Pantai Sawangan, Pesona Pantai Tenang yang Menyejukkan Hati di Nusa Dua Bali

Pantai Sawangan, Pesona Pantai Tenang yang Menyejukkan Hati di Nusa Dua Bali
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gunung Payung I, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Bali termasuk salah satu daerah di Indonesia yang menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Daerah ini tidak pernah sepi pengunjung karena mempunyai beragam tempat wisata dengan daya tariknya masing-masing, salah satunya Pantai Sawangan yang menawarkan pemandangan memukau.

Bali memang terkenal dengan wisata alamnya yang bervariasi, terutama pantai. Pantai di Bali memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi destinasi wisata favorit bagi siapapun yang berkunjung. Meski populer, namun pantai tersebut tidak seramai pantai populer seperti Pantai Kuta. Nuansanya masih alami, belum banyak terjamah tangan manusia.

Para wisatawan yang menginginkan suasana tenang bisa mencoba berkunjung kesana karena segala penat dan lelah karena kesibukan sehari-hari seolah hilang dalam sekejap. Tak heran jika setiap harinya pasti ada saja wisatawan yang datang berkunjung karena memang tempat wisata ini begitu ikonik dengan pemandangan yang tak kalah dengan pantai lain.

Daya Tarik Wisata Pantai Sawangan

Daya Tarik Wisata Pantai Sawangan
Photo by Google Maps Наталья Узун

1. Dibuka Setiap Hari Selama 24 Jam

Tempat wisata alam ini dapat dikunjungi setiap hari, bahkan selama 24 jam. Hal ini sangat menarik bagi para wisatawan karena waktu operasionalnya bisa membuat mereka lebih leluasa jika ingin berkunjung ke Pantai Sawangan. Waktu operasional pantai lainnya hanya dari pagi sampai sore hari saja, namun tidak dengan pantai ini.

Keindahan pantai tampak dari pasir putihnya yang bersih. Banyak wisatawan terutama mancanegara yang berjemur di pinggir pantai beralaskan pasir putih sambil menikmati indahnya lautan biru dengan suara deru ombak yang menenangkan. Sehingga jangan heran jika disana banyak menemui wisatawan yang berjemur di pinggir pantai.

2. Nuansa yang Disuguhkan Sepi dan Tenang

Jika Anda ingin nuansa pantai yang ramai dan riuh, bisa datang ke Pantai Kuta. Namun, jika Anda ingin nuansa pantai yang sepi dan tenang, bisa datang ke Pantai Sawangan. Beberapa orang membutuhkan suasana pantai yang sepi supaya bisa menikmati healing setelah sibuk berkutat dengan aktivitas kesibukan yang dilakukan sehari-hari.

Oleh karena itu, pantai tersebut sangat cocok dipilih karena suasana yang tercipta begitu tenang. Suasana yang sepi dan tenang dikarenakan lokasinya berada di tempat tersembunyi. Sebenarnya pantai ini sangat cantik, namun sebagian dari wisatawan enggan untuk mengunjunginya karena lokasi pantai termasuk tersembunyi.

3. Memiliki Pesona Air Laut yang Jernih dan Berwarna Biru Kehijauan

Meski lokasinya tersembunyi, namun pemandangan yang disuguhkan selalu membuat siapapun yang berkunjung menjadi jatuh hati. Bagaimana tidak, air lautnya begitu jernih dan berwarna gradasi biru kehijauan. Ketika tiba disana, setiap pengunjung selalu takjub melihat keindahan gradasi warna air laut yang dimiliki Pantai Sawangan.

Di samping itu, ombaknya tergolong aman karena gelombangnya tidak begitu besar. Sehingga sangat aman jika para wisatawan ingin berenang atau bermain air di pinggir pantai. Kontur pantainya pun termasuk landai. Wisatawan boleh mengajak anak-anak bermain air dan berenang disana, asalkan didampingi oleh orang tua.

Alamat, Rute dan Harga Tiket

Rute Menuju Pantai Sawangan Nusa Dua
Photo by Google Maps Андрей Сoбетов

Lokasi pantai berada di Sawangan, Nusa Dua, Bali, tepatnya di belakang Hotel Hilton bintang lima. Seolah tampak seperti pantai pribadi yang dimiliki oleh pihak hotel, namun sebenarnya pantai ini merupakan tempat wisata umum yang boleh dikunjungi siapa saja tanpa harus menginap di hotel tersebut. Walaupun pengunjung pantai didominasi oleh tamu Hotel Hilton.

Untuk menuju ke tempat wisata alam yang ada di Nusa Dua ini, Anda bisa berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Berangkat dari bandara, Anda bisa mengambil jalur menuju ke daerah Nusa Dua.

Setelah sampai di perempatan yang terletak di area pintu gerbang masuk Nusa Dua, ambil jalan ke arah kiri yang akan mengantarkan ke kawasan Nusa Dua bagian selatan. Jika tujuan Anda ingin ke Pantai Sawangan, Anda ambil jalur ke arah kanan. Lokasi pantai kurang lebih 3 km dan berada di kawasan setelah BTDC. Untuk akses masuknya, terdapat dua pilihan jalan.

Jalan pertama mengarah ke sebelum hotel Hilton, dan jalan kedua mengarah ke setelah hotel Hilton. Jika Anda hanya ingin mengunjungi pantai tanpa menginap di hotel, ambil jalan yang menuju ke setelah hotel Hilton. Namun, jika ingin menginap di hotel bisa ambil jalan yang menuju ke sebelum hotel. Menginap disana terasa lebih mudah aksesnya jika ingin ke pantai.

Berwisata ke pantai ini tergolong ekonomis karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membayar tiket masuk. Anda cukup membawa budget Rp 5 ribuan untuk biaya parkir untuk kendaraan roda empat dan Rp 2 ribuan untuk kendaraan roda dua. Oleh karena itu, untuk bisa berwisata kesana tidak banyak membutuhkan budget yang banyak.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Pantai Sawangan
Photo by Google Maps 素潜り屋バリ

1. Berjalan Kaki Menuju ke Pantai

Pantai Sawangan letaknya di belakang Hotel Hilton. Sehingga para wisatawan yang menginap di hotel tersebut bisa berjalan kaki menuju ke pantai beberapa menit saja. Pantai ini seolah menjadi wisata private beach karena lokasinya tepat di belakang hotel Hilton. Tamu hotel terasa sangat terfasilitasi dengan letak pantai tersebut.

Lokasi pantai tergolong tersembunyi. Anda bisa melewati jalan kecil yang berada di sebelah hotel dengan melewati tangga menurun. Meskipun terkesan private beach karena suasananya sepi dan tenang, namun pantai ini dibuka untuk masyarakat umum, tidak hanya terbuka untuk tamu yang menginap di hotel tersebut saja.

2. Menaiki Unta Keliling Pantai

Keunikan pantai ini yakni adanya unta yang memfasilitasi para wisatawan untuk berkeliling area pantai. Tentu saja adanya unta ini menciptakan daya tarik tersendiri karena sangat jarang ditemukan pantai yang menggunakan unta untuk memfasilitasi para wisatawan. Mayoritas pantai lain menggunakan kuda untuk berkeliling pantai.

Kuda yang dimaksud bisa berupa kuda yang ditunggangi atau berwujud delman. Di Pantai Sawangan ini, para wisatawan bisa menunggangi unta saat berkeliling di kawasan pantai. Pengalaman berkesan menunggangi unta pertama kalinya bisa didapatkan disini jika sebelumnya para wisatawan belum pernah menunggangi unta.

Ragam Aktivitas Menarik di Pantai Sawangan
Photo by Google Maps Николай Малуев

3. Menaiki Perahu Keliling Pantai

Selain unta, ada fasilitas lain yakni perahu yang digunakan untuk mengelilingi pantai. Perahu-perahu tersebut merupakan perahu nelayan yang bisa disewa oleh para wisatawan untuk berwisata keliling pantai. Tentunya pengalaman naik perahu nelayan keliling pantai menjadi pengalaman menarik dan seru bagi siapa saja yang berkunjung.

Di pantai ini para wisatawan bisa mendapatkan pengalaman wisata baru yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Karena sangat jarang pantai yang menggunakan perahu nelayan untuk berkeliling kawasan pantai. Tenang saja, ada orang berpengalaman yang mengemudikan perahu sehingga keliling pantai sangat aman.

4. Menikmati Sensasi Dipijat Refleksi

Yang menarik dari Pantai Sawangan adalah adanya fasilitas jasa pijat refleksi yang biasanya ditawarkan masyarakat yang tinggal di sekitar pantai. Ibu-ibu yang merupakan masyarakat setempat menawarkan jasa pijat refleksi dengan pijatan yang seolah membuat rasa lelah setelah puas beraktivitas di pantai hilang seketika.

Pengalaman menarik ini jarang didapatkan di pantai lainnya. Sambil dipijat, para wisatawan bisa menikmati semilir angin pantai dan mendengarkan deru ombak yang menenangkan. Benar-benar pengalaman menarik dan sangat berkesan menikmati sensasi pijat refleksi di pinggir pantai.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Sawangan

Fasilitas Pantai Sawangan
Photo by Google Maps Александр Горюнов

Meski pantai ini sepi dan nuansanya tenang, namun Anda tak perlu khawatir ketika ingin berwisata disana. Ada beragam fasilitas memadai yang dapat Anda manfaatkan seperti kamar mandi, toilet, hingga tempat duduk untuk berjemur beratapkan payung putih. Disana belum banyak tersedia warung makan, hanya tersedia resto yang ada di hotel.

Sehingga solusinya Anda bisa membawa bekal makan sendiri supaya nuansa kekeluargaan semakin akrab sambil menikmati pemandangan Pantai Sawangan. Anda bisa melakukan beragam aktivitas seru dan menarik seperti berkeliling pantai menggunakan perahu nelayan dan unta hingga menikmati pijat refleksi di pinggir pantai.

Anda bisa mengajak keluarga maupun pasangan ketika mengunjungi pantai ini. Banyak pasangan yang honey moon menginap di Hotel Hilton dan menikmati pesona keindahan pantai dengan berjalan kaki dari jalan kecil di samping hotel. Pantai ini pun kerap dijadikan lokasi prewedding karena suasananya yang sepi dan tenang.

Dengan suasana yang sepi dan tenang itulah banyak pasangan yang memilih pantai ini sebagai lokasi foto prewedding. Selain itu, banyak juga wisatawan yang hobi fotografi mengunjungi pantai cantik ini untuk hunting foto.

Berwisata ke Bali tidak melulu ke Pantai Kuta saja, namun Anda juga bisa menjelajah pantai lainnya yang menarik. Salah satunya adalah private beach ini. Pantai Sawangan Nusa Dua sangat cocok untuk dikunjungi para wisatawan yang ingin suasana tenang dan sepi. Aktivitas healing sangat cocok dilakukan di pantai tersebut.