Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Lombok memang terkenal dengan deretan pantainya yang menawan. Kabupaten Lombok Tengah misalnya, Anda bisa menemukan Pantai Selong Belanak yang sangat luar biasa. Pantai yang memiliki pasir putih ini yang cocok sebagai tujuan liburan yang seru dan menyenangkan ketika Anda singgah di Pulau Lombok. Untuk mengintip pesonanya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Selong Belanak

Tentang Pantai Selong Belanak
Image Credit: Twitter.com @traveloka

Menjelajah keindahan Lombok rasanya tidak puas jika hanya sehari. Mengingat setiap jengkal Lombok selalu mampu untuk mengundang decak kagum siapapun. Jika Anda senang untuk berwisata di pantai, maka Anda bisa menjadikan Pantai Selong Belanak sebagai tujuan. Pantai satu ini dikenal dengan airnya yang jernih juga pasir pantainya yang begitu lembut.

Bukan hanya itu, Pantai satu ini juga dikaruniai dengan garis pantai panjang. Keindahan yang ditawarkan membuat destinasi satu ini termasuk kondang. Terutama di kalangan wisatawan internasional karena menjadi tempat selancar favorit. Banyak juga yang menjuluki pantai ini sebagai Hawainya Lombok. Topografi yang dimiliki memang mirip dan juga warung di pinggir pantainya.

Tidak hanya pesonanya, Anda juga harus tahu jika pantai ini memiliki cerita mistis. Memang destinasi wisata ini sudah cukup lama dikenal sehingga muncul cerita tersebut. Saat liburan di pantai ini, Anda memang akan menikmati bukit yang bentuknya segitiga. Bukit ini dinamakan dengan Pulau Gunung Wayang.

Pulau inilah yang berkaitan dengan mitos kutukan yang konon sangat mengerikan. Siapapun yang memasuki area bukit tanpa adanya izin dari pemangku adat akan menerima kutukan kematian. Percaya atau tidak dengan kearifan lokal yang ada, yang jelas cerita ini justru menambah daya tarik dari Selong Belanak di Lombok Tengah ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Selong Belanak

Daya Tarik Wisata Pantai Selong Belanak
Image Credit: Twitter.com @omdirects_

1. Menawarkan Keindahan Alam yang Luar Biasa

Daya tarik utama yang dimiliki oleh pantai ini tentu saja pesona alamnya yang luar biasa. Anda bisa menikmati suasana pantai dengan suara deburan ombak yang menenangkan. Pepohonan di sekitarnya hadir menambah suasananya semakin asri dan sejuk. Yang membuatnya makin spesial, pantai ini juga dikelilingi dengan perbukitan hijau menawan.

Bentuk dari Pantai cantik ini sendiri melengkung dan memiliki warna air yang begitu menawan. Airnya begitu jernih dan berwarna kebiruan yang sangat cocok untuk para pecinta diving. Yang jelas, ketika singgah di pantai ini rasanya enggan untuk segera pulang. Apalagi suasananya terbilang tenang dan cocok untuk bersantai.

2. Hamparan Pasir Putih yang Lembut

Selain memiliki pemandangan yang mempesona, pantai Selong Belanak juga memiliki pasir putih yang sangat halus. Jika melihat pantai pantai lainnya di Lombok, Anda bisa mengetahui jika rata rata pasirnya memiliki tekstur yang besar seperti merica. Sementara di pantai ini pasirnya lembut dan kecil.

Bahkan karena kelembutannya, pasir pantai ini akan mengeras ketika terkena air. Membuat area pasirnya banyak digunakan untuk berbagai kegiatan yang menyenangkan. Bahkan Anda bisa melewati area pasir pantainya dengan kendaraan. Apalagi didukung dengan garis pantai yang panjang, semakin menyenangkan untuk bermain di area pasirnya.

Daya Tarik Pantai Selong Belanak
Image Credit: Twitter.com @omdirects_

3. Memiliki Sejarah Unik

Pantai dengan lebar sekitar 10 meter dan luas 1 km ini tidak hanya indah, tetapi juga memiliki sejarah yang begitu unik. Dimana di Lombok bukanlah hal yang baru dan banyak terjadi. Bahkan hampir disetiap daerah wisata pasti akan ada sejarah sendiri. Hal ini dikarenakan NTB termasuk daerah yang banyak kerajaan kerajaan besar.

4. Mempunyai Dua Jenis Ombak

Daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini masih belum habis. Jika biasanya di pantai pantai lain, Anda akan menemukan satu jenis ombak maka di sini ada dua jenis ombak. Ombak pantai dibedakan ombak yang tenang juga ombak ganas. Dan Pantai Selong Belanak memiliki kedua jenis ombak tersebut, hanya saja terpisah beberapa area.

Untuk Anda yang ingin bermain air dengan ombak yang tenang Anda bisa menjadikan area kiri sebagai tujuan. Sehingga aktivitas seperti bermain di pinggir pantai masih terbilang aman. Sementara untuk Anda yang ingin mencoba aktivitas selancar, Anda bisa menuju perairan di sebelah kanan. Ombaknya agresif dengan pulau pulau kecil yang mengelilinginya

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Selong Belanak
Image Credit: Google Maps (Herry Prast)

Alamat Lengkap destinasi hits di Lombok Tengah ini berada di Desa Selong Belanak. Tepatnya berada di Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Jika ditempuh dari pusat kota Mataram sekitar 49 km atau membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Jalan menuju lokasi juga sangat mudah untuk dijangkau. Hanya saja Anda tidak bisa menggunakan kendaraan umum.

Sehingga cara satu satunya yang bisa dilakukan adalah dengan menyewa kendaraan baik mobil atau motor. Anda juga bisa menggunakan jasa travel untuk sampai ke lokasi. Untuk Anda yang memulai perjalanan dari Mataram, Anda bisa menggunakan rute Bandara Internasional Lombok sampai akhirnya sampai di perempatan Batujai.

Nanti ketika sudah sampai di perempatan, Anda hanya perlu mengambil arah kanan dan mengikuti tikungan hingga akhirnya tiba di depan Masjid Nurul Huda Batujai. Dari sini, silahkan ambil arah belok kiri menuju Penujak sampai tiba di tikungan pasar. Tidak jauh dari area pasar tersebut, Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda menuju Desa Mungkur.

Dari Desa Mungkur lurus saja ikuti jalan hingga menemukan tiba di pertigaan yang bertuliskan Selok Belanak. Jika sudah menemukan gapura ini, artinya tujuan Anda sudah dekat. Anda hanya perlu lurus mengikuti jalan. Anda juga bisa menggunakan GPS yang terpasang di smartphone Anda. Yang jelas Pantai Selong Belanak dekat dengan Pantai Mawun.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Selong Belanak
Image Credit: Google Maps (Phillip Phillip)

Keindahan yang ditawarkan oleh pantai satu ini tidak perlu membuat Anda merogoh kantong dalam. Bagaimana tidak, harga tiket masuk Pantai Selong Belanak hanya kisaran Rp 5 ribu setiap orang. Sekalipun nantinya mengalami kenaikan, tetap saja tidak akan berkali kali lipat dan masih dikatakan sangat ramah kantong.

Harga tiket masuk masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Biaya parkir kendaraan ini sekitar Rp 5 ribu untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil. Biaya tambahan mungkin dibutuhkan jika Anda melakukan surfing atau menyewa papan selancar. Perlu Anda tahu, harga tiket masuk ini bisa berubah kapanpun sesuai kebijakan pengelola.

Sementara untuk jam bukanya yakni 24 jam dan Anda bisa datang dari hari Senin sampai Minggu. Destinasi wisata satu ini bisa Anda nikmati kapan saja, karena sama sama memiliki keindahan tersendiri. Jika ingin melakukan berbagai aktivitas seru Anda datang saat siang hari. Saat malam datang, pemandangan langit malam penuh bintang adalah yang utama.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Selong Belanak

Aktivitas di Pantai Selong Belanak
Image Credit: Instagram.com @juaratour_nusra

1. Menikmati Keindahan Pantai

Kegiatan yang pasti dilakukan oleh wisatawan saat di pantai indah ini adalah menikmati pesonanya. Berjalan kaki di pinggir pantai tentu akan memberikan kesan dan pengalaman tersendiri. Jika ingin cara lebih seru, Anda bisa menyewa perahu dari para nelayan. Umumnya hanya perlu membayar sekitar Rp 5 ribu setiap orang.

2. Bermain Pasir

Seperti yang sempat disinggung, pantai ini memiliki pasir halus yang cocok untuk aktivitas seru. Anda bisa membuat istana pasir atau sekedar berolahraga di atas pasir pantainya. Kegiatan membuat istana pasir tentu sangat seru jika mengajak anak anak. Berjemur di atas pasir lembutnya juga bukanlah ide yang buruk.

3. Surfing hingga Diving

Kegiatan menyenangkan sekaligus menantang berikutnya adalah surfing. Surfing di pantai ini sangat menyenangkan karena ombaknya cukup agresif. Atau Anda juga bisa menikmati pemandangan bawah lautnya yang tak kalah menawan. Namun, pastikan Anda tidak salah area untuk melakukan dua aktivitas ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Selong Belanak

Fasilitas Pantai Selong Belanak
Image Credit: Google Maps (Heri Ongki)

Walaupun harga tiket masuknya terjangkau, tetapi fasilitas yang bisa Anda temukan di pantai ini sudah terbilang terjangkau. Anda bisa menemukan lahan parkir kendaraan yang terbilang luas. Deretan toilet yang bersih dan nyaman juga bisa Anda temukan. Tidak ketinggalan hadirnya beudag yang bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat.

Bagi Anda yang ingin mencoba kegiatan surfing bisa menyewa peralatan. Anda yang ingin memanjakan perut juga bisa datang di warung, cafe dan rumah makan yang ada. Keberadaan warung warung di pantai ini memiliki daya tarik tersendiri. Menu yang bisa Anda nikmati beragam, kebanyakan olahan seafood mulai dari kepiting bakar sate ikan sampai bakso ikan.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan wisata pantai ini lebih lama, Anda bisa menemukan penginapan di sekitar pantai. Mulai dari villa, cottage, bungalow sampai hotel hadir dengan berbagai kelas dan fasilitas. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan juga kantong Anda.

Pesona yang dimiliki Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah memang tidak bisa diabaikan begitu saja. alamnya yang masih alami dengan panorama bahari yang indah, akan memberikan pengalaman liburan yang berkesan. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik lengkap dengan fasilitas lengkap yang siap memanjakan para pengunjung.