Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Tegal Wangi tergolong destinasi wisata eksotis dan tersembunyi yang ada di Badung, Bali. Wisata bahari yang menyuguhkan pemandangan pantai dengan batu karang, namun tetap alami dan indah.

Lokasi: Jl. Tegal Wangi, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.
Map: Cek Lokasi

Pantai Tegal Wangi merupakan salah satu pantai berpasir putih di Kabupaten Badung, Bali. Menawarkan pemandangan eksotis dengan suasana pantai yang masih alami. Pantai yang dikelilingi tebing karang ini dikenal juga dengan ombaknya yang indah khas laut selatan.

Salah satu destinasi murah di Bali ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain pemandangan yang indah, Pantai Tegal Wangi juga menawarkan suasana asri dan tenang untuk para wisatawan yang datang. Bagi wisatawan yang ingin menenangkan diri dari keramaian, pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Walaupun fasilitas di pantai sangat terbatas, wisatawan tetap bisa menikmati liburan menyenangkan di pantai ini. Lokasi pantai ini sangat dekat dengan desa wisata Jimbaran dan Kuta yang memiliki fasilitas lebih lengkap.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tegal Wangi

Daya Tarik Pantai Tegal Wangi
Image Credit: Hotels.com

Pemandangan indah dan eksotis dapat dinikmati di Pantai Tegal Wangi, Bali. Keindahan pemandangannya menjadikan pesona dan daya tarik tersendiri untuk pantai ini. Pantai yang dihiasi hamparan pasir putih dan laut yang biru kehijauan sering dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Pantai cantik ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah, tetapi juga pemandangan yang cukup unik. Pemandangan yang jarang dijumpai di pantai lain yaitu adanya batuan karang di beberapa sisi pantai. Saat air laut surut, biasanya akan terbentuk kolam alami di tengah kumpulan batu karang tersebut.

Pantai yang dikelilingi tebing karang ini termasuk salah satu pantai tersembunyi dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Hal tersebut menjadi daya tarik sendiri untuk Pantai Tegal Wangi. Suasana di pantai pun lebih tenang sehingga wisatawan bisa menikmati kawasan pantai dengan lebih leluasa.

Namun, bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi pantai yang dijuluki hidden beach ini, perlu menyiapkan stamina dan tubuh yang fit. Pantai cantik ini tersembunyi di balik tebing karang. Jadi untuk mencapai bibir pantai, wisatawan harus berjalanan kaki menuruni tebing yang akan sedikit menguras tenaga.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tabanan Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan
Daya Tarik Pantai Tegal Wangi Bali
Image Credit: Raskitatour.com

Tantangan melewati tebing akan terbayar saat sampai di pantai berpasir putih ini. Suasana yang tenang dan pemandangan yang begitu indah. Lokasinya yang tidak terlalu ramai wisatawan ini adalah daya tarik lain dari Pantai ini. Banyak fotografer yang memburu tempat ini untuk tempat foto prewedding.

Suasananya sangat mendukung untuk kegiatan foto-foto karena tidak banyak gangguan dari wisatawan lain saat pengambilan gambar. Selain itu, banyak spot foto yang menarik, terlebih lagi

saat sunset. Pemandangan romantis saat matahari mulai terbenam adalah daya tarik Pantai Tegal Wangi yang sering diburu untuk tempat foto.

Selain pemandangan sunset yang menawan, pantai ini juga menarik untuk dikunjungi karena sering dijadikan lokasi penyelenggaraan upacara-upacara adat. Menjelang hari raya Nyepi, wisatawan dapat melihat beberapa masyarakat Hindu Bali melakukan upacara pembersihan diri atau Melasti di pantai ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Tegal Wangi

Lokasi Pantai Tegal Wangi
Image Credit: Tukangpantai.blogspot.com

Pantai yang berada di Kabupaten Badung ini lokasinya dekat dengan Desa Wisata Jimbaran. Jika diakses dari Pusat Kota Denpasar, pantai ini dapat dicapai sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan untuk yang datang dari arah Ngurah Rai, perjalanannya sekitar 40 menit.

Bagi wisatawan yang belum pernah ke pantai ini, bisa mengakses rute dan jalan melalui Google map. Lokasi pantai tidak jauh dari Hotel Ayana dan terdapat papan penunjuk jalan yang mengarah ke Pura Tegal Wangi. Pura tersebut berada di atas tebing atau bukit, dan Anda bisa melihat pantai ini di bawahnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Tegal Wangi Bali

Harga Tiket Pantai Tegal Wangi Bali
Image Credit: Edededan.com

Pantai Tegal Wangi adalah salah satu tujuan wisata murah di Pulau Bali. Wisatawan bisa datang kapan saja tanpa dikenai biaya masuk. Tiket masuk adalah gratis untuk siapa saja yang ingin menikmati keindahan pantai ini.

Sedangkan untuk wisatawan yang datang menggunakan kendaraan bermotor harus membayar biaya parkir. Tarif parkir di pantai ini sangat terjangkau, Rp 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp 15.000,- untuk mobil.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Tegal Wangi

Kegiatan di Pantai Tegal Wangi
Image Credit: Instagram.com @pavli.na

1. Berburu Sunset

Pantai Tegal Wangi menjadi salah satu pantai terbaik untuk berburu sunset. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai adalah sekitar jam 4 sore. Saat matahari mulai terbenam, wisatawan dapat menyaksikan langit Tegal Wangi yang berubah orange dan kemerahan. Perpaduan warna cantik tersebut juga memantul ke arah pantai dan laut.

Saat gelap atau malam hari, Anda bisa menikmati pemandangan cantik dari atas bukit. Cahaya dari lampu-lampu di daerah Kuta dapat terlihat dari tempat ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat lampu-lampu pesawat yang akan lepas landas atau mendarat di Bandara Ngurah Rai.

2. Berfoto Ria

Sore hari adalah waktu terbaik yang direkomendasikan untuk mengunjungi Pantai Tegal Wangi. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin datang pagi atau siang hari. Apalagi untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto lebih lama di pantai ini. Saat pagi hari suasana pantai sangat sepi sehingga Anda bisa berfoto-foto dengan lebih puas.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Denpasar Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Pada saat siang, pemandangan di pantai ini juga indah. Namun untuk menghindari kulit terbakar saat cuaca sedang terik, sebaiknya gunakan sunblock terlebih dulu. Biasanya wisatawan yang datang

siang hari bisa berteduh di dekat tebing yang mirip gua. Tempat tersebut bisa digunakan untuk berteduh karena tidak ada sundesk atau payung di pantai.

3. Berenang

Aktivitas berenang hanya dianjurkan dilakukan di kolam kecil yang terbentuk dari kumpulan batu karang. Kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan saat air laut sedang surut. Berenang di kolam alami di Pantai Tegal wangi juga harus dilakukan dengan hati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan.

Pantai ini memiliki gelombang yang cukup tinggi saat sedang terjadi pasang laut. Hempasan ombak ke batuan karang bisa berbahaya jika didekati. Wisatawan sebaiknya menikmati pemandangan pantai ini dari atas tebing atau bukit, terutama saat gelombang di pantai ini sedang tinggi.

4. Melihat Upacara Adat

Pada waktu-waktu tertentu, pengunjung Pantai Tegal Wangi dapat melihat prosesi upacara adat dari masyarakat Bali. Kesempatan tersebut biasanya datang saat mendekati hari raya Nyepi. Pantai ini akan dijadikan lokasi untuk upacara Melasti, termasuk pembersihan benda-benda sakral.

5. Menikmati Pemandangan Pantai dari Atas Tebing

Bersantai menikmati pemandangan pantai sepertinya tidak akan membosankan untuk dilakukan. Apalagi jika menikmatinya dari atas bukit atau tebing. Pemandangan indah dari seluruh area Pantai Tegal Wangi dapat terlihat dengan jelas dari ketinggian. Tempat ini juga bisa menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Tegal Wangi

Penginapan di Pantai Tegal Wangi
Image Credit: Booking.com

1. Rimba Jimbaran Bali

Penginapan yang berjarak sekitar 800 meter dari Pantai Tegal Wangi ini menyediakan kamar dan fasilitas kelas hotel bintang 5. Kamar dengan interior nyaman dan fasilitas yang lengkap ditawarkan di tempat ini. Fasilitas kolam renang yang mewah dengan pemandangan hijau dapat dinikmati di Rimba Jimbaran Bali.

Fasilitas untuk disediakan untuk tamu antara lain kamar bebas asap rokok, tv layar datar, wifi gratis, dan fasilitas rekreasi. Ruangan khusus yoga, pusat kebugaran, dan tempat sauna juga tersedia di penginapan ini.

2. Airy Kuta Square Tegal Wangi 2

Fasilitas dan layanan kelas hotel bintang tiga ditawarkan di Airy Kuta Square Tegal Wangi 2. Penginapan yang tidak jauh dari Pantai Tegal Wangi ini merupakan salah satu pilihan akomodasi yang terjangkau. Fasilitas cukup lengkap dengan kamar nyaman yang dilengkapi TV layar datar dan akses internet atau wifi gratis.

3. The Villas at Ayana Resort

Penginapan yang berada di kawasan Jimbaran ini adalah salah satu yang populer di kalangan wisatawan. Fasilitas dan layanan disiapkan untuk memuaskan para tamu yang datang. Desain

BACA JUGA:  Daya Tarik Wisata Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali

interior dan dekorasi bangunannya dibuat senyaman mungkin sehingga tamu yang menginap merasa seperti di rumah sendiri.

Fasilitas yang disediakan sangat lengkap seperti kamar dengan AC, tv layar datar, kamar mandi dengan hot tub, kolam pribadi, dan akses wifi gratis. Penginapan mewah ini juga menyediakan fasilitas penunjang lainnya seperti pusat kebugaran, tempat sauna, hingga lapangan golf.

4. Matahari Guest House

Salah satu penginapan murah dekat Pantai Tegal Wangi adalah Matahari Guest House. Lokasinya menawarkan akses yang mudah ke beberapa tempat wisata. Layanan kamar 24 jam dan fasilitas hotel yang cukup lengkap. Tersedia fasilitas wifi yang dapat diakses di tempat-tempat umum secara gratis.

5. Ayana Resort and Spa

Ayana memang menjadi salah satu penginapan terkenal di kawasan Jimbaran. Jaraknya hanya sekitar 0,5 km dari Pantai Tegal Wangi. Menawarkan kamar yang nyaman untuk wisatawan beristirahat. Fasilitas yang dapat dinikmati di penginapan ini antara lain LED TV, akses internet atau wifi gratis, pantai pribadi, dan berbagai fasilitas rekreasi lainnya.

Ayana Resort and Spa juga menyediakan fasilitas kolam renang dengan pemandangan pantai. Penginapan ini adalah pilihan tepat bagi wisatawan yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan. Pengelola bahkan menyediakan layanan satpam selama 24 jam untuk keamanan dan kenyamanan para tamu.

6. Zen Rooms Kuta Tegal Wangi

Penginapan ini merupakan salah satu pilihan paling populer bagi wisatawan yang membutuhkan akomodasi hotel dekat Pantai Tegal Wang. Lokasinya strategis dengan layanan kelas hotel bintang dua. Fasilitas yang ditawarkan antara lain kamar AC, wifi gratis, TV layar datar, dan kolam renang outdoor.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tegal Wangi Bali

Fasilitas di Pantai Tegal Wangi Bali
Image Credit: Google Maps (Febrinatiyas Nugraheni)

Pantai Tegal Wangi belum memiliki fasilitas yang memadai untuk para wisatawan. Namun untuk area parkir sudah disediakan dan jaraknya tidak terlalu jauh dari pantai. Wisatawan hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dari tempat parkir untuk sampai ke lokasi pantai.

Saat mengunjungi pantai ini disarankan juga membawa bekal sendiri. Hal tersebut karena di pantai ini belum tersedia fasilitas warung makan atau restoran. Namun, Anda bisa mendapatkan fasilitas tersebut di beberapa hotel yang ada di sekitar pantai.

Fasilitas penginapan di sekitar Pantai Tegal Wangi memang tidak terlalu banyak. Wisatawan bisa memilih penginapan terdekat yaitu di kawasan Jimbaran atau Kuta. Anda bisa menemukan berbagai penginapan seperti hotel, resort, atau vila mewah di daerah tersebut.

Itulah beberapa hal menarik yang penting untuk diketahui sebelum Anda mengunjungi Pantai Tegal Wangi, Bali. Jika berencana mengunjungi pantai ini, sebaiknya bawa teman agar perjalanan lebih menyenangkan.