Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Denpasar Gilimanuk, Antap, Kec. Selemadeg, Kab. Tabanan, Bali.

Pulau Bali memang menjadi salah satu destinasi yang paling sering diburu bagi para wisatawan. Baik itu pengunjung dari dalam negeri maupun dari mancanegara, Bali selalu menjadi di list pertama untuk berlibur. Hal ini tak lepas dari keindahan alamnya yang begitu memukau, apalagi di wisata pantainya. Anda akan disuguhi dengan pesona alam menawan yang masih begitu alami.

Salah satu lokasi yang memiliki keunikan tersendiri bagi para wisatawan yaitu Pantai Soka Bali. Di sini, anda akan menemukan berbagai macam daya tarik, lengkap dengan cerita yang beredar mengenai destinasi satu ini. Jika tertarik untuk mengunjungi pantai indah ini, yuk simak informasi selengkapnya seperti ulasan berikut ini!

Daya Tarik Wisata Pantai Soka

Daya Tarik Pantai Soka Tabanan
Photo by Google Maps raden fr

1. Memiliki View Sunset Menawan

Berbicara mengenai pantai pantai menawan di Bali memang tak akan ada ujungnya. Memang benar, Bali menjadi spot terbaik untuk mencari wisata pantai yang indah dan menawan. Salah satunya yang patut dipertimbangkan yaitu Pantai Soka. Pantai yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri dalam wisata pantai di Bali.

Poin utama pantai satu ini yaitu pemandangan sunset menawan. Anda bisa menikmati keindahan dari matahari terbenam jika sedang berada di pantai yang satu ini. Tak jarang, banyak wisatawan yang datang dari berbagai lokasi dan berbondong bondong hanya untuk menikmati kehangatan sunset yang begitu menawan di kala senja datang.

2. Memiliki Pasir Hitam Eksotis

Jika kebanyakan pantai di bali memiliki pasir putih yang halus, lain halnya dengan pantai eksotis ini. Di sini, anda akan disuguhi dengan pesona pasir pantai yang berwarna hitam sebagai daya tarik menawan. Meskipun berwarna hitam, pasir ini mampu menampilkan kharisma keindahan pantai. Apalagi ketika siang hari dan terkenal sinar matahari, pasir tampak memancarkan cahaya.

3. Memiliki Mitos yang Unik

Selain keindahan alam yang cukup menarik perhatian, ada juga aspek lain yang membuat pantai ini terkenal. Hal ini dikarenakan mitos yang beredar memiliki cerita yang begitu unik dan tak boleh dilewatkan begitu saja. Ada beberapa mitos yang paling terkenal di Pantai Soka bali ini ketika anda berkunjung ke wisata tersebut.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, di sini terdapat sebuah batu karang dengan diameter 3 meter. Keberadaannya cukup unik karena dikelilingi oleh pasir dan air laut dengan bentuk seperti periuk. Sementara itu, di sebelah baratnya terdapat bebatuan karang yang menyerupai dapur dengan ukuran berkisar 1 x 20 meter.

Bebatuan tersebut dinamakan Kebo Iwa sendiri karena mirip dengan tokoh legendaris bagi masyarakat Bali. Sosoknya yang begitu menawan merupakan seorang pemuda yang Sakti mandraguna. Konon katanya, sosok ini pernah memanfaatkan pantai sebagai salah satu spot untuk memasak. Hal inilah yang membuat di sekitar pantai terdapat sebuah bebatuan yang menyerupai periuk.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Soka Tabanan
Photo by Google Maps nona ellyza

Buat anda anda yang ingin datang ke Pantai Soka, maka bisa mengunjunginya di Jalan Raya Denpasar Gilimanuk, Kabupaten Tabanan, Bali. Lokasinya yang berjarak sekitar 43 KM dari kawasan pusat wisata Denpasar memberikan kemudahan akses langsung ke wisata tanpa perlu ribet dan ketelitian menjangkaunya.

Akses untuk menuju lokasi pantai tersebut tergolong mudah ditemukan karena berada di tempat strategis. Bahkan, jalanan untuk menuju lokasi wisata pantai sudah sangat baik karena dapat dilalui oleh berbagai macam moda transportasi. Anda bisa memanfaatkan mobil pribadi serta kendaraaan roda dua saat menuju wisata.

Jika pantai ini di akses dari bandara Ngurah Rai, maka ada tiga rute yang bisa dilewati. Pertama yaitu rute Jalan Raya Denpasar Gilimanuk. Jalan Cokroaminoto, dan Jalan Bay Pass ngurah Rai. Jika masih kesulitan untuk menemukan lokasi wisata pantai ini, ada baiknya jika memanfaatkan peta digital.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Pantai Soka Tabanan
Photo by Instagram Kebunvillabali

1. Lokasi Surfing Terbaik

Jika ditanya tentang karakteristik air yang ada di pantai ini, maka akan menjadi angin segar bagi pecinta surfing. Berkat ombaknya yang cukup besar, anda bisa mem,pertimbangkan untuk melakukan watersport seru ketika berada di kawasan pantai ini. Salah satu yang paling menjadi incaran bagi para pengunjung yaitu surfing.

Dengan keindahan alam menawan serta suasana yang alami, membuat pantai ini menjadi lokasi terbaik untuk surfing. Selain itu, airnya yang cukup jernih menambah keseruan ketika berada di Pantai Soka Bali yang menawan. Berkat daya tariknya yang cukup menawan, wisatawan asing berhasil terhipnotis untuk mengunjungi kawasan wisata satu ini.

2. Memancing

Tak hanya menikmati keindahan saja ketika berada di pantai ini, tetapi juga terdapat hal hal menarik yang bisa menghibur hati. Salah satunya yang bisa anda coba yaitu dengan memancing di sekitar pantai ini. Anda bisa menyalurkan hobi satu ini untuk melepas penat sejenak. Dengan kegiatan satu ini, maka waktu liburan anda menjadi lebih berkesan lagi.

Salah satu spot yang paling menarik perhatian di wisata ini adalah berburu udang. Anda bisa menemukan lokasi yang satu ini disebelah barang pantai. Bagi yang tertarik untuk mencoba pengalaman tersebut, maka nelayan setempat menawarkan jasa memancing udang dan dibawa ke spot tertentu agar mendapat tangkapan yang diinginkan.

Tak hanya hasil tangkapan udang saja, sebab ada berbagai macam jenis ikan bisa didapat ketika anda sedang hoki. Bahkan dengan membayar sewa perahu dengan biaya yang tak terlalu menguras kantong, Anda akan dibawa ke tengah laut untuk memancing. Sensasi memancing yang cukup menarik dan seru ini tentu akan memberikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan.

3. Bermain Pasir

Ombak di pantai ini memiliki ciri khas yang begitu unik untuk diperbincangkan. Dengan adanya kondisi semacam itu, maka cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk bermain air atau pasir. Jadi, jika anda yang mengajak keluarga ke pantai ini, maka bisa mencobanya sebagai salah satu aktivitas seru ketika berada di Pantai Soka.

4. Rafting

Jika anda bosan dengan kegiatan di pantai tersebut, maka bisa memilih referensi lainnya. Mengingat lokasinya yang dekat dengan Sungai Balian dan Tukad Balian, maka anda bisa menjadi spot untuk rafting. Dengan pemandangan alam yang masih begitu asli, anda akan disuguhi dengan berbagai macam keindahan menawan lengkap dengan aktivitas seru.

Aktivitas Seru Pantai Soka Tabanan
Photo by Google Maps sailore ramon

5. Mengikuti Upacara Adat Bali

Bagi anda yang datang di saat saat tertentu, maka bisa menikmati keunikan tersendiri. Ketika pengunjung beruntung, maka bisa serangkaian proses ibadah ketika perayaan apa pun seperti adat istiadat Bali. Seperti misalnya perawatan Melasti, upacara umat hari minggu, pesayaraan saraswati.

Seperti misalnya pada umat Hindu di Bali yang akan berkumpul di depan Pantai Soka sejak malam hari. Jika masih ada di Bali, nda bisa merasakan cara keunikan tersendiri ekstrim umt Hindundi Bali berdoa dan mengadakan ritual. Dengan keunikannya tersendiri, anda tidak boleh melewatkan begitu saja saat berkunjung di lokasi wisata.

6. Melihat Keindahan Panorama yang Ada

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai ini memiliki keunikan dari segi pasirnya yang berwarna hitam. Dengan keunikan tersebut, maka menjadikan pasir pantai oinio menjadi mengkilap jika terkena sinar matahari. Semakin lengkap, anda akan menmeo indahlnya pasir panta dengan kicauan indah, batuan karang dan lambaian pohon menyejukkan hati,

7. Mengunjungi Goa

Selain pantai, ada juga daya tarik lainnya yang bisa anda temukan. Salah satunya yaitu keberadaan goa yang cukup unik dan menawan. Anda akan disuguhi dengan pemandangan unik dan menawan. Menjelajahi gua menjadi referensi seru ketika anda sedang berada di kawasan Pantai Soka Bali.

Lebih tepatnya, goa ini berada di karang sisi timur blok. Di sini, anda bisa menemukan burung burung walet yang tinggal di dalam go tersebut. Agar liburan makin seru, coba kunjungi goa bersama dengan teman, keluarga, atau orang tersayang. Hal ini memberikan pengalaman tersendiri ketika berada di pantai karena kebersamaan tersebut.

8. Berburu Foto Menawan

Liburan akan semakin lengkap jika mengabadikan momen berharga. Berbekal dengan layar Hp maupun kamera, anda sudah bisa berfoto dengan leluasa di setiap spot pantai. Pantai dengan latar belakang sunset menjadi signature dari kawasan wisata pantai bantik ini. dEngan begitu liburan anda semakin seru dan menjadi momen tak terlupakan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Soka

Fasilitas Pantai Soka Tabanan
Photo by Google Maps Imam Ijen

Mengingat Antusias dari para wisatawan yang begitu melonjak, maka pihak pengelola pantai ini memberikan fasilitas mumpuni bagi para pengunjung. Sarana pendukung yang sudah tersedia berupa lahan parkir yang luas, warung makan, dan toilet.

Untuk memaksimalkan pengalaman liburan pengunjung, maka di sekitar pantai ini juga dilengkapi dengan penginapan seperti villa dan bungalow.

Selain memiliki keindahan di pantai yang menawan, ternyata pemandangan alam sekitarnya juga mendukung untuk dikunjungi. Banyak wisatawan yang betah berlama lama ketika berada di lokasi Pantai Soka bali ini. Bukan hanya sekedar melihat sunset saja, sebagian dari wisatawan juga menghabiskan waktu di pinggiran pantai bersama orang tersayang.