Pemandian Air Panas Banyuwedang, tempat berendam air hangat sambil melihat pemandangan pantai di Buleleng Bali. Menghadirkan suasana menyenangkan berendam di kelilingi hutan mangrove.

Lokasi: Pejarakan, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng.
Map: Cek Lokasi

Pemandian air panas menjadi alternatif baru kegiatan wisata yang dapat dilakukan ketika berlibur ke Bali. Salah satu objek wisata pemandian air panas yang masih tergolong baru ada di Desa Pejarakan, Buleleng. Pemandian ini berdiri mulai tahun 2017. Pembukaannya dilakukan pada tanggal 27 Oktober.

Destinasi ini memiliki luas sebesar 20 are dengan dua buah kolam renang. Kolam renang pertama kolam yang diperuntukan untuk orang dewasa memiliki ukuran 14 x 6 meter. Kolam lainnya berukuran 2 x 3 meter biasa digunakan oleh anak-anak.

Tidak hanya memiliki panorama yang menenangkan, kawasan ini dikelilingi oleh berbagai spot yang menarik. Dari pemandian Banyuwedang, pengunjung dapat langsung melihat ke area pemandangan pantai dan hutan mangrove.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Air Panas Banyuwedang

Daya Tarik Wisata Air Panas Banyuwedang
Image Credit: Google Maps (Gipsy Ayu)

1. Lokasinya Berada Dekat Pantai

Pemandian air panas yang ada di Bali rata-rata terletak di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Namun, salah satu keunikan yang dimiliki pemandian ini adalah letaknya yang dekat dengan pantai. Tidak banyak pemandian air panas di Bali yang memiliki lokasi dekat dengan laut.

Anda akan disuguhi dengan pantai berpasir putih dan laut dengan air yang tenang. Warna biru laut akan menambah ketenangan yang Anda cari. Membuat Anda lebih rileks dan dapat menikmati suasana dengan lebih baik. Pemandangan lain yang dapat dinikmati adalah hamparan hutan bakau kehijauan.

Suasana di dekat pantai tidak membuat kolam air panas Banyuwedang didatangi banyak orang. Sehingga untuk wisatawan yang mencari ketenangan, tempat ini masih sangat direkomendasikan.

2. Memiliki Khasiat Tertentu

Air yang berada di pemandian ini diyakini memiliki khasiat khusus. Khasiat ini datang dari kandungan belerang yang dimiliki air sangat tinggi. Kandungan belerang yang tinggi membuat warna air di kolam menjadi lebih keruh dibanding air biasa.

BACA JUGA:  Danau Tamblingan - Danau Eksotis & Menawan di Lereng Gunung Lesung

Bukan hanya berpengaruh pada warna air yang menjadi lebih pekat, belerang membuat air memiliki bau khas belerang. Sejauh ini, kandungan belerang dipercaya membantu pengunjung mengobati penyakit kulit yang diderita. Juga memberi manfaat mempercantik kulit.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Air Panas Banyuwedang
Image Credit: Google Maps (Gipsy Ayu)

Air panas di pemandian ini memiliki rata-rata suhu hingga 40 derajat. Wisatawan yang berkunjung memiliki tujuan masing-masing. Beberapa wisatawan bertujuan rileksasi dan terapi untuk tujuan kesehatan. Khusus untuk pengunjung yang datang untuk rileksasi, pengelola telah menyediakan kamar yang lebih tertutup.

Air hangat juga memiliki manfaat untuk terapi penyakit rematik. Menyenangkan bukan, tidak hanya mendapat kebahagiaan saat liburan namun juga kesehatan.

3. Berasal dari Sumber Alami

Air yang digunakan untuk mengisi kolam di pemandian Banyuwedang ini ternyata berasal dari sumber air alami yang ada di sekitar pantai. Sumber air ini menghasilkan air panas alami yang kemudian dialirkan menuju kolam.

Uniknya, sumber air ini terus mengalir di bawah air walaupun kondisi air laut sedang pasang. Untuk menghindari tercampurnya air hangat dengan air laut, pengelola membuat tanggul untuk menahan guyuran air panas ini. Sumber air ini memiliki volume yang sangat besar ketika mengalir.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pemandian Banyuwedang

Harga Tiket Pemandian Banyuwedang
Image Credit: Google Maps (Sasha India)

Untuk sampai ke lokasi pemandian, wisatawan memerlukan waktu sekitar 3,5 jam jika berangkat dari Nusa Dua atau Jimbaran. Lokasi tepat pemandian ini adalah Desa Pejarakan yang masuk wilayah Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng. Sementara dari Kota Singaraja, destinasi berjarak 60 km.

Akses menuju lokasi wisata ini terbilang cukup mudah. Jalannya merupakan salah satu rute yang dilewati angkutan umum. Sehingga pengunjung yang tidak memiliki kendaraan pribadi dapat menggunakan angkutan umum. Anda dapat menggunakan bus dan turun di kecamatan Gerokgak, kemudian turun dan menggunakan ojek untuk sampai ke lokasi.

Jika berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk, Anda akan menempuh jarak sejauh 20 km. Lokasi pemandian ini ada di barat Buleleng. Ada dua rute yang bisa dipilih hingga sampai ke lokasi. Jika Anda berangkat dari Denpasar, jalan yang bisa dilewati adalah jalan Denpasar Bedugul Singaraja atau rute Denpasar Tabanan dan Jembrana.

Pemandian ini menyediakan dua jenis kamar untuk mandi. Hal ini membuat tiket masuk memiliki harga yang berbeda. Untuk masuk ke destinasi ini, pengunjung harus membayar Rp 10.000 per orang untuk pemandian umum baik anak-anak maupun dewasa. Serta Rp 25.000 per orang untuk masuk kamar mandi private.

BACA JUGA:  Indahnya Wanagiri Hidden Hill, Objek Wisata Hits di Buleleng Bali

Pengunjung dapat datang pada sepanjang minggu mulai dari hari senin hingga minggu pada saat jam operasional. Anda dapat datang pada pukul 07.00 hingga 20.00 WITA.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Panas Banyuwedang

Kegiatan di Air Panas Banyuwedang
Image Credit: Google Maps (Sasha India)

1. Berendam di Dalam Kolam

Merendamkan diri di air hangat dapat memberi manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh. Manfaat yang dapat dirasakan dapat menyentuh ranah kesehatan.

Berendam di air belerang diyakini memberi manfaat pada kesehatan kulit. Bukan hanya menambah kesehatan kulit, melainkan dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Namun, tentu saja manfaat ini dapat dirasakan jika pengunjung melakukan perendaman dengan rutin.

2. Rileksasi

Suasana di sekitar pemandian yang menenangkan akan membantu Anda beristirahat dengan tenang. Hijaunya alam akan memberikan efek pada perasaan tenang yang hadir dalam benak pengunjung. Suasana sejuk pegunungan akan menambah hikmat proses rileksasi yang pengunjung lakukan.

Suara deburan ombak yang terdengar dari kawasan wisata, putihnya pasir pantai yang terlihat dari kejauhan dan hutan mangrove akan membantu Anda menenangkan pikiran. Hanya dengan melihat pemandangan tersebut, Anda akan terbantu untuk lepas dari penat.

Anda dapat menikmati waktu hanya untuk Anda sendiri. Berfikir tentang segala yang telah dilewati dan berterima kasih pada diri sendiri karena telah berjuang hingga hari ini. Diri Anda yang telah bertahan hingga detik ini harus diberi penghargaan salah satunya dengan melakukan kegiatan rileksasi ini.

Pastikan Anda pulang dengan diri baru yang lebih berani menghadapi masa depan dan lepas dari beban masa lalu. Terkadang, alam menjadi tempat terbaik untuk mengingat kembali tujuan hidup. Dan alam jadi kawan yang terbaik untuk melepas segala penat yang terasa dari kehidupan yang berat.

3. Menikmati Suasana

Di area wisata pemandian air panas Banyuwedang, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang asri dan sejuk. Sehingga ketika Anda melakukan aktivitas, rasanya seperti kembali bersatu dengan alam.

Letak kolam yang dekat dengan hutan mangrove memberikan kesan lebih dekat dengan alam. Anda dapat melihat struktur dari pohon mangrove dengan lebih detail. Atau hal lain yang sebelumnya belum pernah Anda coba. Inilah kesempatan untuk memberi waktu hanya untuk diri Anda dan alam.

BACA JUGA:  Air Terjun Banyumala, Indahnya Air Terjun Tersembunyi di Buleleng Bali
Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Panas Banyuwedang
Image Credit: Google Maps (Discover Earth)

Fasilitas berupa gazebo yang tersebar di berbagai titik wisata pemandian juga dapat dimanfaatkan untuk menikmati suasana di destinasi ini. Terkadang, untuk menikmati sesuatu manusia hanya harus diam dan tak melakukan apa-apa.

Pengunjung dapat hanya duduk santai dan makan makanan favorit sambil mengamati suasana sekitar. Dapat pula ditambahkan dengan menyetel musik kesayangan agar suasana dapat hidup.

4. Mandi di Pancuran

Berada di sebuah kolam yang luas, dengan air yang jernih dan pancuran air di sekeliling kolam membuat Anda dapat melakukan berbagai hal. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mandi di bawah pancuran air.

Mandi dengan cara demikian akan membantu Anda melakukan terapi terhadap kepala Anda. Anda dapat menikmati segarnya air hangat di tengah sambil melihat pantai dan hutan mangrove.

5. Berfoto

Tidak lengkap rasanya jika Anda melakukan liburan tanpa menghasilkan dokumentasi apapun. Foto menjadi sebuah dokumentasi yang dapat diambil saat berkegiatan. Anda dapat memanfaatkan berbagai spot untuk mengambil gambar. Pastikan gambar yang Anda ambil adalah gambar yang terbaik.

6. Berbicara dari Hati ke Hati

Suasana yang sedikit sepi dan tenang memberikan kesempatan untuk pengunjung yang datang dengan pasangan atau sahabat untuk berbicara dari hati ke hati. Kesempatan membicarakan hal tertentu terkadang sangat sulit dicari.

Berbincang sambil berendam mungkin adalah alternatif kegiatan yang dapat pengunjung lakukan untuk menghabiskan waktu. Sambil menikmati hangatnya air yang memberi manfaat pada tubuh, pengunjung dapat membicarakan hal-hal yang sebelumnya tak tersampaikan.

Fasilitas yang Tersedia di Pemandian Air Panas Banyuwedang

Fasilitas Pemandian Air Panas Banyuwedang
Image Credit: Google Maps (Barq Bansukend)

Pemandian air panas ini telah memiliki beberapa fasilitas yang dapat dibilang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung ketika berwisata. Fasilitas yang tersedia di sekitar area wisata diantaranya tempat kuliner yang menjual makanan dan minuman serta penginapan. Untuk Anda yang membawa kendaraan, telah tersedia area parkir yang cukup luas.

Di dalam penginapan, Anda dapat menemukan fasilitas toilet, ruang ganti dan tempat istirahat. Tersedia pula area berendam yang lebih privat jika Anda menginginkannya. Ada pula loker untuk menyimpan barang-barang serta gazebo untuk tempat beristirahat.

Pemandian air panas Banyuwedang merupakan destinasi yang unik. Merendam diri di air hangat dengan panorama pantai dan hutan mangrove yang indah akan menjadi pengalaman yang tidak dapat dilupakan pengunjung.