Pasar Seni Sukawati menyediakan segala beragam jenis hasil karya seni otentik khas Bali. Destinasi wajib yang tak boleh terlewatkan ketika mengunjungi Pulau Dewata.

Lokasi: Jl. Raya Sukawati, Sukawati, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Pulau dewata Bali dengan segala keunikan dan keindahan wisatanya yang mempesona memang tak perlu ditanyakan lagi. Berbagai objek wisata ditawarkan mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata budaya hingga destinasi wisata mengandung nilai seni yang tinggi. Maka tak kaget Bali menjadi pilihan untuk berlibur bagi para wisatawan.

Liburan tak afdol rasanya jika tidak berbelanja. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan favorit khususnya bagi Anda yang memang berniat berburu pernak-pernik cantik. Kerajinan atau karya seni di Bali yang memiliki ciri khas tersendiri cocok Anda jadikan buah tangan untuk dibagikan kepada keluarga ataupun teman.

Salah satu tempat pusat oleh-oleh barang-barang dengan berbagai macam jenis seni nan unik di Bali yaitu Pasar Seni Sukawati, berbagai jenis barang dengan nuansa kental Bali tersedia di sini. Agar tidak penasaran, yuk simak ulasan tentang Pasar Sukawati berikut ini.

Pasar Seni Sukawati, Pusat Oleh-Oleh di Bali

Pasar Seni Sukawati, Pusat Oleh-Oleh di Bali
Image Credit: Google Maps (Agha Only)

Berpelesir ke Bali tentunya tidak luput dengan destinasi yang dapat memanjakan dan menyegarkan pikiran Anda. Setelah memanjakan mata dengan pemandangan, khususnya bagi Anda penggemar belanja masih ada ‘ritual’ wajib ketika berlibur. Untuk melaksanakan ‘ritual’ tersebut Anda nampaknya harus bertandang ke Pasar Seni Sukowati.

Pasar Seni Sukawati merupakan pasar tradisional pada umumnya, namun yang menjadi pembeda yakni pasar ini menjajakan berbagai jenis karya seni dengan sentuhan khas Bali yang tentunya sayang jika Anda lewatkan. Pasar ini menjadi objek wisata belanja wajib bagi para pelancong baik lokal maupun mancanegara. Tak heran pasar ini selalu ramai akan pengunjung.

Berbagai jenis karya seni dan oleh-oleh dijajakan disini. Mulai dari lukisan, patung miniatur, sandal, kaos khas bali, celana pantai, sarung khas Bali, hingga bedcover pun dapat Anda dapatkan disini. Tak perlu khawatir dengan harga karena, harga yang ditawarkan sangat terjangkau jika dibandingkan pasar seni atau pusat perbelanjaan lainnya.

Pasar seni ini telah berdiri sejak tahun 80an. Konon para seniman setempat yang ingin memamerkan dan menjual hasil karyanya sempat kekurangan lahan karena penertiban lahan oleh petugas. Kemudian para seniman tersebut menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah untuk menyediakan tempat sebagai area berjualan hasil karyanya.

Pemerintah akhirnya sepakat untuk mewadahi hasil karya para seniman dengan menyewakan tempat di Sukawati. Ungkapan ‘rejeki memang tidak kemana’ cocok disematkan kepada para seniman Sukawati kala itu. Pasalnya pada pertengahan tahun 1983 terjadi pembebasan lahan yang kemudian diresmikan pada tahun 1985 oleh Gubernur Bali yang menjabat pada masa itu yakni Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.

Perjalanan yang cukup penuh perjuangan untuk sebuah pasar seni yang unik ini. Maka tak heran Pasar Seni Sukawati tetap eksis hingga kini meskipun sekarang sudah banyak mall yang dibangun di Bali. Bagi Anda yang hendak cuci mata ke pulau dengan segudang destinasi wisata ini, jangan lupa untuk mengintip karya-karya seni seniman lokal yang tak kalah apik dengan karya seni ternama.

Rute Menuju ke Pasar Sukawati Bali

Rute Menuju ke Pasar Sukawati Bali
Image Credit: Google Maps (Nurdin Febriyanto)

Bagi Anda yang belum tahu, letak Pasar Seni Sukowati berada di Sukawati, Kabupaten Gianyar-Bali. Letaknya yang strategis membuat Anda mudah menemukan pasar tersebut. Jalur yang disediakan juga sudah dibangun dengan sedemikian rupa sehingga perjalanan akan terasa nyaman dan aman menuju lokasi dengan mengendarai kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Jika Anda bermalam di Denpasar maka jarak yang harus ditempuh sekitar 16 km serta waktu yang dibutuhkan sekitar 33 menit. Sedangkan jika dari arah Seminyak dan Bandara Internasional Ngurah Rai Anda akan menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam menuju tempat ini. Dari kejauhan akan terlihat bangunan berwarna oranye dengan papan nama, maka Anda tak perlu khawatir tersesat.

Meskipun merupakan kawasan wisata, pasar seni pun seperti pasar pada umumnya. Anda tak perlu khawatir dengan biaya masuk, karena tak ada harga masuk alias gratis. Anda hanya perlu membayar biaya parkir, lima ribu rupiah untuk sepeda motor dan sepuluh ribu rupiah untuk mobil.

Pasar ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 06.00 hingga 17.00 waktu setempat. Ada baiknya Anda datang ketika pagi hari saat pasar baru buka, karena masyarakat Bali percaya pembeli pertama akan membawa rejeki atau yang biasa disebut penglaris. Selain masih sepi Anda juga akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Jika tak ingin repot dan ribet dengan rute maka Anda bisa memesan di tour perjalanan wisata yang banyak tersedia. Selain sudah tersedia transportasi, tiket dan akomodasi yang sudah diatur Anda hanya tinggal duduk manis dan menikmati perjalanan dengan santai.

Fasilitas yang Tersedia di Pasar Seni Sukawati

Fasilitas yang Tersedia di Pasar Seni Sukawati
Image Credit: Travelingyuk.com

Area Parkir

Anda tak perlu risau dimana memarkirkan kendaraan Anda. Sudah tersedia lahan parkir yang sudah memadai dan aman untuk kendaraan Anda bernaung sementara.

Kamar Mandi

Hal yang cukup sepele namun penting yaitu keberadaan toilet. Di pasar ini sudah tersedia beberapa kamar mandi yang cukup memadai sehingga Anda bisa menggunakannya jika membutuhkannya sewaktu-waktu.

Warung Makan

Setelah cukup berkeliling belanja, tentunya perlu mengisi energi kembali. Anda bisa menyambangi warung-warung di sekitar dan menyantap berbagai menu-menu lezat yang tersedia. Dijamin setelah kenyang Anda siap untuk berburu barang-barang indah lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pasar Seni di Bali

Daya Tarik yang Dimiliki Pasar Seni di Bali
Image Credit: Goole Maps (Olyvia Novawanda)

Harga Lebih Murah

Harga yang murah. Tentu kalimat tersebut bagaikan magnet yang dapat menarik pembeli manapun, pun termasuk Anda mungkin? Kegiatan berbelanja ini akan menjadi favorit khususnya bagi para pengunjung wanita atau ibu-ibu. Dengan berbagai variasi pernak-pernik serta harga yang tak menguras kantong bakal membuat Anda betah dan tak tega bila tak membelinya.

Kunci agar mendapatkan harga yang murah saat berbelanja di tempat ini yaitu tawar menawar. Tak seperti pusat oleh-oleh lainnya yang terdapat di pusat perbelanjaan, di pasar tradisional Anda bisa menawar barang yang hendak dibeli bahkan dengan harga yang sangat miring. Kegiatan tawar menawar inilah yang memberikan pengalaman dan sensasi berbeda bagi para wisatawan yang berkunjung.

Ada secuil tips bagi Anda yang hendak berbelanja. Jika Anda menawar barang yang diinginkan ada baiknya menawar hingga potongan harga sampai 85% dari harga yang ditetapkan. Namun jika tak terlalu mahir menawar, Anda juga bisa datang lebih awal di pagi hari saat pasar baru buka karena penjual biasanya akan memberi harga lebih murah bagi pembeli pertama sebagai perlaris dagangan mereka.

Tak hanya perlu lihai dalam tawar menawar, Anda hendaknya bersikap lebih ramah ke para pedagang. Sebagai wisatawan yang berkunjung ke pasar tak ada salahnya Anda bersikap ramah ke para pedagang, niscaya mereka akan menyambut dan mungkin saja memberikan harga lebih terjangkau akan barang-barang yang hendak Anda beli.

Terdapat banyak toko-toko yang menawarkan dagangan yang hampir sama. Oleh karena itu, jika Anda membeli suatu barang cobalah untuk survey dulu di toko lain yang menjual barang serupa. Hal tersebut dikarenakan harga tiap toko berbeda-beda sehingga banyak mengecoh pembeli. Nah, bagi Anda tak ada salahnya untuk berkeliling ke beberapa toko untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Beli Banyak = Lebih Hemat

Daya Tarik yang Dimiliki Pasar Seni
Image Credit: Google Maps (Jolanda van Ee van der Pijl)

Berbelanja untuk oleh-oleh tentunya tak cukup jika hanya membeli satu. Anda bisa membeli buah tangan dalam jumlah banyak tentunya dengan harga yang jauh lebih murah jika beli dengan harga satuannya. Atau jika Anda pergi bersama rombongan bisa menggabungkan barang belanjaan menjadi satu sehingga mendapat harga jauh lebih murah. Hal ini tentu dapat menghemat pengeluaran Anda.

Banyak Jenis Karya Seni dan Kerajinan

Berbagai bentuk dan rupa karya seni tersedia di pasar ini. Tak hanya lukisan, patung miniatur, sandal, kaos dan sarung khas Bali, celana pantai, dan bedcover. Namun ada juga layangan tradisional, berbagai perlengkapan ritual upacara umat Hindu, tas anyaman, baju batik khas Bali dan berbagai jenis aksesoris lucu yang tak boleh Anda lewatkan.

Jika Anda tertarik untuk membeli lukisan, Anda bisa membeli dengan pilihan dengan atau tanpa bingkai. Apabila ingin mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa membelinya tanpa bingkai. Sebaiknya jika budget Anda mencukupi, membeli lukisan lengkap dengan bingkainya juga pilihan yang bagus. Pasalnya, harga setiap lukisan ditentukan berdasarkan ukuran, jadi Anda harus mempertimbangkannya.

Cukup berkeliling bagian dalam pasar, Anda bisa melanjutkan petualangan ke belakang Pasar Seni Sukawati ini. Jika di bagian dalam dagangan berupa pakaian dan berbagai jenis karya seni, di bagian belakang Anda bisa menemukan berbagai jenis barang berupa kipas tangan, minyak tradisional, dupa dan berbagai pernak-pernik keperluan ritual upacara lainnya. Bagaimana, apa tertarik ke sana?

Nah, di atas adalah beberapa informasi menarik tentang Pasar Seni Sukawati yang terdapat di Bali. Semoga beberapa ulasan dan tips tersebut dapat bermanfaat, sehingga liburan Anda nyaman dan menyenangkan.