Tabanan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Pulau Bali. Kabupaten tersebut memiliki banyak sekali tempat wisata yang unik dan menarik. Salah satu destinasi andalannya adalah pantai. Panoramanya yang memukau mampu membuat wisatawan merasa betah. Kesempatan kali ini, yuk simak lebih dalam apa saja pantai cantik di Tabanan yang menarik untuk Anda jelajahi.

1. Pantai Yeh Gangga

Pantai Yeh Gangga
Photo by Instagram Steven Stephanus

Pantai Yeh Gangga tidak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke kabupaten ini. Pantai tersebut memiliki panorama yang indah. Nuansanya yang tenang dapat membuat pikiran menjadi rileks. Pantai tersebut memiliki pasir berwarna hitam, sehingga membuatnya terlihat istimewa dan menarik. Pada sore hari, wisatawan bisa melihat fenomena matahari tenggelam yang epik.

Bukan hanya pemandangan pantainya yang cantik, tidak jauh dari Pantai Yeh Gangga terdapat sebuah batu karang yang memiliki lubah di bagian tengahnya. Di saat air laut sedang surut, para pengunjung bisa naik ke bagian atas batu karang tersebut dan melihat pesisir pantai yang luas. Apabila dilihat dari sudut pandang tertentu, batu karang ini terlihat menyerupai bentuk hati.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Yeh Gangga I, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali.

2. Pantai Batu Tampih

Pantai Batu Tampih
Photo by Instagram Steven Stephanus

Pantai Batu Tampih merupakan pantai yang masih sepi pengunjung. Tidak heran jika kemudian sebagian orang menjulukinya sebagai surga tersembunyinya Tabanan. Mulai dari perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan area persawahan yang luas. Sesampainya di lokasi, wisatawan akan melihat hamparan pasir pantai yang luas dan terlihat memukau.

Keberadaan pohon kelapa di tepi pantai membuat lokasi ini terlihat eksotis. Banyak kaum muda mudi yang sengaja datang ke pantai tersebut untuk mengambil beberapa hasil jepretan foto. Panorama pantai semakin indah saat waktu menjelang petang. Langit yang berubah warna menjadi orange serta pantulan cahayanya di atas permukaan laut membentuk suasananya terlihat romantic.

Karena pantai Pantai Batu Tampih belum terlalu ramai, maka fasilitas yang ada di sana juga tidak selengkap pantai Kuta. Hanya ada beberapa warung kecil yang menyediakan jajanan. Meskipun begitu, menghabiskan waktu di pantai tersebut bukanlah ide buruk yang tidak boleh dijajal. Jika tertarik, Pantai Batu Tampih ini berada di Desa Pangkung Tibah, Kecamatan Kediri, Tabanan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pangkung Tibah, Kec. Kediri, Kab. Tabanan, Bali.

3. Pantai Soka

Pantai Soka
Photo by Google Maps raden fr

Pantai berikutnya yang menjadi favorit traveler adalah Pantai Soka. Pantai tersebut memiliki akses yang mudah karena lokasinya yang pas di pinggir jalan. Anda hanya perlu mengendarai kendaraan di sepanjang jalan Gilimanuk – Denpasar. Pantai tersebut bahkan telah digunakan sebagai salah satu kawasan rest area bagi wisatawan yang sedang melakukan perjalanan.

Berbanding terbalik dengan Pantai Batu Tampih, Pantai Soka tidak pernah sepi pengunjung. Pemandangan alam yang indah serta pasir hitamnya mampu menghipnotis semua orang. Jika sudah singgah di pantai tersebut, maka anda akan enggan melanjutkan perjalanan. Saking memukaunya pantai ini, ada juga orang yang tiba tiba memutuskan untuk mencari penginapan di sekitarnya.

Apabila menoleh ke sisi timur, pengunjung dapat melihat kemegahan Gunung Agung. Sedangkan dari sisi barat, anda akan melihat bentangan kebun kelapa dan hamparan area persawahan yang tertata dengan rapi. Di Pantai Soka juga ada sebuah goa yang bernama Goa Bulung Daya. Goa tersebut berada di tebing batu karang dan telah dihuni oleh ribuan burung walet.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, Antap, Kec. Selemadeg, Kab. Tabanan, Bali.

4. Pantai Pasut

Pantai Pasut
Photo by Google Maps gungrisma ningrat

Sebuah pantai yang ada di Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambit juga wajib anda singgahi saat berkunjung ke Tabanan. Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam dengan topografi yang landai. Banyak turis mancanegara yang datang karena merasa penasaran dengan pesona pantai tersebut. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika anda yang merupakan wisatawan lokal tidak mengunjunginya.

Adapun berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai ini adalah berenang, berjemur, dan bersantai. Anda juga bisa bermain pasir pantai bersama dengan anak anak. Pasir hitam yang lembut ini sangat mudah untuk dibentuk. Dengan begitu, si kecil tidak akan merasa bosan saat anda dan pasangan sedang menikmati pemandangan di bawah deretan pohon kelapa.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Pasut, Tibubiu, Kec. Kerambitan, Kab. Tabanan, Bali.

5. Pantai Nyanyi

Pantai Nyanyi
Photo by Twitter Fantastic Bali

Pantai berikutnya yang juga patut untuk didatangi adalah Pantai Nyanyi. Destinasi ini dekat sekali dengan Tanah Lot. Tidak heran jika kemudian wisatawan banyak yang menyempatkan waktunya untuk datang ke sini. Dari Tanah Lot, anda hanya perlu menempuh perjalanan 7,2 km saja. Dari perkiraan jarak tersebut, anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 10 sampai 15 menit.

Ombak di pantai ini cukup panjang dan tinggi sehingga layak digunakan oleh para surfer. Pantai Nyanyi juga sempat muncul di sebuah program TV swasta berjudul My Trip My Adventure sehingga, namanya semakin terkenal dan ramai. Pada sore harinya, anda bisa menyempatkan waktu untuk melihat secara langsung keindahan sunsetnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabanan, Bali.

6. Pantai Kelating

Pantai Kelating
Photo by Google Maps Bali Tours Club

Rekreasi bersama keluarga juga dapat anda lakukan di Pantai Kelating. Pasirnya yang lembut akan langsung menyambut anda begitu turun dari kendaraan. Panoramanya juga sangat cantik sehingga sangat cocok untuk melepas lelah setelah perjalanan jauh. Pantai ini juga memiliki ombak yang besar sehingga sangat cocok untuk surfing.

Tidak heran jika kemudian banyak turis yang berlalu lalang dengan membawa papan selancar. Mereka pasti hendak melakukan kegiatan surfing dengan memanfaatkan ombak di pantai tersebut. Anda juga bisa mencoba kegiatan yang satu ini jika memang merasa tertantang. Akan tetapi, ada baiknya untuk meminta bantuan instruktur yang handal jika kesempatan ini adalah yang pertama kalinya.

Sebenarnya nama Pantai Kelating semakin terkenal karena pernah menjadi venue berlangsungnya acara pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Mereka menikah di sebuah villa yang berada di kawasan pantai ini. Mulai dari situlah semakin banyak orang yang tertarik untuk melangsungkan pernikahannya di sana. Alhasil, Pantai Kelating menjadi semakin ramai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kerambitan, Kelating, Kec. Kerambitan, Kab. Tabanan, Bali.

7. Pantai Melasti

Pantai Melasti
Photo by Google Maps Keysha Arza

Di Pulau bali ada dua pantai yang disebut dengan Pantai Melasti. Salah satunya berada di Kabupaten Tabanan Tempat ini juga dekat dengan objek wisata legendaris Tanah Lot. Bahkan jaraknya hanya sekitar 400 meter saja. Pantai ini selalu diincar oleh traveler yang sangat gemar mengunjungi pantai. Bagi mereka, setiap pantai memiliki suasana yang berbeda.

Momen matahari tenggelam merupakan fenomena yang sangat diburu oleh wisatawan yang datang ke Melasti. Melihat semburat cahaya orange yang perlahan hilang ditelan kegelapan sangatlah menakjubkan. Di momen ini pula, anda bisa mendapatkan hasil foto yang indah. Efek siluet yang diberikannya akan membuat foto menjadi lebih estetik.

Pesona Pantai Melasti juga semakin menjadi jadi karena keberadaan sebuah air terjun yang sangat indah. Air terjun ini menjadi air terjun satu satunya yang masuk di dalam kawasan pantai yang ada di Bali. Di waktu siang hari, anda akan melihat bentangan pelangi yang sangat memukau. Sayangnya air terjun ini sifatnya musiman dan tidak muncul setiap hari.

Sebenarnya aliran air yang jatuh dari air terjun ini berasal dari kawasan pertanian yang berada di sekitar pantai. Sisa air irigasi inilah yang mengarah ke laut dan membentuk sebuah air terjun. Oleh karena itu, air terjun tersebut akan hilang saat musim kemarau karena petani tidak sedang menanam padi. Sehingga untuk menikmatinya, anda harus datang saat masuk musim padi.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Melasti Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

8. Pantai Balian

Pantai Balian
Photo by Instagram Wita Journey

Sama halnya dengan pantai Kelating, pantai balian juga dikenal sebagai surganya pecinta surfing. Ombak di pantai tersebut tidak kalah besar dan masih layak untuk mendorong papan selancar. Suasananya juga sangat tenang sehingga anda bisa berselancar dengan puas tanpa takut bertabrakan dengan orang lain.

Waktu terbaik jika anda hendak datang ke sana adalah di pagi dan sore hari. Di waktu waktu itulah, pantai Balian dalam kondisi yang lumayan sejuk. Dengan begitu, anda dan keluarga bisa bermain air dengan lebih nyaman. Akan tetapi, meskipun datang di pagi dan sore, usahakan untuk tetap menggunakan sunscreen atau sunblock agar kulit tidak terbakar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lalanglinggah, Kec. Selemadeg Barat, Kab. Tabanan, Bali.

9. Pantai Kedungu

Pantai Kedungu
Photo by Instagram Dan Chipperfield

Pantai Kedungu merupakan pantai yang memiliki topografi yang landai. Banyak sekali pohon kelapa yang berjajar di sepanjang garis pantainya. Kedua kelebihan itulah yang membuat pantai ini layak digunakan untuk berkemah. Anda bisa mendirikan tenda di bawah teduhan pohon kelapa dan tidak akan kesulitan menemukan spot yang rata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Kedungu, Desa Belalang, Kec. Kediri, Kab. Tabanan, Bali.

10. Pantai Mekayu

Pantai Mekayu
Photo by Twitter raden Dana

Sama seperti pantai pantai yang sebelumnya, Pantai Mekayu juga memiliki pemandangan yang indah. Hamparan pasir pantainya yang luas sangat cocok digunakan sebagai arena bermain bola. Permainan sederhana itu bisa anda pilih untuk mengisi waktu luang selama liburan di sana. Pantai Mekayu juga merupakan pantai yang mudah diakses karena berada di pinggir jalan Raya Gilimanuk – Denpasar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk No.16, Lalanglinggah, Kec. Selemadeg Barat, Kab. Tabanan, Bali.

Dari uraian yang telah diberikan tadi, terlihat bahwa Tabanan merupakan sebuah Kabupaten yang memiliki banyak potensi pesisir berupa pantai dan laut. Tidak heran jika kemudian kabupaten ini menjadi destinasi wisata yang menyenangkan. Namun sebelum datang ke salah satu destinasinya, cobalah untuk melihat waktu yang tepat untuk mendapatkan pengalaman liburan terbaik.