Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mekar Sari, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Menikmati indahnya pantai dari atas tebing menjadi salah satu pengalaman menyenangkan yang bisa anda habiskan ketika berada di Pulau Lombok. Untuk itu, anda pun wajib mengunjungi tempat yang menyediakan hal tersebut, salah satunya adalah Pantai Telawas. Pantai indah ini memang memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan pantai yang lain.

Sebab, anda bisa menikmati keindahan yang disajikan oleh pantai tersebut dari atas ketinggian. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang menjalankan tugas maupun berlibur di Lombok dan ingin mengunjungi pantai yang memiliki suasana berbeda, maka Pantai Telawas adalah jawabannya. Intip berbagai daya tarik dan kegiatan yang bisa anda lakukan di tempat pelepas penat ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Telawas

Daya Tarik Pantai Telawas
Photo by Twitter Jeanny TSY

1. Pantai yang Memiliki Kemiripan dengan Planet Krypton

Daya tarik yang diusung oleh pantai yang berada di Lombok ini adalah bentuknya yang memiliki Planet Krypton. Bagi anda yang sering menonton atau menyukai film superhero yakni Superman, pastinya tidak asing dengan keberadaan planet ini. Tak hanya melihatnya di film saja, mengunjungi Pantai Telawas anda juga akan disambut dengan fenomena alam yang indah ini.

Apabila anda melihat dari ketinggian, anda akan mendapati adanya pemandangan air laut berwarna biru yang sangat indah. Melihat keindahan pantai ini pun akan sangat cantik jika anda mengamatinya dari tebing karang yang berada agak jauh dari jarak pantai. Tentu saja, hal ini akan membuat anda betah dan seakan akan memang sedang berada di planet Krypton.

2. Adanya Batu Karang untuk Menikmati Pemandangan

Selain melihat indahnya pantai dari tebing, anda pun juga akan bisa menikmati pesona alam yang memukau ini dengan berdiri diatas batu karang. Sehingga anda pun tidak hanya akan menikmati eloknya pantai Telawas ini dari tebing saja. bagi anda yang memiliki lemah jantung atau takut dengan ketinggian disarankan untuk tidak melakukan hal satu ini.

Akan tetapi, jika anda termasuk salah satu orang yang menyukai tantangan, pastinya melihat indahnya pantai sambil berdiri di batu karang akan menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa menantang nyali dan adrenalin dengan berdiri di atas batu ini. cipratan ombak yang anda rasakan tentunya akan menambah sensasi tersendiri.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Telawas
Photo by Google Maps Mardiana

Anda juga akan bisa menikmati deburan ombak yang menghempas dari batu karang. Hal ini tentu saja akan menjadi tempat yang sangat pas untuk melepas penat atau menjernihkan pikiran. Namun, jika air sedang pasang, anda sebaiknya menghindari untuk berdiri di area tersebut. Sebab, biasanya ombak yang keras akan menghantam batu tersebut.

3. Dapat Mengunjungi Pantai Lain yang Ada di Sekitarnya

Jika anda berwisata ke Pantai Telawas, maka anda pun jangan melewatkan kunjungan ke pantai lain yang ada di sekitarnya. Biasanya wisatawan kerap kali menyebut kawasan satu ini sebagai three in one tour. Istilah tersebut memang diperuntukkan bagi pelancong yang ingin merasakan keindahan pantai, namun tidak cukup hanya mengunjungi satu ini.

Sebab, ketika anda berkunjung ke sini, anda bisa sekaligus mengunjungi dua pantai lain yang ada dan memiliki lokasi berdekatan. Umumnya wisatawan akan berkunjung ke Pantai Munah dan Pantai Semati. Baik itu sebelum atau sesudah mengunjungi Pantai Telawas. Sehingga anda pun bisa merasakan keseruan wisata pantai yang berbeda dalam satu waktu.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Telawas
Photo by Google Maps Khansa Aulia

Untuk lokasi dari Pantai Telawas sendiri yakni berada di satu desa yang sama dengan Pantai Selong Belanak, yang mana menjadi salah satu pantai terindah yang ada di Lombok. Adapun desa tersebut adalah di Desa Selong Belanak. Tepatnya masuk ke Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

Bagi anda yang berangkat dari pusat kota Mataram, maka anda pun bisa mengendarai kendaraan pribadi, diantaranya seperti mobil atau motor. Apabila anda berasal dari luar kota, tak ada salahnya untuk menyewa mobil untuk bisa sampai kesini. Untuk jaraknya dari kota Mataram sendiri yakni sekitar 55 kkm dan bisa ditempuh dengan waktu yakni sekitar 1.5 jam.

Perjalanan menuju pantai dengan pemandangan memukau ini memang lebih nyaman ketika anda menyewa mobil atau menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, angkutan umum tidak akan anda temukan di lokasi yang elok ini. Untuk memudahkan akses menuju ke destinasi yang berada di Lombok ini, anda pun disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Telawas
Photo by Google Maps Kha Iriel

Adapun harga tiket masuk dari Pantai Telawas sendiri sangatlah terjangkau. Tak perlu merogoh kocek yang dalam, anda bisa menyaksikan indahnya pantai dengan ombak yang tenang hanya dengan mengeluarkan uang sekitar 5 ribu rupiah saja. namun, anda jangan menyepelekan pemandangan yang akan anda temui disini.

Sebab, meskipun memiliki harga tiket masuk yang sangat ramah di kantong, anda akan menemukan sajian panorama alam yang sangat mempesona. Disarankan untuk menuju ke pantai satu ini, anda bisa menyiapkan mental dan juga bekal yang cukup. Dengan begitu perjalanan menuju ke lokasi pantai akan terasa lebih menyenangkan.

Setelah membahas harga tiket masuknya yang sangat murah dan terjangkau, anda pun bisa datang ke pantai indah ini mulai pukul 5 pagi Waktu Indonesia Tengah. Datang di pagi hari, anda pun akan disuguhkan dengan udara yang masih segar. Selain itu, untuk jam tutup dari pantai Telawas sendiri adalah pukul 5 sore WITA. Anda bisa datang kesini kapanpun karena pantai ini buka setiap hari.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Pantai Telawas
Photo by Twitter OktaviaHerwan

1. Bersantai di Batu Karang

Berbeda dengan pantai lain yang memiliki pasir putih hangat untuk bersantai, ketika mengunjungi Pantai Telawas anda pun akan disuguhkan dengan bongkahan batu batu karang yang besar. Di tengah tengah nda akan menemukan batu karang dengan ukuran yang cukup besar dan menjulang.

Biasanya banyak pengunjung yang menghabiskan waktunya untuk bersantai dan menikmati indahnya birunya pantai di batu batu karang yang ada di pinggir pantai tersebut. Jika anda ingin merasakan suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk keramaian, bersantai di pantai menjadi salah satu rekomendasi yang bisa anda coba.

Pasalnya, disini anda bisa duduk termenung tanpa ada gangguan. Dengan mendengarkan suara ombak yang menyapu batu karang di tengah seakan akan membuat anda merasakan ketenangan. Selain itu, melihat jernih dan birunya air laut di pantai yang berada di Lombok ini memang menjadi salah satu hal yang tidak bisa anda lewatkan begitu saja sesampainya di kawasan Nusa Tenggara Barat ini.

2. Berfoto dengan Spot yang Menarik

Jika anda memiliki hobi fotografi atau sedang mencari lokasi hunting foto yang estetik dan berbeda daripada yang lain, maka pantai dengan ciri khas batu karangnya ini dapat anda jadikan jujukan. Bagaimana tidak, tebing tebing karang yang anda temukan ketika sesampainya di Pantai Telawas akan menjadi salah satu spot foto yang menarik.

Ditambah lagi, anda pun akan merasakan sensasi ombak dari Samudra Hindia yang terhempas ke bebatuan karang tersebut. Selain ombak dan juga batu karang, anda juga bisa menikmati segarnya air laut yang berwarna kebiruan. Dengan latar belakang air laut yang jernih dan langit yang cerah, dijamin foto anda akan nampak instagramable.

Selain itu, disini anda tidak hanya menemukan laut saja. melainkan terdapat warna lain, yakni hadinya bukit hijau yang ada di sekitar pantai. Tentunya hal ini akan menciptakan keindahan tersendiri yang pastinya akan anda nikmati dan anda pun dijamin puas mengambil foto di pantai yang mempesona ini.

Sehingga, sesampainya di kawasan pantai anda pun jangan heran banyak wisatawan yang sengaja membawa peralatan fotografi lengkap. Hal ini tentu saja dengan memiliki tujuan agar bisa mengabadikan gambar yang mengagumkan ketika berada disini. Anda pun juga bisa mendapatkan view yang beragam ketika hunting foto di pantai indah ini.

Kegiatan Seru Pantai Telawas
Photo by Facebook Pantai telawas

3. Berpiknik di Gazebo

Bagi anda yang ingin merasakan piknik di tepi pantai, maka Pantai Telawas menjadi salah satu lokasi yang tepat. Disini, anda bisa membawa perbekalan yang dibutuhkan. Tidak usah membawa yang berat berat, anda bisa mengemas sandwich dan cemilan cemilan ringan. Selanjutnya, disini anda akan menemukan beberapa gazebo yang berada di pinggir pantai.

Adanya gazebo tersebut bertujuan agar wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sembari berteduh. Selagi duduk, anda pun bisa menyantap perbekalan yang dibawa bersama dengan keluarga. Dengan pemandangan pantai dan ombak yang menggulung, anda pastinya akan menikmati hidangan dengan lebih lahap.

Merencanakan liburan di Lombok, kurang lengkap jika anda tidak mengunjungi Pantai Telawas. Untuk itu, jika anda memang memiliki rencana untuk berlibur ke kawasan wisata ini, ada baiknya anda memasukkan pantai yang berada di Desa Selong Belanak ini sebagai tujuan wisata anda. Disini, anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang mempesona. Bahkan anda pun dijamin ingin kembali lagi ke destinasi yang mengagumkan ini.