Pantai Senggigi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya di Lombok Barat. Pantai pasir putih, air laut yang jernih dengan latar Gunung Agung Bali dan pemandangan alam yang menawan, utamanya panorama sunset yang mampu memikat hati wisatawan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Pulau Lombok sangat  terkenal karena eksotismenya. Wisatawan domestik maupun mancanegara selalu berdatangan untuk mengunjungi pulau ini. Berbagai macam landscape pemandangan alam ditawarkan saat kita singgah kesini, salah satunya Pantai Senggigi yang terletak di wilayah Lombok bagian Barat. Senggigi tidak pernah gagal dalam memikat hati pengunjungnya.

Sekilas saat datang ke pantai ini feel yang kita rasakan seperti berada di Pantai Kuta namun dengan suasana yang berbeda. Garis pantai yang dimiliki pantai ini cukup panjang, namun daerah intertidalnya pendek. Sehingga wisatawan dapat langsung menikmati air laut dan deburan ombak tanpa harus berjalan jauh menuju laut.

Tanaman-tanaman hutan pantai juga melengkapi vegetasi Pantai Senggigi diantaranya klicung atau Dyospiros malabarica, dan terep atau Arthocarpus elastica. Namun pohon Kelapa masih menempati urutan pertama yang mendominasi wilayah ini. Semilir angin pantai yang bergesekan dengan daun kelapa menambah suasana santai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Senggigi

Daya Tarik Senggigi
Image Credit: Google Maps (Jonas W)

Warna biru laut bercampur dengan warna tosca nampak sangat indah apabila disaksikan dari dekat. Masih banyak hal yang ditawarkan saat kita pergi bertandang ke pantai ini:

1. Surganya untuk Pecinta Surfing

Bagi Anda yang menyukai surving atau berselancar, pantai ini menjadi lokasi yang sangat tepat untuk menyalurkan hobi Anda. Meski ombaknya tidak terlalu tinggi, namun ombak disini cukup stabil dengan tinggi kurang lebih 0.5-1 meter. Gelombang laut  searah dengan arah angin, sehingga daerah ini memiliki ombak yang cukup potensial.

Tidak hanya Pantai Senggigi, namun Pantai Jeeva dan Pantai Mangsit yang berdekatan dengan pantai tersebut merupakan tempat favorit untuk belajar surfing. Dan ada  banyak instruktur surfing profesional yang siap berbagi ilmu dan mengajari para pemula. Perlengkapan surfing juga disediakan untuk fasilitas menyewa atau membeli langsung, jadi Anda tidak perlu khawatir.

2. Merasakan Lembutnya Pasir Pantai

Berwisata ke pesisir pantai tak lengkap rasanya apabila bila tak menjajal butiran pasirnya. Pantai Senggigi memiliki jenis pasir yang terbentuk akibat  gerakan vulkanik dan geomorfologi marine.

Warna pasir di pantai ini cenderung berwarna putih bercampur kelabu gelap. Sungguh menyenangkan saat merasakan sensasi bertelanjang kaki menyusuri pantai. Anda juga bisa bermain pasir yang lembut disini.

Daya Tarik Pantai Senggigi
Image Credit: Facebook.com @artis.lara

3. Adanya Pura Batu Bolong

Tak jauh dari garis pantai, ada sebuah pura bernama Batu Bolong. Lokasi pura ini hanya berjarak sekitar lima menit dari pantai. Anda cukup berjalan kaki menuju lokasi. Pura tersebut terdiri dari dua tingkat.

Pura pertama berada dibawah pohon rindang. Pada tingkat kedua terdapat pura utama yang berada diatas batu karang setinggi empat meter dan berlubang, oleh karena itu pura ini dinamakan “bolong”  sesuai dengan lokasi berdirinya.

Dari arah pura, wisatawan dapat menyaksikan aktivitas para nelayan tradisional yang melakukan penangkapan ikan dengan cara menceburkan diri. Pemandangan Selat Lombok juga dapat kita saksikan dari sini.

4. Pemandangan Bawah Laut

Bicara tentang snorkeling, pantai Senggigi adalah surga bagi pecinta pemandangan bawah laut. Terumbu karang dan ikan-ikan kecil dapat terlihat sangat jelas. Air laut yang tidak terlalu dalam memudahkan pengunjung untuk menikmati suasana dibawah sana.

Keadaan alam ini juga dimanfaatkan pengelola pantai untuk menjadikan snorkeling sebagai daya tarik utama. Disini Anda bisa menyewa perlengkapan snorkling yang ada di sekitar lokasi pantai.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Senggigi

Alamat Pantai Senggigi
Image Credit: Facebook.com @iloveindonesiaku

Rute untuk menuju Pantai Senggigi tidaklah sulit karena letak pantai yang berada tidak jauh dari pusat kota. Lokasi tepatnya berada di Lombok Barat, kecamatan Batu Layar. Perjalanan dapat ditempuh menggunakan berbagai macam transportasi yakni via darat, laut maupun udara. Dari bandara Internasional Lombok, lokasi ini berjarak lima puluh meter.

Perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan sepeda motor maupun mobil memerlukan waktu sekitar tiga puluh menit. Ada opsi lain apabila ingin menaiki angkutan umum, pengunjung bisa menuju rute Sweta menuju Ampenan.

Jika Anda melakukan perjalanan dari Pelabuhan Bai (Bali), Anda dapat menggunakan kapal feri yang bisa memakan waktu sekitar 3 jam lamanya menuju Pelabuhan Lembar Mataram.  Apabila ingin lebih cepat, Anda bisa menggunakan fast-boat dari pulau Bali menuju lokasi. Kapal ini berangkat dari pelabuhan Padang Bai, Bali.

Berbagai macam opsi paket wisata ditawarkan oleh pihak travel saat Anda memilih untuk berlibur mengunjungi Pulau Lombok. Paket tersebut biasanya sudah termasuk penginapan, transportasi dan destinasi wisata. Range harga berkisar kurang lebih antara Rp 900.000 – 4.000.000 per orang (untuk 2-3 malam).

Namun destinasi wisata sekitar pantai juga dapat kita nikmati seperti Gili Trawangan dan Gili Meno. Harga tersebut biasanya sudah termasuk transportasi dari kota besar,makanan bahkan sewa alat untuk snorkeling dan tour guide. Tiket masuk Pantai Senggigi sendiri adalah Rp 15.000, sedangkan untuk biaya parkir kendaraan yakni Rp 10.000 untuk mobil.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Senggigi

Kegiatan Pantai Senggigi
Image Credit: Instagram.com @demenjalan_

1. Wisata Air

Tak lengkap rasanya apabila mengunjungi pantai tanpa menikmati wisata bahari. Dari mulai snorkeling, wisata kano hingga banana boat dapat kita nikmati. Untuk harga sewa kano dan banana boat kurang lebih dibanderol dengan harga Rp 50.000-100.000 per orang. Pengalaman menikmati pantai dengan melakukan olah raga pantai akan lebih terasa menarik bukan?

2. Menikmati Sunset

Momen menikmati sunset adalah momen yang paling dicari apabila kita mengunjungi pantai. Dari Pantai Senggigi  pengunjung dapat menyaksikan indahnya Gunung Agung Bali jika cuaca cerah. Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama dengan orang-orang tercinta saat menikmati keindahan pantai.

3. Memeriahkan Festival

Festival daerah banyak diadakan,  diantaranya Jelajah Gowes Nusantara, festival budaya seperti Pesona Senggigi yang menampilkan berbagai macam pertunjukan seni seperti musik jazz dan musik daerah. Pertunjukan budaya seperti Tradisi perang topat juga ditampilkan. Tentu saja festival-festival ini mendapat apresiasi dan banyak dukungan dari masyarakat.

Tidak ketinggalan setiap malam pergantian tahun pantai ini menjadi pilihan perayaan utama di Pulau Lombok. Karena pulau ini dikenal dengan kota seribu masjid, maka kegiatan yang bernuansakan religi seperti pengajian dan dzikir juga digelar.

4. Berbelanja Oleh-Oleh

Untuk melengkapi akhir dari perjalanan wisata Anda, membeli oleh-oleh khas daerah Lombok pasti menyenangkan. Pernak-pernik dan aksesori cantik dapat Anda peroleh di pasar seni Senggigi.

Kegiatan di Pantai Senggigi
Image Credit: Twitter.com @farhan_pangkey4

5. Berswafoto

Seperti kebanyakan objek wisata pada umumnya, pantai ini juga memiliki beberapa spot foto. Kebanyakan spot foto yang dibangun oleh pihak pengelola pantai berada di atas dermaga. Dari mulai holahoop dari akar, pintu masuk dari akar, romantic boot , romantic table hingga ikon tulisan pantai juga tersedia. Atau berfoto langsung dengan pemandangan laut pun sudah sangat menakjubkan.

6. Naik Perahu Menuju Mercusuar

Apabila kita ingin naik perahu berkeliling pantai, masyarakat sekitar biasanya menyewakan jasa naik perahu dan dibanderol dengan harga minimal sepuluh ribu rupiah. Namun jangan lupakan sunscreen maupun alat pelindung dari cahaya matahari bila tidak ingin kulit kita terbakar.

7. Berenang

Wilayah pesisir Pantai Senggigi landai dengan ombak lautnya yang tenang. Arus gelombang yang tenang dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berenang. Sambil menikmati air laut yang ringan dan menyapu kulit.

8. Wisata Kuliner

Lombok dikenal dengan hidangan pedasnya yang menggoyang lidah,seperti plecing kangkung dan ayam taliwang. Tidak jauh dari pantai, terdapat beberapa café yang menyediakan menu khas Lombok maupun menu masakan internasional. View yang di dapat saat menyantap makanan secara langsung juga sangat romantis karena kebanyakan café dibangun menghadap langsung ke arah pantai.

Bukan hanya itu, Lombok juga memberikan ciri khas dalam pariwisata terutama terkait wisata kuliner  halal. Wisata pantai dengan kuliner halal menjadi daya tarik masyarakat muslim dunia . Pantai halal tersebut memiliki luas area sekitar lima hektar. Konsep pantai halal yang dibuat di Senggigi mengadopsi dari konsep pantai halal di Eropa Timur khususnya negara Turki.

Kuliner halal sendiri menarik minat para pelancong dari berbagai belahan dunia yakni negara yang mayoritasnya muslim. Maka, kualitas makanan dan kehalalan makanan sangat ditekankan dalam tema ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat Pantai
Image Credit: Agoda.com

1.  The Villas

Lokasi penginapan ini cukup dengan pantai Senggigi, yakni kurang lebih 1 km. Fasilitas yang dimiliki resort terbilang cukup mewah dan cocok untuk Anda yang berkantong tebal.

Disini, Anda bisa menikmati sajian menu-menu lezat yang ada di restoran serta menikmati fasilitas kamar yang nyaman. Untuk fasilitas penunjang seperti wifi dan lainnya tentu sudah disediakan.

2. Puri Mas Boutique Resort & Spa

Pengunjung akan mendapatkan pengalaman menginap yang luar biasa di lokasi ini. Bagi yang memiliki budget lebih, penginapan ini merupakan rekomendasi tepat.

Fasilitas yang ditawarkan penginapan ini diantaranya kolam renang, resto, kamar nyaman, wifi dan masih banyak yang lainnya.

3. Cozy Cottages Lombok

Harga yang ditawarkan tempat ini tergolong menengah untuk fasilitas yang bisa didapatkan seperti AC hingga kolam renang. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek uang ratusan ribu saja untuk mendapatkan kamar di tempat  ini.

Wisatawan yang terbiasa memesan tempat penginapan menggunakan aplikasi tidak perlu risau, karena hotel-hotel dan homestay untuk para backpacker juga tak jauh dari pantai. Diantaranya oyo, redoorz, Blue coral inn, Lina cottage Senggigi, Sendok hotel, Central Inn Senggigi dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Senggigi Lombok

Fasilitas Pantai Senggigi
Image Credit: Twitter.com @pesonaid_travel

Sebagai salah satu lokasi wisata yang sudah cukup terkenal baik di dalam maupun luar negeri, tentunya fasilitas yang disediakan pantai ini sudah cukup lengkap. Di sekitar pantai, pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti baju, penyewaan alat snorking, perlengkapan selancar dan masih banyak lainnya.

Untuk kuliner, di sekitar lokasi pantai juga ada banyak resto dan cafe yang menyajikan kuliner lezat yang siap memanjakan lidah para pengunjung. Yang tak kalah penting, disi juga ada tempat ibadah untuk wisatawan yang beragama muslim dan wisatawan yang beragama hindu juga tersedia di sekitar area pantai.

Jadi, itulah ulasan mengenai Pantai Senggigi yang berlokasi di pukau Lombok. Pulau yang memiliki banyak destinasi wisata menarik seperti halnya pulau Bali. Jika memiliki waktu luang untuk berlibur, maka pantai ini merupakan pilihan yang tepat.