Pasar Badung termasuk pasar tradisonal terbesar yang berada di Kota Denpasar, Bali. Pasar ini tergolong warisan budaya dengan konsep digitalisasi pasar dan smart heritage market, menjadi tujuan wisatawan untuk berburu oleh-oleh khas Bali.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sulawesi No.1, Dauh Puri Kangin, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali.

Pasar Badung Denpasar adalah salah satu pasar terbesar yang ada di pulau Bali. Pasar ini memang menjadi tempat paling favorit bagi kalangan wisatawan ketika mereka berkunjung ke salah satu tempat yang terkenal paling indah di seluruh Indonesia ini.

Memiliki berbagai pesona keindahan khas Bali yang sangat menakjubkan, hal ini pun membuat pasar ini menjadi spot yang paling diburu oleh banyak orang. Karena hal tersebutlah, tidak mengherankan apabila tempat ini senantiasa ramai baik itu pada hari libur atau ketika masih jam kerja.

Tempat wisata sekaligus tempat yang menjual beragam oleh-oleh khas Bali ini memang sangat disayangkan apabila dilewati begitu saja, sehingga sangat wajib untuk dikunjungi. Keindahan yang dimiliki oleh Pasar Badung tentu harus Anda saksikan setidaknya sekali ketika mengunjungi pulau Bali ini.

Daya Tarik Wisata Pasar Badung Denpasar

Daya Tarik Badung Denpasar
Image Credit: Google Maps (Dana Ali Sofyan)

Pasar Badung merupakan tempat yang senantiasa ramai dikunjungi oleh beragam khalayak, baik itu warga lokal ataupun wisatawan yang datang dari mancanegara. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang sangat memicu rasa penasaran siapapun yang mengunjunginya.

1. Keindahan yang Mempesona

Bisa dibilang, Pasar Badung ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok apabila dibandingkan dengan berbagai pasar tradisional lainnya. Pasar yang satu ini memiliki keindahan yang sangat mempesona, dan mampu membuat wisatawan terkadang terkecoh apabila tidak mengetahui bahwa tempat ini sejatinya adalah pasar.

Hal tersebut pun juga dicapai berkat perawatan yang sangat mumpuni oleh para pengelola setempat. Dengan senantiasa membersihkan pasar dan memberinya renovasi yang dibutuhkan agar selalu tampak mempesona, hal itu pun membuat pasar ini tampak sangat terawat dan tidak seperti bangunan yang dibiarkan begitu saja.

2. Buka Sepanjang Hari

Daya tarik lain yang dimiliki oleh Pasar Badung adalah jam bukanya yang sangat lama atau bahkan sepanjang hari tanpa mengenal kata libur. Hal ini terjadi sebab pasar besar yang satu ini memiliki jam operasional yang berbeda, yakni saat pagi dan malam.

Aktivitas pasar pada pagi hari biasanya dimulai sejak jam 5, lalu berlanjut sampai dengan jam 5 sore. Kemudian, hal tersebut pun dilanjutkan dengan aktivitas pasar pada malam hari yang berlangsung sampai dengan pagi yang datang kembali.

3. Menjual Barang-Barang yang Lengkap

Tidak hanya menjual oleh-oleh saja, namun pasar yang satu ini pun juga menyediakan beragam barang-barang khas Bali dan Denpasar yang sangat lengkap. Mulai dari pakaian, bahan makanan seperti sayur-sayuran, hewan ternak, dan berbagai barang lainnya pun dapat Anda temukan di dalam pasar ini.

Daya Tarik Pasar Badung
Image Credit: Google Maps (Made Dhasi Suryawan)

4. Pasar Digital

Pasar Badung di Denpasar ini memang seringkali didapuk sebagai pasar yang sangat canggih, sebab mereka sudah menerapkan teknologi yang sangat mampu membantu para pelanggan ataupun para pedagang ketika ingin melakukan kegiatan jual beli. Dengan begitu, mereka pun tidak perlu lagi harus kerepotan ketika membeli barang-barang yang mereka inginkan.

Terdapat berbagai spot WiFi yang disajikan secara gratis, sehingga membantu para pelanggan untuk senantiasa terhubung dengan internet. Selain itu, di setiap kios pun juga sudah disediakan layanan QR Code sehingga para pembeli yang ingin membeli barang dengan cara non-tunai bisa lebih praktis. Tidak hanya itu, di pasar ini pun sudah disediakan timbangan digital agar tidak ada kecurangan.

5. Gedung yang Mewah

Gedung yang dimiliki oleh pasar ini pun begitu mewah bak istana yang berdiri kokoh di tengah-tengah pusat kota. Warna gedungnya yang didominasi oleh warna cokelat kemerahan ini pun membuatnya semakin terlihat megah, sehingga siapapun akan merasa takjub ketika melihat gedung pasar yang satu ini untuk pertama kalinya.

6. Bukti Sejarah Bisnis di Denpasar

Selain mewah, ternyata Pasar Badung pun juga menyimpan peristiwa sejarah yang sangat panjang. Pada zaman dahulu, pasar ini sebenarnya digunakan sebagai tempat tinggal orang-orang Madura dan Jawa. Akan tetapi, setelah Pemerintah Belanda datang maka mereka pun dialihkan dan membuat tempat ini beralih fungsi sebagai pasar.

Pemerintah Kolonial Belanda membangun beragam kios pasar bagi para pedagang yang ingin berjualan. Semenjak saat itu, pasar ini pun menjadi salah satu pasar utama yang masih bergerak dengan sangat aktif di kota Denpasar hingga saat ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pasar Badung

Alamat Pasar Badung
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Pasar ini terletak di Dangin Puri Kangin, Jalan Sulawesi No. 01, Denpasar. Lokasi pasar ini bisa dibilang sangat strategis, sebab berdiri di tengah pusat kota Denpasar dan dikelilingi oleh beberapa tempat wisata populer yang lainnya seperti Museum Bali, Taman Puputan Badung, dan lain-lain.

Karena hal tersebut, membuat akses menuju pasar tradisional ini menjadi begitu mudah tanpa ada kesulitan apapun. Anda dapat memulai perjalanan langsung dari pusat kota Denpasar, dan dengan menyewa ojek selama beberapa menit sudah membawa Anda menuju tempat ini. Akan tetapi, karena pasar ini selalu ramai maka tetaplah siap sedia karena kemungkinan macet yang sangat tinggi.

Untuk memasuki Pasar Badung, Anda tidak perlu memerlukan biaya masuk apapun sebab siapa saja dapat memasuki pasar ini secara gratis. Akan tetapi, masih ada biaya parkir kendaraan yang harus Anda bayar terlebih apabila Anda membawa kendaraan pribadi.

Untuk pengunjung yang membawa mobil, maka biaya parkirnya yaitu sekitar 5 ribu rupiah. Sedangkan bagi pengunjung yang menaiki sepeda motor maka akan dikenai biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pasar Badung

Kegiatan di Pasar Badung
Image Credit: Google Maps (Cokorda Sarotama)

1. Membeli Oleh-Oleh

Kegiatan yang wajib dilakukan ketika mengunjungi pasar ini tentu saja dengan membeli oleh-oleh khas Denpasar bagi orang-orang yang ada di rumah. Karena kualitas barangnya yang senantiasa dijaga sedemikian rupa, maka Anda tidak perlu takut apabila barang tersebut akan hancur di tengah jalan. Barang yang ada di pasar ini sudah dikemas dengan bungkus yang sangat mumpuni.

2. Fotografi

Apabila Anda sudah letih melakukan berbagai perjalanan dan membeli barang-barang, maka Anda bisa melakukan kegiatan fotografi. Karena pemandangan yang ditawarkan oleh pasar ini begitu mempesona, Anda pun dapat menggunakannya sebagai latar belakang ketika ingin berfoto.

3. Menggunakan Jasa Tukang Suun

Di dalam Pasar Badung, terdapat sebuah hal unik yang bisa Anda jumpai. Hal tersebut adalah Tukang Suun, yang seringkali menawarkan jasa untuk mengangkut barang belanjaan yang sudah dibeli oleh para konsumen. Hampir seluruh Tukang Suun adalah perempuan, dan biasanya mereka pun membawa keranjang bambu di atas kepalanya. Dengan membayar 5 sampai 10 ribu, Anda bisa memakai jasa ini.

Kegiatan Menarik di Pasar Badung
Image Credit: Google Maps (M Farid)

4. Menikmati Pemandangan Sekitar

Ketika Anda sudah lelah untuk melakukan aktivitas apapun, maka Anda bisa beristirahat di sekitar tempat ini sambil menikmati pemandangan yang ada. Biasanya, sudah disediakan beberapa kursi yang dapat digunakan oleh orang-orang umum tanpa terkecuali.

5. Berjalan-jalan Sambil Menikmati Bukti Peninggalan Sejarah

Apabila Anda merupakan orang yang menyukai sejarah, maka tempat ini pun juga menawarkan berbagai hal yang mampu memuaskan rasa penasaran Anda. Berjalan-jalanlah di sekitar kawasan Heritage Gajah Mada, yang sudah menyimpan beragam barang-barang peninggalan sejarah yang tentu akan menginspirasi.

6. Berkunjung di Taman Kumbasari

Di sekitar tempat ini, ada sebuah taman yang bernama Taman Kumbasari. Tempat ini merupakan tempat yang sangat indah sebab terdapat berbagai macam mural paintings yang menarik dan hiasan lampu warna-warni yang sangat cantik. Anda pun juga bisa menikmati pemandangan tersebut di sekitar tepi sungai sambil memotretnya dengan kamera.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pasar Badung

Penginapan Pasar Badung
Image Credit: Tiket.com

Terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda temukan, di antaranya adalah:

1. Inna Bali Heritage

Penginapan yang satu ini memiliki jarak sekitar 500 meter saja dari lokasi pasar. Hal tersebut pun ditambahi oleh fasilitas yang begitu lengkap di hotel ini seperti kolam renang, WiFi, sarapan gratis, laundry, dan lain-lain. Untuk menginap di sini, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar 180 ribu rupiah saja.

2. Hotel Mawar II

Selanjutnya, ada penginapan bernama Hotel Mawar II yang bisa Anda pilih. Hotel ini memiliki jarak sekitar 500 meter dari pasar, disertai oleh fasilitas yang sangat lengkap seperti layanan selama 24 jam, spa, restoran, WiFi, dan lain-lain. Biaya menginap di hotel ini yaitu 213 ribu rupiah per malam.

3. OYO 1384 Pulau Bali Hotel

Hotel terakhir ini memiliki jarak sekitar 700 meter saja dari pasar. Harga menginapnya pun terbilang sangat murah, yakni sekitar 132 ribu rupiah saja per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pasar Badung Denpasar

Fasilitas di Pasar Badung
Image Credit: Instagram.com @gwijlaars

Objek wisata sekaligus pasar yang satu ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas tersebut yaitu kamar mandi, kios para penjual, tempat beristirahat, area parkir untuk pengunjung yang membawa kendaraan, dan fasilitas lainnya.

Tidak hanya itu, di sekitar tempat ini juga tersedia beragam warung makanan. Sehingga, Anda tidak perlu merasa khawatir ketika sedang kelaparan dan ingin mengonsumsi makanan khas Denpasar sebab Anda bisa menemukannya dengan mudah di sekitar tempat ini.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui terkait Pasar Badung di Denpasar. Selain menawarkan barang yang lengkap, kemegahan tempat ini tentu akan membuat pengunjung menjadi lebih puas.