Pulau Nusa Penida tidak hanya memiliki wisata pantai. Pohon Cinta Mati Nusa Penida menjadi salah satu destinasi terbaik dan cukup unik untuk dikunjungi yang berada dekat dari Pantai Kelingking Secret Point.

Lokasi: Karang Dawa, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.
Map: Cek Lokasi

Pohon Cinta Nusa Penida merupakan salah satu wisata Bali, tepatnya ada di Kabupaten Klungkung. Keindahan dari tempat wisata ini menjadikannya dijuluki dengan The Golden of Bali. Terkait dengan penamaan pohon cinta, belum ditemukan penyebab yang jelas. Hanya saja diketahui bahwa pohon tersebut merupakan pohon tua biasa yang tetap berdiri tegak walaupun sudah tak lagi berkulit.

Keindahan yang ditawarkan dari tempat wisata ini terbilang cukup unik dan sedikit berbeda dengan tempat wisata yang lain. Wisatawan dapat menikmati keindahan tempat di sekitar pohon cinta dengan menaikinya. Di samping itu, jika Anda berkunjung di tempat ini, Anda juga bisa bersanta di padang rumput yang ada di sekitar pohon. Kebanyakan wisatawan duduk santai di sini bahkan berbaring.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung di tempat ini merupakan kalangan anak muda. Banyak dari mereka yang tidak melewatkan kesempatan untuk memanjat pohon tua tersebut. meskipun dinaiki beberapa kali, pohon tetap tidak menunjukkan tanda-tanda tidak kuat menahan beban. Sehingga wisatawan tak merasa khawatir pohon tersebut akan roboh secara tiba-tiba.

Daya Tarik yang Dimiliki Pohon Cinta

Daya Tarik Pohon Cinta
Image Credit: Instagram.com @septysm

1. Pohon Tua

Pohon Cinta ini merupakan pohon yang biasa, namun usianya sudah sangat tua. Tidak hanya itu, pohon tersebut juga sudah memiliki daun satu pun, kulit maupun gulma juga sudah tak lagi tumbuh pada batang pohon. Terdapat ranting yang melengkung ke arah kiri. Bentuk inilah yang membuat wisatawan baik dari dari dalam maupun luar negeri tertarik untuk menaikinya.

Bahkan, terdapat beberapa bagian yang telah lapuk dan tak memiliki banyak cabang. Akan tetapi, dengan kondisi tersebut, pohon ini tetap bisa berdiri kokoh. Bentuknya yang demikian merupakan murni terbentuk secara alami tanpa adanya campur tangan manusia dalam membentuk dahan di batang pohon tersebut.

2. Lokasinya yang Menarik

Tempat tumbuhnya pohon cinta ini ada di bagian atas tebing dan letaknya berhadapan dengan laut lepas di Samudera Hindia. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung datang ke tempat ini. Wisatawan yang berkunjung biasanya memanjat pohon ini untuk menikmati keindahan pantai di sekitar lokasi wisata ini.

Daya Tarik Pohon Cinta Bali
Image Credit: Instagram.com @debbycoralia

3. Pemandangan yang Menarik

Ketika Anda memanjat pohon, Anda dapat menikmati panorama indah dari berbagai tempat. Bahkan dari pohon ini, Anda bisa melihat panorama bukit bolong atau yang kerap disebut dengan Bukit Banah. Bukit tersebut terletak di tengah laut. Pemandangan inilah yang menjadi tambahan keistimewaan dari wisata ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pohon Cinta

Lokasi Pohon Cinta
Image Credit: Instagram.com @gwnnyln

Nusa Penida sendiri memiliki beragam tempat wisata, sehingga letak pohon cinta Nusa Penida tak jauh dengan lokasi wisata yang lain seperti Pantai Kelingking. Letaknya ada di daerah Karang Dawa yang termasuk dalam Kecamatan Nusa Penida. Jika Anda dari Pelabuhan Sanur, Anda bisa sampai di tempat ini dengan menaiki fast boat.

Selain fast boat, Anda juga bisa menggunakan transportasi lain yaitu perahu atau yang dikenal dengan sebutan jukung. Terdapat biaya sewa jukung yang harus Anda bayarkan, yaitu sejumlah Rp 40.000 dengan waktu tempuh 1,5 jam. Namun, jika dari Padang Bai Anda bisa menggunakan speed boat dengan tarif Rp 45.000 ataupun kapal feri dengan tarif Rp 30.000 dan waktu tempuhnya mencapai 1 jam.

Lokasi ini memang dapat ditempuh dari berbagai pelabuhan di sekitar daerah tersebut. Jika dari Pelabuhan Maruti, Anda akan menempuh jarak sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit. Dari Pelabuhan Kapal Roro, jarak yang harus ditempuh mencapai 20 kilometer dan dapat sampai dalam waktu 50 menit.

Dari Pelabuhan Toya Pakeh memerlukan waktu perjalanan 40 menit dengan jarak sekitar 15 kilometer. Dari Pelabuhan Sampalan jarak yang harus ditempuh yaitu 20 kilometer dengan waktu selama 50 menit. Sedangkan dari Pelabuhan Buyuk Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 19 kilometer dengan memakan waktu sekitar 50 menit.

Letak pohon cinta sebenarnya susah sangat populer di media sosial, sudah banyak yang berfoto di sini. Lokasi tumbuhnya pohon ini sebenarnya masih di wilayah yang berdekatan dengan lahan parkir wisata Pantai Kelingking. Sehingga Anda dapat menikmati dua tempat wisata dalam sekali kunjungan. Selain menghemat waktu, juga bisa menghemat budget untuk parkir maupun keperluan yang lain.

Untuk memudahkan perjalanan Anda sampai di lokasi wisata, Anda bisa menggunakan sewa mobil. Biaya yang harus dikeluarkan untuk sewa mobil tersebut yaitu Rp 600.000. Biaya tersebut sudah termasuk harga bahan bakar serta ongkos sopir kendaraan.

Dengan menyewa mobil beserta sopirnya, maka Anda sudah tak perlu bingung lagi terkait rute menuju lokasi. Sebab sopirlah yang akan mengantarkan Anda hingga sampai di tempat wisata. Bahkan Anda juga menanyakan beberapa hal terkait lokasi di sekitar pohon cinta, sehingga Anda bisa mengunjungi tempat lain yang letaknya berdekatan dengan tempat ini.

Harga Tiket Masuk Pohon Cinta Nusa Penida

Harga Tiket Pohon Cinta Nusa Penida
Image Credit: Thenusapenida.com

Perlu Anda ketahui, untuk masuk di lokasi wisata pohon cinta, Anda tidak dikena biaya tiket masuk. Sehingga pengunjung bisa bebas datang ke tempat ini tanpa harus menyiapkan budget khusus untuk tiket masuk. Hanya saja jika Anda ingin menaiki pohon, Anda akan dikenakan biaya sejumlah Rp 5.000. Biaya tersebut sangat murah dibanding dengan pemandangan yang bisa Anda nikmati dari atas pohon.

Pohon mati ini juga dapat dikunjungi kapanpun dalam 24 jam. Namun, sebagian besar wisatawan berkunjung ketika pagi hingga sore hari supaya bisa menikmati keindahan pemandangan alam di sekitar. Untuk sampai di tempat ini, Anda dapat mengikuti alur jalan seperti ketika Anda akan menuju Pantai Kelingking. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berpanduan pada petunjuk arah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pohon Cinta Mati

Kegiatan Menarik di Pohon Cinta Mati
Image Credit: Instagram.com @_wiwiyandika

1. Berfoto

Pengunjung banyak mengambil foto wisata di tempat ini. Posisinya yang unik menjadikan tempat ini sebagai spot foto menarik bagi para wisatawan. Dengan latar belakang foto berupa luasnya Pantai Kelingking, menjadikan gambar yang dihasilkan semakin tampak indah.

Tempat ini menjadi lokasi spot foto yang sangat instagrammable karena keunikan bentuknya. Bahkan tak jarang dari pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi pemotretan prewedding.

2. Memanjat Pohon

Tak jarang pengunjung yang hadir di tempat ini tertarik untuk memanjat pohon cinta ini. dari atas pohon, pengunjung dapat menikmati sajian panorama alam yang begitu indah. Bahkan dari tempat ini juga dapat dilihat Pantai Banah meskipun letaknya cukup jauh.

Berbagai posisi dilakukan oleh pengunjung, baik duduk ataupun berdiri di atas pohon. Namun, bagi Anda yang takut akan ketinggian, Anda cukup berada di bawah pohon saja. Jika Anda ingin mengabadikan momen ini, Anda bisa mengambil foto di mana Anda ada di bawah pohon tersebut.

Namun demikian, bagi Anda yang berani memanjat pohon cinta juga tetap harus berhati-hati. Jangan sampai hanya untuk mengambil pose foto menarik justru dapat membahayakan keselamatan Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pohon Cinta Nusa Penida

Fasilitas di Pohon Cinta Nusa Penida
Image Credit: Nusapenidabesttour.com

1. Tangga Kayu

Tangga ini digunakan sebagai piranti memanjat yang biasa dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung. Tangga ini terbuat dari kayu dan aman untuk digunakan. Hal ini terbukti dari pengalaman banyak wisatawan yang berkunjung dan memanjat pohon tersebut.

Akan tetapi, pohon ini hanya boleh dinaiki oleh satu orang, sehingga jika Anda tertarik, harus bergantian dengan wisatawan yang lain. Di samping itu, Anda juga harus bersabar, sebab tidak sedikit yang berminat untuk mencoba menaiki pohon cinta ini untuk melihat keindahan dari atas pohon dan mengambil beberapa foto.

2. Tempat Makan

Anda dapat menemukan tempat makan yang lokasinya tidak begitu jauh dari Pohon Cinta Nusa Penida. Beberapa diantaranya ada di sekitar Pantai Kelingking. Di berbagai tempat makan yang ada, Anda bisa mencicipi berbagai hidangan kuliner khas daerah setempat.

3. Toilet

Destinasi ini juga menyediakan fasilitas berupa toilet. Letaknya juga cukup dekat lokasi wisata. Sehingga Anda tidak perlu pergi jauh untuk menemukan toilet. Kebutuhan akan fasilitas toilet di tempat wisata sangat diperlukan, sehingga sebelum Anda datang ke suatu tempat, Anda harus memastikan bahwa di sana ada fasilitas berupa toilet.

4. Lahan Parkir

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, mereka dapat menitipkannya pada petugas parkir. Mereka akan menjaga keamanan dari kendaraan Anda ketika Anda masih menikmati aktivitas wisata di sekitar lokasi wisata pohon cinta.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dengan siapapun, baik keluarga, pasangan, ataupun sahabat. Anda dapat menghabiskan waktu bersama di tempat ini sembari bersantai dan menikmati keindahan panorama di sekitar pohon ini. Berwisata di pohon cinta juga bisa memperkaya pengalaman wisata serta menambah koleksi foto yang cukup unik untuk beranda media sosial Anda.