Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Ringgit, Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Keindahan alam yang dimiliki Pulau Lombok membuatnya semakin dikenal belakangan ini. Bahkan wisata alam di Lombok disebut tidak kalah dengan pesona yang dimiliki Bali. Lihat saja seperti kawasan Lombok Timur dengan Pantai Tanjung Bloam yang layak disebut sebagai surga tersembunyi. Sebab keindahannya begitu rupawan dan masih begitu alami nan asri meski belum banyak dikenal orang.

Sekilas Tentang Tanjung Bloam yang Indah

Tentang Tanjung Bloam
Image Credit: Facebook.com @apip.rasel

Sekitar 200 kilometer dari pulau dewata, para wisatawan bisa menemukan wisata bahari tersembunyi yang keindahannya tidak kalah dengan berbagai pantai di Bali. Mulanya pantai yang ada di bagian timur dari Pulau Lombok ini hanya disadari oleh para backpacker yang suka bertualang ke destinasi baru.

Melihat adanya surga tersembunyi berupa pantai indah nan rupawan yang tak tersentuh ini membuat para backpacker mulai membagikannya ke linimasa. Alhasil, pantai yang juga menjadi kawasan konservasi penyu ini mulai terdengar ke telinga para wisatawan. Alamnya yang masih begitu asri pun membuat destinasi tersebut semakin populer.

Sayangnya, di tahun 2015 lalu ada sebuah tragedi yang mengakibatkan akses ke Pantai Tanjung Bloam menjadi ditutup. Kala itu, terdapat beberapa turis yang datang ke pantai dan meninggal akibat tergulung ombak. Pada saat kejadian, cuaca memang sedang buruk dan saat itu awalnya korban tengah mengambil foto bersama di samping tanjung.

Tanjung Bloam sendiri memang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan Selat Alas, karena letaknya berada di ujung Pulau Lombok. Hal ini menyebabkan pantai satu ini memiliki ombak yang cukup tinggi, khususnya di waktu waktu tertentu cuacanya juga bisa memburuk dengan cepat.

Peristiwa tidak menyenangkan seperti yang dialami para turis di pantai ini tentu diharapkan tidak terulang kembali dan bisa menjadi pembelajaran bagi wisatawan lainnya. Bagi yang gemar mengambil gambar atau video untuk kebutuhan story di media sosial dengan pemandangan lautan lepas, sebaiknya memahami medan dan kondisi ombak terlebih dahulu.

Jika ingin berfoto dengan posisi membelakangi lautan, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan bibir pantai karena Anda tidak akan tahu kapan gelombang besar akan datang. Dan apabila ingin mengambil gambar dari atas batu cadas atau bukit yang ada, maka hindari berdiri di sisi tebing karena struktur tanah di bagian sisi tebing bisa saja rapuh dan tiba tiba retak.

Semua kewaspadaan ini tentunya tidak hanya berlaku di Pantai Tanjung Bloam saja, tapi di berbagai objek wisata alam lainnya demi keselamatan bersama. Tentunya di luar semua kejadian tersebut, wisata pantai ini tetap menjadi destinasi spektakuler dengan keindahannya yang membuat terkagum kagum. Meski jalur utamanya sudah tutup, masih ada beberapa akses menuju pantai satu ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Tanjung Bloam

Daya Tarik Pantai Tanjung Bloam
Image Credit: Facebook.com @informasiwisatalombok

1. Keindahan Spektakuler

Memiliki panorama alam yang masih begitu alami dan asri, membuat siapapun betah untuk menikmati keindahan yang ada di Tanjung Bloam ini. Terlebih bagi para wisatawan yang berasal dari kota padat penduduk, maka pemandangan rupawan seperti ini tentu tidak bisa didapat setiap hari sehingga dijamin betah untuk berlama lama mengaguminya.

Semua keindahan alam tersebut langsung menyapa indera penglihatan Anda saat pertama kali memasuki wilayah pantai. Ketika memasuki wilayah pantai lebih dalam, Anda akan melihat bagaimana eksotisme yang terhampar di destinasi tersebut. Dimana kawasan pantai ini dikelilingi oleh tebing bebatuan yang mengapit pantai dengan sempurna.

Anda bisa melihat tebing yang bentuknya seperti bakpau di sisi kiri, sedangkan bagian sisi kanan penuh dengan tebing berbentuk tak beraturan yang menjorok ke arah pantai. Semua tebing ini memiliki warna kekuningan yang berpadu dengan warna hitam. Warna tebing yang kontras dengan birunya laut memberi perpaduan cantik yang memanjakan mata.

Selain kontras dengan warna tebing yang ada, lautan biru nan jernih ini juga memiliki warna kontras dengan hamparan pasir putih yang telah menyapa Anda sedari awal menginjakkan kaki di area pantai. Pantai pasir putih yang terasa lembut di kaki telanjang ini masih begitu bersih dan bebas sampah, dijamin membuat Anda semakin betah.

2. Konservasi Penyu

Pantai Tanjung Bloam terkenal sebagai kawasan konservasi penyu, dan inilah yang membuatnya makin menarik. Adanya tebing bebatuan yang menjorok ke pantai memang membuat penyu senang untuk singgah di kawasan pantai. Selain itu, penyu penyu ini juga biasanya ada di sepanjang garis pantai yang menghampar dari utara hingga selatan.

Banyaknya penyu yang mampir ke pantai membuat tempat ini dijadikan sebagai salah satu pantai tempat penangkaran penyu. Oleh karena itu, selain dapat menikmati keindahan alam yang rupawan dan spektakuler, Tanjung Bloam ini cocok untuk wisata edukasi bagi para turis.

Daya Tarik Tanjung Bloam
Image Credit: Google Maps (Jess Prince)

3. Banyak Spot Foto

Bagi Anda yang menyukai fotografi, Anda akan mendapat banyak kesempatan untuk memotret lukisan Tuhan yang begitu luar biasa dengan mengunjungi Tanjung Bloam. Karena dari keindahan alamnya yang begitu menakjubkan, banyak sekali spot yang bisa dibidik dengan jepretan kamera untuk mendapat foto ciamik.

Apabila Anda ingin mendapat gambar panorama alamnya dengan lebih jelas, maka naiklah ke bukit yang terletak di sebelah barat pantai. Karena dari bukit ini pemandangan pantai sekaligus alam di sekitarnya bisa tertangkap kamera. Tentunya Anda tetap perlu berhati hati selama berada di atas, jangan terlalu mendekat ke tebing demi keamanan.

4. Kehidupan Nelayan

Kehidupan masyarakat sekitar menjadi pemanis pada pemandangan natural yang ada di Pantai Tanjung Bloam. Karena di sini Anda bisa melihat bahwa cukup banyak masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Datanglah pagi sekali atau menjelang senja untuk melihat para nelayan yang pulang atau akan berangkat melaut untuk mencari ikan.

Pemandangan pantai dengan para nelayan yang mondar mandir ke laut lepas mencari ikan memang tampak jelas di sini, membuatnya makin menarik untuk disinggahi. Bahkan jejeran perahu nelayan yang ada di pantai ketika mereka sedang tidak melaut, menjadi objek foto menarik bagi sebagian besar orang.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Tanjung Bloam

Alamat Pantai Tanjung Bloam
Image Credit: Facebook.com @gaul.aja.758

Tanjung Bloam berada di Dusun Tangsi, Desa Tameak, Jerowaru, Lombok Timur. Lokasi ini memiliki jarak sekitar 88 kilometer dari arah Kota Mataram, atau memerlukan 2,5 jam perjalanan untuk mencapai lokasi tersebut. Agar lebih mudah menemukan lokasinya, Anda bisa mencari arah menuju Pantai Tanjung Ringgit yang memang sudah terkenal lebih dulu.

Karena dari Pantai Tanjung Ringgit, Pantai Tanjung Bloam hanya berjarak kurang lebih 4 kilometer saja. Pada perjalanan menuju Pantai Tanjung Ringgit ini, sekitar 500 meter dari tikungan jalur masuknya akan ada pendopo mini yang menjadi penanda. Sehingga Anda bisa mengikuti penanda tersebut untuk sampai di lokasi pantai.

Namun penting untuk diketahui bahwa rute menuju lokasi pantai tidak semulus rute pada berbagai pantai terkenal di Lombok lainnya. Karena jalan yang ada masih berupa tanah yang berkerikil dan berdebu saat kemarau serta licin ketika musim penghujan. Apabila masih bingung arah menuju pantai ini, Anda bisa bertanya ke warga sekitar atau menggunakan bantuan peta digital.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Tanjung Bloam

Harga Tiket Pantai Tanjung Bloam
Image Credit: Google Maps (Shannon)

Tiket masuk area wisata Tanjung Bloam sebenarnya sangat murah, karena wisatawan hanya perlu membayar uang parkir saja sebesar kurang lebih Rp. 5.000. Namun kini tidak bisa dimasuki oleh umum secara bebas. Terlebih setelah didirikannya sebuah hotel di sini, sehingga aksesnya dijaga ketat oleh satpam.

Oleh karena itu, Anda perlu memesan kamar di Hotel Jeeva Bloam terlebih dahulu jika ingin menikmati keindahan Pantai Tanjung Bloam. Meski tarif per malamnya tidak begitu murah, namun pengalaman menginap di Jeeva Bloam Beach Camp ini dijamin akan sangat berkesan. Suasana eksklusif akan sangat terasa, seolah seperti pantai milik sendiri apalagi jika tamu sedang sepi.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Bloam

Aktivitas di Pantai Tanjung Bloam
Image Credit: Google Maps (Muhammad Salim)

Keindahan alamnya yang begitu spektakuler merupakan salah satu alasan terbesar para wisatawan jauh jauh datang ke tempat ini. Oleh sebab itu, menikmati keindahan alamnya sembari berjalan jalan menyusuri garis pantai merupakan aktivitas utama yang dilakukan para wisatawan ketika sampai di lokasi pantai.

Beberapa wisatawan ada yang mencoba mendaki tebing untuk mengambil gambar indahnya tanjung ini dari ketinggian, dan beberapa lainnya memilih untuk menjelajah hutan Jerowaru yang tidak jauh dari pantai untuk melihat sisi lain dari keindahan Pantai Tanjung Bloam. Selain itu, Anda juga bisa mencoba memancing apabila kebetulan membawa peralatannya.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Tanjung Bloam

Fasilitas di Pantai Tanjung Bloam
Image Credit: Google Maps (Adi Baok)

Sayangnya kealamian wisata pantai ini juga membuatnya memiliki fasilitas yang masih begitu minim. Karena memang destinasi ini masih begitu alami dan asri. Maka dari itu, Anda yang ingin berkunjung ke sini sebaiknya benar benar memiliki persiapan matang. Atau Anda bisa langsung memesan kamar di hotel yang ada di sekitar pantai, agar semua kebutuhan terpenuhi selama berada di destinasi.

Melihat bagaimana keindahan alam Pantai Tanjung Bloam yang begitu menakjubkan, apakah Anda mulai tertarik mengunjungi surga tersembunyi yang ada di Lombok Timur ini ? Namun karena setelah tragedi yang terjadi dan berdirinya hotel di sana membuat kebijakan pantai ini banyak berubah, sebaiknya Anda mencari lebih banyak informasi dan memiliki persiapan matang sebelum bertolak ke sana.