Pantai Semeti salah satu wisata pantai yang tersembunyi dan eksotis di Lombok Tengah, NTB. Pantai cantik dengan hamparan pasir putih, keindahan tebing-tebing batu dan deburan ombaknya yang menarik dijelajahi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Batuan karang yang mengelilingi sebagaian sisinya, menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang mendatangi kawasan Pantai Semeti di Lombok, NTB. Menjadi destinasi populer di kalangan wisatawan luar daerah hingga mancanegara, membuat nama pantai ini kian naik daun.

Walaupun berjarak cukup jauh dengan pusat kota, tidak mematahkan semangat para wisatawan yang akan menikmati keindahan alam pantai berpasir putih satu ini. Batuan karang dengan ukuran lebih besar dari sebuah rumah, akan menyambut Anda saat pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini.

Selain pesona utama dari alamnya yang telah disuguhkan, terdapat beberapa fasilitas pendukung yang telah dibangun untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Jika Anda berencana mendatangi salah satu pantai di Lombok bagian Tengah ini, berikut ini ada informasi mengenai pantai tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Semeti

Daya Tarik Pantai Semeti
Image Credit: Google Maps (Didik Hariadi)

1. Batuan Karang Berukuran Besar

Salah satu daya tarik pantai ini adalah wilayah pantainya yang sebagian besar dikelilingi oleh batuan karang dengan ukuran yang sangat besar. Bahkan jika dilihat, batuan karang tersebut memiliki ukuran melebihi sebuah rumah dan mobil yang bertumpuk.

Bentuk dari batuan karang ini juga unik, dimana terlihat menyerupai sebuah perbukitan tandus dengan tumbuhan berwarna hijau bagian di atasnya. Hal ini terjadi karena batuan karang yang berlapis dan saling bergandengan satu sama lain.

Warna batu karang yang mengelilingi pantai ini memiliki warna yang bergradasi dari hitam, kecoklatan hingga abu-abu pada puncaknya. Keindahan dari batuan berukuran besar ini mampu menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

2. Banyak Spot Foto Keren

Mulai dari pintu masuk hingga kawasan bibir pantai, pemandangan laut biru dengan pasir putihnya dapat dijadikan sebagai latar belakang foto Anda. Hasil gambar tersebut akan tampak lebih bagus jika langit diatas pantai sedang cerah dan berawan.

Batu karang yang terlihat seperti pagar berjajar melindungi Pantai Semeti, juga wajib Anda abadikan momennya. Apalagi saat sebuah ombak datang kemudian memecah batuan karang tersebut, pada hitungan yang pas, hasil foto Anda akan terlihat lebih sempurna.

Lalu ada spot foto lain dibagian pantainya, yakni hamparan pasir putih yang bersatu dengan air laut yang jernih. Kilauan dari air laut tersebut, tampak seperti sebuah berlian yang terkena sinar matahari. Saat siang hari, pemandangan tersebut akan terlihat lebih indah dan cantik.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Semeti

Alamat Pantai Semeti
Image Credit: Instagram.com @jayabiere

Pantai ini berada di Jalan Pantai Mawi, Kabupaten Lombok Tengah. Jika Anda berangkat dari pusat kota, akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di destinasi tersebut. Terdapat kendaraan umum yang dapat Anda gunakan dengan sistem sewa, jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi.

Banyak rute perjalanan yang dapat Anda pilih, namun yang sering digunakan adalah jalur Pantai Selong Belanak yang letaknya berdekatan dengan pantai tujuan Anda. Perjalanan melewati jalur ini akan mempersingkat waktu tempuh Anda karena melewati perbukitan yang berliku.

Jalan yang akan Anda lewati juga lebih sepi, rumah-rumah penduduk masih jarang ditemukan di sekitar jalan tersebut. Setelah melewati perjalanan yang menantang tersebut, Anda akan sampai pada pintu masuk Pantai Mawi yang juga menjadi gerbang utama menuju kawasan Pantai Semeti.

Untuk dapat menikmati keindahan pesona alam yang ditawarkan pantai ini, Anda cukup membayar biaya sekitar Rp 5000 per orangnya. Harga murah ini menjadi nilai lebih dari destinasi wisata pantai pasir putih ini. Wisatawan dari luar daerah pun tidak akan keberatan untuk membayar harga tiket tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Semeti

Kegiatan Menarik di Pantai Semeti
Image Credit: Google Maps (Mawisurf Lombok Mawi Beach Lombok)

1. Berenang

Pantai Semeti menjadi salah satu spot terbaik untuk melakukan kegiatan berenang. Pantai yang terletak di bagian selatan Lombok Tengah ini memiliki ombak dengan arus yang terbilang tenang. Dengan kedalaman bibir pantainya yang rata-rata dangkal.

Wisatawan yang membawa anak-anak pun diperbolehkan berenang di kawasan pantai, asal saja tetap mengutamakan keselamatan. Air laut pantai ini akan membuat tubuh Anda terasa lebih segar, apalagi jika berenang bersama teman, pasti keseruannya akan bertambah.

2. Snorkling

Sudah tidak diragukan pesona bawah laut dari deretan pantai di bagian timur Indonesia. Yang salah satunya berada di pantai ini, kekayaan biota laut seperti ikan-ikan kecil dan terumbu karang, dapat dinikmati keindahannya dengan cara bersnorkling.

Pengunjung wisata pantai tersebut dapat menyewa peralatan untuk melakukan snorkling pada beberapa warga yang telah menyediakan. Mulai dari kacamata hingga pelampung dengan desain unik yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Setelah terjun di lokasi snorkling, ikan berwarna-warni akan berlalu-lalang melewati Anda. Tidak hanya biota laut saja yang menjadi tujuan utama anda, ada bonus lain yakni melihat terumbu karang tempat tinggal ikan-ikan tersebut.

Keindahan ini dapat Anda nikmati hingga di kedalaman 3 meter, wisatawan dibebaskan menjelajahi bagian mana saja dari pantai ini. Bagi Anda yang masih pemula untuk melakukan olahraga snorkling, akan ada pendamping yang siap menemani Anda.

Karena kekayaan biota laut di Pantai Semeti ini, tak jarang wisatawan mancanegara memilih tempat tersebut untuk melakukan kegiatan seru satu ini. Karena selain keindahan bawah lautnya yang memikat mata, pesona alam dari pantainya pun tak kalah menarik.

Kegiatan di Pantai Semeti
Image Credit: Google Maps (Didik Hariadi)

3. Memancing

Kegiatan memancing juga menjadi salah satu yang terfavorit saat mengunjungi pantai ini. Bermodalkan alat pancing khusus untuk ikan air asin, Anda dapat membawa pulang berbagai jenis ikan besar dari kawasan pantai tersebut.

Tempat yang pas untuk melakukan kegiatan ini terletak pada bagian batuan karang yang memiliki beberapa celah satu sama lain. Dari celah-celah tersebut, terdapat banyak ikan yang terjebak karena ombak yang menghantam batuan karang.

Waktu yang tepat untuk memancing adalah sore hari, karena ikan-ikan akan keluar untuk mencari makan. Selain itu, saat sore hari menjelang malam, air laut akan pasang dan naik hingga batas ketinggian yang dapat terlihat di batuan karang.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Semeti

Penginapan Dekat Pantai Semeti
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Mango Lodge

Penginapan pertama bagi para wisatawan adalah Mango Lodge. Tempat dengan lingkungan yang nyaman ini, memiliki pelayanan yang ramah. Tak hanya itu, pemandangan yang disuguhkan pun sangat indah.

Perbukitan hijau dengan sawah-sawah dibawahnya akan menyambut pagi hari Anda saat menginap di tempat ini. Maka tak jarang banyak wisatawan yang memilih penginapan ini untuk dijadikan sebagai tempat bermalam di kawasan Lombok Tengah.

Fasilitas kolam renang luar ruangannya, juga menjadi salah satu favorit bagi para tamu yang menginap disini. Dimana terdapat sebuah kursi yang dijadikan tempat untuk berjemur. Area parkir penginapan ini juga cukup luas, sehingga dapat digunakan untuk memarkirkan mobil.

2. Sempiak Villas

Berjarak 5.8 km dari kawasan wisata Pantai Semeti, penginapan yang mengambil tema klasik modern ini menjadi pilihan bagi banyak wisatawan luar daerah. Ini karena beberapa fasilitas yang disediakan untuk para tamu cukup lengkap.

Salah satunya adalah layanan spa yang ditawarkan untuk para tamu Sempiak Villas. Anda dapat menggunakan layanan ini setelah seharian berjalan-jalan mengelilingi kawasan Lombok. Tubuh Anda akan kembali fresh dan siap melanjutkan kegiatan selanjutnya.

Restoran yang ada di penginapan ini juga menjadi fasilitas lain yang menarik para wisatawan untuk bermalam di tempat ini. Selain menu yang disajikan terbuat dari bahan-bahan yang fresh, restoran tersebut dapat digunakan untuk tempat nongkrong saat malam hari.

3. Selong Belanak Bungalows

Hotel berbintang 3 ini terletak di pinggiran pantai, dimana penginapan ini mempunyai akses untuk memasuki kawasan pantai tersebut. Tentu saja pemandangan laut saat pagi atau sore hari, akan terlihat dari jendela kamar Anda.

Banyaknya pohon yang tumbuh di sekitar lingkungan hotel, membuat udara sekitarnya menjadi lebih segar. Suasana pedesaan akan sangat terasa, karena bangunan dari hotel ini didesain dengan kayu-kayu bergaya tradisional.

Setiap ruangan kamarnya, memiliki bentuk seperti sebuah gubuk desa yang di depannya terdapat beberapa kursi dari bambu. Ruangan utamanya pun memiliki bangunan berbentuk joglo yang terbuka di setiap sisinya. Desain unik ini menjadi daya tarik tersendiri dari hotel tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Semeti Lombok

Fasilitas di Pantai Semeti
Image Credit: Google Maps (Tri Junaedi Sabri)

Terdapat beragam fasilitas yang akan Anda temukan saat mengunjungi Pantai Semeti ini. Salah satu yang menarik perhatian adalah area parkir kendaraan yang ada di pantai itu sendiri. Dimana menggunakan nipah/ daun pandan kering sebagai atap.

Tidak hanya itu, gasebo yang ada di pinggiran pantai juga dapat digunakan untuk beristirahat atau bersantai para wisatawan yang datang. Ada juga pedagang dari masyarakat sekitar yang menjajakan makanan atau minuman kecil dengan harga yang terjangkau.

Informasi mengenai salah satu pantai hits yang ada di Lombok Tengah tersebut, dapat Anda jadikan sebagai referensi sebelum mendatanginya. Pantai Semeti yang memiliki keunikannya tersendiri ini, juga memiliki kekayaan biota laut yang masih terjaga.