Bali memiliki beberapa pilihan tempat wisata kolam air panas, salah satunya pemandian Air Panas Banjar di Singaraja. Tempat berendam nyaman dikelilingi taman tropis dan dilengkapi tempat kuliner.

Lokasi: Jl. Banjar, Banjar, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.
Map: Cek Lokasi

Pemandian air panas Banjar Singaraja atau Banjar Hot Spring merupakan salah satu tempat wisata di sisi utara Bali. Memiliki kolam air panas alami dengan beberapa tingkat kedalaman. Bangunan di sekitar kolam dibuat dengan cantik dan bergaya arsitektur khas Bali.

Tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pengunjung dapat menikmati sensasi berendam di kolam air panas dengan pemandangan asri di sekelilingnya. Pengelola juga sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap di tempat ini sehingga pengunjung akan lebih nyaman.

Pemandian air panas di barat Buleleng ini bisa dikunjungi setiap hari. Tempatnya bagus dan cocok untuk liburan bersama teman maupun keluarga. Pengunjung dapat menikmati pemandangan dan daya tarik lainnya dari wisata air panas alami ini.

Daya Tarik Wisata Air Panas Banjar Singaraja

Daya Tarik Wisata Air Panas Banjar
Image Credit: Google Maps (Jacky Vershubsky)

1. Kolam Air Panas Alami

Daya tarik dari tempat wisata ini tentu saya mata air alaminya yang memiliki suhu lebih hangat. Keberadaannya sudah ada sejak lama dan digunakan untuk berendam oleh masyarakat sekitar. Pengunjung tidak hanya akan disuguhkan dengan satu kolam air panas, melainkan 3 kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Kolam utama atau yang paling besar memiliki kedalaman 1-2 meter. Area yang dekat dengan pancuran lebih dangkal. Bentuk kolamnya berundak dengan bagian atas berupa kolam yang lebih kecil dan lebih dangkal.

Kolam air panas yang paling luas memiliki panjang sekitar 12meter dengan lebar 10meter. Wisatawan dewasa biasanya berenang di kolam yang paling besar ini. Sementara untuk kolam di atasnya hanya berukuran panjang 12 meter dan lebar 1,5 meter dengan kedalaman 1,5 meter.

Terpisah dari dua kolam berundak, terdapat kolam air panas ketiga yang tidak terlalu dalam. Memiliki pancuran mata air panas dengan kedalaman kolam sepinggang orang dewasa.

2. Pemandangan yang Asri

Tempat pemandian air panas Banjar dikelilingi oleh banyak tumbuhan hijau. Memberikan kesan asri dan lebih teduh di kawasan wisata alam Banjar Hot Spring. Wisatawan dapat menikmati hijaunya pepohonan di sekitar kolam ini sambil berendam di air panas.

Daya Tarik Wisata Air Panas Banjar Singaraja
Image Credit: Google Maps (Bernard Baliadvisor)

3. Suasana Pedesaan Bali

Saat memasuki tempat wisata ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan kolam yang dibangun dengan arsitektur khas Bali. Pancuran dengan bentuk kepala naga menjadi ciri khas dari kolam-kolam alami yang ada di Pulau Dewata ini.

Suasananya begitu tenang, khas pedesaan Bali. Memberikan suasana damai untuk setiap pengunjung yang datang, walaupun saat musim liburan tempat ini menjadi lebih ramai. Jika Anda menginginkan ketenangan, sebaiknya datang di hari-hari biasa dan hindari datang pada akhir pekan atau musim liburan.

4. Fasilitas yang Lengkap

Daya tarik tempat wisata ini adalah fasilitas di dalamnya yang sudah lengkap. Pengelolaan wisata air panasnya cukup bagus dengan beberapa fasilitas yang disediakan untuk pengunjung.

Salah satunya adalah Jacuzzi yang dapat dijumpai di pemandian air panas ini. Pengunjung dapat menikmati sensasi berendam di kolam air panas dengan lebih privasi. Lokasinya berada di dekat pintu masuk dengan layanan pinjat Bali.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Kolam Air Panas Banjar

Lokasi Air Panas Banjar
Image Credit: Google Maps (Carlos Gumiel Puy)

Banjar Hot Spring berada sekitar 19km di arah barat dari Singaraja. Lokasi ini dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dari ibu kota Buleleng tersebut. Tempat pemandian air panas berada dalam satu kawasan dengan Pantai Lovina, Singaraja.

Sedangkan untuk Anda yang berada di daerah Kuta, pemandian ini bisa ditempuh sekitar 3 jam. Perjalanannya bisa lebih lama apabila terjadi kemacetan. Pada akhir pekan dan musim liburan, jalanan di daerah Kuta akan ramai dan macet. Selain itu, tempat pemandian air panas ini juga biasanya akan penuh dengan wisaawan.

Tempat ini menawarkan wisata air panas alami yang bisa menjadi liburan murah meriah di Bali. Setiap pengunjung yang ingin menikmati sensasi pemandian air panas hanya perlu membayar Rp 20.000,- dan Rp 10.000,- untuk pengunjung anak-anak.

Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Biaya parkir pengunjung adalah Rp 3.000,- untuk roda dua dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pemandian Air Panas Banjar

Kegiatan di Pemandian Air Panas Banjar
Image Credit: Google Maps (raden fr)

1. Berendam di Kolam Air Panas

Mengunjungi tempat wisata ini tentu wajib mencoba berendam di kolam air panasnya. Anda bisa memilih kolam yang di atas atau di bawah. Jika ingin sekedar berendam untuk rileksasi, Anda bisa mencobanya di kolam yang berada di atas.

Air yang mengandung sulfur di kolam ini dapat memberikan sensasi menenangkan untuk tubuh. Suhu airnya yang hangat dapat membantu melepas pegal-pegal, meregangkan otot, hingga membuat tubuh Anda kembali segar.

Bagi Anda yang membawa anak-anak, sebaiknya memilih kolam air yang dangkal sehingga lebih aman. Kolam air panas yang ada di sebelah kolam besar, tidak begitu dalam sehingga bisa untuk berendam anak-anak.

2. Menikmati Pancuran

Setiap kolam yang ada di Pemandian Air Panas Banjar memiliki beberapa pancuran yang mengalirkan air dari sumber mata air panas alami. Anda bisa membalikkan tubuh dan membiarkan punggung Anda dipijat oleh aliran air panasnya. Badan akan lebih rileks dan rasa lelah pung hilang.

Terdapat 8 pancuran di kolam yang paling atas. Sedangkan untuk kolam yang paling besar juga memiliki beberapa pancuran. Selain mengobati pegal-pegal, air panas alami di pemandian ini juga dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit kulit.

3. Berenang

Kolam utama yang paling luas bisa menjadi tempat untuk Anda berenang. Kedalamannya bervariasi, semakin jauh dari pancuran, maka semakin dalam. Hati-hati saat berenang di kolam besar ini. Jika tidak terlalu mahir, sebaiknya pilih berenang di kolam yang lebih dangkal saja.

Wisatawan yang senang berenang juga disarankan untuk tidak terlalu lama menyelam. Apabila terlalu lama, mata bisa menjadi memerah. Jika masih ingin memanjakan tubuh dengan air panasnya, Anda bisa berendam dan menikmati pancuran air panas di ujung kolam ini.

Kegiatan Menarik di Pemandian Air Panas Banjar
Image Credit: Google Maps (Mohammad Kamil Ardiansyah)

4. Relaksasi di Jacuzzi

Kegiatan lain yang bisa dilakukan pengunjung adalah menikmati kolam air panas pribadi. Anda bisa berendam santai dan menikmati pijatan di fasilitas Jacuzzi yang sudah disediakan. Kolam ini berada di paling atas dan terpisah dari kolam air panas lainnya sehingga Anda bisa mendapatkan privasi lebih baik.

Pengunjung juga bisa mencoba lulur dan pijat tradisional Bali. Pijatan yang akan membuat tubuh nyaman dan kembali segar. Jika tertarik, wisatawan perlu membayar lagi untuk menikmati Jacuzzi ini.

5. Bersantap di Restoran

Selain kolam air panas, wisatawan juga bisa menikmati kuliner di restoran yang ada di kawasan wisata ini. Restoran dengan gaya semi outdoor yang memiliki kapasitas hingga 50 pengunjung. Suasananya restoran pun sangat kental dengan budaya Bali dengan desain bangunan dan dekorasi yang khas Bali.

Setelah puas mandi dan berenang, Anda bisa bersantap di restoran ini. Tersedia banyak pilihan menu termasuk western food. Menu Indonesia yang bisa Anda coba antara lain ayam goreng, telur dadar, soto ayam, dan masih banyak lagi.

6. Berfoto

Saat mengunjungi Air Panas Banjar di Singaraja Bali pastinya harus berfoto-foto, termasuk saat berada di tempat wisata pemandian air panas ini. Pemandangan kolam dan juga hijaunya pepohonan di sekitar bisa menjadi latar apik untuk foto Anda.

7. Berburu Oleh-Oleh

Sebelum pulang dan meninggalkan tempat wisata ini, jangan lupa untuk mampir ke toko-toko souvenir. Banyak toko oleh-oleh yang berdiri di sekitar tempat wisata ini. Anda bisa menemukannya di sepanjang jalan menuju pintu masuk Banjar Hot Spring.

Toko oleh-oleh di sini umumnya menjual pernak-pernik dan kerajinan tangan khas Bali. Anda bisa menawar untuk mendapatkan harga terbaik.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Air Panas Banjar Singaraja

Fasilitas di Wisata Air Panas Banjar
Image Credit: Google Maps (Carlos Gumiel Puy)

Fasilitas tempat parkir yang ada di objek wisata Banjar Hot Spring ini cukup luas. Area parkir untuk sepeda motor dan mobil lokasinya tidak jauh dari pintu masuk.

Fasilitas di dalam tempat wisata ini juga sudah lengkap, seperti loker dan ruang ganti. Pengunjung bisa berganti pakaian sebelum dan sesudah mandi di kolam ini. Tersedia juga loker untuk wisatawan yang ingin menitipkan barang-barangnya dengan lebih aman.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir karena toilet sudah disediakan. Fasilitas lainnya adalah warung makan yang berada tidak jauh dari lokasi pemandian air panas. Setelah puas mandi dan berendam, Anda bisa mengisi perut di warung-warung terdekat. Jangan lupa untuk mampir ke toko souvenir yang ada di tempat wisata ini.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai Banjar Hot Spring atau pemandian air panas Banjar di Singaraja, Buleleng. Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan liburan Anda bersama teman maupun keluarga. Nikmati kolam air panasnya yang mengandung sulfur untuk relaksasi tubuh yang pegal-pegal dan lelah.