Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tolotangga, Kec. Monta, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Bagi anda yang sedang mencari objek wisata pantai, maka tak ada salahnya jika mengunjungi Bima. Di daerah yang satu ini, anda bisa dengan mudah menemukan keindahan wisata bahari memukau lengkap dengan panorama sekitarnya. Tak ayal jika kawasan ini menjadi incaran bagi banyak wisatawan domestik maupun mancanegara.

Untuk itu, anda bisa langsung datang ke Pantai Wane dengan view yang tidak biasa. Pantai ini menyuguhkan berbagai keindahan yang tak bisa ditemukan di daerah lainnya. Gemuruh ombak beserta hamparan pasir putih yang membentang luas menjadi daya tarik dari pantai hits di Bima. Tak hanya itu saja, masih banyak lagi pesona yang ditawarkan seperti ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Wane

Daya Tarik Wisata Pantai Wane
Photo by Instagram Putri Nurika

1. Memiliki Pasir Putih yang Halus

Salah satu daya tarik yang bisa anda temukan ketika menginjakkan kaki di pantai ini yaitu kondisi alamnya. Pasir putih yang ada di kawasan pantai memiliki karakteristik yang cuku unik karena begitu halus dan putih. Tak ayal jika banyak pengunjung yang langsung menikmati hamparan dari pasir putih yang menawan ini.

2. Ombak yang Menantang

Ombak di Pantai Wane terbilang cukup besar dan menantang. Hal inilah yang menjadikan banyak wisatawan berbondong bondong untuk mencoba keseruan bermain di dalam air pantai ini. Biasanya, pengunjung memanfaatkan ombak menantang dengan olahraga air seperti surfing yang membutuhkan heavy wave.

Daya Tarik Pantai Wane
Photo by Google Maps Arif Elektrik

3. Atraksi Lumba Lumba

Selain keindahan dari pasir putih dan ombaknya yang unik, ada juga daya tarik yang tak bisa ditemukan di pantai lainya yaitu atraksi lumba lumba. Dari pantai, wisatawan akan melihat lumba lumba yang berenang sambil melawan ombak. Tak ayal jika hal ini menjadi alasan banyak pengunjung yang sengaja datang untuk melihatnya.

4. Kontur Pantai yang Unik

Satu hal yang pasti, pantai ini memiliki karakteristik yang cukup unik. Sebab, kontur pantainya terbilang cukup landai lengkap dengan view perbukitan dan bebatuan di pinggir pantai. Selain itu, pasir putihnya terbilang sangat halus dengan ombak sedang. Dengan begitu, para wisatawan bisa menghabiskan waktu liburan seru ketika berada di kawasan Pantai Wane.

Alamat, Rute dan Harga Tiket

Alamat Pantai Wane
Photo by Google Maps Faishal Rahman Akbar

Pantai Wane berlokasi di Tolotangga, Monta, Bima, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju objek wisata pantai cantik ini bisa dikatakan relatif mudah dijangka. Namun, agar sampai ke lokasi wisata bahari tersebut, setidaknya akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan jika ditempuh dari kota Bima. Jika masih kebingungan menemukan lokasi wisata, maka anda bisa memanfaatkan peta digital yang ada di ponsel anda.

Meskipun membutuhkan waktu perjalanan yang cukup panjang dengan trek yang tak mudah, namun rasanya akan terbayar jika sampai ke lokasi wisata. Sebab pantai ini menyajikan pemandangan alam yang begitu lengkap dan masih alami. Hal ini yang menjadikan siapa saja tak ingin beranjak dari pantai yang begitu menawan dan indah ini.

Hal menarik yang bisa anda temukan di lokasi wisata yaitu biaya untuk memasuki kawasan Pantai Wane. Pasalnya, pengunjung tidak perlu membayarkan harga tiket masuk dan bebas memasukinya. Meskipun demikian, anda harus mempersiapkan uang untuk membayar parkir apabila membawa kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Pengunjung

Photo by Facebook Linda Marselina

1. Bermain Pasir di Sekitaran Pantai

Pantai Wane memang memiliki potensi alam yang begitu menawan dan tak tertandingi. Maka dari itu, ini menjadikan daya tarik tersendiri di kalangan para pelancong dari seluruh penjuru daerah maupun mancanegara. Hal ini bisa dilihat dari keindahan pasir putih yang dimiliki oleh pantai yangs atu ini.

Seperti yang sudah diketahui, pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih dan halus yang terhampar luas. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkan pasir pantai yang satu ini untuk sekedar berjemur dan bersantai. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkannya untuk bermain main bersama keluarga dengan membangun istana pasir.

2. Menikmati Kesegaran Air Lautnya

Selain itu, Pantai Wane juga dilengkapi dengan air laut yang terbilang cukup jernih. Hal ini juga bisa anda manfaatkan untuk sekedar menikmati kesegaran airnya dengan bermain di sekitaran pantai tersebut. Jika sudah mahir berenang, maka anda bisa langsung terjun menikmati kesegaran air laut Wane.

Namun perlu diingat, apabila anda masih belum terbiasa untuk melakukan aktivitas ini atau bisa dikatakan kurang terampil berenang, ada baiknya berhati hati. Jangan sampai bermain terlalu jauh ke dalam air dan berenang ke tengahan. Cukup lakukan di pinggir pantai saja agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

3. Menikmati Pemandangan Pantai

Selain memiliki hamparan pasir putih yang begitu memukau, anda juga akan disuguhi dengan adanya bebatuan karang yang menjulang di tepi pantai ini. Kondisi pantai yang seperti ini menjadi daya tarik tersendiri ketika berkunjung wisata bahari ini. Apalagi jika deburan ombak menghantam karang, maka terdengar suara khas yang menambah suasana makin lengkap.

Aktivitas Seru di Pantai Wane
Photo by Facebook M Takwa

4. Surfing di Pantai Wane

Mengingat ombak yang ada di pantai ini cukup besar, maka ada kegiatan satu lagi yang paling ditunggu tunggu oleh para wisatawan. Salah satu yang tak pernah terlupakan yaitu pengalaman untuk surfing. Ketika semakin ke tengah, ombak di pantai terasa menjadi kuat dan deras yang cocok untuk digunakan kegiatan surfing.

Ombak yang cukup kuat ini ada karena sebuah alasan yaitu letak geografisnya. Jika dilihat secara mendetail pantai ini terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Tak heran jika angin yang ada di pantai ini berhembus sedikit lebih kencang dengan ciri khas ombak yang mampu menyapu sedikit ke tengah.

Dengan demikian, bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin pantai yang satu ini, maka bisa mencoba surfing sebagai salah satu referensi kegiatan seru selama berada di kawasan wisata. Anda hanya perlu menggunakan papan seluncur untuk mencoba surfing di Pantai Wane. Meskipun begitu, anda harus tetap berhati hati agar terhindari dari hal hal yang tidak diinginkan.

5. Menyaksikan Lumba-Lumba

Di pantai yang satu ini, anda tak hanya disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu menawan. Pasalnya, ada daya tarik tersendiri yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Terdapat atraksi lumba lumba yang cukup menarik untuk disaksikan. Anda bisa dengan mudah melihat atraksi hewan mamalia tersebut yang melompat di atas gelombang air.

Sebelum terkenal dengan ikon yang satu ini banyak yang menganggap jika keberadaan lumba lumba hanyalah isu semata. Namun seiring berjalannya waktu, para wisatawan percaya karena lumba lumba tersebut jelas sedang melompat di atas air. Hal ini menjadi suatu atraksi yang mampu menghipnotis para pengunjung untuk datang ke Pantai Wane Bima.

Agar dapat melihat dan bertemu dengan hewan mamalia tersebut, pengunjung harus terlebih dahulu menyewa kapal nelayan setempat. Namun sebelumnya, anda harus memesan satu hari sebelum berwisata karena persediaan kapa masih terbatas. Setidaknya, anda akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit agar sampai ke lokasi.

Tips lainnya anda juga harus memperhatikan waktu untuk mengunjungi titik lokasi. Pasalnya, lumb alumba bisa dilihat dengan jelas pada pagi hari. Biasanya, hewan mamalia ini akan muncul di sekitaran waktu 9 pagi. Untuk itu, anda dianjurkan mengunjungi lokasi tersebut setidaknya 30 menit sebelum lumba lumba muncul.

6. Membeli Ikan ke Nelayan

Tak hanya menyaksikan keseruan lumba lumba yang menari di atas air saja, sebab anda juga bisa melakukan kegiatan lain yang juga cukup menarik dilakukan. Salah satu yang bisa anda coba adalah dengan berbelanja ikan segar dari nelayan setempat. Anda bisa langsung melihat atau memilih iklan ikan hasil tangkapan para nelayan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Wane

Fasilitas di Pantai Wane
Photo by Google Maps Arni Putri kedua

Meskipun lokasinya bisa dikatakan jauh dari pusat kota, namun pihak pengelola Pantai Wane sudah memiliki fasilitas yang dapat penunjang bagi pengunjung. Salah satu fasilitas yang dapat menunjang para wisatawan adalah area parkir. Anda bisa dengan mudah meletakkan kendaraan roda dua maupun roda empat karena lokasinya yang cukup luas.

Selain itu, bagi pengunjung yang basah basahan setelah bermain air atau bermain pasir, maka tak usah khawatir. Pasalnya, pantai ini juga sudah melengkapi fasilitas berupa toilet yang bisa digunakan untuk bilas dan lain sebagainya. Jadi, bisa dikatakan anda tak perlu lagi bingung soal fasilitas tersebut.

Sementara itu, bagi anda yang ingin berlibur lebih lama, tersedia juga penginapan atau villa di sebelah barat pantai. dengan begitu Anda bisa menyewa sebagai tempat bermalam anda bersama rombongan, teman, maupun keluarga. Tentunya, harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan tidak membebani pengunjung.

Itulah informasi singkat mengenai Pantai Wane Bima sebagai salah satu wisata bahari yang menakjubkan. Jika ingin mencari pantai masih belum banyak terjamah, maka pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk referensi liburan. Oleh karena itu, segera atur jadwal dan tentukan waktu liburan anda untuk datang ke lokasi pantai ini.