada di Bali, pastinya Anda pun akan melihat keindahan hotel hotel lengkap dengan fasilitasnya yang terbilang mewah sekaligus arsitekturnya yang eksotis. Akan tetapi, Anda juga perlu tahu bahwa terdapat salah satu hotel di daerah Bedugul yang terkenal akan keangkerannya.

Ketika Anda melihatnya, mungkin Anda akan mendapati sebuah hotel tua yang kental dengan nuansa khas Bali ini memang nampak terbengkalai dan tidak terurus. Hal ini terbukti dari adanya tumbuhan tumbuhan liar dan juga warna temboknya yang mulai memudar. Bahkan bangunannya pun terlihat agak rapuh.

Hotel yang tidak terurus ini, kabarnya dulunya merupakan hotel yang mewah dan setaraf dengan resort. Selain itu, kisah di balik hotel ini pun berhantu dan mistis. Untuk Anda yang penasaran akan bangunannya sendiri, maka Anda pun bisa melihatnya di Youtube atau gambar gambar yang beredar di dunia maya.

2. Viralnya Pondok Indah Bedugul

Setelah membahas sekilas tentang bangunan dari hotel mewah yang tidak terurus ini, hotel satu ini ternyata sempat viral beberapa tahun silam. Tepatnya di tahun 2015 lalu, ketika seorang traveler blogger yang berasal dari luar negeri yakni Jacob Laukaitis yang mengunggah video tentang hotel satu ini.

Di tahun 2015 tersebut, youtuber ini menemukan hotel mewah yang tidak terawat tersebut. Dengan unggahannya yang sempat viral, membuat banyak orang mulai mengetahui kondisi dari hotel yang konon kabarnya dibangun oleh Tommy Soeharto. Akan tetapi, karena satu dan dua hal, pembangunan hotel ini tidak dilanjutkan kembali dan bahkan katanya telah dijual ke orang lain.

Video yang viral ini memperlihatkan bahwa Jacob Laukaitis sedang melakukan penjelajahan sebuah hutan yang ada di Bali. Akan tetapi, semakin ia memasuki kawasan hutan tersebut, ia pun malah menemukan bangunan besar yang keberadaannya terlantar. Setelah dilihat dari dekat, ternyata bangunan tersebut adalah sebuah hotel.

Dalam video tersebut, ia juga menyebutkan bahwa tak ada manusia sama sekali di bangunan yang memiliki arsitektur khas Bali satu ini. bahkan terlihat atap atap yang jebol hingga cat tembok yang terkelupas yang ada di lokasi satu ini. selain itu, juga terdapat lorong yang gelap serta tangga yang sunyi.

Daya Tarik ‘Hotel Hantu’ Bedugul
Image Credit: Twitter.com @HarlemSulung

3. Sejarah Berdirinya Hotel

Untuk sejarah berdirinya bangunan satu ini memang cenderung agak sulit untuk diketahui. Umumnya warga sekitar menyebut bangunan ini sebagai The Ghost Palace Hotel. Namun nama asli dari bangunan ini sendiri sebenarnya adalah Pondok Indah Bedugul Taman Rekreasi Hotel and Resort.

Sejarahnya sendiri, banyak orang yang mengatakan atau skenario yang mungkin terjadi adalah bangunan satu ini dibangun pada tahun sekitar 1997. Bangunan satu ini dibangun lantaran sebagai salah satu proyek investasi yang dimiliki oleh Tommy Soeharto yang merupakan putra bungsu dari mantan Presiden kedua Indonesia yakni Soeharto.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pondok Indah Bedugul

Aktivitas di Pondok Indah Bedugul
Image Credit: Instagram.com @lida_soklakova

1. Jelajah Mistis

Apabila Anda memang termasuk salah satu orang yang memiliki rasa penasaran tinggi, tak ada salahnya untuk mengunjungi Pondok Indah Bedugul. Hal ini dikarenakan sebagian orang yang tertarik dengan nuansa mistis hotel memang kerap kali mengunjungi bangunan yang dapat dikatakan mangkrak ini.

Walaupun jika Anda melihatnya sekilas dari foto atau video yang beredar bahwa bangunan ini terlihat seram, akan tetapi ternyata banyak orang yang memang tertarik untuk datang. Bangunan hotel di Bedugul ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak resmi dari beberapa pengunjung yang haus akan rasa penasaran.

Tak hanya itu, kedatangan wisatawan ke tempat satu ini secara langsung, bukan hanya sekedar rasa penasaran saja. akan tetapi, wisatawan yang datang ke tempat satu ini juga bertujuan untuk menggugah suasana mistis yang ditemui di lokasi satu ini berdasarkan cerita dari satu orang ke orang yang lain.

2. Merekam Video

Salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan oleh pengunjung di area ini adalah melakukan perekaman video. Hal ini pula yang dilakukan oleh Youtuber luar negeri yang pertama kali menemukan bangunan ini. semenjak itu, beberapa orang juga datang sembari merekam video tentang suasana di lokasi satu ini.

Kemudian, setelah melakukan perekaman tersebut, mereka mengunggahnya di Youtube atau media sosial lainnya. Sehingga, dengan cara ini banyak orang luar yang juga mulai melihat dan mengetahui tentang bangunan yang terbengkalai satu ini. Oleh karena itu, tak heran jika keberadaan bangunan ini memang semakin terkenal.

Kisah Menarik dari Hotel Pondok Indah Bedugul

Kisah Hotel Pondok Indah
Image Credit: Google Maps (Дневник путешественника)

1. Terdapat Isu Bahwa Hotel Ini Milik Keluarga Cendana

Kisah pertama ini datang dari keluarga Cendana, dimana dikabarkan bahwa hotel in dibangun sebagai proyek investasi yang dimiliki oleh Tommy Soeharto pada sekitar tahu 1990 an. Ada juga yang menyebutkan bahwa hotel ini didirikan pada tahun yakni sekitar 1997.

Akan tetapi, karena Tommy Soeharto dipenjara, maka pembangunan dari hotel ini pun terbilang mandek atau berhenti. Dimana saat itu Tommy Soeharto dipenjara pada tahun sekitar 2002 lantaran dinyatakan bersalah karena memerintahkan untuk membunuh seorang hakim di Mahkamah Agung.

Hal ini dikarenakan Tommy Soeharto dikabarkan membunuh sang hakim. Sebab, Tommy ketahuan melakukan tindak pidana korupsi. Oleh karena itu, proyek pembangunan dari Pondok Indah Bedugul Taman Rekreasi Hotel and Resort yang dimiliki oleh Tommy ini tidak dilanjutkan kembali.

2. Kisah yang Berasal Dari Warga Sekitar

Selain kisah dari keluarga Cendana, tepatnya dari Tommy Soeharto, ada pula kisah lain yang berasal dari warga sekitar. Kabarnya Pondok Indah Bedugul Taman Rekreasi Hotel and Resort ini dulunya merupakan sebuah penginapan yang telah beroperasi secara aktif. Bahkan banyak tamu memang telah menginap di hotel satu ini.

Akan tetapi, menurut warga setempat, tamu tamu yang ada dan menginap di hotel satu ini secara tiba tiba menghilang. Hal ini dikarenakan muncul dugaan bahwa penghuni tersebut diganggu oleh makhluk astral yang ada di hotel satu ini. itulah cerita yang beredar di masyarakat setempat.

3. Adanya Rencana Pembangunan

Kabarnya, kisah hotel yang angker dan sarat akan cerita mistis ini akan segera berakhir. Hal ini dikarenakan adanya rencana dari pemerintah setempat yang ingin mengubah dan melakukan renovasi dari hotel satu ini agar bisa dihuni. Adapun rencananya hotel yang mangkrak ini pun akan dijadikan hotel mewah yakni bersama The Bedugul Sunrise.

Dengan rencana dari pemerintah tersebut, renovasi satu ini memiliki tujuan agar nantinya hotel tersebut mampu berfungsi sebagai penunjang pariwisata yang ada di sekitar daerah Bedugul. Seperti yang Anda ketahui, Bedugul adalah salah satu kawasan di Bali yang memiliki wisata dan juga pemandangan indah.

Bahkan rencana pembangunan dan penataan ulang dari hotel satu ini akan dibangun dengan hotel yang memiliki standar internasional dan juga dilengkapi dengan fasilitas super mewah. Ditaksir harga untuk pembangunnya pun hingga mencapai 200 miliar rupiah. Oleh karena itu, hal ini diharapkan dapat mengubah citra dan image dari hotel satu ini.

Itulah hal yang perlu Anda tahu tentang Hotel Pondok Indah Bedugul. Hotel yang memiliki kesan seram ini akan dibangun menjadi penginapan mewah, sehingga nantinya akan menjadi salah satu tempat yang bagus dan mampu menghilangkan unsur angker yang selama ini menjadi image dari hotel yang ada di Bedugul ini.