Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Sanur di Bali tergolong wisata bahari nan eksotis yang terkenal dengan pemandangan Sunrise. Pantai yang bersih didukung fasilitas yang lengkap.

Lokasi: Sanur, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.
Map: Cek Lokasi

Pantai Sanur merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang terkenal sebagai pantai terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Pemandangan indah dari tempat wisata ini bisa dinikmati dari pantai dan bahkan di bawah lautnya.

Lokasinya cukup mudah diakses, baik dari pusat kota Denpasar atau dari Bandara Ngurah Rai. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk mencapai lokasi pantai.

Pantai Sanur dikelola dengan baik termasuk penyediaan sarana dan prasarana untuk pengunjung. Berbagai fasilitas disediakan agar wisatawan dapat lebih nyaman menikmati liburannya di Pantai cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sanur Bali

Daya Tarik Pantai Sanur
Image Credit: Anywhere.com

Pemandangan pantai berpasir putih yang indah dan bersih membuat bayak wisatawan tertarik untuk mengunjungi Pantai Sanur Bali. Kebersihan area pantai yang selalu terjaga menjadikan area pantainya nyaman untuk wisatawan bersantai menikmati pemandangan yang ada.

Hamparan pasir putih di Pantai ini cukup luas di beberapa sisinya. Ombak pantainya juga tidak sampai ke ujung pantai sehingga aman dan nyaman untuk bermain di area pasir pantai. Pengunjung bisa duduk santai di pantai atau bermain membuat bangunan pasir dengan anak-anak.

Daya tarik utama dari Pantai Sanur adalah lokasinya yang sangat ideal untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Pantai ini bisa dikatakan sebagai pantai terbaik untuk menikmati pemandangan sunrise. Wisatawan dapat menikmati suasana pantai dan hangatnya sinar mentari pagi di tempat wisata ini.

Selain pemandangan sunrise terbaik di Bali, Pantai ini juga menarik untuk dikunjungi karena fasilitas di tempat ini sudah sangat lengkap. Salah satunya adalah jalan setapak yang berada di salah satu sisi pantai. Wisatawan bisa menggunakannya untuk bersepeda atau jalan kaki menikmati suasana pantai.

Daya Tarik Pantai Sanur Bali
Image Credit: Pegipegi.com

Beragam fasilitas penunjang aktivitas olahraga air yang disediakan juga semakin menambah daya tarik yang dimiliki Pantai Sanur. Pengunjung pantai tidak hanya duduk-duduk di tepi pantai, tetapi bisa juga mencoba Bali water sport yang tersedia di pantai ini. Pilihannya antar lain banana boat, jet ski, seawalker, dan masih banyak lagi.

Pantai yang memiliki garis pantai mencapai 8 kilometer ini cukup menarik karena ternyata terdiri dari Pantai Semawang, Pantai Sindhu, Pantai Merta Sari, Pantai Batu Jimbar, Pantai Segara Ayu, Pantai Karang, dan Pantai Matahari Terbit. Wisatawan lebih mengenal pantai-pantai tersebut dengan nama Pantai Sanur, Bali.

Daya tarik selanjutnya adalah ombak di pantainya yang relatif tenang. Cukup aman untuk wisatawan bermain di laut sekitar pantai tersebut. Kontur pantai landai dengan air laut yang dangkal di sekitar bibir pantai.

Sedikit lebih jauh dari bibir pantai, Pantai ini menawarkan pemandangan bawah laut yang menarik untuk dijelajahi. Kawasan pantai ini memiliki air laut yang bersih dan jernih sehingga untuk snorkeling sangat menyenangkan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Sanur

Lokasi Pantai Sanur
Image Credit: Water-sport-bali.com

Kawasan wisata pantai yang berada di sisi timur Kota Denpasar ini bisa diakses menggunakan kendaraan bermotor dengan jalanan yang bagus. Wisatawan dapat mengikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Sanur Beach.

Apabila Anda berada di Bandara Ngurah Rai, rute yang bisa diambil adalah melalui Jalan Tol Bali Mandara ke arah Benoa dan masuk ke Kota Denpasar. Ambil rute menuju arah pantai Sanur melalui Jalan Duyung. Perjalanan dari bandara ke lokasi pantai memakan waktu sekitar 31 menit dengan jarak kurang lebih 16 km.

Jarak Pantai Sanur dari pusat kota Denpasar hanya sekitar 6 km. Jika Anda berada di Pelabuhan Tanjung Benoa, maka bisa mencapai Pantai ini dalam waktu sekitar 15 menit saja. Selain kendaraan pribadi, wisatawan bisa mencapai lokasi tersebut menggunakan transportasi umum seperti taxi atau ojek.

Harga Tiket Masuk Pantai Sanur Bali

Harga Tiket Pantai Sanur Bali
Image Credit: Denpasarkota.go.id

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai ini, Anda bisa masuk ke kawasan wisata tersebut tanpa dikenai biaya masuk. Pengelola tidak mematok biaya masuk kepada wisatawan yang datang ke Pantai alias gratis.

Wisatawan hanya butuh membayar tiket untuk biaya parkir kendaraan. Besarnya biaya parkir adalah Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Sanur

Kegiatan di Pantai Sanur
Image Credit: Pantainesia.com

1. Jogging

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai favorit Pulau Dewata adalah jogging. Fasilitas jalan setapak yang ada di tepian pantai ini bisa dimanfaatkan pengunjung untuk olahraga pagi seperti lari atau jogging.

2. Bersepeda

Kegiatan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga menyehatkan ini adalah salah satu aktivitas pengunjung Pantai. Jika tidak membawa sepeda sendiri, wisatawan bisa menyewa sepeda kepada masyarakat sekitar.

3. Menikmati Sunrise

Menikmati pemandangan matahari terbit adalah kegiatan yang paling wajib untuk wisatawan yang datang ke Pantai Sanur saat pagi hari. Biasanya pemandangan sunrise yang cantik di tempat ini dapat dilihat sekitar pukul 05.30 pagi. Lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan tersebut adalah di Pantai Matahari Terbit.

4. Berenang

Air laut yang dangkal di tepian pantainya dapat dimanfaatkan pengunjung untuk berenang. Wisatawan dapat bermain air dengan aman karena ombaknya pun tidak sampai ke ujung pantai.

5. Kano

Sanur Water Sports menawarkan banyak permainan yang menarik untuk dicoba saat berada di Pantai. Salah satunya adalah kano, pengunjung bisa bersantai berkeliling pantai dengan mendayung sebuah kano.

6. Snorkeling

Kegiatan lain yang menarik untuk dilakukan di Pantai Sanur adalah snorkeling. Bagi pecinta keindahan bawah laut wajib untuk mencobanya. Kawasan pantai ini memiliki air laut yang bersih dan jernih. Berbagai biota laut pun dapat langsung terlihat saat Anda snorkeling di kawasan wisata ini.

7. Seawalker

Aktivitas seru yang ditawarkan wisata pantai di Bali ini adalah seawalker. Pengunjung akan diajak menikmati petualangan berjalan di dasar laut selama beberapa menit. Kegiatan ini dapat dilakukan di Pantai Merta Sari, Sanur. Waktu terbaik adalah saat pagi atau saat cuaca tidak terlalu terik.

8. Scuba Diving

Pantai Sanur merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di Pulau Dewata Bali untuk pemula. Lokasi penyelaman ada di beberapa titik seperti jeladi wilis, channel point, dan penjor reef.

9. Jet Ski

Salah satu permainan dari Sanur Water Sports yang banyak digemari wisatawan adalah jet ski. Wisatawan dapat naik jet ski dan berkeliling dengan lebih bebas karena lalu lintas di pantai ini relatif lebih sepi.

10. Parasailing

Pantai Sanur menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang menyediakan jasa parasailing. Wisatawan dapat merasakan sensasi terbang sambil menikmati pemandangan laut dan pantai dari ketinggian.

11. Banana Boat dan Rolling Donut

Wahana water sports di Pantai Sanur yang menarik untuk dicoba adalah banana boat dan rolling donut. Wisatawan dapat naik wahana tersebut beramai-ramai untuk kemudian ditarik dengan kapal. Keseruan saat kapal mulai menjalankan banana boat semakin bertambah saat berbelok karena biasanya beberapa peserta akan jatuh ke laut.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Sanur

Penginapan di Pantai Sanur
Image Credit: Booking.com

1. Besakih Beach Hotel and Restaurant

Nuansa tradisional sangat terasa di penginapan yang dekat Pantai Sanur ini. Tamu hotel dapat menginap di kamar yang didesain elegan dan romantis. Fasilitas dan layanan hotel yang memuaskan adalah daya tarik yang ditawarkan hotel Besakih ini.

2. Prima Cottage Hotel

Hotel yang satu ini menawarkan akses yang mudah ke atau dari Pantai Sanur. Kamar hotel yang disediakan memiliki interior dengan gaya tradisional Bali. Suasana klasik yang tenang menjadi daya tarik dari penginapan ini.

3. Yulia 2 Homestay Sanur Guesthouse

Akomodasi penginapan yang cocok untuk liburan keluarga, terutama untuk Anda yang mencari hotel di sekitar Pantai Sanur. Layanan hotel yang ramah dan profesional siap melayani tamu selama 24 jam. Fasilitas tv, taman, restoran, wifi gratis, hingga layanan antar jemput ditawarkan oleh Yulia 2 Homestay Sanur Guesthous ini.

4. Respati Beach Hotel Bali

Penginapan modern dengan lokasi yang strategis ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk bermalam di sekitar Pantai Sanur. Memiliki layanan resepsionis 24 jam dengan fasilitas kelas hotel bintang 3. Berbagai fasilitas disediakan termasuk layanan perawatan tubuh seperti pijat Bali.

5. The Oasis Lagoon Sanur Hotel Bali

Penginapan dekat Pantai Sanur ini menawarkan kamar hotel dengan fasilitas modern. Kamar nyaman yang dilengkapi TV layar data, meja, kursi, dan kamar mandi. Fasilitas hotel bintang 4 termasuk kolam renang ditawarkan di The Oasis Lagoon Sanur Hotel Bali.

6. Kejora Suites Sanur Beach

Hotel bintang 4 di sekitar Pantai Sanur yang satu ini menawarkan kamar dengan interior mewah dan fasilitas yang lengkap. Kolam renang, restoran, hingga perpustakaan tersedia di penginapan ini. Menariknya lagi Kejora Suites Sanur ini juga menyediakan layanan tiket untuk beragam wahana Sanur Water Sports.

7. Laghawa Beach Inn Hotel

Penginapan yang lokasinya cukup dekat dengan pantai ini menawarkan suasana tenang khas pedesaan. Kamar hotel memiliki interior modern dengan fasilitas yang lengkap. Kolam renang outdoor juga tersedia termasuk taman hotel yang membuat suasananya semakin nyaman.

8. Bali Wirasana Inn

Penginapan kelas hotel bintang 3 ini lokasinya hanya sekitar 4 menit dari Pantai Sanur. Selain kamar yang nyaman, hotel ini juga menyediakan fasilitas sangat lengkap seperti ruangan keluarga, kolam renang, alat pemanas, penyewaan sepeda dan mobil, hingga jasa tur dengan staff multibahasa.

9. Puri Hiromi Boutique Residence

Menawarkan penginapan yang bersih dan nyaman dengan kamar yang cukup luas. Puri Hiromi adalah salah satu hotel bintang 4 di dekat Pantai Sanur yang cocok untuk wisatawan yang sedang berbulan madu. Setiap kamar memiliki beragam fasilitas seperti TV kabel, AC, wifi gratis, kamar mandi shower dan bathtub, jubah mandi, dan lain-lain.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sanur

Fasilitas di Pantai Sanur
Image Credit: Javawisata.com

Pantai Sanur bukan tempat wisata baru di Bali sehingga untuk fasilitas yang disediakan pun sudah sangat lengkap. Salah satu fasilitas yang menarik wisatawan adalah Sanur Water Sports dengan beragam permainannya.

Selain itu, fasilitas pendukung lain seperti restoran, tempat parkir, kamar mandi, gazebo, toko souvenir, dan penginapan dapat ditemukan dengan mudah di kawasan Pantai ini. Liburan Anda pun akan lebih nyaman dan menyenangkan di pantai ini.

Itulah beberapa daya tarik hingga fasilitas yang ada di objek wisata Pantai Sanur, Bali. Pengunjung pantai dapat menikmati suasana dan keindahan pantai serta berbagai aktivitas seru di dalamnya.