Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Suluban dikenal sebagai lokasi surfing terbaik di Bali. Memiliki pemandangan alam yang memukau bisa dijadikan alternatif tujuan wisata di Pulau Dewata.

Lokasi: Desa Pecatu, Uluwatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.
Map: Cek Lokasi

Anda tentu tidak asing dengan berbagai pantai yang ada di Bali, selain Pantai Kuta ternyata terdapat pantai lain yang menjadi tujuan banyak wisatawan asing maupun lokal, yakni Pantai Suluban. Terkenal sebagai pantai blue point, pantai ini sering digunakan sebagai lokasi surfing terbaik di dunia.

Walaupun terkenal di kalangan pecinta olah raga air, bukan berarti ia tidak bisa dikunjungi oleh masyarakat dan turis awam. Banyak dari mereka yang datang untuk bermain atau sekedar menikmati pemandangan alam. Tidak heran jika pantai ini kemudian terkenal dan menjadi alternatif wisata pesisir selain Pantai Kuta.

Asal mula nama blue point beach bukan dari penamaan masyarakat lokal, melainkan dari bule dan turis asing yang berkunjung ke pantai tersebut. Disana terdapat bangunan yang memiliki warna biru dan dijadikan sebagai tempat menginap oleh wisatawan asing, membuatnya menjadi julukan reguler untuk memudahkan pencarian nama Pantai Suluban.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Suluban

Daya Tarik Pantai Suluban
Image Credit: Raskitatour.com

Terdapat beberapa daya tarik yang membuat pantai ini berbeda dengan jenis pantai lain di Bali, Anda bisa melihatnya jika datang berkunjung secara langsung. Pantai Suluban memang belum terkenal seperti Pantai Kuta, namun ia memiliki banyak daya tarik yang tidak boleh Anda lewatkan.

Pasir putih dan ombak yang besar menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini, terutama untuk mereka yang menyukai olahraga air, surfing, dan waterspot. Ombak yang besar ini membuat banyak pemain surfing datang jauh-jauh ke Pantai Suluban untuk bermain, Anda yang baru belajar surfing tidak dianjurkan bermain di pantai ini jika masih takut dengan ombak yang besar.

Selain pasir dan ombak, di bibir pantai ini juga terdapat gua batu karang yang bisa dimasuki oleh wisatawan. Membuatnya sering digunakan sebagai spot fotografi, dan merupakan salah satu jalan yang harus dilewati ketika hendak masuk ke pantai cantik ini. Untuk memudahkan wisatawan, terdapat anak tangga yang bisa membantu mereka menuju bibir pantai.

Pantai Suluban
Image Credit: Pegipegi.com

Walaupun terdapat tebing yang cukup curam, namun pemandangan yang dihasilkan cukup indah dan sayang untuk dilewatkan. Pantai Suluban sering disebut sebagai surga tersembunyi karena lokasinya yang tersembunyi dan tertutup oleh tebing.

Untuk menikmati keindahan pantai, Anda tidak harus menuju bibir pantai. Jika lelah dan ingin mendapatkan pemandangan alam yang berbeda, Anda bisa duduk dan bersantai di antara tebing pada jalur jalan menuju pantai.

Sebagai tempat fotografi ia menjadi lokasi yang indah dan menarik, pasalnya cahaya matahari akan masuk dan menembus celah yang terdapat di dinding tebing dan menghasilkan perpaduan cahaya yang menarik. Inilah yang menyebabkan tempat ini menjadi spot fotografi berbagai acara, dari foto pra-nikah, liburan, dan sebagainya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Suluban

Lokasi Pantai Suluban
Image Credit: Balibalibeach.com

Anda yang hendak mengunjungi Pantai Suluban dan masih kebingungan mengenai rute jalan, bisa mengikuti beberapa panduan singkat tersebut. Untuk memulai perjalanan ke pantai ini, Anda bisa dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar, hingga Pelabuhan Gilimanuk.

Jika Anda dari Bandara Ngurah Rai, Anda bisa masuk dan mengikuti jalan by pass Ngurah Rai menuju Jl. Raya Uluwatu. Berikutnya, Anda berbelok ke Jl. Raya Uluwatu Pecatu dan masuk ke jalan yang menuju Pantai Suluban. Ingat jalan tersebut, maka Anda akan sampai ke lokasi dalam waktu yang singkat.

Berbeda jika Anda datang dari Denpasar, Anda bisa memulai perjalanan dari Jl. Pulau Seram, kemudian berlanjut ke Jl. Teuku Umar. Selanjutnya dari jalan tersebut, berbelok ke arah Jl. Pulau Bantata dan masuk ke Jl. Taman Pancing. Dari jalan tersebut, masuk ke Jl. Sunset Road dan masuk ke Jl. By pass Ngurah Rai.

Dari Jl. Ngurah Rai, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan rute yang sama jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, yakni setelah sampai di Jl. Raya Uluwatu berbelok dan menelusuri jalan tersebut hingga mencapai Jl. Raya Uluwatu Pecatu. Lanjutkan dengan menyusuri Jl. Pantai Suluban untuk mencapai lokasi.

Anda yang berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk bisa memulai perjalanan dari Jl. Raya Denpasar, kemudian masuk ke wilayah Gilimanuk. Dari perempatan ketiga dari wilayah tersebut belok ke Jl. Kalayang Sudimara, lanjutkan hingga sampai di Jl. By pass Tanah Lot. Dari jalan tersebut, pilih Jl. Raya Canggu dan lurus terus sampai ke Jl. Raya Kerobokan.

Dari jalan tersebut, pilih belokan yang menuju ke Jl. Sunse Road, dan dari sana Anda bisa mengikuti rute yang sama jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai, yakni dari Jl. Raya Uluwatu ke Jl. Uluwatu Pecatu, kemudian ikuti jalan yang menuju Pantai Suluban.

Harga Tiket Masuk Pantai Suluban Bali

Harga Tiket Pantai Suluban Bali
Image Credit: Airpaz.com

Pantai Suluban tidak memberikan tarif tiket masuk untuk wisatawan yang berkunjung, sehingga Anda bisa masuk area pantai secara gratis. Tentunya terdapat biaya retribusi parkir yang harus Anda bayarkan, untuk kendaraan roda dua Anda cukup membayar lima ribu rupiah. Sedangkan untuk mobil dan kendaraan lain, biaya retribusi yang perlu Anda bayarkan adalah 15 ribu rupiah.

Anda akan dipersilahkan untuk melakukan parkiri di pinggir jalan yang sudah di tata rapi oleh pihak pengelola pantai, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Rentang waktu yang ditempuh dari tempat parkir menuju tempat bibir pantai hanya sekitar 10 menit.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Suluban

Kegiatan Menarik di Pantai Suluban
Image Credit: Superadventure.co.id

1. Bersantai di Dalam Gua

Di dekat bibir pantai terdapat beberapa gua yang terletak disamping tebing. Gua tersebut sering digunakan sebagai tempat teduh sementara ketika cuaca sedang terik. Namun gua ini kemungkinan akan tertutup ketika air sedang pasang, karena itu waktu terbaik untuk menjelajahinya adalah di waktu air surut.

Ini bisa membuat akses jalan menjadi lebih mudah, sehingga tidak membuat pakaian Anda basah kuyup. Area tebing dan gua juga memiliki pemandangan yang menarik, sehingga sering dijadikan sebagai spot fotografi yang menarik.

2. Menikmati Ombak dan Berselancar

Ombak yang tinggi menjadi ciri khas dari pantai ini, membuatnya di datangi oleh peselancar baik lokal maupun luar negeri. Anda bisa bermain bersama keluarga dan teman di pasir pantai, atau bermain air di tempat yang dangkal.

Tidak perlu khawatir Anda terseret ombak ketika bermain, terdapat penjaga pantai yang dengan sigap akan memberitahukan kepada pengunjung jika keadaan ombak sedang tinggi. Dengan begitu, peluang kecelakaan akan menjadi lebih rendah dan tidak membahayakan anak-anak yang berkunjung.

3. Melihat Matahari Terbit dan Tenggelam

Selain keadaan alamnya yang indah, panorama yang disajikan juga tidak kalah menarik, apalagi ketika Anda berkunjung di pagi hari atau sore hari. Pantai Suluban merupakan pantai yang tepat untuk melihat matahari terbit dan tenggelam dengan suasana yang berbeda dari pantai lainnya.

Jika Anda melihat di sudut dan tempat yang tepat, Anda bisa memandangi matahari terbit dan tenggelam dari celah-celah batu karang dan tebing. Membuat pemandangannya makin eksotis dan cocok dijadikan sebagai spot fotografi.

4. Bersantai di Batu Karang

Tebing dan batu karang yang terletak di Pantai Suluban cukup aman untuk ditelusuri dan digunakan untuk bersantai. Hal ini terlihat dengan banyaknya wisatawan yang menggunakan gugusan batu karang dan tebing untuk berlindung dari sengatan cahaya matahari.

Letak batu karang juga cukup strategis, yakni di bagian tengah pantai. Area tebing dan batu karang cukup luas, sehingga memiliki ruang yang cukup untuk bersantai sekaligus melakukan aktivitas lain, misalnya bermain, mengambil foto, ataupun melakukan penjelajahan singkat.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Suluban

Penginapan di Pantai Suluban
Image Credit: Traveloka.com

Anda yang hendak berkunjung ke Pantai Suluban dan berniat untuk menginap, tidak perlu khawatir mengenai tempat untuk tidur. Sebab terdapat beberapa hotel yang jaraknya berdekatan dengan pantai ini, diantaranya adalah:

1. Belong Bunter Homestay

Lokasi hotel dan penginapan ini terletak di Jl. Belong Bunter di Uluwatu, yang jaraknya cukup dekat dengan Pantai Suluban. Harga yang ditawarkan jika Anda menginap di pantai ini cukup terjangkau, bisa dimulai dari 120 ribu rupiah per malam, dan bisa Anda sesuaikan dengan fasilitas yang di dapatkan.

2. Uluwatu Backpakers

Penginapan ini terletak di Jl. Labuansait, dan masih berada di wilayah Ulubatu, sehingga jarak tempuhnya cukup dekat dengan pantai. Anda yang memiliki budget terbatas bisa menginap disini karena tarifnya cukup terjangkau, sekitar 150 ribu rupiah per malamnya. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, sehingga bisa menjadi alternatif pilihan Anda.

3. BB Homestay Two

Berada di Jl. Belong Bunter, BB Homestay juga bisa Anda jadikan tempat menginap karena harganya yang terjangkau. Untuk satu malamnya, biaya yang Anda keluarkan hanya sekitar 200 ribu rupiah, bisa lebih mahal jika Anda memilih kamar dengan fasilitas yang lebih lengkap.

4. Jacko House Uluwatu

Sesuai namanya, penginapan ini terletak di sekitar daerah Uluwatu dan berdekatan dengan Pantai Suluban. Tarif yang ditawarkan untuk menginap di penginapan ini sekitar 250 ribu rupiah, dengan fasilitas berupa kamar mandi, wifi gratis dan juga kolam renang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Suluban

Fasilitas di Pantai Suluban
Image Credit: Mantai.id

Berkunjung ke Pantai Suluban tidak perlu khawatir mengenai keperluan yang Anda butuhkan, sebab disana fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan dapat dimanfaatkan oleh wisatawan. Kamar mandi umum bisa Anda akses dengan mudah, begitu pula tempat makan dan restoran yang menyajikan berbagai menu masakan khas Bali.

Untuk penginapan, terdapat beberapa tempat yang tersedia di sekitar pantai dan bisa Anda akses sesuai dengan kebutuhan. Selain penginapan, terdapat tempat spa khusus untuk Anda yang ingin melakukan relaksasi dan memanjakan diri.

Bagi wisatawan yang sejak awal datang ke Pantai tersebut untuk melangsungkan acara, tersedia tempat yang dapat disewa secara khusus. Bisanya tempat tersebut digunakan untuk menyelenggarakan acara pernikahan, baik untuk masyarakat sekitar maupun wisatawan. Anda bisa menanyakan terkait detail maupun teknis penyewaan tempat dengan pengelola pantai.

Informasi singkat mengenai Pantai Suluban, fasilitas, penginapan, serta berbagai hal yang menarik di pantai tersebut semoga dapat membantu Anda yang hendak berkunjung kesana dalam waktu dekat. Karena tempatnya yang masih belum begitu terkenal, ia bisa menjadi tempat yang sesuai untuk Anda yang tidak suka dengan keramaian.