Pemandian Air Panas Angseri yang memukau sebagai tempat terapi relaksasi. Kolam air panas alami yang berlokasi di tengah hutan bamboo dan menawarkan pemandangan sawah terasering.

Lokasi: Angseri, Bangli, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.
Map: Cek Lokasi

Pemandian Air Panas Angseri merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di pulau Dewata. Wisata pemandian air panas ini memiliki daya tarik yang besar karena letaknya di wilayah pegunungan. Objek wisata dengan air panas alami serta panorama alam yang memikat menjadikannya tempat ideal untuk liburan.

Objek wisata ini menawarkan pengalaman berendam yang berbeda. Tatanan bangunan yang bagai menyatu dengan alam membuat wisatawan ingin lebih lama berada di objek wisata Air Panas Angseri. Di sepanjang perjalanan menuju objek wisata ini, wisatawan akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah berupa sengkedan sawah.

Objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Wisatawan yang datang pun bervariasi ada yang berasal dari lokal maupun internasional. Selain pemandangan alam hijau dan asri, objek wisata kolam air panas ini menyediakan berbagai macam fasilitas yang pastinya akan membuat wisatawan merasa lebih nyaman.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Angseri Tabanan

Daya Tarik Pemandian Air Panas Angseri
Image Credit: Google Maps (dini pratiwisari)

Berada di Tabanan Bali, pemandian air panas ini mulai beroperasi sejak tahun 2007. Objek wisata ini berada di tengah hutan bambu. Dilengkapi dengan kebun yang tertata apik serta daerah persawahan yang dapat dilihat dari kawasan pemandian ini akan membuat wisatawan terpukau.

Suasana kawasan wisata yang masih sejuk serta hangatnya air panas alami pegunungan menjadi kombinasi yang paripurna. Berendam dengan latar panorama hijau yang membentang, Wisatawan akan dibuat puas berendam di lokasi ini. Di kawasan Pemandian Air Panas Angseri terdapat air terjun kecil.

1. Air Panas Alami dari Sumbernya

Di Kolam Air Panas Angseri, wisatawan dapat merasakan sensasi berendam dengan air panas dari sumbernya secara langsung. Air panas alami mengandung mineral seperti belerang yang menyebabkan air panas di objek wisata ini berwarna hijau toska. Air panas yang mengandung belerang dapat memberikan manfaat yang sangat bagus untuk mempercepat hilangnya memar, kesehatan kulit, dan peremajaan kulit.

BACA JUGA:  10 Daya Tarik Wisata Tanah Lot di Bali

Selain itu, beberapa manfaat air panas pegunungan diantaranya untuk relaksasi, menghilangkan setres, memperlancar sirkulasi darah, mengobati insomnia, mengeluarkan racun, dan masih banyak manfaat baik lainnya.

2. Panorama Alam yang Memikat

Pemandian Air Panas Angseri bukan pemandian air panas biasa. Pemandian ini sangat memesona karena dihiasi oleh panorama hijau yang indah mulai dari keberadaanya di tengah hutan bambu, terdapat persawahan terasering, dan pohon tropis.

Selain itu, terdapat air terjun alami yang berdekatan dengan kolam pemandian. Gemercik air terjun memberikan suasana yang damai bagi para wisatawan. Berendam di pemandian ini akan menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi wisatawan di pulau Dewata.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pemandian Air Panas Angseri

Lokasi Pemandian Air Panas Angseri
Image Credit: Google Maps (Bali Tours Club)

Kolam air panas alami ini terletak di tengah pulau Bali. Dengan lokasi detailnya di Banjar Angseri, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Objek wisata ini berada diantara objek wisata jatiluwih dengan bedugul.

Pemandian Angseri ini dibuka setiap hari. Objek wisata ini mulai beroperasi sejak pukul 08.30 hingga 18.00 WITA pada hari Senin sampai Jum’at. Pada akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu tempat ini beroperasi sejak pukul 08.00 hingga 20.00 WITA.

Akses menuju lokasi objek wisata ini sangat mudah. Perjalanan dari Denpasar menuju ke Pemandian Air Panas Angseri membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Setelah sampai di tempat menyimpan kendaraan, wisatawan harus berjalan kaki melalui jalan setapak sepanjang kurang lebih 150 meter.

Perjalanan tersebut tidak akan terasa melelahkan karena wisatawan akan melintasi panorama indah di sekitar kawasan wisata ini. Bagi wisatawan yang mulai merasa lelah di tengah perjalanan, ingin melepas rasa lapar dan dahaga di sekitar lokasi tersebut terdapat warung yang menjual makanan maupun minuman.

Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir akan kehabisan ketersediaan bekal makanan dan minuman. Sembari bersantai sejenak sambil makan dan minum, wisatawan dapat menikmati pemandangan sawah yang cantik.

Lokasi objek wisata yang berdekatan dengan objek wisata lain dapat mempermudah wisatawan yang ingin berwisata lebih dari satu tempat. Dari objek wisata lain terdapat beberapa rute yang dapat dipilih oleh wisatawan untuk menuju ke objek wisata Pemandian Air Panas Angseri

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tabanan Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Wisatawan akan menempuh jarak sejauh 17 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih selama 35 menit apabila berangkat dari pura Ulun Danu Beratan Bedugul. Sedangkan, jika berangkat dari kawasan Sawah Terasering Jatiluwih hanya menghabiskan waktu kurang lebih selama 20 menit dengan jarak tempuh sepanjang 6,5 km.

Mengenai transportasi untuk menuju ke objek wisata ini belum tersedia transportasi umum yang dapat wisatawan gunakan. Biasanya wisatawan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewanya.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Alami

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Alami
Image Credit: Google Maps (Bernard Baliadvisor)

Untuk dapat memasuki dan menikmati fasilitas kolam air panas alami Angseri, wisatawan dikenai biaya masuk. Harga tiketnya pun cukup terjangkau dan terbagi menjadi dua kategori pengunjung.

Wisatawan lokal akan dikenai harga tiket masuk untuk kolam umum sebesar Rp 10.000 per orang sedangkan, untuk kolam privat sebesar Rp 30.000 per jam. Wisatawan asing atau warga negara asing (WNA) akan dikenai harga tiket masuk untuk kolam umum sebesar Rp 45.000 per orang dan untuk kolam privat sebesar Rp 50.000 per jam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pemandian Air Panas

Aktivitas Menarik di Pemandian Air Panas
Image Credit: Google Maps (Francois Rocca)

1. Relaksasi dan Berantai

Wisatawan dapat bersantai sembari memulihkan diri di kawasan wisata ini. Suasana alami dan tenang yang disuguhkan Objek wisata Pemandian Air Angseri sangat cocok dijadikan tempat untuk relaksasi dan bersantai oleh wisatawan yang datang.

Objek wisata ini sangat tepat jika dijadikan tempat terapi yang asik. Panorama persawahan yang hijau, Aliran air terjun, dan deretan pohon bambu akan memanjakan wisatawan.

2. Berendam dan Melakukan Permainan Air

Air panas alami dari pegunungan memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh. Berendam merupakan hal utama yang harus dilakukan ketika berkunjung ke objek wisata ini. Selain berendam wisatawan dapat melakukan kegiatan permainan air, sehingga wisatawan tidak merakan bosan.

3. Fotografi dan Videografi

Objek wisata ini dapat menjadi sarana bagi wisatawan yang gemar fotografi maupun videografi. Pemandian yang unik dengan panorama jajaran pohon bambu, pohon tropis yang rindang, dan daerah sawah yang membentang luas patut untuk didokumentasikan dalam sebuah foto atau video.

Keindahannya yang memesona sangat cocok dijadikan latar belakang dalam pengambilan foto atau pembuatan video. Keindahan objek wisata ini tidak hanya habis disitu, dekat dengan kolam pemandian terdapat air terjun yang sangat cantik. Air terjun itu dapat dijadikan sebagai objek atau tempat untuk mengambil foto dan video.

BACA JUGA:  Danau Beratan, Wisata Alam Eksotis di Bedugul Bali

Di kawasan Objek wisata Pemandian Air Panas Angseri terdapat banyak spot-spot yang bagus untuk diambil gambarnya dan direkam sebagai video. Adapun hal yang perlu diingat, yaitu selalu menjaga alat yang digunakan untuk mengambil foto atau merekam video agar tidak terkena air. Untuk menghindari kerusakan pada alat tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pemandian Air Panas Angseri

Fasilitas di Pemandian Air Panas Angseri
Image Credit: Google Maps (Konix Bam)

Objek wisata Air Panas ini memiliki berbagai macam fasilitas. Fasilitas objek wisata ini cukup memadai. Objek wisata ini memiliki dua kolam air panas yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berendam. Dua kolam tersebut terbagi menjadi kolam air panas untuk orang dewasa dan kolam air panas untuk anak-anak.

Bagi wisatawan yang ingin berendam dalam keadaan eksklusif Pemandian Air Panas Angseri menyediakan kolam renang privat yang tertutup. Ketersediaan kolam renang privat ini sangat terbatas, wisatawan harus datang lebih awal untuk dapat menikmatinya.

Kolam renang privat yang tersedia di objek wisata ini berjumlah 9 kolam dengan kapasitas 5 orang untuk setiap kolam berendam. Keunggulan dari kolam renang privat diantaranya eksklusif dan kebersihan kolam terjaga dikarenakan setelah digunakan selama satu jam oleh pengunjung akan langsung dibersihkan sebelum dipakai oleh wisatawan lain.

Di kawasan objek wisata ini terdapat sebuah kolam besar yang berfungsi sebagai tempat menampung air panas. Selanjutnya, terdapat dua buah pancuran pipa di atas kolam penampungan yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya air panas alami yang keluar dari perut bumi, suhunya lebih panas dibandingkan dengan air di kolam penampungan.

Terdapat tempat makan di kawasan objek wisata ini baik berupa restoran maupun warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman. Selain itu, terdapat pondok wisata.

Fasilitas pendukung lainnya yang tersedia di kawasan wisata Pemandian Air Angseri diantaranya toilet, tempat penyimpanan kendaraan yang luas, ruang ganti pakaian. Ketersediaan fasilitas yang lengkap dapat membuat wisatawan merasa nyaman, aman dan puas ketika berada di lokasi objek wisata ini.

Itulah beberapa info menarik mengenai daya tarik, fasilitas, alamat, dan rute perjalanan menuju objek wisata Pemandian Air Panas Angseri. Jika, sedang berada di pulau Bali tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang memukau ini.