Pantai Tanjung Aan salah satu objek wisata pantai yang unik nan eksotis di Lombok Tengah. Pantai pasir putih yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan asri, air berwarna pirus dan ombak yang tenang.

Harga: Gratis Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Tanjung Aan adalah salah satu pantai yang terletak di pulau Lombok, dan menawarkan beragam keindahan yang begitu memikat banyak orang tidak hanya wisatawan lokal saja, namun juga merambah sampai wisatawan internasional. Hal tersebut tentu tidak mengherankan sebab lokasi ini memang begitu eksotis dan menawarkan banyak keunggulan.

Pantai ini memiliki ombak yang begitu lembut dan tenang, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan wisata sambil mendinginkan kepala dari rasa penat atas pekerjaan sehari-hari. Pada saat sore hari, permukaan lautnya akan semakin naik dan merupakan waktu yang sempurna untuk berselancar ataupun duduk menikmati pemandangan matahari tenggelam.

Pengunjung yang mendatangi Pantai Tanjung Aan juga bisa menikmati beragam fasilitas yang memang sudah disediakan oleh para pengelola. Fasilitas dan segala kebutuhan tersebut begitu menarik dan akan sangat memuaskan para pengunjung sehingga siapapun pasti akan merasa sayang untuk meninggalkan tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Aan

Daya Tarik Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Twitter.com @byosiyana

Pantai cantik ini memiliki beragam daya tarik yang dapat membuatnya tampak terlihat lebih unggul dan jauh lebih menarik untuk disinggahi apabila dibandingkan dengan wisata pantai yang lainnya. Banyak wisatawan yang rela menunggu selama beberapa saat untuk menikmati momen-momen tertentu yang hanya bisa dinikmati di pulau ini.

1. Bersantai di Payung Jerami

Pemandangan yang ditawarkan oleh pantai ini memang begitu menakjubkan dan dapat memanjakan mata Anda. Lokasinya yang bisa dibilang cukup luas juga akan mampu membuat suasana terasa sedikit tenang, sehingga Anda pasti dapat menikmati keindahan pemandangannya dengan aman tanpa ada gangguan.

Terdapat beberapa payung yang atapnya terbuat dari jerami dan bisa Anda jadikan tempat untuk bersantai. Berbaring santai sambil meneguk kesegaran kelapa muda dan menikmati keindahan laut yang berwarna biru pun menjadi daya tarik utama yang bisa dinikmati di pantai ini.

2. Pasir Putih yang Tampak Unik

Hal yang membuat Pantai Tanjung Aan tampak lebih menarik daripada pantai biasa adalah butiran pasirnya yang tampak begitu unik. Pasir-pasir tersebut terdiri atas butiran pasir dengan tekstur seperti butiran merica, sehingga apabila Anda berjalan di atas pasir tersebut tanpa menggunakan alas kaki akan terasa seperti menginjak butiran pasir yang sangat kasar.

Banyak yang menganggap bahwa butiran pasir tersebut merupakan hasil dari proses pelapukan fosil-fosil karang yang sudah lama hancur. Karena bentuknya yang cukup besar dan kasar, berjalan di atas pasir ini dipercaya dapat membuat kesehatan membaik karena mampu merangsang saraf-saraf yang ada di balik kulit kaki.

Daya Tarik dari Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Instagram.com @pictshint

3. Tempat Sempurna bagi Perenang

Karena ombak yang dimiliki oleh pantai ini tidak begitu besar, maka hal tersebut menjadikan tempat ini menjadi surga bagi mereka yang sangat hobi untuk berenang. Kedalaman lautnya pun juga tidak terlalu dalam bahkan bisa dibilang cukup dangkal, sehingga Anda dapat menyelam ke dalamnya sambil menikmati keindahan bawah laut yang memukau.

Anda tidak perlu khawatir mengenai peralatan yang harus dipakai sebab di tempat ini, telah tersedia jasa sewa yang bisa Anda gunakan untuk membeli peralatan renang. Namun, Anda pun juga harus tetap berhati-hati saat ingin berenang di tempat ini.

4. Bertatapan Langsung dengan Samudera Hindia

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh pantai ini adalah posisinya yang cukup strategis, sebab bertatapan langsung dengan Samudera Hindia. Hal ini membuat pemandangan lautnya menjadi tampak menakjubkan sebab laut tersebut terlihat tak berujung, karena dikelilingi oleh samudera yang begitu luas.

Tidak hanya itu saja, pantai ini juga memiliki garis pantai yang cukup panjang. Oleh karena itu, para wisatawan pun bisa melakukan kegiatan apa saja di pesisir pantai dengan bebas.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Aan

Alamat Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Google Maps (Juli Anto)

Termasuk salah satu pantai yang menarik di Pulau Lombok dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Lebih tepatnya, pantai ini memiliki lokasi di desa Pengembut, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk mencapai lokasi pantai ini, pada umumnya akan menempuh waktu selama 1,5 jam dengan jarak kurang lebih sekitar 62 km apabila Anda memulai perjalanan dari kota Mataram. Sementara itu, apabila Anda memulai perjalanan dari Bandara Internasional Lombok maka jarak yang harus ditempuh kemungkinan sekitar 24 km.

Anda tidak perlu cemas mengenai kondisi jalan yang harus Anda lalui untuk mencapai tempat ini sebab kondisi jalannya bisa dibilang sangat baik dan terawat. Apabila Anda ingin memulai perjalanan dari kota Mataram, maka Anda dapat mengambil jalur yang melewati bandara lalu lanjutkan perjalanan menuju Kota Lombok. Kemudian, Anda tinggal melewati beberapa tanjakan untuk sampai di tujuan.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menuju Pantai Tanjung Aan pada umumnya lebih besar pada biaya transportasi. Apabila Anda adalah wisatawan lokal dari daerah lain, maka biasanya harus membeli tiket menuju Bandara Internasional Lombok terlebih dahulu yang kisaran harganya mencapai 1 juta rupiah.

Lalu, Anda pun bisa menyewa bis atau mobil pribadi dengan harga sekitar 500 ribu rupiah dan umumnya biaya tersebut dihitung perharinya. Sesampai di tempat, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebab Anda dapat menikmati pantai secara gratis, namun Anda harus membayar tiket parkir terlebih dahulu yang umumnya berkisar antara 10 sampai 15 ribuan tergantung kendaraan.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Aan

Kegiatan di Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Facebook.com @adaeventsasia

1. Mendaki Bukit Marese

Apabila Anda memang hobi mendaki bukit, maka Anda dapat menikmati kegiatan pendakian Bukit Marese di pantai ini. Pantai Tanjung Aan ini memang dikelilingi oleh beberapa bukit berwarna hijau yang tampak menjorok ke laut, seperti Bukit Marese ini.

Akses menuju bukit ini pun bisa dibilang cukup mudah, namun karena kondisi jalannya berupa bebatuan dan tanah karang maka alangkah lebih baik apabila Anda memakai alas kaki yang tebal dan nyaman untuk melindungi kaki dari rasa sakit. Bukit ini juga menjadi tempat yang sangat sempurna untuk melihat sunset dan keindahan laut yang ada di bawahnya.

2. Bermain Pasir dan Berjemur

Wisatawan mancanegara memang sudah menetapkan pantai ini sebagai tempat yang cocok untuk berjemur dan menghangatkan diri. Mereka biasa menikmati paparan sinar matahari sembari menikmati hembusan angin yang sejuk sambil bersantai di atas pasir.

Selain itu, pasirnya yang memiliki tekstur unik dan kasar akan membuat anak-anak menyukai hal tersebut. Pasir tersebut sangat mudah untuk dijadikan sebagai mainan demi membuat istana pasir karena butirannya yang kasar membuatnya mudah untuk menempel dengan pasir lainnya.

3. Menyaksikan Bau Nyale Mandalika

Pada pantai ini, terdapat sebuah festival yang begitu spesial dan sakral bernama Festival Bau Nyale Mandalika. Festival ini konon diadakan untuk menghormati legenda Putri Mandalika yang mengorbankan dirinya untuk terjun dari atas bukit dan berinkarnasi menjadi Nyale atau bisa disebut juga sebagai cacing laut.

Apabila Anda mengunjungi pantai ini pada bulan Februari, maka Anda akan memperoleh kesempatan untuk menyaksikan keunikan festival tersebut. Tidak hanya unik, festival itu pun juga mampu menambah kesan penuh budaya yang dimiliki oleh pantai ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Tanjung Aan

Penginapan Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Booking.com

Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota Mataram, namun Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan penginapan dan akomodasi sebab terdapat beberapa penginapan terdekat yang bisa Anda pilih sebagai tempat beristirahat.

1. Hery Homestay

Penginapan terdekat yang pertama yaitu Hery Homestay. Dengan lokasi yang cukup strategis karena dekat dengan pusat Kuta Lombok, penginapan ini bisa menjadi tempat yang sangat aman digunakan untuk melepaskan penat dari perjalanan. Harga sewa yang ditetapkan pun cukup murah, sekitar 180 ribu rupiah per malam.

2. The Born

Penginapan selanjutnya memiliki beragam fasilitas yang begitu menarik untuk dinikmati, seperti wifi, sarapan pagi, dan kolam renang. Semua fasilitas tersebut termasuk gratis dan tidak dipungut biaya. Harga sewa yang ditetapkan yaitu hanya sekitar 200 ribu rupiah per malamnya.

3. Origin Lombok

Terakhir, Anda pun dapat mencoba penginapan Origin Lombok. Fasilitas yang disediakan sangat bervariasi seperti restoran, bar, spa, dan kolam renang outdoor. Semua hal tersebut dapat dinikmati dengan membayar sewa sekitar 300 ribu rupiah per malam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Aan Lombok

Fasilitas Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Google Maps (Roe_)

Fasilitas yang ada di Pantai Tanjung Aan mungkin memang tidak terlalu lengkap apabila dibandingkan dengan pantai lain, namun bahkan fasilitas yang terbatas itu sudah mampu memenuhi kebutuhan umum para wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain yaitu warung makan dan minuman sederhana, toko souvenir, area parkir, sewa alat renang dan snorkeling, pondok kecil untuk beristirahat, mushola, dan juga yang terakhir yaitu kamar mandi.

Itulah beberapa daya tarik, fasilitas, dan informasi lain yang begitu berguna mengenai Pantai Tanjung Aan di Lombok Tengah. Dengan pemandangan dan keunggulan yang begitu memukau, maka tidak salah lagi apabila banyak yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk menghabiskan waktu liburan mereka.